Tugas Presiden: Wewenang, Hak dan Kewajiban

Tugas Presiden
Tugas Presiden

Kalimat.ID – Tugas Presiden – Pada setiap negara tentunya mempunyai pemimpin, hal ini karena untuk mengatur jalannya sebuah negara dan pemerintahan. Nah, untuk Indonesia ini sendiri mempunyai pemimpin juga yang dinamakan dengan Presiden. Sama halnya dengan lembaga lainnya, Presiden mempunyai tugas, wewenang, kewajiban, dan hak yang dimiliki.

Sebenarnya dalam sebuah materi Pendidikan Kewarganegaraan atau Pkn ini di sekolah sudah diajarkan oleh guru-guru mengenai struktur lembaga negara maupun pemerintah. Namun, di sekolah ini tentunya penjelasannya masih belum begitu spesifik. Maksudnya bahwa penjelasan yang dijelaskan oleh guru kita itu merupakan yang dasar atau secara umum.

Tetapi untuk kesempatan kali ini saya akan mengulas lebih dalam mengenai tugas presiden. Tidak hanya tugas presiden saja, karena saya pun akan menerangkan mengenai Wewenang Presiden, Hak dan Kewajiban seorang Presiden. Oleh karena itu, kamu tepat sekali untuk membaca sesuatu yang bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan ya disini tempatnya.

Tugas Presiden Lengkap dengan Wewenang, Hak, dan Kewajibannya

Tahukah kamu apa itu Presiden Indonesia? Menurut Wikipedia menjelaskan bahwa nama jabatan resmi ialah Presiden Republik Indonesia yang merupakan kepala negara dan kepala pemerintah Indonesia.

Presiden ini menjadi simbol resmi negara Indonesia di dunia sebagai kepala negara Indonesia. Sementara Presiden dibantu oleh wakil presiden dan sekaligus menteri-menteri dalam kabinet untuk memegang kekuasaan eksekutif dalam menjalankan tugas-tugas sebuah pemerintah sehari-harinya ini merupakan tugas presiden sebagai pemerintahan.

Masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden ini mempunyai kurun waktu selama 5 tahun, setelah itu akan dilantik bisa mencalonkan kembali dan akan dipilih dalam PEMILU kembali dalam satu jabatan.

Tugas Presiden ini memegang kekuasaan eksekutif sekaligus mempunyai hak keluasaan presiden. Tidak hanya itu saja, lembaga DPR yang mengawasi tugas presiden ini bertujuan supaya sesuai dengan kewenangannya.

Apakah Tugas Presiden ini yang sebenanya ?

Tugas Presiden Sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan

Setelah mengerti pengertian apa itu Presiden, pada pembahasan selanjutnya adalah Tugas Presiden. Tahukah kamu bahwa Tugas Presiden ini terdiri dari 2 unsur diantaranya yaitu Tugas Presiden Sebagai Kepala Negara dan Tugas Presiden sebagai Kepala Pemerintahan. Agar tidak panjang dalam kosakata yang saya berikan, berikut penjelasannya dibawah ini

Tugas Presiden Sebagai Kepala Negara

Sebagai Kepala Negara, Presiden mempunyai hak politis yang telah ditetapkan berdasarkan konstitusi sebuah Negara. Kepala Negara ini berdasarkan jenis siafatnya ini terdiri menjadi dua unsur yakni Kepala Negara Populis dan Kepala Negara Simbolis.

Kepala Negara ini berdasarkan jenis konstitusinya terbagi menjadi Sistem Presidensill dan juga Sistem Semi-Presidensil ini, sebagaimana yang yang sesuai tanggung jawab dan hak politisnya. Maksudnya bagaimana ? berikut penjelasan mengenai tugas-tugasnya yang telah tercantum pada sebuah Undang-Undang Dasar 1945 dibawah ini:

  1. UUD 1945 Pasal 34 Ayat 3 yang berisi mengenai Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak.
  2. UUD 1945 Pasal 10 yang berisi mengenai Presiden memegang kekuasaan yang tertinggi atas segala Angkatan.
  3. UUD 1945 Pasal 34 Ayat 2 yang berisi mengenai Negara mengembangkan sistem tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan dan jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memperdayakan masyarakat yang lemah.
  4. UUD 1945 Pasal 13 ayat 1 yang berisi mengenai Presiden mengangkat duta dan konsul.
  5. UUD 1945 Pasal Ayat 34 ayat 1 yang berisi mengenai anak-anak terlantar dipelihara oleh negara termasuk dengan fakir miskin.
  6. UUD 1945 Pasal 13 ayat 3 yang berisi mengenai Presiden menerima penempatan duta negara lain dengan melalui pertimbangan agar diberikan persetujuan dari DPR
  7. UUD 1945 Pasal 32 Ayat 2 yang berisi mengenai Negara memelihara dan menghargai segala bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional negara Indonesia.
  8. UUD 1945 Pasal 29 Ayat 2 yang berisi mengenai Negara menjamin kemerdekaan pada setiap penduduk yang memegang teguh agaman dan kepercayaannya masing-masing.
  9. UUD 1945 Pasal 32 Ayat 1 yang berisi mengenai memajukan kebudayaan dan mengembang nilai-nilai untuk kebebasan masyarakat Indonesia.
  10. UUD 1945 Pasal 31 ayat 4 yang berisi mengenai Negara dalam pembebelanjaan daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional danmemperioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya dua puluh persen dari anggaran pendapatan serta belanja negara serta dari anggaran pendapatan.

Tugas Presiden Sebagai Kepala Pemerintahan

Sebagai kepala pemerintahan, Presiden ini dibantu oleh Wakil Presiden dan jugamenteri-menteri dalam kabinet dalam melaksanakan dan menjalankan pemerintahan eksekutif sebagaimana tugasnya yang sudah tertulis pada UU.

Nah, sebagai Kepala Pemerintahan ini pun Presiden mempunyai tugasĀ  yang sebagaimana tercantum pada Undang-Undang Dasar 1945. Tugas sebagai kepala pemerintahanya Presiden tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. UUD 1945 Pasal 31 Ayat 5 yang berisi mengenai persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia dan pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menunjang tinggi nilai-nilai agama.
  2. UUD 1945 Pasal 4 Ayat 1 yang berisi mengenai Presiden Republik Indonesia memegang kekuasaan pemerintahan.
  3. UUD 1945 Pasal 31 Ayat 3 yang berisi mengenai akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana tercantum pada Undang-Undang dan Pemerintah mengusahakan serta menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan serta ketakwaan.
  4. UUD 1945 Pasal 5 Ayat 2 yang berisi mengenai presiden menetapkan, melaksanakan, dan menjalakan dari peraturan pemerintah yang dibuatnya.
  5. UUD 1945 Pasal 31 Ayat 2 yang berisi mengenai pemerintah wajib membiayainya setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan.
  6. UUD 1945 Pasal 17 Ayat 2 yang berisi mengenai Presiden mengangkat dan memberhentikan menteri-menteri.
  7. UUD 1945 Pasal 28I Ayat 1 yang berisi mengenai tanggung jawab negara terutama pada pemerintah dan Perlindungan, penegakan, serta pemajuan.
  8. UUD 1945 18B Ayat 1 yang berisi mengenai hubungan wewenang antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah kabupaten atau kota, serta provinsi.
  9. UUD 1945 Pasal 24C Ayat 3 yang berisi mengenai Mahkamah Konstitusi memiliki 9 orang anggota hakim konstitusi yang telah ditetapkan oleh presiden sebagaimana diajukan pada setiap 3 orang oleh Mahkamah Agung, 3 orang oleh Dewan Perwakilan Rakyat, dan 3 orang oleh Presiden.
  10. UUD 1945 Pasal 20 Ayat 4 yang berisi mengenai Presiden menyetujui akan hal rancangan undang-undang.
  11. UUD 1945 Pasal 24B Ayat 3 yang berisi mengenai Presiden mengangkat dan memberhentikan anggota Komisi Yudisial berdasarkan persetujuan dari DPR.
  12. UUD 1945 Pasal 23 Ayat 2 yang berisi mengenai belanja negara diajukan oleh Presiden untuk bersama Dewan perwakilan Rakyat.
  13. UUD 1945 Pasal 24A Ayat 3 yang berisi mengenai Usulan Komisi Yudisial terhadap calon hakim agung kepada DPR melalui persetujuan dari Presiden.
  14. UUD 1945 Pasal 23F Ayat 1 yang berisi mengenai Anggota Badan Pemeriksa Keuangan dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
  15. UUD 1945 Pasal 18B Ayat 2 yang berisi mengenai Hubungan keuangan, pemanfaatan sumber daya alam, pelayanan umum kepada pemerintah daerah dengan pemerintah pusat.

Wewenang, Hak dan Kewajiban Presiden

Presiden ini pun seperti lembaga pada umumnya yang dibentuk dengan wewenang, hak dan kewajiban sesuai tercantum pada undang-undang. Berikut akan dibawah ini wewenang, hak, dan kewajiban presiden!

  1. Komisi Yudisial diangkat dan diberhentikan Presiden dengan disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat.
  2. Memegang kekuasaan pemerintahan.
  3. Menetapkan hakim konstitusi dari calon yang diusulkan dari ketiga lembaga diantaranya yaitu Presiden, DPR serta Mahkamah Agung.
  4. Memegang kekuasaan yang tertinggi atas ketiga angkatan sekaligus seperti Angkatan Laut, Darat, dan juga Udara.
  5. Menetapkan hakim agung dari calon yang diusulkan oleh Komisi Yudisial kemudian dipersetujui oleh DPR.
  6. Presiden memberikan persetujuan atas RUU bersama DPR dan mengesahkan RUU menjadi UU dan Mengajukan Rancangan Undang-Undang kepada DPR.
  7. Meresmikan anggota Badan Pemeriksa Keuangan melalu persetujuan dari DPD.
  8. Menetapkan Undang-undang sebagai pengganti peraturan pemerintah.
  9. Memberi gelar, tanda jasa, dan tanda kehormatan lainnya yang telah tercantum pada Undang-undang.
  10. Menetapkan Peraturan pemerintah.
  11. Memberi remisi, abolisi, dan amnesti dengan mempehatikan pertimbangan dari DPR.
  12. Mengangkat sekaligus memberhentikan para menteri.
  13. Memberi pengampunan (grasi) dan rehabilitasi dengan memperhatikan pertimbangan Mahkamah Agung (MA) untuk disetujui atau ditolak.
  14. Membuat perjanjian dan perdamaian dengan negara yang dipertimbangkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat.
  15. Menerima penempatan duta negara lain dengan persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat.
  16. Membuat perjanjian internasional yang disetuji oleh Dewan Perwakilan Rakyat.
  17. Mengangkat dua unsur kedutaan. Dalam mengangkat kedua duta ini, Presiden memperhatikan pertimbangan DPR.
  18. Menyatakan keadaan bahaya.

Nah, itulah diatas yang sudah saya jelaskan mengenai lembaga tertinggi sekaligus memipin sebuah negara Indonesia ini yaitu Presiden.

Sebagaimana penjelasan sederhana dan singkat ini, semoga dapat menambah ilmu pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan atau Pkn atau Ppkn ini. Tunggu artikel lainnya yang lebih mendidik dan sampai jumpa.

Komentar disini