12 Tempat Wisata di Purwakarta Jawa Barat

Tempat Wisata di Purwakarta

Kalimat.ID – Berkjunjung ke Purwarkarta memang tidak lepas dari keindahan alam yang tersaji termpampang luas hamparannya yang hijau membuat mata menjadi sejuk, berikut tempat wisata di Purwakarta yang bisa Anda simak ulasannya dibawah ini.

Tempat wisata di Purwakarta memang banyak tersaji masih alami dan masih terbilang murni berbaur dengan alam yang berada di tanah Pasundan Jawa Barat ini, selain terkenal dengan sebuah Waduk Jatiluhur yang notaben merupakan Waduk terbesar di Indonesia,  Purwakarta juga memiliki sisi wisata menarik lainnya.

Sebagai contoh saja jika Anda pergi ketempat wisata Gunung Parang, disana Anda memang benar disajikan sebuah eksotisme alam yang sangat menawan, belum lagi sebuah Skylodge Purwakarta atau hotel gantung yang menjadikan kesan wisata Anda seperti berada di negara Peru.

Berikut 10 Daftar Tempat Wisata di Purwakarta Untuk Anda

Berikut kami mengulas 10 tempat wisata yang bisa Anda jadikan rekomendasi jadwal liburan bersama keluarga sanak famili Anda, walaupun hanya sekedar menghilangkan lelah bekerja, penulis merangkumnya khusus untuk Anda pembaca setia kami.

1. Waduk Jatiluhur

waduk jatiluhur

Jika berkunjung ke tempat wisata di Purwakarta memang tidak lepas dari sebuah waduk yang bernama Waduk Jatiluhur, dimana Waduk ini dijadikan sumber daya listrik, namun memiliki ekosistem yang baik sehingga tempat ini wajib dikunjungi jika Anda berada di Purwakarta.

Ketika Anda ke tempat Waduk Jatiluhur Anda akan dimanjakan dengan pesona alam yang sangat indah berada di dekat kawasan Waduk, selain itu tempat wisata di Purwakarta Waduk Jatiluhur ini juga memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap.

Disekitar bendungan memang dialihfungsikan menjadi sebuah tempat wisata di Purwakarta, sama seperti waduk yang lainnya di Indonesia juga memiliki tempat wisatanya tersendiri, dalam proses pembangunan Waduk Jatiluhur sendiri sudah mulai dibangun dari tahun 1957-an Waduk ini merupakan kolaborasi dengan perusahaan asal Prancis.

Waduk Jatiluhur ini dibangun diatas tanah yang memiliki luas 4.500KM persegi, dana yang dibutuhkan untuk membangun sebuah Waduk Jatiluhur sendiri menelan anggaran sebesar USD$ 230 juta, dan peletakan batu pertamanya sendiri dilakukan oleh Presiden pertama RI Ir. Soekarno, hingga diresmikan 26 Agustus 1976 oleh Presiden kedua RI Soeharto.

Waduk ini sendiri sebenarnya memiliki nama lain yakni Waduk IR H Juanda, nama ini sebagai penghormatan terhadap jasa Perdana Menteri Indonesia, berkat beliaulah bendungan ini bisa terealisasi menjadi sebuah bendungan terbesar di Indonesia ini.

Keindahan utama dari Waduk Jatiluhur adalah danau buatan yang memiliki pagar pepohonan dengan latar belakang sebuah perbukitan dan sebuah gunung (Tiga Menara), menjadi daya tarik tersendiri dalam mengunjungi Waduk Jatiluhur ini, dengan keindahan ini Anda bisa mengabadikan berbagai momen bersama orang tersayang dan terkasih Anda.

Keindahan dari Waduk Jatiluhur akan lebih sempurna jika melihat keindahan alam di tengah bendungan sambil bersantai hingga memancing, dengan menggunakan sampan kecil yang biasanya disewa dari para nelayan, biasanya para pemancing juga banyak berkunjung kesini.

2. Gunung Parang

gunung-parang

Pernahkah Anda mendengar Gunung Parang? Ya sebuah gunung yang berada di Purwakarta menjadi pembahasan tempat wisata di Purwakarta kali ini, Gunung Parang namun tak setenar dengan gunung pada umumnya yang berada di Purwakarta karena masih kalah pamor oleh tempat wisata Waduk Jatiluhur dan lain sebagainya namun Gunung Parang memiliki ke-eksotisme tersendiri untuk berwisata kesini.

Gunung Parang juga menyediakan sebuah jalur khusus untuk para pendaki, jika Anda berada di Jawa Barat Anda bisa mencicipi jalan terjal dari Gunung Parang yang berada di Purwakarta ini, tak hanya pendakian yang berada di Gunung Parang namun juga Gunung Parang menyediakan berbagai aktifitas lainnya seperti panjat tebing, panjat tebing yang berada di Gunung Parang banyak loh diminati oleh pemanjat tebing baik lokal mancanegara.

Jika Anda sosok yang penyuka tantangan seperti memacu adrenalin maka Gunung Parang cocok untuk Anda yang memiliki jiwa petualangan sejati, keistimewaan dari Gunung Parang juga memiliki destinasi jalur pendakian yang terbilang unik. Apa saja keunikan dan keistimewaan dari Gunung Parang simak ulasannya disini:

Spot Panjat Tebing Tertinggi yang berada di Indonesia

Jika Anda memiliki hobi panjat memanjat maka tebing Gunung Parang bisa Anda panjat, Gunung Parang sendiri memiliki ketinggian tidak terlalu tinggi sama seperti gunung lainnya hanya memiliki ketinggian 930MDPL dan Gunung Parang merupakan gunung batu andesit tertinggi yang berada di Indonesia, dan menjadi panjat tebing kedua juga tertinggi di Asia loh.

Daya tarik inilah yang menjadi ekosistem unik alam yang disajikan oleh Gunung Parang, surganya bagi para pemanjat tebing dan para pendaki di Indonesia, Gunung Parang sendiri memiliki 3 puncak yakni Tower 1, Tower 2 hingga Tower 3 yang terakhir, pada setiap puncak ini memiliki karakteristik berbeda pada setiap jalur panjat tebing dan pendakian.

Puncak dari Gunung Parang sendiri memang tidak memiliki hamparan yang sangat luas, namun yang disajikan pemandangan disini sangat indah, dari ketinggian Puncak Gunung Parang, Anda bisa melihat keindahan kota Purwakarta secara lanskap dengan pemandangan hamparan persawahan nan hijau hingga pemukiman penduduk.

Lebih menariknya jika Anda beruntung dan mendapatkan cuaca yang bagus dan cerah, Anda juga bisa melihat dari kejauhan seperti aliran Sungai Citarum, Waduk Jatiluhur hingga gunung batu andesit lainnya seperti Gunung Bangkok dan Gunung Lembu.

Untuk bisa ke lokasinya Gunung Parang sendiri yang berada di Kabupaten Purwakarta, lebih tepatnya lagi berada di Kampung Cirangking, desa Pasanggarahan, untuk bisa sampai ke lokasi ini jika Anda dari Jakarta bisa menempuh perjalanan darat 3 jam, namun jika Anda berada di Bandung bisa menempuh jarak 2 jam-an.

3. Bukit Panenjoan Purwakarta

Bukit Panenjoan Purwakarta

Tempat wisata di Purwakarta kali ini adalah Bukit Panenjoan Purwakarta, jika berbicara sebuah wisata perbukitan memang wisata Bukit Panenjoan Purwakarta kalah pamor dengan pemandangan alam lainnya di Jawa Barat seperti Puncak Bintang, Tebing Keraton di Dago dan lain sebagainya.

Namun beberapa tahun lalu lebih tepatnya tahun 2016 silam, Purwakarta juga memiliki tempat wisata perbukitan yang tidak kalah indah dibandingkan tempat wisata perbukitan yang berada di Bandung Raya, tempat ini biasanya disebut dengan Bukit Panenjoan Purwakarta.

Masyarakat setempat menjadikan Bukit Panenjoan Purwakarta sebagai tempat wisata dengan memanfaatkan keindahan dari hamparan kebun teh dan jenis pohon-pohon rindang lainnya yang membuat hamparan berwarna hijau. Selain itu tempat wisata ini juga dihiasi dengan sebuah jembatan unik yang terbuat dari Bambu.

Untuk bisa menuju tempat wisata Bukit Panenjoan Purwakarta, tempat ini berjarak 17Km lebih dari pusat kota Purwakarta, jadi jika Anda berada di kota Purwakarta bisa menempuh jarak 17KM tersebut, untuk bisa kesana bisa menempuh dengan perjalanan darat, dan akses jalannya juga terbilang beraspal dan bagus.

4. Taman Sri Baduga

Taman Sri Baduga

Tempat wisata di Purwakarta selanjutnya adalah Taman Sri Baduga, sebuah taman dengan nama Taman Situ Buleud, menjadik sebuah objek wisata tersendiri, keindahan yang disajikan dari Taman Sri Baduga adalah air mancurnya, yang mirip dengan air mancur yang berada di danau Burj Khalifa, Dubai, bisa dibilang ini adalah replikanya dari air mancur Dubai.

Namun memang tak sebesar dan semegah air mancur yang berada di Dubai, namun air mancur yang dimiliki oleh Taman Sri Baduga tidak kalah indahnya jika dilihat dimalam hari, Taman Air Mancur Sri Baduga dilengkap dengan 100 pipa air yang memiliki fungsi untuk memancurkan air hingga ketinggian 10 meter.

Selain air mancur yang ditawarkan keindahan dari Taman Sri Baduga, juga dihiasi oleh lampu berwana warni yang menghiasi gemercik air yang menjulang tinggi hingga bermeter-meter, juga dilengkapi dengan alunan musik sehingga menambah kesan spesial pada Taman Sri Baduga yang berada di Purwakarta ini.

5. Danau Wanayasa

danau wanayasa
Image by: pondoksalam.co.id

Danau Wanayasa atau Situ Wanayasa merupakan sebuah danau yang terletak disebuah pulau, unik kan? Disini konon katanya juga ada sebuah makam seorang R.A Suriawinata sebuah makam tua, luas tanah dari Danau Wanayasa memiliki luas sekitar 7 hektar dan memiliki ketinggian hingga 600 MDPL.

Namun siapakah Suriawinata? Beliau merupakan seorang yang dikenal turut membangun Purwakarta, beliau pernah menjabat sebagai Bupati Karawang ke-9 dan meninggal pada tahun 1827, kemudian dikebumikan disini. Selain dijadikan tempat wisata Danau Wanayasa juga dijadikan tempat ziarah bagi Masyarakat sekitar.

Sedikit cerita Danau Wanayasa memiliki usul dari nama yang berasal dari kata Wana yang memiliki arti Leuweung yang memiliki arti Hutan atau Semak Belangkara, dan Yasa sendiri memiliki arti dalam bahasa sunda didamel lembu jika dibahasa Indonesiakan dijadikan sebuah perkampungan. Jika diartikan secara langsung Situ Wanayasa memiliki sebuah arti “Hutan yang dijadikan sebuah perkampungan”.

Untuk bisa sampai dilokasi tempat wisata Danau Wanayasa, jika Anda pergi menggunakan kendaraan umum dan pribadi, jika Anda berasal dari kota Jakarta atau Bandung Anda bisa keluar dari Tol Jatiluhur, setelah keluar dari arah Tol, selanjutnya menuju arah Ciganea yang berada di sekitar lampu merah.

Turun disana jika Anda menggunakan kendaraan umum dan naik Angkot dengan kode 04 menuju pasar rebo, jika Anda naik kendaraan pribadi bisa mengikuti jalur angkot ini ke Pasar Rebo, lalu naik Angkot sekali lagi yang berwarna kuning, lalu Anda bisa sampai tujuan di Danau Wanayasa bilang saja ke supir angkot-nya jika Anda ingin ke tempat Danau Wanayasa.

6. Curug Cipurut

Curug-Cipurut

Tempat wisata di Purwakarta selanjutnya adalah sebuah Curug yang bernama Cipurut, ya sebuah Kabupaten Purwakarta ini memang masih banyak memiliki keindahan alam yang masih terbilang alami, salah satunya adalah sebuah Curug Cipurut yang merupakan keberadaan mata air tersembunyi yang belum dikenal banyak orang.

Curug Cipurut sendiri berada di kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang, Desa Sumurugul, Kampung Cielungsi, Kecamatan Wanayasa, Purkawarta, jika Anda berada di pusat kota untuk menuju ke Curug Cipurut bisa menempuh kurang lebih 30KM.

Jika sudah berada disana, jika ingin melihat air terjun dari Curug Cipurut ini, Anda harus menempuh jarak dengan berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit, melalui perkampungan warga sekitar dan melewati area perkebunan teh milik setempat. Curug Cipurut sendiri berada di tengah gunung Burangrang, jadi ekosistem disini masih terjaga dengan alami, dan ini masuk kedalam cagar alam dimana kealamiannya harus terjaga.

Untuk bisa kesini Anda cukup membayar tiket Rp. 5.000 rupiah untuk per-satu orang, dengan membayar tiket karcis Anda bisa sepuasnya menikmati keindahan alam Curug Cipurut dengan area luas 4 Hektar, dan setidaknya memiliki curug utama dengan ketinggian air terjun mencapai 25-30 meter.

7. Cikao Park Purwakarta

Cikao Park Purwakarta

Tempat wisata di Purwarkata selanjutnya adalah Cikao Park Purwakarta ber-alamtkan di Jl. Raya Sukatani, Cisalada, Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41152, ini merupakan salah satu tempat wisata yang seru penulis rekomendasikan, selain wisata alam alami Purwakarta juga memiliki tempat wisata buatan salah satunya adalah Cikao Park Purwakarta.

Jika Anda berada di Ibu Kota Jakarta untuk bisa kesini menempuh perjalanan 2,5 jam untuk menuju ke Cikao Park Purwakarta, setelah sampai Anda bisa membeli tiket dengan harga Rp. 20.000/orang. Untuk bisa masuk ke area Waterpak Anda harus merogoh kocek hingga Rp. 50.000 per orangnya, selain itu juga disini dilengkapi dengan taman satwa dan jika ingin masuk bisa merogoh kocek sebesar Rp. 30.000 per orang, harga ini sebenarnya sepadan apa yang diberikan oleh pihak pengelola.

8. Jatiluhur Water World

Jatiluhur Water World

Jatiluhur Water World tidak kalah menariknya dengan Waduk Jatiluhur itu sendiri, tempat wisata ini cocok untuk berlibur bersama keluarga Anda, dimana juga disini dilengkapi dengan wahana bermain untuk anak-anak.

Kolam renang yang berada di Jatiluhur Water World memiliki berbagai macam jenis, ada kolam renang memiliki ombak sehingga pengunjung disuguhkan dengan sensasi ombak buatan, selain itu juga memiliki kolam renang dangkal biasanya disajikan untuk arena bermain anak-anak.

Selain itu ada sebuah wahana yang terbilang cukup menantang, sebuah water slide yakni seluncuran yang memiliki panjang 7 sampai 11 meter, selain itu jika Anda ingin memacu adrenalin ada sebuah wahana yang memiliki ketinggian 11,5 meter dan memiliki panjang seluncuran 43 meter Anda bisa mencobanya jika sedang berkunjung ke Jatiluhur Water World.

9. Skylodge Purwakarta

Skylodge Purwakarta

Skylodge Purwakarta merupakan sebuah inovasi baru dalam dunia hotel yakni Hotel gantung yang berada di Indonesia lebih tepatnya berada di Purwakarta ini, Skylodge Purwakarta diklaim mampu menyaingi hotel gantung yang berada di Peru.

Letaknya sendiri berada di tebing Gunung Parang, ya Anda tau jika menyimak dari keunikan Gunung Parang yang menyediakan jalur pendakian hingga jalur panjat tebing juga memiliki sebuah Skylodge Purwakarta atau hotel gantung, ya bisa dibilang Gunung Parang sudah lengkap menjadi tempat wisata di Purwakarta baik dari segi penginapan, pendakian dan panjat tebing.

10. Taman Maya Datar

Taman Maya Datar

Tempat wisata di Purwakarta selanjutnya adalah Taman Maya Datar sebuah kawasan wisata menarik menjadi incaran bagi para wisatawan lokal dan mancanegara, Taman Maya Datar berlokasi Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41111.

Keunikan dari objek wisata Taman Maya Datar adalah dengan pesona dari taman itu sendiri, dilengkapi dengan berbagai hiasan tempat duduk santai dan hiasan berbagai macam tanaman bunga yang menghiasi sisi dari taman Taman Maya Data ini.

Nah setelah kami ulas 10 tempat wisata di Purwakarta yang bisa Anda jadikan sebuah referensi berwisata di tanah Jawab Barat ini, Purwakarta sendiri memiliki makna kata Purwa yang memiliki arti “Permulaan” dan Karta sendiri berarti Ramai atau Hidup, maka tak asing lagi Purwakarta ini menjadi tempat wisata yang banyak diminati “Ramai” untuk menikmati keindahan Alam yang disajikan oleh Tuhan.

Komentar disini