14 Tempat Wisata di Sukabumi yang Indah Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Sukabumi

Klaimat.ID – Tempat Wisata di Sukabumi – Kabupaten Sukabumi ini tentu saja menjadi kabupaten yang terbilang luas pada urutan yang kedua setelah kabupaten Banyuwangi. Hal yang menarik ternyata kabupaten tersebut sekarang ini sudah berbatasan secara langsung dengan kota tujuan wisata yang lain.

Sukabumi telah membentang dari pesisir barat daya dari Jawa Barat hingga area pegunungan yang ada pada bagian utaranya. Berkat hadirnya sebuah wilayah yang telah membelah adanya dataran tinggi maupun dataran rendah tersebut, maka potensi wisata yang ada di Sukabumi tak perlu kita ragukan lagi. Nyatanya memang banyak tempat wisata di Sukabumi yang mampu membuat kita berniat mengunjunginya.

Setiap daerah pastinya memiliki beragam tempat wisata yang seru dan menarik untuk di kunjungi. Seperti halnya kota Sukabumi yang berada di Propinsi Jawa Barat ini. Jika anda berkunjung kesana, maka banyak sekali lokasi wisata menarik yang mampu membuat mata anda terpana.

Berikut 14 Daftar Tempat Wisata di Sukabumi

Jika sekarang ini anda sedang berada di Sukabumi, jangan lewatkan lagi mengunjungi beragam tempat wisata menariknya. Inilah berbagai macam destinasi tempat wisata di Sukabumi yang menarik anda kunjungi. Yakni:

1. Pemandian Air Panas Cikundul Tirta Daya Budi

Pemandian Air Panas Cikundul Tirta Daya Budi

Apabila anda sekarang ini sedang berada di Sukabumi, sempatkan saja waktunya untuk berkunjung ke Pemandian Air Panas Cikundul Tirta Daya Budi. Sesampainya di sana saya rasa anda akan terpana menyaksikan keindahan panorama alam yang memikat.

Apalagi sungai Cimandiri yang satu ini sudah menjadi daya tariknya. Walaupun turun hujan pun, air pada pemandian ini masih saja terasa hangat. Bahkan menariknya banyak fasilitas lengkap yang sudah tersedia untuk para pengunjungnya.

Adanya sumber mata air yang masih alami apalagi pemadangan sekitar nan indah ini bisa menjadikan tempat tersebut semakin digemari para wisatawan. Di sana mereka mampu merasakan sensasi dari mandi air panas sembari menikmati derasnya aliran sungai Cimandiri. Tentu saja sejenak rasa penat dan juga lelah saat beraktivitas bisa terobati hingga tubuh pun bisa kembali dalam kondisi yang lebih segar.

Pemandian Air Panas Cikundul ini lokasinya berada di Jalan Proklamasi No.242 tepatnya desa Lembur Situ, Kelurahan Cikundul, Kota Sukabumi.

ni lokasinya berada di Jalan Proklamasi No.242, Desa Lembur Situ, Kelurahan Cikundul, Kota Sukabumi. Banyak para pengunjung yang sudah merasakan sebuah kenyamanan saat mereka berendam dalam kolam air panas. Wisata pemandian tersebut telah terbukti mampu tingkatkan perekonomian masyarakat yang ada di sekitarnya.

Buat anda yang berkeinginan berkunjung kesana, harga tiket masuknya memang terjangkau sekali. Anak-anak biasanya akan dikenai tarif sebesar Rp 3.000 rupiah sedangkan untuk orang dewasa dikenakan tarif sebesar Rp 6.000 rupiah. Sedangkan untuk kamar rendam khusus biasanya anda hanya akan dikenai tarif sebesar 25.000 rupiah saja.

2. Situ Sukarame

Situ Sukarame

Ada salah satu tempat wisata di Sukabumi yang tak kalah menarik untuk anda kunjungi yakni Situ Sukarame. Apabila para wisatawan berencana untuk menikmati danau sekaligus mengitarinya, disekitar danau pun sudah tersedia perahu rakit yang mampu memuat 30 penumpang.

Biasanya satu penumpang cukup membayar Rp 2.000 rupiah. Pastinya tempat wisata di Sukabumi yang satu ini paling cocok bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburannya bersama dengan keluarga.

Kawasan wisata ini pun juga terasa sejuk bahkan menarik sekali untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Sebetulnya danau Sukarame ini bukanlah danau yang alami melainkan danau buatan.

Fasilitas yang ada disana terbilang sudah lumayan lengkap. Dengan area parkir kendaraan yang begitu luas, tersedianya mushola bahkan juga fasilitas lain seperti halnya penginapan, kamar mandi umum dan masih banyak sekali fasilitas menarik lainnya.

Buat anda yang merasa lapar, jangan khawatir lagi sebab disana juga sudah tersedia warung kecil yang menjajakan nasi bungkus, nasi bungkus atau bahkan gorengan.

3. Pantai Cibangban

Image by: travelvit.com

Kini di Sukabumi pun anda bisa menikmati keindahan pantai yang menyejukkan mata yakni Pantai Cibangban. Tempat wisata di Sukabumi yang satu ini lokasinya berada di jalan raya Cisolok, Pasir Baru, Kota Pelabuhanratu, Sukabumi.

Pantai ini terlihat sejuk berkat adanya pepohonan bahkan pasirnya pun juga terbebas dari sampah. Menariknya lagi ombak lautnya pun terlihat begitu jernih sekali. Di sana juga menyediakan beberapa spot foto yang terbilang hits. Banyak pula fasilitas menarik yang bisa anda dapatkan. Mulai dari tempat parkir yang luas, warung makanan bahkan juga tersedianya toilet umum.

Pantai dengan pasir nan lembut ini memang sudah dibuka untuk umum mulai dari hari senin sampai minggu dengan tiket masuk per orangnya hanya Rp 2.000 rupiah saja. Sedangkan untuk parkir kendaraan hanya dikenai biaya Rp 3.000 rupiah saja untuk motor sedangkan untuk mobil pribadi sebesar Rp 12.000 rupiah saja.

Tak perlu bingung lagi soal budget karena kini anda bisa berlibur menikmati keindahan panorama pantai hanya dengan budget yang sangat terjangkau. Nikmati hari libur anda bersama keluarga dengan berkunjung ke Pantai Cibangban ini.

4. Danau Batu karut

Danau Batu karut

Tempat wisata di Sukabumi dengan nuansa alam yang satu ini berada di Kampung Batu Karut RT 3/RW 8, Desa Selawi, Kecamatan Sukaraja, Sukabumi.danau tersebut bahkan sudah membelah dua kampung yakni kampung Pulopanggang yang berada di sisi barat dan juga Kampung Batu Karut yang berada di sisi timur.

Danau yang satu ini awalnya hanyalah ada rumah beserta tempat penggilingan beras. Setelah orang yang tinggal disana pindah semuanya, kemudian tempat tersebut dijadikan sebagai tempat wisata Danau Batu Karut.

Saat akhir pekan tiba bahkan hari libur tiba banyak sekali orang yang berekreasi sekaligus berolahraga disana. Jernihnya air yang sudah keluar dari mata air ini mampu membuatnya menjadi sumber mata air yang bagus bagi PDAM. Kapan lagi bisa menikmati indahnya wisata danau Batu Karut ini. Jadi jangan sampai lewatkan waktu anda untuk berkunjung ke tempat ini.

5. Gunung Sunda

Gunung Sunda
Image by: sportourism.id

Buat anda yang senang sekali berwisata ke daerah pegunungan kini saat berada di Sukabumi bias mencoba untuk berkunjung ke Gunung Sunda. Wisata gunung ini berada di Kampung Jambelaer, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Obyek wisata ini sering kali menjadi trend dikalangan masyarakat Sukabumi maupun luar daerah.Gunung Sunda ini mampu menyajikan sebuah keindahan panorama alam yang membentang.

Kini lokasi wisata tersebut bisa anda akses menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat sekalipun. Hal ini dikarenakan jalannya memang sudah dilapisi dengan aspal sehingga mampu memperlancar perjalanan anda sampai di tempat wisata.

Mungkin bagi para wisatawan yang berkunjung kesana, tempat wisata ini menjadi sebuah petualangan dan pengalaman menarik baginya. Apalagi bagi anda yang suka sekali bahkan takjub dengan keindahana alam yang ada di Gunung Sunda ini.

6. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng

Pantai yang satu ini merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di Sukabumi. Lokasi wisata ini berada di ujung Pulau Jawa bahkan terlihat layaknya gunting. Meskipun tempat wisata di Sukabumi ini masih tergolong baru namun tempat ini cukup terkenal dikalangan para wisatawan. Sebagian besar dari masyarakat sekitarnya mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan. Bahkan ada pula yang masih berprofesi sebagai petani.

Akses jalan yang harus anda lalui menuju kawasan wisata Pantai Ujung Genteng ini sudah bagus. Bahkan kini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum untuk sampai di lokasi wisata. Sebelum masuk dalam kawasan destinasi wisata, anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000 rupiah saja per orangnya.

Buat anda yang gemar menghabiskan waktu liburan dipantai, kini bisa menjadikan Pantai Ujung Genteng ini sebagai destinasi wisata menarik yang ada di Sukabumi. Kapan lagi bisa menghabiskan waktu liburan dengan menikmati panorama keindahan alam yang ada di pantai.

7. Situ Gunung

Situ Gunung

Bukan hanya keindahan alamnya saja yang bisa anda rasakan namun di Situ gunung ini anda bisa berpiknik dan santai dipinggiran danau. Tak jarang pula banyak wisatawan yang berkunjung kesana dengan memasang atau menyewa tenda yang ada disana.

Buat anda yang gemar camping, jangan sampai lewatkan liburan anda dengan berkunjung kesini. Saat berada di sana para wisatawan bukan hanya bisa berkemping ria namun juga bisa berkeliling menggunakan perahu kayu.

Kini para wisatawan yang datang kesana juga bisa mengabadikan moment liburannya dengan berfoto di daerah sekitarnya. Kawasan wisata Situ Gunung Sukabumi ini memang mampu menghadirkan sebuah pemandangan alam nan indah. Ketika ingin memasuki lokasi wisata, biasanya anda akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp 5.000 rupiah saja.

Ternyata budget yang harus anda keluarkan sangat terjangkau sekali untuk semua kalangan masyarakat. Nikmatilah waktu liburan anda dengan bercamping ria bersama dengan keluarga ataupun teman anda.

8. Masjid Agung Kota Sukabumi

Masjid Agung Kota Sukabumi

Masjid Agung Sukabumi menjadi salah satu masjid yang terbesar dan tertua di Sukabumi. Lokasinya mudah sekali anda temukan yakni berada di Kelurahan Gunung Parang Kecamatan Cikole Kota Sukabumi. Lokasinya memang sudah cukup strategis sekali untuk dijangkau.

Masjid tersebut awal mulanya berdiri pada akhir abad yang ke 19. Bangunan masjid ini terlihat begitu megah sekali dengan adanya kubah dengan warna kuning keemasan. Menariknya lagi ada sebuah ornament senjata khas Jabar yakni Kujang yang berada di tiap menaranya.

Bentuk dasar dari bangunan masjid yang satu ini berbentuk kubus. Bahkan tampak dari bagian luar, eksterior bangunannya ini sudah didominasi dengan adanya tembok yang berwarna putih dan dilapisi dengan marmer.

Menariknya lagi pada bagian jenedelanya terkesan unik dengan adanya ukiran kayu bahkan kaca yang berbentuk bulat dengan warna kuning keemasan. Pastinya bangunan masjid yang satu ini terlihat begitu indah sekali bahkan membuat anda merasa betah saat berada disana.

9. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja
Image by: reservasi.com

Nama pantai yang satu ini kelihatannya masih terdengar asing sekali bagi kita para wisatawan lokal Indonesia. Pantai yang satu ini memang pantai yang terbaik untuk kegiatan seluncur ombak.

Jadi wajar saja banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke sana. Banyak sekali puluhan peselancar professional yang dating ke Pantai Cimaja ini untuk mencoba seluncur ombak dengan ketinggian 4 meter.

Tentu saja bukan hanya ombak saja yang mampu memikat hati para wisatawan. Ternyata Pantai Cimaja ini juga menawarkan keindahan bebatuan alami sekaligus nuansa surf club yang hamper mirip dengan Bali.

Lokasi wisata pantai Cimaja ini lebih tepatnya berada di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Sukabumi, Jawa Barat. Apabila anda berkeinginan menikmati suasana laut tropis yang sudah di penuhi dengan para seluncur, Pantai Cimaja ini tujuan tepat yang perlu anda kunjungi.

10. Curug Sawer

Tempat Wisata di Sukabumi Curug Sawer
Image by: republika.co.id

Sukabumi memang mempunyai destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya tentu saja Curug Sawer. Tempat wisata di Sukabumi ini berada di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.

Menariknya lagi keberadaan Curug yang satu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan terlebih saat hari libur datang. Akses menuju lokasi wisata pun mudah sekali dijangkau.

Ketika anda sudah sampai di lokasi wisata biasanya anda akan disambut dengan seorang pemandu yang akan memberikan kenyamanan kepada pengunjungnya. Kini di lokasi Curug Sawer ini para pengunjung bisa menyaksikan secara langsung air terjun yang masih terjaga kebersihannya. Apalagi di sekitar kawasan wisata ini sudah tersedia pula beragam fasilitas yang menarik. Mulai dari mushola, toilet bahkan tersedia pula tempat untuk beristirahat.

11. Curug Cimarinjung

Tempat Wisata di Sukabumi Curug Cimarinjung

Ternyata bukan hanya Curug Sawer saja kawasan wisata alam yang menarik di Sukabumi. Namun ada pula Curug Cimarinjung yang menjadi salah satu air terjun di Geopark Ciletuh. Tempat wisata di Sukabumi ini merupkan salah satu curug indah yang masih tersembunyi di Sukabumi. Lokasi dari Curug Cimarinjung ini berada di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Waktu yang paling tepat buat anda yang ingin menikmati wahana wisata air terjun ini sebaiknya saat debit airnya sedang tinggi. Sebuah pemandangan air yang mengalir derasa dari air terjun dengan ketinggian 45 meter ini pun menjadi sebuah atraksi alam yang begitu indah.

Bahkan siapapun yang memandangnya akan terpesona dengan keindahannya. Suasana alam sekitar terlihat masih begitu asri terlebih sudah dilengkapi dengan curahan air terjun yang mengalir deras menambah keindahan yang memukau.

12. Gua Lalay

Tempat Wisata di Sukabumi Gua Lalay
Image by: indonesiakaya.com

Buat anda yang suka sekali berkunjung ke kawasan wisata seperti gua kini ada salah satu obyek wisata di Sukabumi yang patut anda kunjungi yakni Gua Lalay. Tempat wisata di Sukabumi ini berada di Pelabuhan Ratu Sukabumi dengan pesona keindahannya yang sangat menarik sekali.

Sangat disayangkan sekali jika anda yang saat ini berada di Sukabumi tidak berkunjung ke kawasan wisata gua dengan keindahannya ini. Tempat wisata yang satu ini paling cocok sekali untuk mengisi kegiatan liburan anda.

Di Goa Lalay, para wisatawan pun bisa menyaksikan jutaan kelelawar yang telah menghuni goa tersebut. Biasanya rombongan dari kelelawar ini bakalan keluar saat senja sekitar jam 5 sore.

Jutaan kelelawar pun akan terbang sekitar 20 menit lamanya kemudian muncul kembali setelah 30 menit kemudian. Kelelawar ini biasanya hanya akan beterbangan di sekitar muka Goa Lalay.

Bahkan menurut mitosnya, kelelawar ini juga akan terbang ke daerah lainnya seperti halnya Jakarta, Bogor, Banten bahkan juga Banten. Setelah anda mampu menyaksikan sebuah atraksi ribuan kelelawar ini, pengunjung pun bisa menyaksikan betapa indahnya sunset yang ada di Pantai Pelabuhan Ratu. Hal ini dikarenakan lokasi wisata Goa Lalay ini tak jauh beberapa meter dari bibir pantai.

13. Curug Bibijilan Sukabumi

Tempat Wisata di Sukabumi Curug Bibijilan Sukabumi

Kini ada lagi tempat wisata di Sukabumi yang berupa curug nan indah untuk dikunjungi saat anda berada di Sukabumi yakni Curug Bibijilan Sukabumi. Lokasi wisata ini berada di kawasan wisata Buni Ayu dengan ketinggiannya yang sudah mencapai kurang lebih 100 meter.

Sesuatu dengan namanya, air mengalir dari bebatuan kapur bahkan saat anda menyaksikannya dari arah kejauhan pastinya akan bermunculan batu kapur dengan percikan yang memutih.

Ketika anda sampai di lokasi wisata Curug Bibijilan ini, anda bakalan disambut dengan adanya hutan pinus di sekitarnya. Belum lagi dengan adanya gemericik air dengan warna hijau tosca jika kita melihat dari arah kejauhan.

Kini curug ini airnya begitu dingin dengan aliran deras bahkan begitu bersih dan teduh. Siapapun yang ada disana akan merasa betah menghabiskan waktu liburannya disana. Menariknya lagi anda juga akan menyaksikan sebuah kolam kecil yang nantinya bakalan mengarah menuju ke aliran curug. Bagi anda para pecinta olahraga ekstrim kini jangan sampai lewatkan waktu anda untuk mencoba melakukan panjat tebing maupun flying fox.

Tak hanya itu saja namun ada pula dua pilhan lain entah itu bermain air ataupun berenang di kolam yang masih alami. Saat musim hujan tiba, Curug Bibijilan ini tidak diperbolehkan untuk dikunjungi sebab debit airnya saja sudah cukup tinggi dan juga deras.

Curug ini paling tepat jika anda kunjungi selain di musim penghujan. Anda harus mengeluarkan budget sebesar Rp 4.000 rupiah saja per orangnya . Sedangkan untuk biaya parkir motor hanya dikenai biaya Rp 2.000 rupiah saja.

Menariknya lagi disana juga sudah menyediakan beragam fasilitas menarik lainnya. Mulai dari mushola, toilet, warung makan bahkan juga ada pula semacam tempat duduk untuk melepaskan penat saat menempuh perjalanan. Apabila anda berencana untuk berkunjung kesana, dari arah tenggara kota Sukabumi hanya berjarak 40 km saja.

Bahkan tempatnya bisa anda jangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Akses jalannya sudah mudah anda lalui karena sudah beraspal meskipun masih ada saja sedikit lubang. Jadi buat anda yang sedang berada di Sukabumi jangan sampai lewatkan untuk berkunjung ke sana.

14. Lapang Merdeka Sukabumi

Tempat Wisata di Sukabumi Lapang Merdeka Sukabumi

Tentunya anda warga masyarakat Sukabumi sudah kenal dengan Lapang Merdeka Sukabumi ini. Tempat yang satu ini memang selalu ramai oleh masyarakat. Banyak kegiatan yang biasanya dilakukan oleh orang-orang saat sore hari tiba.

Sore hari biasanya akan dipadati oleh anak-anak, remaja bahkan juga orang dewasa. Menariknya diantara mereka banyak juga yang sudah tergabung dalam komunitas skateboard.

Tak hanya bermain skateboard saja namun ada juga warga yang bisa menikmati indahnya sore hari sembari mengobrol dengan temannya. Tak ketinggalan pula di depan Gor Merdeka juga tersedia berbagai penjual jajanan yang siap memenuhi kebutuhan anda.

Jadi anda tak perlu bingung lagi jika ingin mencari jajanan yang nantinya akan anda nikmati saat menghabiskan sore hari yang cerah di Lapang Merdeka Sukabumi ini. Kapan lagi bisa menikmati indahnya kota Sukabumi di sore hari jika anda tidak berkunjung ke tempat wisata ini.

Itulah tadi sederet tempat wisata di Sukabumi yang menarik untuk di kunjungi saat berada disana. Entah itu mulai dari wisata alam, wisata pantai, gua bahkan juga tempat wisata menarik yang lainnya.

Yang pasti semua kawasan wisata tersebut bisa anda kunjungi dengan budget yang sangat terjangkau. Anda tak perlu merasa khawatir lagi dengan permasalahan budget jika ingin menghabiskan waktu liburannya di kota Sukabumi.

Nyatanya disana menyimpan beragam keindahan yang patut kita saksikan bahkan tak pantas kita lewatkan begitu saja. Menghabiskan waktu liburan di Sukabumi dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata menariknya tentu saja hal yang paling seru dan menyenangkan.

Jangan sampai lupa juga untuk mengabadikan setiap momen indah anda saat berada di setiap kawasan wisata yang sudah anda kunjungi. Kapan lagi bisa menikmati indahnya wisata yang ada di Sukabumi ini. Jadi nikmati saja waktu liburan anda bersama dengan keluarga maupun teman anda.

Komentar disini