Tugas Wakil Presiden: Wewenang dan Posisinya

tugas wakil presiden
tugas wakil presiden

Kalimat.ID – Tugas Wakil Presiden – Ketika kita duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) ini tentu sudah diberikan pelajaran mengenai Negara Indonesia. Dimana pada negara ini sendiri mempunyai perangkat yang bertujuan untuk mengatur dan mengendalikan pemerintah ini. Ada kepala negara yang memimpin terdapat 2 orang yaitu Presiden dan Wakil Presiden.

Tugas wakil presiden merupakan sebuah tugas yang dijalankan untuk membantu dalam tugas presiden dalam hal apapun. Misalnya, apabila presiden ada sebuah halangan tentu tugas-tugasnya akan menjadi tanggungjawab wakil presiden ini. Oleh karena itu, tugas wakil presiden ini tentunya juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam sebuah negara.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai beberapa Tugas wakil presiden, wewenang, beserta posisi dari wakil presiden itu sendiri. Karena masih banyak anak-anak yang ketika SD hanya mengenal tentang wakil presiden, namun tidak mengerti tugas wakil presiden.

Untuk itu, dengan berlangganan selalu membaca di website ini akan membantu anak-anak buat gemar membaca serta menambah wawasan dalam pengetahuannya.

Tugas Wakil Presiden, Wewenang, Beserta dengan Posisinya

Untuk negara Indonesia sendiri ini dipimpin oleh Presiden dan Wakil Presiden yang mempunyai tugas sangat keterkaitan. Kedua jabatan ini sangat mempengaruhi bagaimana nantinya negara ini akankah menjadi lebih baik atau sebaliknya. Pasalnya, kedua pemimpin ini mempunyai tugas, kewenangan dan juga posisi masing-masing.

Akan tetapi pada pembahasan artikel ini saya akan mengulas mengenai tugas wakil presiden lengkap dengan wewenang beserta posisinya. Walaupun Wakil Presiden dan Menteri ini sama-sama menjadi sebagai “Pembantu Presiden”, akan tetapi Wakil Presiden merupakan orang pertama yang akan menggantikan jika Presiden ada halangan dalam menghadiri ataupun melaksanakan tugas-tugasnya.

Oleh karena itulah, kita tidak bisa begitu saja menyamakan Wakil Presiden dengan Menteri karena kedudukannya lebih tinggi apabila dibandingkannya.

Tidak hanya itu saja, pasalnya bahwa kedudukan seorang Wakil Presiden pun tidak bisa dipisahkan dengan Presiden karena merupakan salah satu pasangan dalam sebuah jabatan di Negara Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan secara langsung melalui pemilihan umum atau disebut dengan PEMILU. Untuk lebih jelas dan lengkapnya, dibawah ini akan saya jelaskan mengenai tugas wakil presiden, wewenang dan posisi atau jabatannya.

Tugas Wakil Presiden

Wakil presiden ini sebenarnya hampir sama dengan menteri seperti yang saya bicarakan diatas, namun perbedaannya kedudukan lebih tinggi. Nah, Tugas wakil presiden ini terdiri dari 8 tugas diantaranya yaitu:

  1. Menjalankan roda koordinasi dan komunikasi antara lembaga-lembaga di pemerintahan.
  2. Mendampingi presiden apabila seorang presiden melaksanakan dan menjalankan tugas-tugasnya dalam sebuah negara Indonesia.
  3. Bertanggungjawab penuh membantu presiden dalam urusan kenegaraan.
  4. Mewakili dan sebagai pembantu presiden dalam bidang kenegaraan serta pemerintahan.
  5. Memegang kekuasaan pemerintahan berdasarkan UUD.
  6. Membantu presiden dalam mengkoordinasika, mengevaluasi program kerja kabinet, dan menjalankannya. Termasuk dalam fungsi ini bahwa tugas wakil presiden sebagai kepala suatu bada administrasi pemerintahan atau disebut sebagai Komisi Negara.
  7. Memprioritaskan dan menysusun sebuah kegiatan pemerintahan yang pelaksanaannya dipertanggungjawabkan kepada presiden.
  8. Menjalankan tugas yang merupakan teknisi pemerintahan dalam kesehariannya.

Model Tugas Dari Wakil Presiden Dalam Sistem Pemerintahan

Tugas ini mempunyai model yang terbagi menjadi dua diantaranya yaitu :

  1. Tugas inormal, merupakan salah satu tugas yang biasanya keterkaitan dengan relasi dalam parlemen. Fungsi dari wakil presiden ini sebagai liaison officer antara pemerintah dan parlemen.
  2. Tugas administrasi, merupakan salah satu tugas yang mempunyai fungsi untuk membantu presiden dalam mengkoordinasikan, mengevaluasi program kerja kabinet, dan menjalankannya. Termausk dalam fungsi ini bahwa wakil presiden terkadang ditunjuk menjadi kepala suatu badan administrasi pemerintah atau suatu Komisi negara.

Wewenang Wakil Presiden

Selain itu tugas dari wakil presiden ini, bahwa seorang wakil presiden mempunyai beberapa wewenang yang terdiri dari 3 unsur. Kedua wewenang itu terbagi menjadi wewenang utama, wewenang lainnya, dan wewenang secara global. Untuk lebih jelasnya berikut wewenang wakil presiden!

Wewenang utama

  • Sebagai Pengganti Presiden -> Yang dimaksud adalah bahwa apabila wakil presiden ini menjadi pengganti presiden, maka kedudukannya bukan lagi menjadi wakil presiden. Melainkan menjadi presiden, hal tersebut agar tidak terjadi cabang dalam sebuah jabatan.
  • Sebagai Pembantu Presiden -> Yang dimaksud yaitu bahwa wakil presiden ini mempunyai kewenangan dalam membantu presiden dalam menjalankan Undang-undang.
  • Sebagai Jabatan yang Mandiri -> Maksudnya ialah bahwa jika dilihat dari prakteknya yaitu organisasi sebagai pembicara atau sekedar tamu suatu cara, dalam hal tersebut artinya wakil presiden suatu kegiatan secara mandiri dan tidak memerlukan perintah dan ketika seorang wakil presiden diminta oleh perorangan. Termasuk tidak membutuhkan lagi persetujuan dari seorang presiden.
  • Sebagai Wakil dari Presiden -> Kewenangan yang dimiliki Wakil presiden terakhir yakni mewakili presiden dalam melaksanakan tugas dan kewajiban serta wewenang jabatan dari seorang presiden. Namun, hal tersebut juga sudah mendapat perintah dan diberi kuasa oleh seorang presiden itu sendiri.

Wewenang lainnya

  • Menyusun agenda kerja kabinet dan menetapkan fokus.
  • Memegang kekuasaan pemerintahan berdasarkan yang telah tercantum pada Undang-Undang Dasar 1945.
  • Melaksanakan tugas teknis pemerintahan dalam sehari-harinya.

Wewenang Secara Global

Melakukan pengawasan operasional pembangunan dengan bantuan departemen-departemen, lembaga-lembaga non departemen. Dalam hal tersebut inspektur jenderal dari departemen yang bersangkutan atau deputi pengawasan dari lembaga dari non departemen yang bersangkutan.

  • Menggantikan presiden hingga habis waktunya apabila Presiden meninggal dunia, berhenti atau tidak bisa melaksanakan kewajibannya dalam masa jabatan yang telah ditentukan.
  • Membantu presiden dalam melaksanakan kewajibannya.
  • Memperhatikan secara khusus, menampung masalah-masalah yang perlu penanganan menyangkut bidang tugas kesejahteraan rakyat.

Posisi Wakil Presiden

Dalam hal melaksanakan perbuatan pidana masing-masing presiden dan wakil presiden bertanggung jawab secara sendiri-sendiri sebagai individu atau person, namun dalam rangka pertanggungjawabkan politik kepada rakyat presiden dan wakil presiden merupakan satu kesatuan jabatan.

Posisi wakil presiden dari uraian tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa wakil presiden memiliki 5 kemungkinan posisi kepada presiden antara lain:

  1. Menjadi seseorang yang mendampingi presiden dalam hal apapun.
  2. Menjadi seseorang yang menggantikan presiden apabila beliau ada sebuah halangan.
  3. Sebagai wakil presiden yang bersifat mandiri
  4. Sebagai wakil presiden yang mewakili presiden.
  5. Menjadi seseorang yang membantu presiden dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

Dalam kapasitas sebagai pembantu presiden kedudukan wakil presiden seakan-akan hampir sama dengan menteri negara yang juga sebagai pembantu presiden. Hal tersebut sebagaimana sudah tercantum dalam pasal 17 Undang-Undang Dasar 1945 yang menyatakan bahwa Presiden dibantu oleh Menteri-menteri negara.

Tentu saja kedudukan wakil presiden ini lebih tinggi dibandingkan dengan para menteri dikarenakan menteri bertanggungjawba kepada presiden dan wakil presiden sebagai satu kesatuan jabatan.

Menurutkan dalam pelaksaannya bahwa wakil presiden ini memberikan sebuah bantuan kepada presiden bisa dibedakan menjadi 3 bagian antara lain :

  1. Membantu apa yang diberikan atas inisiatif wkail presiden sendiri.
  2. Membantu apa yang wajib diberikan oleh wakil presiden karena ditetapkan dengan keputusan presiden, biasanya wakil presiden memiliki tugas-tugas khusus dari presiden dengan surat keputusan presiden.
  3. Membantu apa yang diberikan karena diminta oleh presiden.

Nah, itulah diatas yang sudah saya ulas mengenai Wakil Presiden yang berguna untuk menambah pengetahuan anak-anak yang belum mengetahui. Sebagaimana seperti artikel yang diatas sudah saya jelaskan mengenai tugas, wewenang, dan posisi dari wakil presiden itu sendiri. Hanya di website inilah yang menjelaskan dengan lengkap dan tuntas mengenai artikel pendidikan yang sangat bermanfaat!

Komentar disini