13 Tempat Wisata di Sentul yang Instagramable Untuk Berlibur

Tempat Wisata di Sentul

Kalimat.ID – Sentul City merupakan kota mandiri dengan wawasan eco green yang ada di kabupaten Bogor. Kawasan tersebut nyatanya sudah dikelilingi pegunungan dengan kondisi tanah yang berbukit. Jadi wajar saja jika tempat wisata di Sentul ini mampu menghadirkan panorama keindahan tiada tara.

Bahkan ada pula tempat wisata keluarga dan anak yang berada di kawasan Sentul City. Saat hari liburan tiba, tak perlu anda pergi jauh hanya untuk berlibur. Namun kini anda sudah bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata di Sentul yang unik dan menarik.

13 Tempat Wisata di Sentul yang Cocok untuk Berlibur

Tak kalah dengan kota yang lainnya, kini Sentul City hadir dengan beragam tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Bagi anda yang masih merasa bingung dengan destinasi wisata yang ada disana. Inilah berbagai macam referensi tempat wisata di Sentul yang instagrambale buat anda kunjungi. Di antaranya:

1. Cibinong City Mall

cibinong city mall

Berlibur tentu saja menjadi hal yang sangat menyenangkan ditengah padatnya aktivitas anda. Adakalanya anda hanya ingin sekedar jalan-jalan agar pikiran anda bisa kembali fresh seperti semula. Jangan khawatir lagi, kini anda bisa menghibur diri dengan berkunjung ke Cibinong City Mall.

Store yang satu ini memang terbilang lengkap sekali dengan beragam tenant yang telah tersedia. Luas dari Cibinong City Mall ini berkisar antara 80.000 meter persegi dengan 5 lantai. Mall tersebut juga dilengkapi dengan area parkir yang mampu menampung 2000 kendaraan roda empat dan juga sekitar 1500 kendaraan roda dua. Bagi anda yang ingin berbelanja sekaligus jalan-jalan, datang aja ke Cibinong City Mall ini.

2. Kebun Wisata Pasirmukti

kebun-wisata-pasirmukti-bogor

Bagi anda yang senang berwisata didaerah dengan pemandangan nan hijau, kini bisa berkunjung ke Kebun Wisata Pasirmukti. Tempat wisata di Sentul ini mudah sekali anda temukan. Jika anda berangkatnya dari Jakarta melalui tol Jagorawi, anda bisa ambil pintu keluar tol Citeureup. Kemudian belok ke kiri sampai nanti ketemu pasar. Dari situ pastinya anda akan menemukan penanda menuju kearah Kebun Wisata Pasirmukti. Lokasinya hanya berkisar 4 km saja menyusuri Jalan Raya Tajur.

Meskipun jalanan menuju ke tempat wisata ini masih hancur, namun jangan khawatir. Sesampainya disana, anda akan terobati dengan pemandangan indah yang memukau. Kebun Wisata Pasirmukti ini kini semakin luas saja bahkan saat ini telah dibuka sebagai tempat rekreasi yang bisa dikunjungi oleh masyarakat umum. Di sana ada banyak agrowisata yang bisa anda nikmati. Mulai dari pembibitan anggrek, kebun sayur, kebun buah, kolam ikan, hidroponik bahkan menariknya lagi juga ada peternakan.

Berbagai macam fasilitas penjunjang pun telah disediakan, mulai dari ruang pertemuan, penginapan, lapangan, arena permainan, restoran bahkan ada pula toko oleh-oleh sekaligus tempat parkir yang tergolong luas. Kebun Wisata Pasirmukti ini sengaja dirancang sebagai tempat liburan keluarga.

Banyak sekali jenis permainan yang bernuansa alam seperti halnya menangkap ikan, bermain di kplam lumpur, fliying fox, arena motor ATV dan lain sebagainya. Bagi anda yang ingin berlibur ke tempat wisata di Sentul ini jangan khawatir lagi dengan tiket masuknya.

Karena harganya sangat terjangkau sekali untuk semua kalangan masyarakat. Ada harga paket pendidikan agro yang dikenakan biaya sekitar Rp 110.000 hingga 350.000 per orangnya bahkan untuk tiket arena permainan hanya berkisar natara Rp 10.000 hingga 75.000 per orangnya.

3. Sentul Paradise Park

Sentul Paradise Park

Sentul Paradise Park merupakan salah satu wisata air terjun di Bogor yabg sudah dikelola sekaligus didesain layaknya kolam renang. Bisa dikatakan Sentul Paradise Park ini menjadi wahana utama untuk tempat wisata alam yang ada di kota Bogor. Sentul sendiri sebetulnya dikenal dengan kota yang panas. Namun setelah anda berkunjung ke Curug Bidadari Sentul Paradise Park ini, anda bisa menikmati beragam wahana yang ada dengan hawa nan sejuk.

Biaya tiket masuk kawasan wisata ini sangat terjangkau sekali. Biasanya di hari biasa tiket masuknya hanya dikenakan Rp 25.000 rupiah saja sedangkan saat akhir pekan akan dikenakan biaya sebesar Rp 30.000 rupiah per orangnya.

Fasilitas yang sudah disediakan pun banyak sekali. Mulai dari tempat parkir, gazebo, tempat kuliner, mushola, toilet dan masih banyak lagi fasilitas menarik lainnya. Anda kini bisa mengajak anak anda bermain air diSentul Paradise Park ini. Bahkan bisa pula mengajak pasangan untuk sekedar berfoto dengan latar nan indah.

4. Gua Gudawang

Gua Gudawang

Bogor memang memiliki segudang tempat wisata yang terbilang menarik. Bukan hanya wisata bermain anak, air terjun, wisata keluarga atau bahkan pemandian air panas saja. Namun disana juga tersedia beberapa obyek wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Kini ada salah satu tempat wisata di Sentul dengan nuansa sejarah yang bisa anda kunjungi yakni Gua Gudawang. Lokasi wisata ini mudah sekali anda temukan, yakni berada di Desa Argapura, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Anda hanya butuh waktu sekitar 2 jam saja dengan melakukan perjalanan darat dari Kota Bogor menuju ke arah Leuwiliang.

Ketika anda sudah memasuki kawasan Gua Gadawang, anda bakalan disambut dengan adanya alunan music kecapi suling. Hal inilah yang mampu menjadikan suasana semakin nyaman. Supaya bisa menikmati gua yang alami ini, kini anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 7.000 ribu rupiah saja.

5. Jungleland Adventure Theme Park

Jungleland Adventure Theme Park

Tempat wisata di Sentul yang instagramable banget memang banyak yang bisa anda kunjungi. Salah satunya yakni Jungleland Adventure Theme Park. Tempat wisata yang satu ini ternyata masih menjadi theme park terbesar yang ada di Indonesia. Di sana telah tersedia beragam wahana permainan menarik yang cocok untuk semua umur.

Bahkan menariknya lagi ada ribuan kuliner lezat yang sudah di hadirkan oleh café ataupun restoran yang ada disana. Taman bermain yang sudah tersedia ini kini telah dilengkapi dengan ruang serbaguna, restoran, kafe, foodcourt, ATM, mushola, toilet, area piknik, area parkir, media center, pusat informasi, wifi dan masih banyak lagi fasilitas menarik lainnya. Jadi bagi anda yang ingin berlibur, jangan sampai lewatkan waktu anda untuk berkunjung ke Jungleland Adventure Theme Park ini.

6. Villa Bukit Hambalang

Villa Bukit Hambalang

Tempat wisata di Sentul yang tak pantas untuk anda lewatkan adalah Villa Bukit Hambalang. Wisata yang satu ini paling tepat sekali untuk mengisi waktu liburan anda. Di sana banyak kegiatan yang bisa anda lakukan. Mulai dari kegiatan outbound bahkan juga kemping agro wisata Villa Bukit Hambalang. Panorama keindahan alamnya begitu asri dan indah sekali. Wisata yang satu ini berada di desa Hambalang Sentul Bogor.

Banyaknya kegiatan yang bisa anda lakukan disana, menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang ingin berlibur. Wisata cerdas Villa Bukit Hambalang ini menjadi paket lengkap bagi anda yang memang ingin berwisata alam menikmati sejuknya dan segarnya hawa pegunungan yang ada di Propinsi Jawa Barat ini. Paket outbound training ini hadir dengan harga yang murah berkualitas. Tetapi jangan salah, meskipun murah namun materi yang diberikan cukup berkualitas untuk pembelajaran.

7. Gumati Water Park

Gumati Water Park
Image by: rajakabar.com

Gumati Water Park menjadi salah satu tempat wisata menarik yang patut anda kunjungi saat berada di Sentul Bogor. Para wisatawan yang datang kesana begitu suka dengan rekreasi taman air yang sudah tersedia. Namanya saja waterpark pastinya wahana yang ada disana tergolong lengkap sekali. Luas dari tempat wisata ini sekitar 1,5 hektar dengan nuansa alam terbuka ala pedesaan sehingga hawa yang tersaji juga sejuk.

Gumati Waterpark ini merupakan satu taman wisata air yang sudah menghadirkan 8 pilihan wahana kolam yang menarik. Ada waterboom, kolam arus, kolam keluarga, kolam ombak, kolam olympic, kolam volley, kolam anak da juga whirl pool. Menariknya lagi tempat wisata tersebut juga sudah dilengkapi dengan adanya fasilitas pendukung yang begitu komplit. Mulai dari kamar ubah, toilet, kamar mandi basuh, mushola, shower, food court, gazebo dan masih banyak lagi sarana lain yang bisa memenuhi kebutuhan anda.

Ketika anda sudah menikmati semua wahana yang ada di waterpark ini, jangan kahwatir jika anda ingin mencari makanan. Di sana sudah banyak tersedia ruang food court cukup luas dan nyaman yang bisa anda datangi untuk menikmati makanan dan juga minuman. Kapan lagi bisa berwisata dengan beragam wahana permainan air yang menarik. Jadi jangan lewatkan lagi untuk berkunjung ke Gumati Waterpark ini.

8. Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul
Image by: beritagar.id

Tempat wisata di Sentul dengan udara segar yang tak pantas untuk dilewatkan tentu saja Taman Budaya Sentul. Tempat wisata ini paling cocok untuk berwisata bersama keluarga dan anak. Dari pusat kota Jakarta menuju ke kawasan Sentul, anda akan menempuh jarak sekitar 61 km. Obyek wisata yang satu ini ternyata sudah berdiri sejak tahun 1994 bahkan kini tampilannya sudah semakin cantik dengan adanya pemandangan bukit dan juga empat gunung.

Sebetulnya masuk kawasan Taman Budaya Sentul ini, anda tidak akan dikenakan biaya. Hanya saja jika anda ingin mencoba wahana permainan seperti shooting target, pnahan, trampolin, paintball, flying fox dan high ropes. Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 20.000 rupiah hingga Rp 200.000 rupiah saja per wahana yang telah tersedia. Taman Budaya Sentul ini cocok sekali untuk semua kalangan.

Entah itu anak-anak sampai dengan orang dewasa sekalipun bisa berlibur menikmati suasana yang ada disana. Terlebih beragam aktivitas menarik bisa anda lakukan di Taman Budaya Sentul ini. Anak-anak kini bisa mencoba aksinya dalam menunggang kuda poni, bermain becak mini, membatik, melukis layang-layang dan lainnya. Tempat wisata ini bukan hanya lokasinya yang mudah anda jangkau namun taman ini juga mempunyai beragam wahana permainan yang menarik.

9. Gunung Pancar Sentul

gunung pancar sentul
Image by: idntimes.com

Bogor bukan hanya mempunyai banyak kuliner yang lezat saja namun di sana juga tersedia banyak destinasi wisata yang memikat. Destinasi wisata alam dengan panorama nan indah kini bisa anda saksikan. Salah satu lokasinya tentu saja Gunung Pancar Sentul. Buat anda yang suka dengan cuaca dingin tentu saja cocok berkunjung ke sini. Lokasi Gunung Pancar ini berada di desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Mandang, Kabupaten Bogor.

Jaraknya dari kota Jakarta menuju ke lokasi wisata sekitar 45 kilometer saja. Akses jalan yang harus anda lalui juga sudah memadai. Jadi anda tak perlu khawatir lagi dengan kondisi jalannya. Mungkin masih banyak diantara anda yang belum tahu tempat wisata ini. Padahal lokasinya ini dekat sekali dengan wisata The Jungle Land. Sehingga anda akan mudah menemukan lokasi wisatanya.

Banyak aktivitas seru dan menyenangkan yang bisa anda lakukan saat berada di Gunung Pancar Sentul ini. Mulai dari outbound, hiking, bersepeda dan lain sebagainya. Kebanyakan dari para muda mudi yang datang kesana lebih suka berfoto selfie mengabadikan moment indahnya. Jadi bagi anda yang sedang berada di Sentul, sempatkan waktunya sebentar untuk berwisata ke Gunung Pancar Sentul ini.

10. Situ Cikaret

Tempat Wisata di Sentul Situ Cikaret
Image by: lovelybogor.com

Situ Cikaret merupakan salah satu tempat wisata yang sudah populer bagi masyarakat. Awalnya situ atau danau ini bermula dari cerukan kecil yang mampu menampung air hujan hingga akhirnya membesar. Sedikit demi sedikit cerukan tadi akan semakin melebar hingga akhirnya menjadi rawa. Perubahan menjadi situ ini terjadi saat masyarakat membuat sebuah tanggul yang ada disekelilingnya.

Tempat wisata yang satu ini berada di Jalan Raya Setu Cikaret. Dari pusat pemerintahan Kabupaten Bogor hanya berjarak sekitar 2 hingga 3 kilometer saja. Meskipun di tengah kehidupan kota yang makin padat penduduknya, tak mengherankan lagi jika kini anda bisa berlibur di Situ Cikaret. Dengan berlibur di sana, rasa penat karena lelahnya bekerja pastinya bisa terobati. Danau ini terbilang cukup ,uas dengan ukuran lebar kurang lebih 1×1 km dengan pemandangan indah dan masih alami.

Airnya yang kelihatan biru serta pepohonan yang ada disekelilingnya mampu menjadikan situ semakin sejuk dipandang mata. Tempat wisata ini memang surganya bagi para pemancing. Menariknya lagi ada beberapa warga sekitar berada di tengah danau dengan sampannya yang menebar jala. Hadirnya wisatawan lokal yang berkunjung ke sana, nyatanya bisa menghidupkan perekonomian masyarakatnya.

11. Gunung Hambalang

Tempat Wisata di Sentul bukit hambalang
Image by: hambalang.co.id

Berbicara mengenai tempat wisata di Sentul memang banyak sekali ragamnya. Entah itu wisata pantai, wisata alam atau bahkan wisata sejarah sekalipun. Bagi anda yang suka sekali menikmati nuansa alam, kini bisa berkunjung ke Gunung Hambalang. Pemandangan alam nan hijau bisa anda saksikan saat singgah ke Bukit Hambalang yang ada di Sentul ini. Segala penat anda karena lelahnya bekerja kini bisa terobati dengan menikmati indahnya alam.

Daerah wisata keluarga ini konon berada di kawasan Bukit Hambalang, Sentul, Jawa Barat. Meskipun tempat wisata ini masih belum banyak yang mempublikasikan, namun keindahan alamnya tak perlu di ragukan lagi. Jadi bagi anda yang sedang berada di Sentul, sempatkanlah untuk berkunjung ke Gunung Hambalang.

12. Taman Pemda

Tempat Wisata di Sentul taman pemda cibinong

Jika anda berkeinginan menikmati wisata ala taman, kini anda bisa berkunjung ke Taman Pemda. Taman tersebut mampu menghadirkan sebuah nuansa berbeda dari lainnya. Terlebih saat hari libur telah tiba biasanya dipadati oleh para pengunjungnya. Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa sekalipun kini bisa menikmati beragam permainan yang sudah tersedia di Taman Pemda ini. Ada permainan skateboard, panjat tebing bahkan ada pula taman bermain khusus anak-anak.

Banyak dari mereka orang tua mengajak anaknya ke Taman Pemda untuk menikmati segala permainan yang sudah tersedia. Selain itu pengunjung yang datang pun banyak yang memilih duduk santai berkumpul bersama dengan keluarganya di rerumputan nan hijau. Taman Pemda ini konon sudah dibuka secara gratis untuk masyarakat umum mulai dari jam 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Saat hari minggu atau bahkan akhir pekan biasanya tempat wisata ini selalu ramai oleh pengunjungnya jika dibandingkan dengan hari biasa.

Tentunya Taman Pemda ini tak kalah menarik dengan tempat wisata lainnya yang ada di Sentul. Mungkin bagi anda yang tak ingin berwisata jauh bias berkunjung ke sini. Rasa penat dan lelah dalam bekerja bias terobati dengan nuansa yang ada di Taman Pemda ini.

Jangan lupa juga bawa anak anda agar mereka bias senang menikmati beragam wahana permainan yang sudah tersedia dalam lokasi wisata tersebut. Yang pasti jangan sampai lewatkan untuk menikmati liburan bersama keluarga di taman tersebut. Tak ada salahnya anda abadikan setiap moment bahagia anda dengan berfoto bersama keluarga.

13. Situs Tugu Lonceng

Tempat Wisata di Sentul Situs Tugu Lonceng
Image by: lovelybogor.com

Jika berkunjung ke Sentul jangan lewatkan berkunjung ke Situs Tugu Lonceng. Meskipun namanya seperti itu namun jangan berharap menemukan lonceng pada cagar budaya tersebut. Di sana yang anda temukan hanyalah sebuah bangunan kecil dengan 4 pilar yang berada di tengah rimbunnya semak dan juga ilalang. Lokasi tempat wisata ini tak jauh dari stasiun Cilebut. Hanya berjarak sekitar 100 meter saja dari stasiun Commuter Line yang berada di Bogor. Mungkin akan terasa sulit untuk menemukan Situs Tugu Lonceng ini bagi anda yang belum mengetahuinya.

Hal ini dikarenakan lapak pedagang kaki lima yang ada disana seakan menutupi lokasi Situs Tugu Lonceng ini. Sehingga lokasi wisata ini tidak akan terlihat dari jalan. Bahkan jalan masuknya pun seakan tidak tersedia kecuali jika anda melewati tanah kosong yang berilalang ini. Jika kita merujuk pada ceritanya, berarti usia dari Tugu Lonceng ini sudah lebih dari 50 tahun yang menjadi persyaratan untuk masuk dalam kategori cagar budaya.

Kita memang merasa kesulitan untuk melihat perkembangan di kawasan Cilebut ini. Rasanya seakan tiada kemungkinan untuk dijadikan sebagai tempat wisata.
Apalagi sekitar Tugu Lonceng ini sudah terlihat beberapa bangunan yang telah berdiri. Di tambah lagi belum adanya sebuah perkembangan yang ada di area Cilebut dekat stasiun ini.

Padahal yang namanya bangunan cara budaya, situs yang satu ini memang sudah mengandung sejarah masa lalu. Sehingga situs tersebut akhirnya menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka penggemar wisata sejarah. Sangat di sayangkan sekali jika anda yang sedang berada di Sentul tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke Situs Tugu Lonceng ini sebelum nantinya hilang terhapus dari catatan.

Itulah tadi beragam destinasi wisata menarik yang ada di Sentul Bogor dan tak patut anda lewatkan begitu saja. Di sana ternyata begitu lengkap sekali wisata nan menarik yang bisa anda kunjungi saat liburan telah tiba.

Pastikan anda mengunjungi beberapa tempat wisata menarik diatas untuk mendapatkan sebuah keseruan dan pengalaman berwisata bersama dengan keluarga maupun teman. Sebetulnya masih banyak sekali tempat wisata menarik nan indah yang bisa menjadi tujuan wisata anda saat berada di Sentul. Setidaknya di atas hanya beberapa referensi tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi saat berada di sana.

Tak perlu merasa khawatir lagi akan budget yang sudah anda miliki. Kebanyakan tempat wisata yang ada di sana, menawarkan tiket masuk wisata dengan harga yang murah dan terjangkau semua kalangan masyarakat.

Komentar disini