13 Tempat Wisata di Palembang Menarik Untuk di Kunjungi

Tempat Wisata di Palembang

Kalimat.ID – Tempat wisata di Palembang menjadi salah satu kota besar yang berada di Sumatera Selatan. Jika mendengar nama kota Palembang pastinya yang terlintas dalam pemikiran anda ini adalah pempek.

Bukan hanya kulinernya saja yang telah terkenal dari Palembang namun Sungai Musi bahkan Jembatan Ampera pun tak mau ketinggalan. Di sana memang banyak sekali tempat wisata unik dan menarik yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Kota Palembang menjadi salah satu tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi para wisawatan. Tempat wisata yang ada disana memang banyak yang menarik bahkan mempunyai sisi historis yang dalam. Kota yang dulunya hanya sebagai kota kerajaan Budha ini ternyata mampu menyisakan banyak wisata religi maupun wisata bersejarah yang lainnya.

13 Tempat Wisata di Palembang yang Bisa Anda Kunjungi

Palembang mempunyai tempat wisata menarik baik itu wisata alam, wisata religi bahkan wisata bersejarah sekalipun. Semuanya pasti mampu membuat liburan anda semakin menyenangkan.

Palembang juga mempunyai banyak tempat yang sudah menjadi saksi atas penjajahan Belanda. Jika anda masih merasa penasaran dengan tempat wisata di Palembang. Inilah berbagai destinasi wisata menarik yang bisa anda kunjungi. Di antaranya:

1. Jembatan Ampera

jembatan ampera
Image by: eljohnnews.com

Destinasi wisata di Palembang yang patut anda kunjungi tentu saja Jembatan Ampera. Jembatan tersebut menjadi salah satu ikon dari kota Palembang. Tak lengkap rasanya ke Palembang jika tidak berkunjung ke Jembatan Ampera ini. Akan terlihat lebih menarik jika anda berkunjung kesana saat malam hari tiba.

Sebab saat itu jembatan tersebut terlihat begitu eksotik dengan adanya gemerlapan lampu nan indah. Sekitar 50 meter dari jembatan Ampera ini anda bisa menemukan pusat souvenir dan juga beragam makanan. Sehingga para wisatawan yang ingin berburu oleh-oleh maupun kuliner pun mudah menemukannya.

Saat berkunjung ke Jembatan Ampera ini, anda bisa melakukan beragam kegiatan yang terbilang menarik dan menyenangkan. Mungkin bagi anda yang belum pernah ke sana merasa penasaran sekali dengan keunikan dari Jembatan Ampera ini. Saat anda disana, banyak kegiatan yang bisa dilakukan, diantaranya:

– Berfoto di bawah patung ikan Tugu Belido yang baru di resmikan
– Berfoto di bawah sebuah tulisan Palembang
– Menjelang petang bisa memancing di Sungai Musi
– Makan malam di atas perahu kayu yang berada di pinggiran sungai Musi
– Duduk santai menikmati keindahan alam sekitarnya
– Menikmati gemerlap lampu warna-warni yang menghias jembatan Ampera

Itulah beragam kegiatan menarik yang bisa anda lakukan saat anda berkunjung ke tempat wisata di Palembang yakni Jembatan Ampera ini. Karena bagaimanapun juga jembatan yang satu ini memang sudah terkenal di sana. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Palembang namun tidak mampir di Jembatan Ampera ini.

2. Pulau Kemaro

pulau kemaro
Image by: pesona.travel

Ada salah satu tempat wisata berupa pulau nan indah di Palembang yang patut anda kunjungi yakni Pulau Kemaro. Saat hari liburan telah tiba biasanya pulau yang satu ini selalu ramai oleh pengunjungnya. Lokasi dari pulau Kemaro ini berada di tengah perairan sungai Musi.

Dengan letaknya yang strategis mampu menjadikan pulau Kemaro ini sebagai ikon dari kota Palembang. Obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi saat berada di pulau tersebut tentu saja Vihara. Vihara tersebut sampai saat ini masih berfungsi. Jadi tak heran lagi banyak umat Budha yang berdoa sekaligus berziarah di Vihara itu.

Panorama keindahan dari Pulau Kemaro ini tak perlu di ragukan lagi. Pastinya siapapun yang memandangnya akan merasa terpanas menyaksikan betapa indahnya pulau tersebut. Pemandangannya instagramable sekali buat anda yang suka berfoto selfie. Menariknya lagi pulau Kemaro ini juga menyimpan sejarah dibalik panorama keindahannya yang memukau.

Tempat wisata di Palembang dengan nuansa oriental beserta pemandangan nan indah ini sering kali di padati para pengunjungnya saat perayaan Cap Go Meh. Wisatawan yang berkunjung ke sana bukan hanya wisatawan dalam negeri saja namun juga wisatawan luar negeri.

3. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Berwisata ke suatu tempat tidak akan lengkap rasanya jika tidak melakukan wisata sejarah. Wisata sejarah ini sangat penting dilakukan untuk mengenang kota tesebut lebih dekat.

Agar liburan yang anda lakukan tidak hanya mendapatkan kesenangan saja, anda bisa mendapatkan ilmu pengetahuan baru. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II ini adalah tempat yang bisa digunakan untuk mengenang berbagai macam peninggalan dari krajaan Palembang.

Lokasi museum ini berada di Jembatan Ampera dan juga Benteng Kuto Besak. Museum ini sangat unik dan desain arsitekturnya pun unik dilihat dari kedua tangganya yang melingkar dari kedua sisi.

Berbagai macam peninggalan dari Kerajaan Palembang ini disimpan di museum ini, museum ini pun juga berguna untuk melestarikan benda benda bersejarah yang ada di Palembang agar barang barang peninggalan itu tidak punah.

4. Masjid Agung Sultan Mahmud

Masjid Agung Sultan Mahmud

Jika mendengar namanya pastinya anda sudah bisa menyimpulkan bahwa tempat wisata yang satu ini merupakan masjid besar. Masjid ini juga sering disebut sebagai Masjid Merah. Masjid tersebut menjadi salah satu masjid terbesar yang ada di Sumatera Selatan.

Kurang lebih 15 ribu jamaah mampu di tampung dalam masjid tersebut. Lokasi Masjid Agung Sultan Mahmud ini berada di pusat kota sehingga mudah untuk dijangkau.

Di sana anda bisa menunaikan ibadah sholat sekaligus menyaksikan sebuah keindahan dan juga keelokannya. Jika anda ingin berkunjung ke sana usahakan jangan sampai saat berhalangan ataupun menstruasi. Saat paling tepat untuk berkunjung ke sana adalah malam hari.

Masjid Agung Sultan Mahmud ini bisa dijadikan sebagai contoh konservasi bangunan kuno peninggalan kejayaan masa lalu. Bangunan masjid ini memang sengaja dipertahankan dalam bentuk aslinya.

Usianya yang sudah lebih tua dari dua abad ini justru mampu menjadikan masjid tersebut semakin berkharisma dan dicintai. Jika anda bisa berwisata dan sholat di Masjid Agung Sultan Mahmud ini pastinya mampu mengobati rasa kerinduan anda akan masa kejayaan kesultanan Palembang di masa lampau.

5. Hutan Punti Kayu

hutan punti kayu palembang
Image by: panduanwisata.id

Buat anda yang mempunyai kekasih, jangan sampai lewatkan untuk menghabiskan waktu liburannya hanya di Hutan Punti Kayu. Tempat wisata yang satu ini memang terkenal romantis bahkan juga menjadi tempat yang eksotik. Dari pusat kota jaraknya hanya sekitar 7 km. Tempat wisata di Palembang ini memang mampu memberikan sebuah panorama indah bagi para pengunjungnya.

Panorama keindahannya ini berupa hutan pinus nan hijau yang telah membentang bahkan didalamnya sudah tersedia sebuah kebun binatang mini. Di sana anda bisa berenang, menyaksikan atraksi gajah, selfie pada jembatan gantung dan lain sebagainya.

Menariknya lagi di sana juga sudah menyediakan beragam fasilitas yang terbilang lengkap. Hari biasa mulai hari senin sampai dengan jumat biasanya anda hanya akan dikenai biaya tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah. Sedangkan untuk anak-anak hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah saja.

6. Kampung Kapitan

kampung kapitan
Image by: kompasiana.com

Jika anda ingin berwisata sekaligus mengenal sejarah yang ada di Palembang, kini anda perlu berkunjung ke Kampung Kapitan. Di sana anda akan menyaksikan kelompok rumah panggung sang Kapiten yang sudah berdiri tegap bahkan ada beberapa pagoda yang ada di halamannya. Perpaduan budaya jelas sekali terlihat dari bangunannya. Atap rumahnya saja mempunyai bentuk limas layaknya rumah di Palembang.

Foto dari sang Kapitan pun sudah terpajang di dinding area dalam rumah yang terbuka. Perabotan kuno khas Tionghoa pun bisa anda temukan di dalam rumah tersebut. Jika anda merasa penasaran dengan tempat wisata bernuansa sejarah ini, jangan sampai lewatkan untuk berkunjung ke sana. Pastinya tempat wisata di Palembang yang satu ini mampu memberikan banyak wawasan bagi anda.

7. Masjid Cheng Ho Palembang

Masjid Cheng Ho Palembang
Image by: indonesiakaya.com

Bagi anda yang beragama muslim jangan sampai lewatkan waktunya untuk berwisata ke Masjid Cheng Ho Palembang. Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata religi bagi anda kaum muslim. Dari segi namanya kita pun sudah tahu bahwa masjid yang satu ini mengusung gaya Tionghoa.

Masjid yang satu ini merupakan bukti bahwa di bangsa China mempunyai hubungan dengan agama islam. Masjid ini berwarna merah di mana warna tersebut menjadi warna sakral. Jika anda memang ingin berwisata religi, jangan sampai lewatkan waktu anda untuk berkunjung ke sana.

Jadi bagi anda yang ingin menikmati wisata religi di Palembang, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Masjid Cheng Hoo Palembang ini. Masjid dengan gaya bangunan yang unik dan juga menarik. Apalagi dari segi namanya saja sudah berbau ala China, jadi wajar jika bangunannya mengusung gaya Tionghoa.

8. Kambang Iwak

Tempat Wisata di Palembang kambang iwak
Image by: indonesiakaya.com

Tempat wisata di Palembang yang satu ini dari segi namanya saja sudah tergolong unik sekali. Jika kita mendengar namanya, yang terlintas dari pikiran kita tentu saja mengarah pada taman yang sudah dipenuhi dengan ikan, bunga sebagai tempat wisata keluarga.

Hal yang sangat menarik dari tempat wisata ini tentu saja hadirnya air mancur dengan adanya lampu sorotnya yang berwarna warni. Paling tepat jika anda berkunjung ke Kambang Iwak ini saat malam hari tiba.

Saat itu anda bisa menyaksikan air mancur dengan sorot cahaya berwarna-warni layaknya pelangi. Beragam kegiatan bisa anda lakukan disana. Mulai dari melihat keindahan air mancur bahkan juga duduk santai di tepi danau. Menarik sekali pastinya bisa menikmati indahnya alam. Apalagi banyak pemandangan menarik nan indah yang bisa anda saksikan selama berlibur di sana.

9. Gunung Dempo Palembang

Tempat Wisata di Palembang Gunung Dempo Palembang
Image by: genpi.co

Bagi anda yang suka berwisata alam, kini anda patut berkunjung ke Gunung Dempo Palembang. Obyek wisata yang satu ini cocok sekali untuk anda yang suka dengan nuansa asri dan hijau di daerah pegunungan.

Di sekitar Gunung Dempo ini telah ada sebuah perkebunan teh menghijau yang mampu memanjakan mata siapapun yang memandangnya. Anda dari pusat kota Palembang membutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk bisa sampai di lokasi wisata.

Gunung Dempo ini merupakan puncak tertinggi yang berada di pegunungan Bukit Barisan. Gunung tersebut memang sudah di kenal sebagai gunung dengan trek yang menantang. Beragam lereng, memutar balik dan sedikit ada bonus dari trek datar.

Wajar saja jika Gunung Dempo ini paling diminati para pendakinya. Pemandangan nan indah bisa anda saksikan saat sudah berada di puncak gunung. Tentunya hal ini menjadi sebuah pengalaman sangat berharga dan menyenangkan untuk anda selama liburan.

10. Museum Balaputra Dewa

Tempat Wisata di Palembang Museum Balaputra Dewa
Image by: indonesiakaya.com

Jika anda ingin berwisata sekaligus belajar tentang sejarah, kini anda patut berkunjung ke Museum Balaputra Dewa. Dalam museum tersebut sudah menyimpan beragam koleksi zaman pra sejarah, zaman Kesultanan Palembang, zaman kerajaan Sriwijaya hingga zaman kolonialisme Belanda.

Beragam koleksi itu dipamerkan dalam tiga ruang pamer utama. Kebudayaan batu besar yang ada di Sumatera Selatan ini berada di wilayah dataran tinggi Pagaralam. Posisinya memang berada dalam rangkaian pegunungan bukit Barisan yang ada di sebelah barat Sumatera Selatan.

Di sana sudah ditemukan benda pra sejarah berupa arca yang kemudian menjadi koleksi Museum Balaputra Dewa. Berbagai arca yang sudah menjadi koleksinya adalah arca orang menunggang kerbau. Arca manusia dililit ular bahkan ada pula arca megalith ibu menggendong anak.

Ketika para pengunjung memasuki ruang pameran museum, mereka akan mendapatkan informasi mengenai awal mula sejarah berdirinya Kerajaan Sriwijaya di Nusantara. Dalam ruangan tersebut juga sudah di temukan koleksi benda peninggalan dari zaman pra kerajaan Sriwijaya berupa manic-manik, kerajinan tembikar dan juga pengecoran logam.

Saat sudah masuk lebih dalam, pengunjung pun bakalan dibawa menelusuri zaman Kesultanan Palembang. Benda peninggalan zaman tersebut meliputi alat tenun songket. Ada salah satu koleksi kain songket yang sudah menjadi kebanggaan Museum Balaputra Dewa yakni kain songket dengan motif Naga Besaung. Menariknya lagi para pengunjung juga akan menemukan koleksi lain seperti kerajinan seni ukir Palembang.

Museum Balaputra Dewa ini biasa di buka setiap harinya kecuali hari Senin mulai dari jam 08.30 hingga jam 15.00 WIB dengan harga tiket yang sangat terjangkau. Hanya dengan membayar Rp 2.000 rupiah saja untuk orang dewasa dan Rp 1.000 rupiah untuk anak-anak, para pengunjung kini sudah bisa menikmati kekayaan sejarah yang sudah tersimpan dalam museum tersebut. Semoga saja dengan harga tiket yang murah ini, masyarakat akan semakin gemar untuk berkunjung ke Museum Balaputra Dewa ini.

11. Jembatan Musi

Tempat Wisata di Palembang jembatan musi

Ada satu lagi tempat wisata di Palembang berupa jembatan yang menarik untuk dikunjungi yakni Jembatan Musi 11. Tentunya wisata yang satu ini tak mau kalah dengan jembatan Ampera. Kawasan Jembatan Musi 11 yang ada di Palembang ini, jika di tata dengan baik pastinya akan menjadi destinasi wisata baru yang menarik untuk dikunjungi.

Dengan lokasi yang sangat strategis bahkan sebagai landmark kota mampu menjadikan lokasi ini layak dijadikan spot wisata terbaru. Kawasan Musi 11 bukan hanya menjadi jalan lintas Timur Sumsel di Palembang namun juga menjadi ikon jembatan yang menarik.

Sepanjang sungai Musi Palembang ini juga ada pantai buatan yang lebih menarik. Sebelumnya kawasan sungai tersebut terlihat begitu kumuh bahkan belum tertata sama sekali.

Namun kini setelah semua penataan selesai, jembatan Musi 11 ini menjadi tempat wisata baru yang patut anda kunjungi saat menghabiskan waktu liburan. Tak hanya jembatan Ampera saja yang menarik namun Jembatan Musi 11 ini juga tak mau ketinggalan.

12. Bukit Siguntang

Tempat Wisata di Palembang Bukit Siguntang

Bagi anda yang suka dengan suasana pegunungan atau pemandangan yang hijau anda bisa berkunjung ke Bukit Siguntang. Tempat wisata ini adalah salah satu tempat wisata yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Di sana anda akan merasaka sebuah kesegaran bahkan mampu menyaksikan keindahan dari atas Bukit Siguntang.

Lokasi bukit yang satu ini berada di Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat. Ketinggian bukit pun mencapai 29 hingga 30 meter di atas permukaan laut. Jika anda berencana untuk berkunjung ke sana, jangan sampai lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman. Pastinya anda bakalan membutuhkan tenaga ekstra untuk bisa sampai di puncak bukit.

Kebanyakan orang Palembang percaya bahwa Bukit Siguntang ini dulunya hanya dijadikan sebagai tempat untuk beribadah bahkan juga sebagai tempat persemedian. Kegiatan yang bisa anda lakukan selama disana selain menikmati keindahannya tentu saja juga bisa melakukan ziara makan bangsawan di zaman dahulu.

Para bangsawan itu menjadi pendiri kota Palembang sebab makam yang berada di tempat itu membuat masyarakat Palembang percaya bahwa bukit tersebut merupakan tempat yang suci.

13. Stadion Gelora Sriwijaya

Tempat Wisata di Palembang Stadion Gelora Sriwijaya

Jika kita berbicara mengenai tempat wisata di Palembang tentunya tak terlewat untuk memasukkan Stadion Gelora Sriwijaya sebagai tujuan wisata yang menarik. Dari pusat kota Palembang jika ingin berkunjung ke Stadion Gelora Sriwijaya ini berjarak sekitar 7km bahkan memerlukan waktu sekitar 15 menit saja dalam menempuh perjalanannya.

Stadion tersebut berada dalam kompleks olahraga Jakabaring Palembang yang sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas olahraga yang lainnya. Seperti halnya fasilitas senam, kolam renang bahkan ada juga landas pacu balap sepeda. Stadion Gelora Sriwijaya ini menjadi salah satu stadion multifungsi terbesar yang ketiga di Indonesia setelah Gelora Bung Karno dan juga Stadion Palaran di Samarinda.

Stadion ini telah dibangun diatas lahan dengan luasnya 40 hektar sehingga kapasitasnya bisa mencapai 4000 orang. Menariknya ada empat tribun yang sudah tersedia dalam stadion tersebut. Pada umumnya bentuk dari stadion kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan ini sudah mengadopsi bentuk perahu. Bentuk yang menjadi symbol kejayaan Kerajaan Sriwijaya.

Stadion Gelora Sriwijaya ini mulai dibangun pada 1 Januari 2001 baru kemudian pembangunannya dipercepat lagi dan akhirnya dipergunakan pada September 2004 sebagai tuan rumah PON XVI. Ketika memasuki akhir pekan saat pagi hari dan juga sore hari, sekitaran stadion ini ramai oleh masyarakat yang sedang berolahraga.

Apalagi pada bagian luar stadion sudah tersedia taman yang biasanya dipergunakan masyarakat sebagai tempat untuk beristirahat usai berolahraga. Pepohonan yang teduh serta megahnya bangunan stadion ini mampu menjadikan masyarakat bangga dan suka berkunjung ke sana. Supaya lebih terjaga lagi alangkah baiknya para pengunjung selalu menjaga kebersihan.

Itulah tadi berbagai macam destinasi tempat wisata di Palembang yang menarik untuk dikunjungi. Mungkin banyak diantara anda yang masih merasa penasaran dengan lokasi wisata yang ada di kota Palembang ini. Ternyata bukan hanya terkenal dengan makanannya pempek namun banyak juga tempat wisata unik menarik yang bisa anda kunjungi bersama dengan keluarga saat hari libur tiba.

Permasalahan budget juga bukan alasan untuk menghabiskan waktu liburan di Palembang. Karena di sana beragam tempat wisatanya mematok harga tiket masuk yang murah dan terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.

Sehingga anda hanya perlu menyiapkan budget seperlunya saja. Nikmatilah beragam lokasi wisata menarik entah itu wisata alam, wisata religi maupun wisata sejarah yang sudah tersedia untuk anda.

Jangan sampai lupa juga untuk mengabadikan setiap momen indah anda selama menghabiskan waktu liburan disana. Suatu hari nanti semua kenangan itu akan menjadi pengalaman berharga yang tak akan terlupakan oleh anda.

Sebetulnya masih banyak sekali tempat wisata di Palembang yang menarik untuk di kunjungi. Di atas hanya sebagian saja yang sering menjadi incaran para wisatawan yang menghabiskan waktu liburannya.