10 Tempat Wisata di Pekanbaru Seru dan Menyenangkan

Tempat Wisata di Pekanbaru

Kalmat.ID – Tempat Wisata di Pekanbaru – Menghabiskan waktu liburan pastinya menjadi hal yang sangat menyenangkan. Apalagi jika anda menemukan tempat wisata menarik yang pantas untuk dikunjungi.

Lantas kemanakah tujuan anda berlibur? Kini Pekanbaru menjadi salah satu alternatif pilihan wisata yang seru dan juga menyenangkan. Di sana memang banyak menyediakan tempat wisata menarik dengan harga yang terjangkau. Pastinya tempat wisata di Pekanbaru ini akan membuat liburan anda semakin berwarna.

Pekanbaru merupakan salah satu kota di Indonesia yang begitu kental dengan nuansa Melayu. Kesan Melayu ini mulai dari pakaian, adat istiadat, dialek bahasa bahkan juga arsitektur bangunan yang berada di sana bisa anda rasakan.

Apalagi Pekanbaru ini juga menjadi salah satu pusat bisnis besar yang ada di Indonesia. Pekanbaru Riau merupakan propinsi yang sudah terkenal dengan perkebunan sawitnya. Bahkan tak menutup kemungkinan banyak sekali tempat wisata menarik yang ada di sana.

Tak melulu hanya pergi berwisata ke Bali, Malang atau bahkan tempat lainnya. Namun kini anda bisa menghabiskan waktu liburan di Pekanbaru dengan mengunjungi beragam tempat wisata yang menarik.

Buat anda yang merasa penasaran dengan Pekanbaru ini, tak ada salahnya menghabiskan waktu liburan disana. Wahana yang berada di Pekanbaru memang sangat beragam sekali sehingga mampu memudahkan anda dalam menemukan tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi. Inilah beragam destinasi wisata yang seru dan menyenangkan. Di antaranya.

Berikut Daftar Tempat Wisata di Pekanbaru Tahun 2019

1. Riau Fantasi

riau fantasi
image by: okezone.com

Salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang patut anda kunjungi bersama keluarga maupun teman tentu saja Riau Fantasi. Tempat wisata yang satu ini memang sudah popular di Riau.

Wajar saja bagi mereka yang berkunjung ke Pekanbaru tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke sini. Bagi anda yang mempunyai anak, pastinya tempat wisata ini pilihan paling cocok untuk anda berlibur. Di sana anak anda nantinya bisa bermain air sampai puas bahkan bisa pula mencoba beragam wahana permainan air yang sudah tersedia.

Riau Fantasi ini juga sering di sebut sebagai wahana air terbesar sebab kawasan wisatanya telah dibangun diatas tanah dengan luas 6,5 hektar. Di sana sudah tersedia beberapa kolam dan papan seluncur air yang nantinya bisa anda manfaatkan untuk bermain air sampai puas. Adapun contoh papan seluncur yang sudah tersedia di tempat ini yakni Adventure Poll.

Bukan hanya itu saja ternyata di Riau Fantasi ini juga sudah tersedia fasilitas yang menarik. Semisal saja adanya menara yang erat hubungannya dengan jembatan goyang. Ada pula ember berukuran raksasa yang sudah diletakkan secara menggantung. Dimana ember ini nanti akan dipenuhi dengan air yang akan mengguyur pengunjung di bawahnya.

Yang perlu anda perhatikan ketika berlibur di sini, jangan sampai anak anda berenang pada kolam orang dewasa. Hal ini sangat membahayakan karena kolam renang orang dewasa mempunyai kedalaman sampai 1,5 meter sedangkan pada kolam anak-anak hanya memiliki kedalaman 30 cm saja.

Bagi anda yang tak ingin berbasah-basahan kini bisa mencoba wahana permainan kering. Wahana tersebut meliputi sky tower, kora-kora, speedy coster,wave blaster dan juga family singer. Semua permainan ini pastinya sangat memacu adrenalin anda. Jika anda menderita penyakit jantung sebaiknya jangan mencobanya.

Fasilitas yang sudah tersedia di Riau Fantasi ini terbilang lumayan lengkap. Di sana sudah tersedia toilet, mushola, gazebo, kafetaria bahkan juga free wifi. Lokasi tempat wisata ini lebih tepatnya berada di Jalan Labersa.

Anda membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk bisa menempuh perjalanan menuju lokasi wisata. Tiket masuk kawasan wisata juga terjangkau untuk semua kalangan sehingga anda tak perlu bingung lagi akan budget yang nantinya anda keluarkan.

Saat weekdays biasanya anda cukup membayar biaya masuk sebesar Rp 60.000 rupiah saja sedangkan di hari weekend tentunya lebih mahal sedikit yakni sebesar Rp 70.000 rupiah.

2. Kebun Binatang Sang Kulim

kebun wisata sang kulim
Image by: portalwisata.co.id

Kini anda juga bisa mencoba mengunjungi tempat wisata di Pekanbaru yang lainnya yakni Kebun Binatang Sang Kulim. Tempat wisata yang satu ini paling coock sekali dijadikan sebagai media pembelajaran untuk pengenalan beragam jenis hewan.

Kebun binatang ini memang cocok jika anda kunjungi bersama dengan keluarga dan anak anda. Luas dari tempat wisata ini sekitar 10 hektar. Bahkan di dalamnya banyak hewan yang sudah tersedia seperti halnya burung, monyet, ular, landak dan masih banyak sekali jenis hewan satwa yang lainnya.

Bukan hanya satwa saja yang menarik dari wisata kebun binatang Sang Kulim ini. Namun ternyata dalam tempat wisata ini juga sudah tersedia permainan papan seluncur, ayunan bahkan juga kolam renang dan kolam ikan.

Hal yang sangat menarik ini adalah ketika anak anda bisa naik ke atas punggung gajah hanya dengan membayar biaya yang cukup murah yakni Rp 10.000 rupiah saja selama 10 menit.

Tak ada salahnya anda menikmati beragam wahana yang sudah tersedia dalam tempat wisata yang satu ini. Nikmatilah beragam keseruan yang ada hingga akhirnya anda mendapatkan sebuah pengalaman berlibur yang tak terlupakan.

Untuk bisa mencapai lokasi wisata ini, anda perlu menempuh perjalanan sekitar 30 menit lamanya dari pusat kota Pekanbaru. Harga tiket masuk lokasi wisata yang perlu di bayarkan oleh para pengunjung saat datang ke sana sebesar Rp 20.000 rupiah untuk orang dewasa.

Sedangkan untuk anak-anak ternyata harganya lebih murah lagi yakni Rp 10.000 rupiah saja. Kapan lagi bisa menikmati liburan dengan berkunjung ke tempat wisata yang seru dan menyenangkan. Jadi jangan sampai anda lewatkan untuk berkunjung ke Kebun Binatang Sang Kulim ini.

3. Danau Buatan Lembah Sari

Danau Buatan Lembah Sari
Image by: ksmtour.com

Tempat wisata di Pekanbaru memang banyak sekali pilihannya. Kini anda bisa menghabiskan waktu liburan untuk berkunjung ke Danau Buatan Lembah Sari. Danau yang satu ini ternyata danau buatan.

Lokasi wisata danau ini lebih tepatnya berada di Desa Limbungan berjarak 10 km saja dari pusat kota Pekanbaru. Sebelum tempat tersebut dijadikan sebagai danau, dulu kala hanyalah sebuah bendungan irigasi yang bertugas mengalirkan air menuju ke persawahan warga yang ada di sana.

Hingga akhirnya bendungan irigasi ini telah diubah dan dijadikan sebagai tempat wisata menarik. Bukan hanya bisa melihat keindahan danau buatan saja namun para pegunungannya juga mampu melihat keindahan yang berada di sekitar danau.

Pemandangan yang terlihat begitu hijau dan asri ini mampu membuat siapapun merasa betah berlama-lama disana. Bagi mereka yang datang ke danau, bercengkrama di pinggiran danau memang hal yang terbilang mengasyikkan sekali. Biasanya tempat wisata danau ini sering ramai ketika sore hari terlebih ketika matahari akan terbenam.

4. Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura
Image by: infobudayaindonesia.com

Salah satu wisata yang tak kalah seru dan menarik untuk dikunjungi saat berada di Pekanbaru tentu saja Istana Siak Sri Indrapura. Di sana anda bisa menyaksikan kehidupan kesultanan Siak saat masa lampau.

Pekanbaru ini mempunyai istana yang begitu megah dan juga menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Istana tersebut tentu saja pusat dari pemerinyahan kesultanan Siak masa lampau. Sejarah dari istana tersebut juga telah dibangun sejak tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jlil Syaifuddin.

Bangunan utama dari istana ini memang sudah mengadopsi gaya dari sebuah arsitektur Eropa, Arab maupun Melayu. Istana tersebut mempunyai dua lantai. Meskipun usia nya sudah menginjak satu abad lebih, namun istana tersebut masih tetap terlihat megah dan juga kokoh berdiri.

Saat memasuki lantai satu biasanya para pengunjung akan disuguhkan dengan beragam koleksi kerajaan berupa patung perunggu. Bahkan di sana para pengunjung yang datang juga bisa menyaksikan gendang dimana usia dari gendang ini sudah mencapai lebih dari 200 tahun.

Sedangkan pada lantai dua zaman dahulu masih dipergunakan sebagai kamar sultan dan juga kamar yang biasanya dipergunakan oleh para tamu kerajaan yang telah berkunjung. Hanya saja sekarang ini lantai dua ini sudah dipergunakan sebagai tempat untuk penyimpanan beragam jenis koleksi senjata yang dimiliki oleh Sultan.

Menariknya lagi para pengunjung yang datang kesana juga bisa menyaksikan sebuah lukisan yang berasal dari Napolen Bonaparte. Benda koleksi sultan memang bukan hanya berasal dari dalam negeri semata namun juga luar negeri khususnya lagi di Negara Eropa.

Begitu banyaknya benda koleksi luar negeri ini tentu saja menunjukkan sebuah pertanda bahwasanya dulu kerajaan Siak ini telah menjalin sebuah kerjasama internasional dengan negara yang berada di Eropa.

Jika anda berencana untuk datang ke tempat wisata ini, biasanya anda akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 3.000 rupiah saja. Ketika memasuki kawasan wisata biasanya para pengunjung tidak diperbolehkan mengenakan alas kaki sebab dikhawatirkan nantinya bisa merusak sebuah batu granit dari istana.

5. Wisata Belanja Pasar Bawah

Wisata Belanja Pasar Bawah

Siapa sangka ternyata tempat wisata di Pekanbaru yang satu ini menjadi salah satu tempat wisata yang menjadi dambaan bagi para wanita. Hal ini dikarenakan tempat tersebut sering dikunjungi wanita untuk berbelanja hingga puas sesuai dengan kebutuhannya.

Wisata belanja Pasar Bawah ini memang tak boleh dilewatkan begitu saja ketika anda berada di Pekanbaru. Pasar Bawah ini sudah dijadikan sebagai ikonnya kota Pekanbaru. Pasar yang satu ini tergolong pasar tradisional bahkan menjadi pasar yang paling tua.

Pasar yang satu ini juga terbilang cukup luas dengan tinggi empat lantai. Pasar tersebtu juga menjual beragam barang yang terbilang unik. Lokasi dari Pasar Bawah ini berada di tepian sungai Siak bahkan dekat sekali dengan pelabuhan.

Letak dari pasar tersebut begitu strategis sekali sehingga memudahkan anda dalam mengaksesnya. Jika anda berkunjung ke pasar tersebut tentunya bisa menemukan beraneka ragam jenis keramik yang berasal dari China, barang elektronik bekas namun layak pakai dan karpet yang berasal dari Timur Tengah. Jadi anda yang sedang berada di Pekanbaru jangan sampai lewatkan untuk berkunjung ke Pasar Bawah Tanah.

6. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim

Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim

Tempat wisata di Pekanbaru yang satu ini sayang sekali jika anda lewatkan begitu saja. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim ini cocok sekali dikunjungi saat akhir pekan tiba. Tempat wisata ini menawarkan sebuah kesenangan maupun keseruan yang memukau.

Bahkan menariknya lagi udara yang ada di sana begitu sejuk dengan tempat teduh yang bisa membuat anda merasa lebih nyaman. Taman Hutan Raya ini memang paling cocok bagi anda yang ingin mendapatkan sebuah kesenangan. Suasana yang ada disana masih begitu asri dengan nuansa sejuk sehingga mampu membuat para pengunjung merasa tenang.

Apabila anda berencana berkunjung kesana, sebetulnya perjalanannya tidak memakan waktu lama. Jarak lokasi wisata dengan pusat kota hanya berkisar 23 km saja. Dari luar tempat wisata ini masih terlihat begitu sepi.

Namun saat anda sudah berada dalam kawasan wisata ternyata ada ribuan orang yang sedang menikmati sebuah kedamaian dan juga ketenangan. Di dalam Taman Hutan Raya ini juga tersedia sebuah anak tangga yang telah menjulang tinggi. Bahkan di pinggir anak tangganya banyak sekali pohon yang mampu menambah kesan keasrian dari tempat wisata tersebut.

7. Masjid Agung An Nur

Masjid Agung An Nur
Image by: brosispku.com

Bagi anda yang beragama islam jangan lupa untuk mengunjungi kawasan wisata yang satu ini. Semua masjid yang megah dan juga besar sering dinamakan dengan Masjid Agung. Masjid Agung An Nur menjadi masjid termegah yang ada di Pekanbaru.

Menariknya lagi masjid tersebut sudah mengusung sebuah gaya Arab, Melayu, Turki bahkan juga India. Berkat beragam gaya yang sudah di usung, wajar saja jika masjid tersebut terlihat begitu eksotik dan megah.

Bangunan Masjid Agung An Nur ini memang berdiri diatas tanah dengan luas 50×50 meter. Bahkan menariknya lagi, masjid tersebut konon sudah menjadi ikon dari kota Pekanbaru. Banyak sekali masyarakat Pekanbaru yang menyebut masjid tersebut sebagai Taj Mahalnya Pekanbaru. Jadi buat anda yang sedang berada disana, jangan sampai lewatkan untuk berkunjung ke sini.

Di bagian depan Masjid Agung An Nur ini konon tersedia sebuah kolam yang mampu membuat bangunan masjid semakin megah dan indah. Bangunan Masjid ini juga terbagi menjadi 3 lantai yang sudah didominasi dengan warna hijau.

Dengan luasnya yang sudah mencapai angka 4.500 ini, wajar saja jika masjid tersebut mampu menampung banyak jamaah. Keindahan Masjid Agung An Nur ini tidak berhenti sampai disitu saja.

Nyatanya keindahan dari masjid tersebut juga sudah didukung dengan adanya 5 kubah dan juga 4 menara. Ketika malam hari tiba, masjid ini pun bakalan terlihat cantik dengan adanya cahaya lampu yang berada di masjid mampu memantul di kolam.

Hal yang tak kalah menarik ternyata masjid tersebut juga sudah dilengkapi dengan adanya fasilitas wifi gratis. Saat bulan suci Ramadhan datang, tempat ini pun juga sudah dipenuhi dengan adanya penjual makanan dan juga pakaian.

8. Perpustakaan Soeman H.S

Perpustakaan Soeman H.S

Menghabiskan waktu liburan di Pekanbaru memang hal yang sangat menyenangkan sekali. Terlebih jika anda bisa berwisata sembari belajar memperdalam ilmu. Kini anda bisa menjadikan Perpustakaan Soeman H.S ini sebagai salah satu tujuan wisata menarik yang ada di Pekanbaru.

Perpustakaan yang satu ini tergolong perpustakaan yang unik bahkan sudah mempunyai banyak koleksi buku. Keunikan dari perpustakaan ini semakin terlihat dari bangunan luarnya.

Dimana ada banyak tiang penyangga yang sudah mengelilingi perpustakaan tersebut. Jika anda berencana untuk berkunjung kesini. Lokasinya mudah sekali anda temukan yakni berada di Jalan Jenderal Sudirman 462 Pekanbaru.

Supaya bisa masuk dalam kawasan wisata Perpustakaan Soeman H.S ini, anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun. Biasanya perpustakaan ini buka mulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Sedangkan jam buka Sabtu dan Minggu pukul 9 pagi hingga jam 2 siang.

Jika kita perhatikan dengan seksama, ternyata tiang penyangga yang terlihat pada bangunan luar perpustakaan ini akan membentuk rehal untuk membaca Al Qur an. Perpustakaan ini terdiri dari enam lantai bahkan sudah mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari fasilitas kafe, mushola, kantin bahkan ruang pertemuan.

Menariknya lagi perpustakaan yang satu ini juga mempunyai sebuah ruangan khusus yang biasanya dijadikan sebagai ruangan literatur bahasa Melayu. Koleksi literatur yang berada dalam perpustakaan tersebut merupakan literatur yang tergolong paling lengkap di Indonesia.

Tempat wisata ini bukan hanya untuk orang dewasa saja namun juga terbuka untuk umum. Sehingga bagi anda yang ingin berkunjung kesana, tak ada salahnya anda mengajak anak anda. Disana anak-anak yang datang akan dimanjakan dengan sebuah perpustakaan anak maupun kids corner.

Untuk bisa kesini, anda tidak perlu menunjukkan sebuah kartu anggota melainkan anda hanya perlu membaca koleksi buku yang berada dalam perpustakaan tersebut. Bisa membaca sembari duduk lesehan atau bahkan dengan menggunakan sofa. Yang terpenting nyaman dan bisa menikmati wisata dengan tenang. Apalagi dalam perpustakaan tersebut sudah mengakses AC maupun wifi secara gratis.

9. Taman Putri Kaca Mayang

Taman Putri Kaca Mayang

Ruang terbuka hijau ini berada di seberang kantor wali kota Pekanbaru. Luas dari taman yang satu ini kurang lebih sekitar 1 hektar. Tempat wisata di Pekanbaru ini menjadi salah satu kawasan wisata yang menarik untuk dikunjungi para wisatawan.

Penataan taman yang terkesan rapi dengan rumput nan hijau serta hadirnya beragam tanaman bunga ini mampu menambah keindahan taman. Di sana juga tersedia sebuah tempat duduk dengan payung unik yang bisa membuat anda merasa santai untuk berteduh dibawahnya.

Bukan hanya jogging track saja, ternyata taman yang satu ini juga sudah menyediakan sebuah arena permainan anak dan arena teater. Lokasi wisata Taman Putri Kaca Mayang ini mudah sekali anda temukan yakni berada di Jl. Jenderal Sudirman No.474, Jadirejo, Sukajadi, Kota Pekanbaru.

10. Danau Bandar Khayangan

Danau Bandar Khayangan
Image by: backpackerjakarta.com

Jika anda menginginkan sebuah tempat wisata yang bernuansa danau, kini cobalah untuk berkunjung ke Danau Bandar Khayangan. Danau yang satu ini memang danau buatan. Danau dengan luas sekitar 150 hektar ini tak hanya berfungsi sebagai bendungan irigasi semata namun juga sering sekali dimanfaatkan sebagai obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Di lokasi wisata Danau Bandar Khayangan ini anda bisa menikmati sebuah keindahan danau dengan cara berkeliling menggunakan sebuah speedboat ataupun sampan. Menariknya lagi disana anda bisa mendaki bukit berada di sekitar danau sembari menikmati sebuah keindahan dari atas ketinggian. Pastinya hal ini sangat menarik sekali bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan di kota Pekanbaru.

Itulah tadi berbagai macam tempat wisata di Pekanbaru yang menarik untuk anda kunjungi baik bersama keluarga maupun teman. Pastikan liburan anda terasa lebih menyenangkan dengan mengunjungi tempat wisata di pekanbaru yang indah dan eksotik.

Apalagi tiket masuk lokasi wisata yang ada di sana terjangkau sekali untuk semua kalangan masyarakat. Sehingga anda tak perlu bingung lagi akan budget yang harus anda persiapkan untuk berlibur.

Pastinya dengan mengunjungi berbagai macam tempat wisata di Pekanbaru ini bisa memberikan sebuah pengalaman tersendiri bagi anda. Terlebih jika tujuan wisata anda memang mempunyai unsur pembelajaran. Bukan hanya bisa berwisata saja namun juga bisa mendapatkan sebuah pengalaman berharga di sana.