22 Tempat Wisata di Semarang yang Tidak Boleh di Lewatkan

Kalimat.ID – Tempat Wisata di Semarang – Semarang merupakan ibukota dari Provinsi Jawa Tengah. Semarang juga merupakan kawasan industri di Pulau Jawa. Di Indonesia, Semarang menduduki peringkat 5 besar sebagai Kota Metropolitan.

Di balik sibuknya Kota Semarang, ternyata ada segudang tempat wisata yang sangat menarik disana. Mulai dari wisata alam hingga bangunan-bangunan bersejarah, ada di Kota ini.

Berikut 22 Tempat Wisata di Semarang yang Sayang Untuk Dilewatkan

Jika anda berencana untuk berlibur ke Kota Semarang, tidak ada salahnya jika anda mempertimbangkan rekomendasi beberapa tempat wisata di Semarang berikut ini.

1. Lawang Sewu

tempat wisata di semarang lawang sewu
image by: kompas.com

Lawang Sewu adalah tempat wisata di Semarang yang paling terkenal. Lawang Sewu merupakan sebuah bangunan tua yang memiliki banyak pintu. Itulah mengapa bangunan ini akhirnya dikenal sebagai Lawang Sewu.

Salah satu bangunan yang menjadi ikon Semarang ini merupakan bagian dari sejarah.
Lawang Sewu juga sangat identik dengan hal mistis. Berbagai kisah mistis yang terjadi di Lawang Sewu membuat para traveler tertarik untuk menjelajahi Lawang Sewu.

Tetapi Lawang Sewu sudah banyak direnovasi sehingga kesan angker pada bangunan tersebut sedikit berkurang.

2. Pantai Marina

tempat wisata di semarang Pantai Marina
image by: pantainesia.com

Bagi penggemar wisata alam, Pantai Marina merupakan tempat wisata di Semarang yang menarik untuk dikunjungi. Pantai Marina terletak di Semarang bagian utara. Pantai ini menawarkan panorama matahari terbenam yang memukau saat senja.

Menariknya lagi, Pantai Marina memiliki 2 sisi yang berbeda. Di satu sisi Pantai Marina terdapat jalan setapak yang dilengkapi dengan tembok beton.

Pada sisi yang lainnya terdapat gundukan batu karang dan jalanan berumput.
Tak hanya itu, pada malam hari suasana di Pantai Marina juga sangat ramai.

Pantai Marina juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti jet ski, kolam renang dan taman bermain. Di Pantai Marina, anda juga dapat menikmati sajian berbagai macam seafood yang diperoleh langsung dari nelayan sekitar.

3. Gunung Telomoyo

tempat wisata di semarang Gunung Telomoyo
image by: pegipegi.com

Tempat wisata di Semarang lainnya yang wajib anda kunjungi adalah Gunung Telomoyo. Untuk sampai ke kawasan Gunung Telomoyo, anda akan melewati rute yang menyenangkan.

Dan, ketika sampai di lokasi, anda akan merasa takjub dengan pemandangan di sekeliling Gunung Telomoyo. Untuk sampai ke puncak Gunung Telomoyo, anda bisa menggunakan kendaraan selama 30 menit.

Jalan menuju puncak Gunung Telomoyo memang sudah beraspal dan didesain agar mudah dilalui kendaraan seperti sepeda motor dan mobil. Setelah sampai di puncak, anda akan menemukan stasiun pemancar dan tower yang masih aktif beroperasi.

4. New Sabana

tempat wisata di semarang new sabana
image by: okezone.com

New Sabana adalah tempat wisata di Semarang yang sedang populer saat ini. Objek wisata yang berlokasi di Rawa Pening ini awalnya adalah danau yang mengering, lalu akhirnya ditumbuhi banyak tanaman liar hingga menyerupai sabana.

Saat cuaca sedang cerah, anda bisa menikmati panorama sabana dengan Gunung Telomoyo sebagai backgroundnya.

Sayangnya, saat musim hujan, danau yang menjadi sabana ini diperkirakan akan kembali tertutup air.

5. Setiya Aji Flower Farm

tempat wisata di semarang Setiya Aji Flower Farm
image by: phinemo.com

Di Semarang, anda juga bisa menikmati wisata kebun bunga yang cantik, yaitu Setiya Aji Flower Farm.

Setiya Aji Flower Farm berlokasi di Dusun Ngasem, Kabupaten Semarang. Dengan biaya masuk yang cukup murah, anda sudah bisa menikmati keindahan bunga krisan disana.

6. Tugu Muda

image by: situsbudaya.id
tempat wisata di semarang tugu muda

Tugu Muda merupakan tempat wisata di Semarang yang sangat erat dengan sejarah. Tugu ini dibangun demi mengenang peristiwa Pertempuran Lima Hari saat para pejuang melawan penjajah Jepang.

Di sekitar Tugu Muda juga terdapat taman yang tak pernah sepi pengunjung, terutama saat akhir pekan.

7. Simpang Lima Semarang

image by: awsimages.detik.net.id
tempat wisata di semarang simpang lima

Jangan ngaku pernah ke Semarang kalau anda belum ke Simpang Lima Semarang. Banyak keseruan yang bisa anda rasakan saat mengunjungi Simpang Lima Semarang. Anda bisa mengelilingi kawasan tersebut dengan becak hias atau sepeda.

Setelah lelah berkeliling, anda bisa menikmati beragam kuliner khas Semarang di sekitar kawasan Simpang Lima Semarang.

Di Simpang Lima Semarang juga sering diadakan berbagai acara, mulai dari konser musik hingga perayaan tahun baru dan perayaan HUT RI.

8. Watu Gunung

watu gunung semarang

Tempat wisata di Semarang yang satu ini juga sangat menarik dikunjungi. Suasana pegunungan yang sejuk dan keindahannya akan membuat anda betah berlama-lama di Watu Gunung.

Di Watu Gunung terdapat taman cantik yang dilengkapi dengan gazebo. Tak hanya itu, disana juga ada kolam renang dengan air yang sangat sejuk.

9. Goa Kreo

image by: phinemo.com
goa kreo semarang

Goa Kreo merupakan tempat wisata di Semarang, tepatnya berada di Jl. Raya Goa Kreo, Kandri. Goa Kreo terbentuk langsung secara alami dan letaknya berada di tengah-tengah Waduk Jatibarang.

Menurut kepercayaan, goa ini dijaga oleh kera. Tak heran jika di dekat jembatan Goa Kreo terdapat patung kera. Di goa ini juga banyak kera-kera asli.

Di kawasan Goa Kreo terdapat air terjun dan panggung hiburan. Dan yang paling menarik, anda juga bisa berfoto di balon udara.

10. Pantai Tirang

image by: pantainesia.com
pantai tirang semarang

Ada satu lagi pantai yang menjadi tempat wisata di Semarang, yaitu Pantai Tirang. Pantai ini terletak di Kecamatan Tugu, Semarang yang hanya berjarak 5 kilometer dari Bandara.

Pantai Tirang menawarkan keindahan laut biru dan hamparan pasir yang luas. Disana, anda juga bisa menyaksikan kegiatan para nelayan. Tak hanya itu, Pantai Tirang juga menyediakan tempat pemancingan bagi anda yang hobi memancing.

11. Air Terjun Semirang

image by: diariosdegestao
air terjun semirang

Tempat wisata di Semarang berikutnya yang bisa anda jelajahi ialah Air Terjun Semirang. Air terjun ini terletak di tengah hutan dan agak tersembunyi. Untuk bisa sampai ke lokasi, anda harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit.

Cukup melelahkan memang, namun setelah sampai disana rasa lelah tersebut seolah sirna begitu saja.

12. Taman Srigunting

image by: diariosdegestao
taman sri gunting

Taman Srigunting merupakan salah satu tempat bersantai di akhir pekan. Taman ini bisa dibilang sangat asri dan sangat bersih sehingga pengunjung merasa sangat nyaman.

Di Taman Srigunting juga banyak makanan khas Semarang yang dijajakan. Pemandangan sekitarnya juga sangat apik untuk dijadikan spot foto.

13. Desa Wisata Kandri

image by: suaramerdeka.com
desa wisata kandri

Berwisata ke Desa Wisata Kandri akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anda yang ingin berlibur di Semarang.

Desa kantri sangat identik dengan budaya dan tradisi yang sangat kental. Desa ini terletak di Kecamatan Gunungpati, Semarang.

14. Semarang Contemporary Art Gallery

Semarang Contemporary Art Gallery
Image by: wisataterdekat.com

Selanjutnya, anda bisa mengunjungi Semarang Contemporary Art Gallery. Jika anda penyuka seni atau bahkan seorang seniman, tempat ini pastinya akan sangat menarik untuk anda.

Objek wisata yang satu ini bernuansa klasik seperti pada zaman Belanda. Contemporary Art Gallery yang berada di Semarang ini terdiri dari dua lantai.

Karya seni yang dipamerkan sangat beragam, mulai dari patung hingga lukisan dari seniman berbakat.

15. Umbul Sidomukti

image by: phinemo.com
umbul sidomukti

Umbul Sidomukti juga merupakan salah satu tempat wisata di Semarang. Meski belum terlalu dikenal, namun Umbul Sidomukti menyuguhkan wisata alam yang apik.

Umbul Sidomukti juga dilengkapi dengan berbagai wahana yang menyenangkan lengkap dengan fasilitas outdoornya.

Beberapa wahana yang bisa anda coba yaitu Adrenalin Games, Outbound Training, Taman Renang Alam dan Camping Ground.

Tak hanya itu, disana anda juga bisa menikmati kuliner lezat di Pondok Lesehan. Anda juga bisa mencoba berenang dalam kolam yang kedalamannya mencapai 4 tingkat.

Belum cukup puas? Coba saja flying fox yang memiliki dua pilihan track, rappelling, ATV dan sebagainya.

16. Mangrove Tapak

image by: kompasiana.com
mangrove tapak

Salah satu Tempat wisata di Semarang ini tidak kalah menarik. Mangrove Tapak merupakan surga tersembunyi dengan panorama yang mengagumkan disetiap sisinya. Mangrove tapak juga sangat diburu para wisatawan yang menggilai fotografi.

17. Kampung Pelangi

kampung pelangi

Kampung Pelangi merupakan destinasi wisata Semarang yang tergolong baru. Kampung Pelangi sebelumnya dikenal dengan kampung kumuh.

Namun karena adanya renovasi di Pasar Bunga Kalisari yang kebetulan terletak di depan kampung kumuh, otomatis menjadikan kampung ini jauh lebih menarik.

Beberapa pengguna instagram kerap memajang foto berlatar belakang Kampung Pelangi. Hal ini membuat Kampung Pelangi semakin terkenal, dan banyak dikunjungi.

Banyaknya para wisatawan yang mengunjungi kampung pelangi membuat perekonomian warga sekitar meningkat.

18. Bukit Cinta

bukit cinta semarang
image by: jejakpiknik.com

Objek wisata Semarang yang satu ini banyak dikunjungi oleh anak muda. Tak hanya yang berasal dari Kota Semarang saja, Bukit Cinta juga banyak dikunjungi warga luar kota.

Sesuai dengan namanya, suasana di Bukit Cinta memang sangat spesial. Dari bukit ini, pengunjung dapat melihat indahnya Rawa Pening. Bukit Cinta juga dipercantik dengan pepohonan pinus yang berjajar rapi.

Selain melihat pemandangan sekitar, pengunjung juga dapat berkeliling di rawa pening dengan perahu motor. Selain itu, disana juga ada beberapa wahana lainnya yang sangat seru.

19. Hutan Pinus Kayon

hutan pinus kayon semarang

Setelah mengunjungi Bukit Cinta, berikutnya anda bisa menjelajahi Hutan Pinus Kayon. Objek wisata yang satu ini bertempat di lereng Gunung Batur. Banyak para pecinta alam yang berkemah di hutan ini karena air bersih sangat mudah ditemukan.

Di Hutan Pinus Kayon ada pohon pinus yang bentuk batangnya sangat unik yaitu melengkung dan menyerupai sebuah kursi. Keunikan pohon tersebut menjadikannya sebagai spot favorit untuk berfoto.

20. Candi Gedong Songo

candi gedong songo semarang
image by: jejakpiknik.com

Candi Gedong Songo berlokasi di Kecamatan Bandungan, tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Candi Gedong Songo terdiri dari 9 bangunan candi.

Awalnya, candi ini dikenal dengan Candi Gedong Pitu karena hanya ditemukan 7 bangunan candi. Kemudian dua candi lainnya ditemukan dan namanya pun diubah menjadi Candi Gedung Songo.

Candi ini merupakan peninggalan Wangsa Syailendra. Di kompleks candi ini, anda bisa menemukan sebuah kolam pemandian air panas yang mengasyikan.

Tak hanya itu, pemandangan disekitar kawasan Candi Gedong Songo pun sangat menarik untuk diabadikan dalam sebuah foto.

21. Taman Budaya Raden Saleh

taman budaya raden saleh semarang
image by: indonesiakaya.com

Objek wisata yang satu ini merupakan pusat kebudayaan di Semarang. Taman Budaya Raden Saleh berada di pusat kota Semarang. Hal tersebut membuat taman ini menjadi tempat favorit untuk menikmati akhir pekan.

Sebelumnya, Taman Budaya ini adalah kebun binatang, wajar saja jika wilayahnya sangat luas. Taman Budaya Raden Saleh mulai dibangun setelah kebun binatang dipindahkan ke tempat lain. Taman ini juga dihiasi dengan pepohonan yang tertata rapi.

22. Pantai Baruna

Tempat Wisata di Semarang pantai baruna
image by: portalwisata.co.id

Ada satu lagi pantai yang sangat menarik dari Kota Semarang, yaitu Pantai Baruna. Pantai ini masih tergolong baru, namun tidak pernah sepi pengunjung. Wisatawan yang datang tak hanya dari dalam negeri, tapi juga mancanegara.

Pantai Baruna agak berbeda dengan pantai lainnya. Pantai ini sangat unik karena dihiasi oleh padang ilalang.

Saat berkunjung ke Pantai Baruna, anda akan disuguhi panorama air laut yang biru kehijauan. Keunikan pantai ini banyak mengundang wisatawan yang memiliki hobi fotografi.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di Semarang yang sangat sayang jika dilewatkan. Bagaimana? Apakah anda sudah siap menjelajahi Kota Semarang?

Komentar disini
Hosting Unlimited Indonesia