14 Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Wajib Kunjungi

Tempat Wisata di Tasikmalaya

Kalimat.ID – Pernahkah kalian berkunjung ke tempat wisata di Tasikmalaya? Tasikmalaya merupakan salah satu kota yang cukup terkenal di propinsi Jawa Barat. Tasikmalaya ini penetapannya masih sebagai kota yang tergolong baru.

Ada banyak sekali tempat wisata di Jawa Barat yang patut kalian kunjungi saat liburan tiba. Mungkin bagi kalian yang masih bingung mencari tempat wisata di Tasikmalaya, kini sudah tersedia berbagai macam pilihannya.

Kota Tasikmalaya yang berbatasan dengan kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya berada di sebelah utara. Potensi wisata yang ada di kota Tasikmalaya ini memang cukup beragam sekali bahkan mempunyai daya tarik tersendiri. Wajar saja jika banyak tempat wisata di Tasikmalaya yang mampu menyedot perhatian para wisatawannya.

Selain wisata alam yang menakjubkan, disana juga sudah tersedia wisata hiburan dan juga rekreasi yang bisa membuat liburan kalian lebih menyenangkan. Jangan lewatkan waktu kalian untuk mengunjungi berbagai kawasan wisata menarik yang ada di Tasikmalaya ini.

Tasikmalaya ini memang begitu melekat sekali dengan yang namanya bordir dan juga bubur ayam. Keduanya ini memang melekat sekali di kota Tasikmalaya. Jadi kalian bisa berwisata kuliner sembari jalan-jalan mengunjungi beragam tempat wisata menarik yang ada di sana.

14 Tempat Wisata di Tasikmalaya Tahun 2019:

Kota yang satu ini biasanya lebih dikenal dengan julukan Delhi Van Java yang mempunyai kekayaan alam terlengkap. Buat kalian yang merasa tertarik untuk mencari alternatif liburan selain tempat wisata di Bogor dan tempat wisata di Bandung.

1. Kampung Naga Tasikmalaya

tempat wisata di tasikmalaya kampung naga
image by: kompas.com

Jika mendengar namaya mungkin masih banyak yang merasa penasaran dengan kampung yang satu ini. Tempat wisata di Tasikmalaya yang satu ini memang menjadi salah satu destinasi wisata yang patut kalian kunjungi. Kampung Naga ini biasanya lebih di kenal dengan sebutan kampong adat.

Warga dari Kampung Naga ini masih memegang erat segala adat istiadat yang ada. Kini para wisatawan yang ingin berkunjung kesana perlu lebih waspada sebab adat istiadatnya masih begitu kental sekali.

Keunikan yang ada pada Kampung Naga telah tersurat pada bangunannya. Dimana semua bangunan yang ada menghadap ke arah yang sama. Apalagi dari segi desain dan juga ukuran bangunannya pun hampir mirip antara satu dengan yang lainnya.

Bahkan ada beberapa pengunjung yang bertanya apakah kampung Naga ini benar ada seekor naga yang tersembunyi. Padahal kenyataannya meskipun ada kata naga bukan berarti kampung tersebut mempunyai naga.

Kampun ini disebut sebagai Kampung Naga karena memang lokasinya ada di dalam hutan yang juga dianggap sebagai sebuah pagar alam. Kerennya lagi, wisatawan akan menemukan bahwa bangunan di kampung ini semuanya dibuat dengan bahan dari non-pabrik.

Di tempat ini pun tidak menggunakan listrik, namun beberapa warga diketahui ada yang sudah memakai listrik, itupun aki atau baterai saja. Untuk menjangkau tempat ini tidaklah susah karena tepat berada di tepi jalan utama Tasik Garut sehingga para pengunjung tidak akan sampai kesasar atau bahkan harus mencarinya dalam waktu yang lama.

2. Curug Ciparay Tasikmalaya

curug ciparay
Image : jejakpiknik.com

Tempat wisata di Tasikmalaya memang banyak sekali macamnya. Ketika kalian sedang berada di Tasikmalaya jangan sampai lewatkan untuk berkunjung ke air terjun Cipray. Pesona keindahan dari air terjunnya memang tak akan membuat para pengunjungnya merasa bosan. Lokasi dari air terjun yang satu ini ternyata berada di kaki Gunung Galunggung yang mempunyai daya tarik tiada habisnya.

Jika kalian berkunjung kesana, tentunya bisa melakukan sebuah aktivitas menarik seperti halnya mandi. Tetapi kalian perlu lebih bersabar dan juga bersemangat jika ingin sampai pada lokasinya.

Hal ini dikarenakan akses menuju ke lokasi terbilang sulit sekali. Kesulitan ini ternyata disebabkan oleh adanya jalan yang sudah rusak bahkan rambu lalu lintasnya masih tergolong kurang.

Kini para pengunjung yang ingin menikmati panorama keindahan wisata alam ini cukup mengeluarkan tiket wisata Rp 2.500 saja. Harga tersebut pastinya tergolong murah sekali bahkan terjangkau untuk semua kalangan masyarakat. Jadi kalian bisa berwisata dengan budget yang amat terjangkau.

3. Gunung Galunggung

gunung galunggung
Image by: traveler.id

Ada lagi salah satu travel wisata di Tasikmalaya yang menarik untuk dikunjungi yakni Pemandian air panas maupun kawah yang berada di Gunung Galunggung. Tempat wisata ini terbilang favorit sekali bagi para wisatawan yang berlibur.

Gunung yang sudah masuk dalam kategori gunung berapi ini memang lebih dikenal sebagai obyek wisata yang mampu menyajikan beragam pemandangan nan cantik dan menarik.

Ketika berkunjung ke sini, kalian akan menemukan bak pemandian air panas, kolam renang, kolam rendam bahkan danau yang bisa menambah kesegaran bagi setiap pengunjung yang datang.

Supaya bisa sampai di Gunung Galunggung ini, sudah tersedia 3 pilihan akses yang bisa kalian lalui. Jika berasal dari daerah pusat kota, kalian bisa menuju ke Surakatu dari Indihiang.

Akses yang kedua bisa dimulai dari perempatan pesantren Cipasung lalu dilanjutkan dengan belok kesebelah kanan. Akses yang ketiga pengunjung bisa menuju ke gunung ini dari Cisayong. Ketiga jalur ini disajikan karena dinilai menjadi medan yang paling baik untuk di lalui.

Buat kalian yang ingin menikmati keindahan wisata Gunung Galunggung ini, Cukup dengan menyiapkan budget sebesar Rp 6.500 per orangnya untuk tiket masuknya. Buat yang ingin melanjutkan perjalanan ke kawah cukup dengan Rp 2.000 rupiah saja per orangnya. Pengunjung juga akan dikenai biaya sebesar Rp 4.500 saja untuk bisa masuk dalam area pemandian air panas.

4. Pantai Selatan Cipatujah

pantai selatan cipatujah
Image by: merahputih.com

Tempat wisata di Tasikmalaya emang banyak sekali dan terbilang begitu lengkap. Sekarang ini ada juga pantai nan indah yang bisa kalian kunjungi yakni Pantai Selatan Cipatujah. Pantai yang satu ini berada di Kabupaten Tasikmalaya bahkan menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para wisatawan. Untuk bisa mencapai lokasinya, kalian perlu melalui Kawalu, Sukarata baru kemudian dilanjutkan ke Cibalong dan Karang Nunggal.

Panorama keindahan pantai mampu menenangkan hati siapapun yang berkunjung kesana. Pantai yang satu ini pada bagian pinggirnya memang sudah dikelilingi oleh adanya tebing yang terlihat begitu curam. Namun jangan khawatir, saat berada disana kalian akan menyaksikan keindahan pantai tak terbantahkan.

Ada banyak fasilitas yang sudah tersedia di sekitar pantai bahkan begitu menyenangkan sekali. Mulai dari pondok wisata, tempat parkir memadai, panggung hiburan, penginapan, gazebo, balawisata, bahkan warung makan juga sudah tersedia.

5. Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta
Image by: merahputih.com

Tasikmalaya memang dikenal mempunyai banyak tempat wisata alam yang menarik. Sindangkerta menjadi salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi oleh para wisatawan.

Tempat wisata di Tasikmalaya ini sangat disukai banyak orang bahkan lebih dikenal sebagai tempat penangkaran penyu. Di sana kalian bukan hanya bisa berjalan-jalan saja melainkan bisa juga melihat langsung proses pembudidayaan penyu.

Buat kalian yang berkunjung kesana, bakalan mendapatkan sebuah wawasan mengenai budidaya penyu. Sehingga habitat penyu ini bisa terus berlangsung dan terhindar dari namanya punah. Supaya bisa masuk dalam lokasi wisata ini, para pengunjung akan dikenai biaya yang amat terjangkau yakni Rp 5 ribu rupiah saja per orangnya.

6. Pemandian Air Panas Ciawi

pemandian air panas ciawi
Image by: republika.co.id

Siapa sangka di Tasikmalaya ternyata sudah tersedia pula sebuah pemandian air panas yang wajib untuk di kunjungi yakni Pemandian Air Panas Ciawi. Tempat ini paling cocok buat kalian yang ingin melepaskan penat karena lelahnya bekerja.

Jika kalian berasal dari Bandung ingin berkunjung ke sana. Kalian hanya perlu mengambil arah Ciawi dari pertigaan Nagreg dan dalam perjalanan nantinya kalian akan menemukan sebuah lokasi pemandian air panas ini. Disana sudah tersedia dua kolam untuk mandi yakni air panas dan juga air dingin sesuai dengan kebutuhan para pengunjungnya.

Kedua kolam tadi sudah disediakan pada setiap bilik kamar mandi sehingga para pengunjung pun bisa memilih secara bebas mana yang ia inginkan. Saat rasa lelah sudah terlepaskan berkat asyik berendam pada air panas.

Kini kalian bisa memanjakan diri lagi dengan beragam fasilitas lain yang lebih menarik. Buat yang merasa lapas dan haus, sudah tersedia banyak sekali restoran yang bisa kalian temukan di sepanjang jalan.

Bagi para pengunjung yang ingin mandi air panas biasanya akan dikenai biaya sebesar Rp 2.500 rupiah saja. Sementara untuk menggunakan kamar pemandiannya cukup menyiapkan budget sebesar Rp 5000 rupiah.

7. Teejay Waterpark

Teejay Waterpark
Image by: piknikasyik.com

Tempat wisata di Tasikmalaya memang banyak sekali jenisnya. Kini ada pula nuansa waterpark yang bisa kalian temukan. Jangan lupa kunjungi Teejay Waterpark yang mampu memberikan sebuah hiburan menyenangkan. Mulai dari permainan air bahkan tersedia pula pusat perbelanjaan.

Konsep tempat wisata ini tergolong mewah sebab taman bermainnya saja mempunyai kegiatan wisata yang begitu lengkap. Banyak sekali wahana permainan yang sudah tersedia, mulai dari ember tumpah, slider, kolam arus, kolam anak bahkan ada pula kolam ombak.

Menariknya lagi dalam waterpark ini juga sudah tersedia gazebo yang nantinya bisa dipergunakan para pengunjungnya untuk bersantai. Taman bermain air ini memang mempunyai daya tarik luar biasa berkat adanya ombak dadakan yang biasanya muncul setiap satu jam sekali.

Ada pula beragam fasilitas menarik lainnya yang sudah tersedia untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung yakni ruang bilas, ruang medis, kamar mandi bahkan locker sekalipun. Pastinya kalian akan merasa puas menghabiskan waktu liburan di sana.

Pengunjung yang datang biasanya akan dikenai tiket masuk seharga Rp 20.000 rupiah per orangnya jika datang di hari senin hingga jumat. Sementara untuk akhir pekan biasanya harganya sedikit lebih mahal yakni Rp 30.000 rupiah.

8. Situ Gede

situ gede

Tempat wisata di Tasikmalaya yang ini memang cocok sekali dinikmati bersama dengan keluarga atau bahkan teman. Situ Gede ini merupakan sebuah danau besar yang menjadi ikon obyek wisata di Tasikmalaya.

Pengunjung yang datang kesana juga akan mendapatkan beragam fasilitas yang menarik. Mulai dari wahana rekreasi, jalur untuk jogging, lokasi untuk meeting, area untuk memancing bahkan juga tempat untuk berperahu ria.

Para wisatawan yang berkunjung ke sana juga bisa berkeliling lokasi wisata guna menikmati indahnya pemandangan yang ada di kawasan itu Gede. Apalagi nuansa yang ada disana masih terlihat alami dengan suasana yang menyegarkan ala pedesaan. Pengunjung yang datang kesana biasanya akan dikenai biaya sekitar Rp 2.000 rupiah hingga Rp 4.000 rupiah saja.

9. Goa Malawang

gua jepang bandung

Tempat wisata di Tasikmalaya bukan hanya pantai atau bahkan nuansa alam saja namun tersedia pula wisata goa. Buat siapapun yang berkunjung ke Goa Malawang tidak akan merasa kecewa saat sudah berada di sana. Goa yang satu ini letaknya berada di tengah perkembunan yang di ketahui berupa sekumpulan ceruk dan goa.

Tempat wisata yang satu ini memang layak buat dikunjungi saat kalian sedang berada di Tasikmalaya. Di sana ada sejumlah penemuan arkeologis yang terbilang cukup mencengangkan.

Pastinya masih banyak sekali penemuan yang bisa ditemukan melakui sebuah penelitian. Penemuan yang akhirnya bisa membuat gua ini meraih popularitas yang tinggi ternyata berkat adanya tulang binatang zaman dahulu bahkan ada pula alat bantu seperti perkutor, kapak batu, fragmen gerabah bahkan juga fragmen keramik.

10. Waterboom Maarif Garden

waterboom maarif garden

Lokasi wisata bermain air ini mulanya berdiri tahun 2008. Tempat wisata ini memang paling cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Lumayan banyak wahana yang telah tersedia disana.

Mulai dari permainan bola gelo, waterboom, kolam renang bahkan ada pula flying fox. Kini para pengunjung pun bisa memilih salah satu wahana permainan yang dirasa menarik baginya.

Bukan hanya itu saja, ternyata disana juga sudah tersedia becak mini yang bisa kalian pergunakan untuk mengelilingi area waterboom. Para orang dewasa pun kini bisa juga mencoba pelayanan fish spa atau terapi ikan.

Menariknya lagi disana juga sudah tersedia sebuah saung yang bisa kalian sambangi sekedar untuk beristirahat sejenak. Jika kalian ingin berkunjung kesana cukup menyiapkan budget sebesar Rp 5.000 rupiah saja. Hanya saja jika pengunjung ingin menikmati setiap wahana yang tersedia, kemungkinan harus mengeluarkan biaya lagi.

11. Water Splash Indihiang

Tempat Wisata di Tasikmalaya Water Splash Indihiang

Liburan bersama dengan keluarga atau teman paling asyik jika kalian habiskan waktu untuk berkunjung ke Water Splash Indihiang. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata dengan wahana air yang terbaik.

Waterpark yang satu ini cukup ramai dikunjungi berkat adanya beragam fasilitas yang sudah tersedia. Memang banyak wahana yang sudah disediakan, mulai dari mini kincir, boom boom car, becak mini, boogie, kiddie ride, atv dewasa, perahu kano, flying fox dan masih banyak lagi wahana menarik lainnya.

Buat kalian yang merasa lapar sehabis puas bermain tak perlu khawatir lagi. Sebab saat ini sudah tersedia food court dengan beragam sajian yang lezat dan nikmat. Buat para pengunjung yang datang kesana biasanya akan dikenai biaya sebesar Rp 20.000 rupiah per orangnya jika berkunjung di hari senin hingga jumat.

Sedangkan untuk hari sabtu, minggu atau bahkan tanggal merah biasanya pengunjung akan dikenai biaya sebesar Rp 25.000 rupiah. Harga tersebut pastinya bisa anda pergunakan untuk menikmati fasilitas slide extreme, trampolin maupun berenang.

12. Taman Mangkubumi Indah

Tempat Wisata di Tasikmalaya taman mangkubumi indah

Menghabiskan liburan di Tasikmalaya rasanya kurang lengkap jika para wisatawan belum berkunjung ke Taman Mangkubumi Indah. Tempat wisata di Tasikmalaya ini tentunya cocok sekali buat kalian para keluarga yang ingin bersantai.

Taman ini mempunyai kolam bear dimana Nampak mirip sekali seperti danau yang menjadi daya tariknya. Tak hanya itu saja, biasanya para pengunjung pun bisa berjalan-jalan mengelilingi taman untuk sekedar menghirup udara yang menyegarkan.

Menariknya lagi disekitar lokasi taman ini juga sudah tersedia penginapan dengan biaya yang cukup terjangkau. Sehingga para pengunjung yang ingin menginap pun tak perlu bingung dengan budget yang dimiliki.

Hal yang lebih menarik ternyata di taman ini tersedia pula sebuah gazebo yang nantinya bisa dipergunakan untuk tiduran santai memandangi panorama alam sekitar. Jika berkunjung di waktu yang tepat biasanya kalian bisa menyaksikan acara pentas seni ataupun hiburan lain yang sering diadakan ditempat tersebut.

Tempat wisata di Tasikmalaya yang menarik untuk dikunjungi yaitu Taman Mangkubumi Indah. Wahana air ini ini merupakan tempat wisata terpadu yang sudah menawarkan keseruan dalam bermain air.

Di sana kalian bisa merasakan gimana sensasinya berenang dengan suasana perbukitan yang sejuk. Bukan hanya permainan air saja yang menarik namun ada pula wahana permainan lainnya seperti flying fox dan juga sepeda air. Liburan kalian pun terasa semakin menyenangkan.

13. Pantai Karang Tawulan

Tempat Wisata di Tasikmalaya pantai-karang-tawulan

Masih ada lagi pantai mempesona yang ada di Tasikmalaya yakni Pantai Karang Tawulan. Pantai yang satu ini jaraknya sekitar 100 kilometer dari pusat kota Tasikmalaya. Di sana kalian bisa menemukan banyak hal menarik mulai dari keindahan alamnya hingga kesegaran udaranya. Pantai yang satu ini merupakan sebuah anugrah tersembunyi yang berada di balik bukit. Buat para wisatawan yang ingin berkunjung kesana tak perlu bingung dengan akses jalannya.

Jika kalian sudah sampai pada desa Kalapagenep, buatlah laju kendaraan lebih melambat. Sebentar lagi pastinya kalian akan sampai pada lokasinya. Saat sore hari hampir tiba di tengah cuaca tengah cerah, dari atas batu karang sebelah barat para wisatawan pun bisa menikmati indahnya pemandangan cahaya lembayung. Itulah indahnya matahari yang akan terbenam dan bisa kalian saksikan keindahannya.

Menikmati keindahan pantai di sore hari memang menyenangkan sekali bahkan menjadi moent yang tak akan terlupakan dalam hidup kalian. Para pengunjung yang datang ke pantai ini cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 2.500 per orang untuk pengendara motor.

Sedangkan buat kalian yang menggunakan kendaraan roda empat biasanya akan dikenai biaya sebesar Rp 10.000 rupiah saja. Menariknya lagi disekitar pantai kalian bisa menemukan banyak warung makan yang bisa kalian sambangi untuk berkuliner.

14. Curug Dengdeng

Tempat Wisata di Tasikmalaya Curug Dengdeng

Tempat wisata terpopuler yang ada di Tasikmalaya adalah Curug Dengdeng yang berada di kecamatan Cipatujah. Hanya perlu menuju ke Kampung Caringin lebih tepatnya lagi desa Cikawung ini, para pengunjung nantinya akan menemukan air terjun yang terbilang eksotis.

Menariknya lagi ada tiga tingkat dari air terjun tersebut. Keasrian maupun kesejukan dari tempat tersebut bukan hanya omong kosong belaka. Sebab tempat wisata tersebut memang kaya akan pepohonan nan hijau.

Buat kalian yang ingin berkunjung kesana tak perlu bingung lagi dengan permasalahan budget. Kini para pengunjung yang datang ke Curug Dengdeng ini biasanya akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 3.500 rupiah saja. Tak ada salahnya buat kalian yang sedang berada di Tasikmalaya jangan lewatkan untuk mengunjungi berbagai obyek wisata menarik yang ada di sana.

Itulah tadi berbagai macam tempat wisata di Tasikmalaya yang patut kalian kunjungi bersama dengan keluarga atau bahkan teman sekalipun. Dengan banyaknya destinasi wisata yang sudah tersedia ini semoga saja bisa membuat waktu liburan kalian terasa lebih menyenangkan.

Jangan melewatkan waktu begitu saja untuk menjelajah indahnya tempat wisata yang ada di Tasikmalaya ini. Banyak sekali tempat wisata unik dan menarik yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan.

Komentar disini