Beranda Hiburan Wisata 8 Tempat Wisata di Tangerang yang Bisa Anda Nikmati

8 Tempat Wisata di Tangerang yang Bisa Anda Nikmati

Tempat Wisata di Tangerang

Kalimat.ID – Tempat wisata di Tangerang memang menjadi kota yang wajib Anda dikunjungi saat berlibur telah tiba dan sekedar untuk menghibur diri, karena lelahnya hiruk pikuk urusan pekerjaan, Jika Anda sudah bosan ke Puncak Bogor, tidak salahnya Anda berkunjung ke kota Benteng ini.

Tempat wisata di Tangerang sangatlah banyak, baik itu wisata alam juga wisata buatan lainnya seperti Waterpark pada umumnya, dan lain sebagainya. Secara administratif kota Tangerang ini berada di Provinsi Banten.

Kota Benteng atau Tangerang sendiri memiliki 13 Kecamatan dan 104 Kelurahan dengan jumlah penduduk kota ini pada data terakhir tahun 2017 sekitar 1.651.428 jiwa dengan luas wilayah kurang lebih 153,93 KM persegi.

Berikut 8 Daftar Tempat Wisata di Tangerang Untuk Berlibur Akhir Pekan

Jika Anda berdomisili daerah JABODETABEK tak salah jika Anda menyempatkan diri untuk berkunjung ke Tangerang hanya untuk berwisata saja, di Kota ini banyak sekali tempat wisata dengan harga terjangkau baik itu wisata alam dan wisata buatan manusia.

1. Ocean Park BSD City Serpong

Ocean Park BSD City Serpong
Image by: explorewisata.com

Ocean Park BSD City Serpong merupakan sebuah wahana air yang berada di Kota Tangerang, Banten. Ocean Park BSD City Serpong merupakan waterpark terbesar di Tangerang untuk saat ini, dengan memiliki luas lahan sekitar 8,6 Hektar dengan perkiraan hingga menampung 12.000 orang pengunjung dalam satu waktu.

Ocean Park BSD City Serpong terdapat berbagai wahana menarik lainnya, dan diakui menjadi salah satu tempat wisata waterpark terbaik di Tangerang yang ramah terhadap anak-anak. Ocean Park BSD City Serpong terdapat wahana baik itu untuk dewasa dan juga anak-anak, hal ini menjadikan Ocean Park BSD City Serpong menjadi tempat wisata di Tangerang rekomendasi penulis.

Jika Anda berkunjung ke Ocean Park BSD City Serpong ada berbagai wahana yang bisa Anda coba, kami akan bahas sebagai berikut dibawah ini:

A. Fliying Tower

Wahana yang bisa Anda coba pertama kali jika mengunjungi Ocean Park BSD City Serpong adalah Fliying Tower, dengan memiliki ketinggian hingga 13 meter wajib Anda coba, selain bermain Air anda bisa mencoba adrenalin terpacu saat bermain Fliying Tower, dan terdiri dari 4 area permainan di Fliting Tower ini, seperti Shocking Quae, Wave Splash, Stroom Scream, dan juga Giat Swing.

B. Slide and Fun

Wahana yang bisa Anda coba selanjutnya adalah Slide and Fun sebuah seluncuran yang memiliki panjang hingga kisaran 96 meter dengan ketinggian hingga 15 meter.

C. Carribean River (Kolam Arus)

Kolam arus disini adalah sebuah miniatur ombak layaknya seperti di pantai, disini akan dibuatkan sebuah ombak buatan, selain hal itu Anda sebagai pengunjung juga bisa merasakan sebuah sensasi arum jeram namun ini akan sedikit berbeda karena arus airnya tidak terlalu besar seperti arum jeram yang biasa Anda temukan disungai.

D. Racer Slide

Wahana yang satu ini tidak jauh seperti Slied n fun, namun saja hanya berbeda dari bentuknya saja, yakni seperti vertikal, Racer Slide memiliki 4 jalur yang bisa Anda coba dimana saja saat menjajaki Racer Slide, Anda bisa meluncur dengan sangat cepat karena bentuk dari wahana ini seperti serodotan yang diisi oleh air.

E. Lagoona The Bahama

Wahana yang satu ini sebuah tiruan air terjun buatan.

F. Fliying Fox

Flying Fox yang satu ini memang tidak jauh berbeda dengan Flying Fox pada umumnya, hanya saja jika Anda mencobanya Anda akan melihat dengan luas wahana air dari Ocean Park BSD City Serpong secara keseluruhan, berbeda dengan yang bisa ditemukan Anda bisa melihat keindahan alam sekitar saat mencoba Flying Fox.

G. Spalsh Town

Spalsh Town adalah sebuah ember besar yang berisikan air jika sudah penuh maka akan tumpah mengenai tubuh Anda jika berada di sekitar Spalsh Town, Anda bisa merasakan guyuran dari ember besar yang berisikan air di wahana Spalsh Town ini.

H. Theater 4D

Seperti namanya Theater 4D adalah sebuah Theater yang menawarkan tampilan 4D.
Untuk bisa menikmati sebuah wahana tempat wisata di Tangerang ini seperti Ocean Park BSD City Serpong Anda bisa merogoh kocek 55 ribu hingga 95 ribu per/orang, jam buka kisaran pukul 11.00 hingga 18.00 WIB, Ocean Park BSD City Serpong berada di alamat: CBD Area, Jl. Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

2. Museum Benteng Heritage

Museum Benteng Heritage
Image by: pingpoint.co.id

Museum Benteng Heritage merupakan sebuah museum yang memiliki isi sejarah budaya Tionghoa pertama dan satu-satunya museum yang membahas budaya Tionghoa yakni Museum Benteng Heritage. Museum hasil sebuah restorasi bangunan tradisional Tionghoa di Tangerang.

Jika Anda tahu Museum Benteng Heritage merupakan salah satu bangunan tertua yang kini berada di Kota Tangerang, Banten, inilah cikal bakalnya pusat kota Tangerang yang dulunya dikenal sebagai kota Benteng. Selain hal ini Museum Benteng Heritage membuktikan peradaban suku Tionghoa yang berada di Tangerang pada masa itu.

Tempat wisata di Tangerang selanjutnya adalah membahas Museum Benteng Heritage, Kota Benteng ya itu merupakan sebuah julukan Kota Tangerang pada saat itu, dimana disini banyak warganya beretniskan Tionghoa, ya Tangerang merupakan salah satu kota di Indonesia banyak kaum Tionghoa tumbuh dan berkembang di kota Benteng ini, maka dari itu maka ada sebuah museum yang mengabadikan nya dengan sebutan Museum Benteng Heritage.

Jadwal tour di Museum Benteng Heritage dimulai pada pukul 10.00 hingga 17.00 WIB, jika mengunjungi museum ini Anda akan dipandu oleh Guided Tour Museum Benteng Heritage selama kurang lebih 45 menit untuk menjelaskan dan menyusuri sebuah bangunan dari museum Museum Benteng Heritage.

3. Telaga Biru Cisoka

Telaga Biru Cisoka
Image by: wisatabaru.com

Banyak wisatawan lokal yang berada di wilayah Jabodetabek hingga diluar itu, berkunjung ke Telaga Biru Cisoka, disana Anda bisa menikmati sebuah keindahan alam berupa hamparan sawah-sawah yang bisa memanjakan Anda saat kesana.

Tempat wisata di Tangerang Telaga Biru Cisoka ketika Anda sampai dilokasi, Anda bisa menikmati keindahan Telaga Biru Cisoka dengan mengelilingi Telaga dengan sebuah sampan kecil atau Anda bisa mencoba floating pod.

Ditengah Telaga Biru Cisoka ini terdapat sebuah floting pod dimana Anda bisa menikmati dari keindahan Telaga dan bisa mengabadikannya, tak hanya itu disana juga ada sebuah hiasan berbentuk Love, jika Anda tahu floting pod ini merupakan spot terbaik untuk mengambil sebuah momen jejak digital dengan panorama air berwarna biru.

Untuk fasilitasnya sendiri terbilang cukup, Telaga Biru Cisoka dibuka pada pukul 07.00 hingga 18.00 WIB, untuk masuk kesini sendiri untuk sekarang ini tidak dikenakan biaya tiket, namun untuk sekarang tahun 2019 ini sepertinya sudah diberlakukan tiket masuk.

Untuk tempat parkir sendiri Anda bisa membayar Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat dikenakan biaya hingga Rp. 10.000 rupiah saja, Telaga Biru Cisoka merupakan bekas galian pasir yang sudah ditinggalkan sejak tahun 2016 lalu, ini meruakan sebuah area tambang yang sudah tidak dikelola lagi, jika Anda ingin kesini lokasinya berada di Alamat: Jalan Cigaru Cisoka, Cisoka, Tangerang, Banten 15730.

4. Taman Potret

Taman Potret

Tempat wisata di Tangerang memang tak lepas juga dari sebuah taman yang menghiasi kota-kota menjadi lebih hidup dengan adanya taman, Taman Potret memiliki luas hingga 5.000 Meter Persegi atau sekitar 5 hektar.

Dahulunya taman ini bukanlah bernama Taman Potret melainkan taman Selfie, peresmian Taman Potret ini dimulai pada tahun 2015 silam, pada saat peresmian ini juga nama dari taman Selfie menjadi sebuah Taman Potret.

Keunikan dari sebuah Taman Potret ini adalah sebuah patung besar berwarna merah, sebuah patung perempuan yang sedang menari didekat tulisan sebuah Taman Potret. Keunikan ini juga tak lepas dari Patung Berwarna merah, dibelakang itu juga ada sebuah perahu mirip sebuah perahu Phinisi, warna dari perahu ini mendominasi warna cokelat dengan layar terbuka.

Pada perahu ini juga ada sebuah tulisan TNG, tulisan ini merupakan singkatan dari sebuah kota Tangerang, tentunya jika Anda pergi ke taman Taman Potret Anda bisa berfoto ria dibalik perahu ini dan patung berwarna merah dan tentunya tulisan dari Taman Potret itu sendiri.

5. Masjid Raya Al-A’zhom Tangerang

Masjid Raya Al-A'zhom

Tempat wisata di Tangerah kali ini merambah disebuah tempat ibadah umat muslim yakni Masjid Raya Al – A’zhom Tangerang, tentunya mesjid yang berada di setiap kota memiliki daya tarik masing-masing baik itu dari sejarahnya atau apapun itu tak lepas juga dari Masjid Raya Al – A’zhom Tangerang memiliki keunikan tersendiri yang membuat orang dari luar kota rela untuk berkunjung kesini untuk beribadah sekalian menikmati sebuah bangunan dari masjid ini.

Beredar kabar katanya mesjid Masjid Raya Al – A’zhom Tangerang memiliki kubah terbesar di Indonesia bahkan didunia, jika dilihat dari kejauhan kubar dari Masjid Raya Al – A’zhom Tangerang mentereng sangat megah, masjid ini sendiri terletak di komplek milik pemerintahan kota Tangerang, Banten.

Pada kubah utama dari Masjid Raya Al – A’zhom Tangerang ini di sanggah dengan 4 kubah lainnya, dengan wanra biru dan hijau muda mendominasi warna dari kubah ini, ukuran diameter dari kubah ini sendiri adalah kurang lebih 63 meter.

Mesjid ini dihiasi oleh 4 tiang penyanggah disetiap sudut mesjid yang memiliki tinggi hingga 50 meter disetiap sudut pada mesjid ini, ditambah sebuah hiasan lampu yang berada diatas menerangi dengan warna merah dan hijau.

6. Taman Langsat

taman langsat
Image by: anandastoon.com

Tempat wisata di Tangerang Taman Langsat ini memiliki cerita mistis tersendiri, dan juga angker, Taman Langsat ini berlokasi di Jalan Langsat Kebayoran Baru, berada dibagian belakang Pasar Burung Bartio. Taman ini sendiri memiliki luas hingga 3,6 hektar luasnya.
Fasilitas pada Taman Langsat ini terbilang cukup lengkap, para pengunjung bisa melakukan sebuah olahraga jogging yang biasanya juga ada pada tempat umum taman lainnya, pada area jogging ini sendiri memiliki panjang kurang lebih 750 meter saja dengan diameter cukup lebar yakni 2 meter.

Jika Anda ingin berfoto kami juga merekomendasikan untuk Anda, kawasan pada Taman Langsat ini kerap dijadikan sebuah momen foto untuk pernikahan atau biasa kita kenal Prewedding, terdapat banyak fotografer yang kerap hunting sekedar foto-foto di suasana Taman Langsat.

Banyak juga cerita-cerita horor dan mistis di Taman Langsat ini, dikarenakan mungkin suasana dari taman ini sendiri banyak dihiasi pohon-pohon tinggi dan lebat, tak lepas lagi didekat danau kecil buatan disana terdapat pohon beringin yang konon katanya sudah hidup ratusan tahun hingga kini, pohon ini menjadi pelengkap cerita mistis pada Taman Langsat, namun ini hanya cerita saja, setiap tempat juga pasti akan ada mistis nya dan horonya dan itu dikembalikan lagi kepada pembaca, jika sudah kesana jangan lupa untuk memberikan komentar di kolom komentar kami ya, kesan dan pesan dari kisah horror dan mistis di Taman Langsat ini.

7. Pasar Lama Tangerang

Pasar Lama Tangerang

Tempat wisata di Tangerang kali ini adalah Pasar Lama Tangerang, ya sebuah pasar yang mana jika Anda pergi ke Kota Benteng ini usahakan singgah di Pasar Lama Tangerang ini, karena akan memberikan kesan pribadi jika mengunjungi Pasar Lama di Tangerang ini.

Untuk lokasinya sendiri Pasar Lama Tangerang berada di Jalan Kisamaun, Kota Tangerang, untuk bisa kesini aksesnya juga cukup mudah ko, baik itu diakses menggunakan kendaraan umum hingga kendaraan pribadi. Jika Anda naik KRL Anda bisa turun di Stasiun Tangerang karena lokasi dari Pasar Lama Tangerang tidaklah terlalu jauh dari Stasiun.

Pasar tradisional Tangerang ini cukup menarik perhatian para wisatawan dari berbagai kota sekitarnya Tangerang, karena banyak barang dagangan yang unik dan menarik, untuk fasilitasnya sendiri sih standar saja, seperti toliet umum dan lahan untuk parkir kendaraan.

Jika Anda berkunjung ke Pasar Lama Tangerang Anda akan disuguhkan dipasar ini sebuah jajajn khas tahun 90-an, dimana Anda generasi 80-an hingga 90-an pasti akan kangen dengan makanan yang mana dulu Anda nikmati semasa kecil namun sekarang sudah tidak banyak yang menjual nya lagi.

8. Penangkaran Buaya Tanjung Pasir

Penangkaran Buaya Tanjung Pasir

Tempat wisata di Tangerang kali ini adalah Penangkaran Buaya Tanjung Pasir, sebuah penangkaran buaya yang berada di Tangerang yang ramai dikunjungi untuk melihat buaya secara langsung baik wisatawan lokal dan mancanegara.

Asal mulanya tempat wisata ini merupakan penangkaran buaya pada tahun 2005, namun pemiliknya mengubah menjadi tempat penangkaran buaya dan objek wisata edukasi mengenal jenis hewan yang bermoncong panjang ini.

Maka dikenallah sebuah objek wisata Penangkaran Buaya Tanjung Pasir, jika Anda berkunjung kesini cukup lengkap juga fasilitasnya seperti ada rest area, tempat ibadah, kamar mandi atau WC Umum, toko-toko souvenir dan lain sebagainya.

Di Penangkaran Buaya Tanjung Pasir ini memiliki kisaran 500 hewan reptil bernama buaya ini, baik itu buaya yang sudah dewas dan masih ukuran kecil yang bisa Anda lihat secara langsung di Penangkaran Buaya Tanjung Pasir ini.

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Tangerang yang bisa Anda jadikan bahan referensi jika ingin berkunjung ke kota Benteng yang terkenal dengan budayanya ini, baik keindahan alam dan keindahan tangan manusia.