19 Tempat Wisata di Surabaya yang Unik dan Menarik

tempat wisata di surabaya

Kalimat.ID –¬† Tempat Wisata di Surabaya – Surabaya adalah kota metropolitan kedua setelah Jakarta. Kota yang dijuluki sebagai Kota Pahlawan ini memiliki banyak keistimewaan, terutama dalam hal sejarah dan budaya.

Di Kota ini anda dapat merasakan suasana penuh perjuangan di masa menjelang kemerdekaan Indonesia.

Tak hanya itu, Surabaya juga memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Disana anda bisa menikmati objek wisata alam, wisata sejarah, hingga berbagai wahana yang menyenangkan.

Berikut 19 Rekomendasi Tempat Wisata di Surabaya yang Paling Menarik

Jika anda ingin mengunjungi Surabaya, berikut ini ada beberapa referensi tempat wisata di Surabaya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Apa saja? Langsung saja simak uraian selengkapnya.

1. Tugu Pahlawan

tempat wisata di surabaya tugu pahlawan
image by: wikimedia.org

Saat ke Surabaya, anda wajib mengunjungi tempat wisata di Surabaya yang satu ini. Karena Tugu Pahlawan merupakan ikon Kota Surabaya. Tugu Pahlawan dibangun untuk mengenang pertempuran pada masa silam, yaitu peristiwa 10 November 1945.

Dalam tugu ini terdapat berbagai dokumentasi di masa silam. Berkunjung ke Tugu Pahlawan bersama keluarga dan orang tercinta tentunya akan sangat menyenangkan bagi anda yang menyukai wisata sejarah.

2. Taman Bungkul

taman bungkul

Taman Bungkul merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang cukup terkenal. Taman Bungkul berlokasi di Tengah Kota, sehingga sangat mudah dikunjungi.

Taman Bungkul awalnya merupakan area pemakaman Sunan Bungkul atau Ki Ageng Supo. Kemudian, area sekitar pemakaman tersebut dijadikan taman lengkap dengan berbagai fasilitas.

Di Taman Bungkul terdapat area bermain anak-anak yang dilengkapi beberapa fasilitas seperti perosotan, jungkat-jungkit dan ayunan. Tak hanya itu, disana juga disediakan area ntuk bermain BMX, skateboard hingga jalur untuk jogging.

Di bagian tengah Taman Bungkul terdapat amfiteater terbuja dengan diameter berukuran 33 meter. Amfiteater tersebut sering dijadikan tempat konser musik dan pertunjukan menarik lainnya.

3. Ciputra Waterpark

tempat wisata di surabaya Ciputra Waterpark
image by: surabayarollcake.com

Ciputra Waterpark merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya. Di Ciputra Waterpark anda bisa menikmati taman wisata air yang sangat menyenangkan. Ciputra Waterpark berlokasi di pinggiran barat Surabaya.

Ciputra Waterpark memiliki berbagai wahana yang menarik. Disana terdapat kolam bemenara seperti layaknya sebuah istana. Anda juga bisa memacu adrenalin dengan mencobai seluncuran Roc Tower dengan ketinggian 15 meter.

4. Klenteng Sanggar Agung

tempat wisata di surabaya klenteng sanggar agung
image by: cacatdeblogger

Berwisata ke Klenteng Sanggar Agung saat perayaan imlek tentunya sangat menarik. Klenteng yang satu ini dipercaya sebagai tempat Dewi Kwan Im menampakkan diri.

Klenteng Sanggar Agung ini cukup unik karena terletak di dekat pantai. Hal ini membuat pemandangan di sekeliling Klenteng Sanggar Agung terlihat sangat indah. Dibelakang Klenteng ini terdapat sebuah patung naga berukuran besar yang menambah keunikannya.

Tak hanya itu, adanya hutan bakau di sekitar Klenteng juga sangat menarik untuk dijadikan spot foto. Klenteng Sanggar Agung bisa dikunjungi mulai dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore.

5. Suroboyo Carnival Park

tempat wisata di surabaya Suroboyo Carnival Park
image by: cosmopolitanfm.com

Tempat wisata di Surabaya yang satu ini merupakan sebuah taman yang dilengkapai dengan berbagai wahana dan permainan yang menarik dan sangat seru.

Suroboyo Carnival Park menjadi wisata malam terbesar di Surabaya. Disana anda dapat menjajal beberapa wahana yang memicu adrenalin. Whana-wahana yang ada di Suroboyo Carnival Park bisa dinikmati oleh segala usia, mulai dari anak-anak hingga lansia sekalipun.

6. Ekowisata Mangrove

Ekowisata Mangrove
image by: hargatiket.net

Mangrove merupakan hutan bakau yang umumnya ditanam pada area sekitar pantai untuk mencegah abrasi. Tak hanya itu, Mangrove juga sangat menarik untuk dijadikan tempat wisata.

Seperti wisata mangrove Surabaya yang satu ini. Hutan Mangrove ini berlokasi di Rungkut, tepatnya di Jalan Raya Wonorejo. Mangrove ini dibuka untuk umum dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore.

Anda bisa menjelajahi hutan mangrove Surabaya dengan berjalan kaki pada jalur papan atau dengan kapal yang telah disediakan diasana.

7. Pantai Ria Kenjeran Park

Salah satu Pantai di Surabaya ini berlokasi di timur laut Surabaya. Seperti pantai pada umumnya, di Pantai Ria Kenjeran Park anda bisa menikmati pemandangan laut biru dan bermain di pasir pantai sambil menikmati momen matahari terbenam.

Yang menarik dari Pantai ini yaitu adanya bangunan wihara dengan arsitektur khas Tiongkok yang sangat unik. Disana juga terdapat patung Dewi Kwan Im setinggi 20 meter yang dilengkapi dengan patung naga.

Belum cukup puas? Di Pantai Ria kenjeran park Anda juga bisa mendatangi area pemancingan, area berkuda dan juga go-kart.

8. Taman Prestasi

Taman Prestasi
image by: queertransgeek

Taman prestasi pusat kota Surabaya, tepatnya di Ketabang, Genteng. Seperti namanya, di Taman ini terdapat banyak replika penghargaan. Taman Prestasi ini bebas biaya sehingga bias dikunjungi oleh siapa saja.

Taman Prestasi juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti jaringan internet. Selain itu, ada juga balai pelatihan, pusat kuliner serta area bermain anak-anak lengkap dengan 34 jenis permainan menarik.

Tak hanya itu, di Taman Prestasi, pengunjung bisa mengarungi Sungai Kalimas menggunakan perahu motor yang telah disediakan disana.

9. Kebun Bibit Wonorejo

kebun bibit wonorejo
image by: queertransgeek

Kebun Bibit Wonorejo juga merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang sayang jika dilewatkan. Kebun ini terletak di pusat Kota Surabaya bagian tenggara.

Di Kebun bibit banyak sekali bibit tanaman yang dikembangbiakkan. Bibit-bibit tersebut nantinya akan ditanam di setiap sisi Kota Surabaya.

Tak sekedar area bibit tanaman, di kebun yang satu ini juga terdapat tempat bermain anak. Selain itu juga ada danau berdermaga mungil, rumah kompos, rumah anggrek serta area wisata kuliner.

Di Kebun Bibit Wonorejo juga terdapat beberapa jenis satwa seperti bebek dan rusa. Kebun Bibit Wonorejo bisa dikunjungi secara gratis dan dibuka dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore.

10. Hutan Bambu

hutan bambu surabaya
image by: surabayarollcake.com

Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke Negeri Cina hanya untuk melihat hutan bambu. Karena di Surabaya bagian timur juga terdapat hutan bambu yang apik. Hutan Bambu Surabaya ini banyak dikunjungi para wisatawan, baik dari dalam maupun luar Kota.

Di Hutan Bambu Surabaya, anda bisa bersantai atau sekedar berjalan-jalan mengitari hutan bambu. Pemandangan di Hutan Bambu ini juga sangat bagus untuk dijadikan objek foto.

11. Taman Harmoni Keputih

Taman Harmoni Keputih

Setelah puas menjelajahi Hutan Bambu, berikutnya anda bisa mengunjungi Taman Harmoni Keputih. Taman ini lokasinya sangat dekat dengan Terminal Keputih.

Ditaman Harmoni Keputih terdapat berbagai bunga yang indah dengan batang pohon yang rindang. Taman ini sering dijadikan tempat untuk jogging maupun olahraga ringan lainnya dipagi hari.

Di Taman Harmoni Keputih juga disediakan tempat untuk refleksi kaki. Jika anda akan datang ke Surabaya, jangan ragu untuk berkunjung ke Taman Harmoni Keputih karena suasana taman ini sangat menyenagkan.

12. Museum Surabaya

Museum Surabaya
image by: dickie70

Museum Surabaya ini masih tergolong baru karena dibuka pada Mei 2015 lalu. Meski begitu, Museum ini telah banyak dikunjungi oleh wisatawan. Museum Surabaya berlokasi di tengah-tengah kota, tepatnya di Jalan Tunjungan, Genteng.

Di dalam Museum ini, banyak dipajang barang-barang bersejarah. Barang-barang tersebut merupakan peninggalan masyarakat serta pemerintah Kota Surabaya mulai dari walikota pertama hingga saat ini.

Beberapa koleksi yang bisa anda lihat antara lain meriam, buku administrasi masa lampau, replika biiola W.R Supratman, ketel uap peninggalan abad ke-18 dan masih banyak yang lainnya.

13. Monumen Bambu Runcing

Monumen Bambu Runcing
image by: indonesiakaya

Pada masa penjajahan, bambu runcing adalah senjata andalan tentara Indonesia. Untuk itu, dibangunlah Monumen Bambu Runcing ini untuk mengenang peristiwa peperangan di Indonesia, terutama pada peristiwa 10 Maret 1945.

Monumen Bambu Runcing juga dilengkapi dengan kolam dan air mancur serta taman yang asri. Monumen ini lokasinya ada di kawasan Embong Kaliasin, Genteng.

14. Jembatan Merah

jembatan merah surabaya
image by: ksmtour.com

Objek wisata Surabaya lainnya yang tak kalah menarik ialah Jembatan Merah. Jembatan yang satu ini adalah saksi bisu para pahlawan yang berjuang pada masa penjajahan Belanda.

Jembatan Merah berlokasi di Jalan Kembang Jepun, Krambangan Selatan. Dari jembatan Merah, anda bisa melihat Bangunan Tua khas Belanda. Jembatan ini sering dipakai sebagai lokasi pengambilan foto Pra Wedding.

15 Taman Pelangi

Taman Pelangi
image by: hargatiket.net

Taman Pelangi ini sepintas sangat mirip dengan salah satu tempat wisata di Jogja. Namun, Taman Pelangi Surabaya berukuran lebih kecil daripada Taman Pelangi yang ada di Jogja.

Taman Pelangi ini terlihat lebih indah saat malam hari. Karena di malam hari banyak lampu berwarna-warni yang dibentuk seperti ruas daun yang sangat cantik.

16. Surabaya North Quay

Surabaya North Quay
image by: harga.info

Objek wisata ini awalnya merupakan salah satu bagian dari terminal pelabuhan di gedung Gapura Surya Nusantara. Kemudian pemerintah Surabaya mendesainnya agar bisa dinikmati untuk umum.

Surabaya North Quay lokasinya sanagt strategis karena menghadap langsung ke arah Laut Surabaya. Hal tersebut membuat Surabaya North Quay sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata.

Di beberapa sudut terapat ornamen-ornamen khas Jawa Timur yang sangat unik. Disana juga tersedia jaringan internet gratis dan berbagai restoran. Di bagian dermaga, pengunjung dapat bersantai sambil menikmati alunan musik.

Dari dermaga, anda bisa melihat Jembatan Suramadu di kejauhan dambil menikmati momen matahari terbenam yang sangat memukau.

17. G Walk

G Walk
image by: justgola.com

Bagi pecinta kuliner, G walk merupakan tempat wisata khusus kuliner yang sangat menggoda. Objek wisata yang berlokasi di Citra Raya Surabaya dan sering dijadikan tempat nongkrong para kawula muda Surabaya.

Di G Walk, anda bisa mencoba berbagai kuliner khas Surabaya yang sangat lezat. Tak hanya makanan khas, di sana juga banyak makanan kekinian dan populer yang menggiurkan.

18. Skate & BMX Park

skate & bmx park surabaya

Jika anda seorang pecinta skate board dan BMX, tempat ini tentunya sangat mengasyikkan. Skate & BMX Park berbagai arena luncur, mulai dari yang ringan hingga yang ekstrem.

Banyak sekali yang berlatih dan unjuk kebolehan bermain skate board dan bmx disini. Aksi mereka mengundang decak kagum para pengunjung lain yang datang kesana.

19. De Mata Trick Eye Museum

de mata trick eye museum surabaya
image by: mydailymail

Bagi anda yang hobi berfoto, tempat yang stau ini sangat cocok. De Mata Trick Eye Museum ini merupakan sebuah museum 3D dengan ratusan gambar ilusi yang mengecoh mata.

Gambar-gambar yang ada disana terlihat sangat nyata dan bidup. Disana, anda dapat merasakan sensasi berfoto dengan tokoh-tokoh terkenal di dunia.

Museum ini berlokasi di Wonokromo dan sangat dekat dengan kebun binatang. Untuk dapat masuk ke museum ini, pengunjung harus merogoh kocek sekitar 50 ribu per kepala. Setelah itu, pengunjung bisa bebas berfoto dengan dengan latar gambar 3D yang epik.

Itulah beberapa tempat wisata dari Surabaya, sangat menarik bukan? Setelah menjelajahi berbagai objek wisata di Surabaya, anda pasti akan terapanggil untuk datang kembali ke Kota Pahlawan itu.

Komentar disini