9 Tugas DPRD Lengkap Beserta Fungsi dan Hak-Haknya

Tugas DPRD
Tugas DPRD

Kalimat.ID – Tugas DPRD – Ketika kita duduk di bangku sekolah dasar tentunya diajarkan oleh guru kita dengan banyak materi pelajaran. Salah satunya pelajaran “Pendidikan Kewarganegaraan” atau biasa disingkat PKN atau juga Ppkn ini.

Dimana pada materi pelajaran ini biasanya membahas mengenai materi tentang hukum yang berkaitan dengan negara ataupun dengan tugas dari aparat pemerintah.

Tugas DPRD, merupakan salah satu lembaga wewenang yang mempunyai peranan penting dalam setiap daerah masing-masing. Oleh karena itu, dibentuknya DPRD ini mempunyai fungsi dan tujuannya. Akan tetapi tidak sedikit pula masyarakat yang belum mengerti tentang tugas dari DPRD itu sendiri.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas lengkap mengenai lembaga pemerintah DPRD ini. Yang akan saya bahas pada artikel kali ini diantaranya Tugas DPRD, Fungsi DPRD, dan juga Hak-hak DPRD. Pasalnya, banyak juga mengartikan tentang salah satu lembaga pemerintah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau disingkat DPRD ini.

Tugas DPRD dan Wewenang Beserta dengan Hak-hak DPRD

Dilansir dari wikipedia bahwa DPRD ini merupakan singkatan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten atau kota. Pengertian dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yaitu lebmbaga pemerinta yang berkedudukan sebagai salah satu unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang memunyai fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan. Anggota DPRD ini terdiri dari para anggota politik yang sudah terpilih dalam pemilihan umum.

Anggota DPRD kabupaten atau kota ini berjumlah paling sedikit 20 orang dan paling banyak 50 orang dengan masa jabatan anggota DPRD kabupaten atau kota yakni 5 tahun. Berakhir ketika waktu anggota DPRD kabupaten atau kota yang baru mengucapkan sumpah janji. Keanggotaan DPRD kabupaten atau kota ini resmi dengan keputusan dari seorang Gubernur.

Pimpinan DPRD kabupaten atau kota ini bersifat kolektif dan kolegial. Dipimpin oleh seorang ketua DPRD kabupaten atau kota dan 2 orang wakil ketua DPRD kabupaten atau kota untuk anggota minimum 20 orang. Sementara untuk 3 wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten atau kota untuk anggota maksimal sebanyak 50 orang berasal dari partai politik berdasarkan urutan perolehan kursi terbanyak di DPRD.

Itu diatas penjelasan singkat mengenai DPRD, selanjutnya pada pembahasan dibawah ini akan menjelaskan lebih detai mengenai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah !

Tugas – Tugas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)

Tahukah kamu apa tujuan dibentuknya DPRD ini? Pasalnya, bahwa lembaga ini mempunyai tugas yang merupakan peranan penting bagi setiap daerah. Tugas dari DPRD ini sangat berkaitan dengan fungsi-fungsi yang nanti akan saya jelaskan setelah ini. Menurut perundang-undangan bahwa tugas DPRD ini ada 9 diantaranya yaitu sebagai berikut !

1. Melakukan pengoperasian dan penyerapan anggaran daerah

Tugas DPRD yang keempat yaitu untuk menyetujui apapun tidak menyetujui RAPBD yang merupakan rancangan anggaran pembelanjaan daerah pada periode terkait. Tidak hanya pada sebuah proses menyetujui atau tidak menyetujui, pasalnya DPRD melalu komisi terkait mempunyai tugas serta wewenang dalam melaksanakan pengoperasian APBD yang telah disetujui sebelumnya.

Seperti APBD tentnag pertamana, maka dari itu DPRD wajib melaksanakan pemberian dana untuk dinas pertamanan yang sesuai dengan jumlah tertera di APBD. Selain itu juga disesuaikan dengan kebutuhan dari dinas terkait yang berhubungan dengan pertamanan.

2. Memberi persetujuan pemindah tanganan asset daerah

Tugas DPRD yang ketiga yaitu melakukan persetujuan dan penandatanganan mengenai proses pindah tangan dari asset-asset milik daerah. Seperti sebuah gedung yang tadinya adalah gedung milik swasta, akan tetapi karena terbelenggu oleh sengketa maka hal ini diputuskan bahwa gedung tersebut akan dipindah tangankan ke pemerintah daerah.

Oleh karena itu, sudah menjadi tugas DPRD sebagai lebaga legislatif daerah dalam melakukan proses persetujuan dan proses penandatanganan dari asset yang sudah dipindah tangan.

3. Membentuk peraturan daerah

Salah satu tugas dari DPRD ini yaitu membentuk peraturan daerah yang diharuskan untuk dibahas bersama pemimpin daerah yang terkait. Dengan hal tersebut maka diharapkan setiap peraturan daerah yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah ini merupakan sebuah peraturan yang memang benar-benar sesuai dengan rakyat dan masyarakat daerah. Karena hal tersebut melalu berbagai studi terhadap keinginan aspirasi yang dimiliki oleh masyarakat.

4. Membahas dengan pemimpin

Salah satu yang menjadi Tugas DPRD selanjutnya yaitu melakukan rapat pembahasan RAPBD yang selanjutnya nanti akan disahkan menjadi APBD. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa rancangan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat daerah masing-masing yang telah diajukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Menjadi salah satu poin penting dikarenakan tanpa adanya pembahasan maka tentu saja anggaran tersebut tidak akan berguna dan tidak akan terserap sempurna.

Sehingga kemudian nanti akan menjadi celah bagi kejahatan yang berhubungan dengan penggelapan anggara. Selain itu, DPRD pun mempunyai tugas dan weweang untuk menerima dan menolak rancangan anggaran pembelanjaan daerah atau RAPBD yang diajukan kepadanya sesuai dengan keadaan masyarakat yang ada.

5. Menyerap, menghimpun, dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat

Tugas selanjutnya ini merupakan sangat penting yaitu menyerap, menghimpun serta menindaklanjuti aspiras dari masyarakat. Sebagai lembaga Negara yang merupakan wakil rakyak, oleh karena itu DPRD harus dan mempunyai tugas untuk mendengarkan aspiras dan keluhan serta kebutuhan masyarakatnya.

Setelah itu, DPRD sudah sepantasnya mempunyai wewenang untuk menghimpun dan membahas mengenai penindak lanjutan dari aspirasi maasyrakat daerah. hal tersebut adalah salah satu tugas utama dari DPRD sebagai lembaga legislatif. Hal ini juga kana membatu sebut daerah yang akan menjadi lebih baik terutama dalam hal kemajuan pembangunan dan juga kesejahteraan. Melaksanakan tugas dan wewenang lain yang diatur dalam undang-undang

Tugas dan kewenangan DPRD ini sudah tercatat dalam perundang-undangan, dan merupakan tugas utama yang mempunyai peranan penting untuk dilaksanakan oleh anggota yang duduk di kursi DPRD.

6. Mengusulkan

Adapun tugas dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ini untuk mengusulkan beberapa diantaranya yaitu

  1. Untuk DPRD provinsi -> Pengangkatan atau pemberhentian gubernur atau wakil gubernur kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri.
  2. Untuk DPRD kabupaten -> Pengangkatan atau pemberhentian bupati atau wakil bupati kepada Menteri Dalam Negeri bersama Gubernur.
  3. Untuk DPRD kota -> Pengangkatan atau pemberhentian wali kota atau wali wakil kota kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur.
  4. Memilih wakil kepala daerah dalam hal terjadi tidak ada jabatan wakil kepala daerah.

7. Memberikan persetujuan

Masih kelanjutan tugas nomer 8 yaitu DPRD mempunyai weweang dalam menyetujui terhadap rencana kerja sama Internasional yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

8. Mengupakan terlaksana kewajiban daerah

Maksud dari tugas ini yaitu bahwa DPRD wajib untuk mengusahakan bahwa harus dilakukannya daerah sesuai dengan ketentuan yang tercatat dalam perundang-undangan.

9. Memberi pendapat dan pertimbangan kepada pemerintah daerah

Dalam tugas DPRD berikutnya ini bahwa lembaga harus memberikan pendapat dan pertimbangan kepada pemerintah daerah terhadap rencana perjanjian internasional di daerah

Fungsi-Fungsi Dewan Perwakilan Daerah Rakyat (DPRD)

Selain diatas tugas-tugas dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ini bahwa mempunyai peranan fungsi sebagaimana tujuan dibentuknya lembaga ini. Ada 3 fungsi lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD ini diantaranya sebagai berikut :

  • Legislasi

Merupakan fungsi diwujudkan dalam bentuk peraturan daerah dengan pimpinan yaitu Bupati.

  • Anggaran

Merupakan fungsi yang diwujudkan dalam menyetujui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) bersama-sama bupati.

  • Pengawasan

merupakan salah satu fungsi diwujudkan dalam bentuk pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan perundang-undangan, Keputusan Bupati, Peraturan Bupati, dan Kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah masing-masing.

Hak-Hak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)

Tujuan dengan dibentuknya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ini mempunyai kewenangan hak yang sudah tercantum. Hak tersebut diantaranya sebagai berikut !

  • Interpelasi

Merupakan hak untuk meminta keterangan kepada bupati mengenai kebijakan pemerintah daerah yang penting dan strategis dan berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

  • Angket

Merupakan hak untuk melakukan penyelidikan terhadap kebijakan pemerintah daerah yang penting dan strategis.

  • Menyatakan pendapat

Merupakan hak untuk menyatakan pendapat terhadap kebijakan bupati atau sebagai tindak lanjut pelaksanaan hak Interpelasi dan hak angket.

Nah, itulah penjelasan diatas yang sudah saya bahas lengkap mengenai lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD ini dengan singkat, pada dan jelas. Dengan adanya artikel ini semoga bisa menambah wawasan dalam ilmu pengetahuan pendidikan kewarganegaraan. Simak artikel selanjutnya yang akan membahas mengenai salah satu pendidikan kewarganeraan lainnya hanya di sini !

Komentar disini