12 Tempat Wisata di Padang Negeri Berjuta Wisata

Tempat Wisata di Padang

Kalimat.ID – Tempat wisata di Padang jika di lirik lebih banyak maka tidak akan ada habisnya, baik itu wisata kuliner, wisata alam, wisata buatan juga banyak sekali tempat wisata di Negeri Andalas ini.

Kota Padang atau bumi Andalas ini mempunyai penduduk yang berjumlah 927.168 jiwa data ini diambil pada tahun 2017, kota Padang merupakan pintu gerbang utama jika ingin ke Samudera Hindia, dengan kondisi geografis berbatasan dengan laut dan dikelilingi oleh perbukitan membuat negeri ini kaya akan keindahan alam.

12 Tempat Wisata Di Padang Rekomendasi Untuk Anda

Berikut kami akan mengulas 12 tempat wisata di Padang yang bisa Anda jadikan sebuah bacaan untuk menambah sebuah informasi mengenai destinasi wisata di negeri Andalas ini, Kota Padang sendiri banyak memiliki destinasi wisata berupa air, bisa itu danau, pantai, hingga air terjun, juga tak kalah dengan destinasi wisata alam lainnya seperti keindahan perbukitan yang ada disana.

1. Pantai Padang

pantai padang
Image by: padang.go.id

Taplau atau orang lebih mengenal nya dengan sebutan Pantai Padang jika bahasa Minang nya adalah Tepi Lauik artinya tepi laut adalah sebuah pantai yang terletak di pusat kota Padang Sumatera Barat. Pantai Padang terletak di Kecamatan Padang Barat, hingga membentang ke Purus dan Muara Batang Arau.

Jika penduduk asli pasti akan tau bahwa dulunya pantai Padang tidak jauh berbeda dengan pantai lainnya yang berada di Kota Padang, dengan memiliki hamparan pasir putih menjadi daya tarik tersendiri untuk berkunjung kesana. Karena ombak yang besar banyak bangunan di sekitarnya roboh maka dari itu dilakukan reklamasi dengan membangun beton di pinggir pantai untuk mencegah Abrasi.

Keindahan pemandangan Pasir Pantai membuat hati terasa adem, keindahan ini ditambah lagi dengan latar belakang Gunung Padang yang bisa tampak dari kejauhan. Keindahan pantai jika dinikmati lebih terasa lagi jika berkunjung senja hari, dikala itu matahari mulai terbenam secara perlahan-lahan menghasilkan pantulan cahaya yang indah sambil menikmati senja di Pantai Padang.

Selain keindahan pantai, Anda juga bisa melihat spot-spot lainnya seperti Taman Muaro serta bisa ditemui objek wisata lainnya, yakni Tugu IORA membentuk rambu petunjuk arah dengan bertuliskan nama-nama negara Asosiasi Kawasan Samudera Hindia, dan Monumen Merpati Perdamaian.

Untuk berkunjung disini tidak dikenakan tarif karcis, hanya saja Anda harus membayar beberapa parkir kendaraan Anda sebesar dua ribu rupiah untuk kendaraan jenis roda dua dan lima ribu rupiah untuk kendaraan roda empat. Juga Anda bisa merogoh kocek untuk makan dan minum khas Padang yang tersaji disana.

2. Pantai Air Manis

pantai air manis

Pantai Air Manis adalah sebuah pantai yang terletak di Padang, pantai ini terkenal dengan Legenda Batu Malin Kundang nya, yapps si anak Durhaka terhadap orang tuanya sehingga di kutuk menjadi batu, dan ini adalah sebuah legenda daerah di Kota Padang.

Pantai Air Manis terletak 10 KM kurang lebih dari selatan pusat Kota Padang, lokasinya lebih tepat dibelakang gunung Padang Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Pantai Air Manis menjadi destinasi populer selain Pantai Padang, jika saya sendiri pas kesana Pantai Air Manis lebih ramai dibandingkan Pantai Padang yapps jelas selain destinasi wisata Malin Kundang nya akan tetapi panorama keindahan alam yang di hiasi oleh pasir putih yang menawan.

Disana juga Anda bisa menyewa motor roda 4 untuk bisa berkeliling dari ujung Pantai hingga ujung pantai lagi, tarif motor ini sendiri berkisaran seratus ribu lebih jika di hari libur apalagi libur nasional. Untuk harga tiket masuknya sendiri jika berkendara roda dua dikenakan tarif 5000 rupiah hingga 10 ribu rupiah.

3. Pantai Carolina

pantai carolina

Tempat wisata di Padang yakni Pantai Carolina sebuah pantai yang terletak di Bungus, berada di sebelah selatan Kota Padang Sumatera Barat. Jika Anda kesana menggunakan transportasi umum Anda bisa menaiki Oplet 47 dari terminal Pasaraya Kota Padang.

Keindahan Pantai Carolina memiliki pesona tersendiri dibandingkan pantai-pantai lainnya di Kota Padang, perbedaan paling mencolok adalah dari jenis pasir putih nya disini putih dan sangat halus, juga bersih, maka tak heran banyak yang berwisata kesini baik dari warga sekitar dan warga dari luar Bungus juga mancanegara.

Pantai Carolina juga memiliki ombak yang tidak terlalu berbahaya namun tetap waspada, jika cuaca cerah Anda bisa berenang di pantai ini, selain berenang Anda juga di wajibkan membawa kamera karena keindahan alam disini membuat Anda ingin mengabadikan nya.

Juga jika Anda ingin bermalam Anda tak perlu khawatir disana sudah banyak hotel kelas menengah yang terbilang cukup bagus juga, jadi saran saya Anda harus memesan kamar dulu sebelum Anda berkunjung ke Pantai Carolina.

Untuk bisa ke Pantai Carolina Anda menempuh jarak 30KM dari pusat Kota karena Pantai Carolina berada di Jl. Painan, Bungus Teluk Kabung, Padang, dari pusat kota memerlukan kisaran 50 menit agar sampai kesana. Sambil menuju kesana Anda di suguhkan dengan pemandangan hutan dan kayu lebat dari keindahan Gunung Padang.

4. Pasir Jambak

Pasir Jambak

Pergi ke Bumi Andalas memang tak harus mencicipi makanan yang khas saja akan tetapi Tempat wisata di Padang juga wajib Anda kunjungi, sangat banyak terdapat Pantai yang eksotis bisa Anda kunjungi seperti Pantai Padang, Pantai Air Manis, Pantai Carolina juga ini Pantai Pasir Jambak.

Tempat wisata di Padang seperti Pasir Jambak ini memiliki sebuah Gazebo yang berada di tepi pantai, saat bersantai di gazebo Anda bisa menikmati sambil memesan kuliner khas daerah sana. Salah satunya yang khas di pantai adalah Kelapa Muda, apalagi dicampur dengan es bisa melepas dahaga.

Tempat wisata Pasir Jambak memiliki kontur pantai yang datar dan hal ini membuat Anda bisa berlari kesana kemari saat menginjak pasir putih yang berada di pasir Jambak, dan ini merupakan salah satu kegiatan yang sering di lakukan oleh para pengunjung disini loh hehe.

Pemandangan dengan pohon kelapa yang berada di tepi pantai membuat suasana sejuk, para pengunjung tempat wisata di Padang seperti pasir Jambak datang saat senja hari, karena kebanyakan orang menikmati matahari terbenam dengan spot keindahan alam pohon kelapa yang banyak.

Untuk harga tiket nya dikenakan tarif Rp. 2000 rupiah saja, dan parkir kendaraan dikenakan Rp. 1000 hingga 5 ribu rupiah untuk sekali parkir saja, secara administratif Pantai Pasir Jambak ini buka 24 Jam, namun disarankan untuk kesana ya dari pukul 07.00 hingga 18.00 WIB untuk bisa menikmati keindahan alam yang berada disana.

5. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman
image by: pegipegi.com

Jika Anda berkunjung ke Padang salah satu tempat Museum Adityawarman wajib Anda kunjungi, karena disini banyak sekali sejarah mengenai budaya Padang pada umumnya, juga disinilah dokumeter asli berupa foto-foto pas kejadian bencana alam Gempa yang pernah menimpa Bumi Andalas ini.

Museum Adityawarman berlokasi di pusat kota Padang, museum Museum Adityawarman diresmikan pada tanggal 16 maret 1977, nama museum ini diambil dari nama seorang raja Malayapura pada abad ke-14 Masehi yakni Adityawarman yang satu zaman dengan kerajaan Majapahit kala itu, juga Museum ini memiliki julukan taman mini ala Sumatera Barat.

Raja Adityawarman sendiri sangat terkenal di Padang, ia berkuasa pada era yang sama dengan Mahapatih Gajah Mada pada 1334-1364 Masehi. Museum Adityawarman sendiri banyak memiliki koleksi budaya sekitar 6.000 koleksi yang berada disin, dan terbagi menjadi 10 kategori dalam koleksi yakni: Etnografika, Geografika, Biologika, Historika, Arkeologika, Numismatika atau Heraldika, Filologika, Keramologika, Seni Rupa dan Teknologika.

6. Masjid Raya Padang

Masjid Raya Padang

Masjid Raya Sumatera Barat atau lebih dikenal dengan Masjid Raya Padang menjadi salah satu tempat wisata di Padang yang wajib dikunjungi, ber-alamatkan di Jalan Khatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Pembangunan Masjid Raya Padang ini dimulai peletakan batu pertama pada 21 Desmber 2007 hingga pembangunannya selesai pada 4 Januari 2019 dengan total anggaran menghabiskan hingga RP. 325-330 Miliar dengan menggunakan dana APBD dan dibantu dengan dana APBN.

Yang menjadi daya tarik tersendiri pada Masjid Raya Padang adalah terletak pada kubah nya diatas, jika mesjid pada umumnya memiliki kubah seperti biasa, namun mesjid ini lebih memilih desain dengan adat Rumah Gadang dengan memiliki 4 sudut lancip dan sedangkan bangunannya berbentuk gonjong, nama lain dari Masjid Raya Padang adalah Masjid Mahligai Minang.

Masih ada keunikan lagi dari Masjid Raya Padang ini, banyak yang mengatakan bahwa bentuk dari bentangan bangunan ini mengusung konsep Hajar Aswad pada saat memindahkan batu, kabilah dari Quarisy berselisih pendapat masalah ini siapa yang berhak memindahkan batu itu, maka Nabi Muhammad mengusulkan masing-masing kabila meletakkan selembar kain (4 Kain dari masing-masing kabilah) untuk mengakatnya batu Hajar Aswad secara bersamaan.

7. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya
image by: wikimedia.org

Jembatan Siti Nurbaya merupakan sebuah jembatan memiliki panjang 165 meter yang membentang indah diatas sungai Batang Arau Padang, Sumatera Barat. Jembatan ini juga menjadi penghubung antara pusat Kota Padang dengan seberang Padang.

Tempat wisata di Padang Jembatan Siti Nurbaya diambil dari Novel klasik Siti Nurbaya karya Marah Rusli, dibangun pada tahun 1995 dengan pembangunan menghabiskan anggaran Rp. 19,8 Miliar kala itu, dana ini dimana diambil dari anggaran belanja Daerah atau APBD juga dari anggaran belanja Negara yakni APBN, hingga juga bantuan dari Asian Development Bank (ABD) dan juga dari Oversas Economic Cooperation Found (OECF).

Jembatan Siti Nurbaya diresmikan pada tahun 2002, tak hanya Palembang saja yang memiliki akses jembatan populer disana tetapi juga kota Andalas memilikinya. Nama Jembatan Siti Nurbaya diambil dari legenda karya Marah Rusli merupakan sastrawan angkatan Balai Pustaka.

Di Puncak Gunung Padang juga ada sebuah makan disana, Masyarakat percaya bahwa itu adalah makan Siti Nurbaya, disana para wisatawan biasanya datang untuk berziarah juga untuk menikmati akses Jembatan Siti Nurbaya dan mencicipi jagung bakar nya yang lezat. Jika ingin pergi kesana sebaiknya senja hari dan malam hari agar bisa menikmati keindahan yang disajikan disana terasa sempurna.

8. Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan
Image by: backpackerjakarta.com

Tempat wisata di Padang adalah Pulau Pasumpahan yang bisa Anda kunjungi saat berkunjung ke bumi Andalas, beralamatkan di Kecamatan Bungus Teluk kabung, Kota Padang, disini juga memiliki keindahan lautnya membuat pulau ini dikenal oleh wisatawan lokal hingga mancanegara.

Objek wisata Pulau Pasumpahan memiliki destinasi wisata terumbu karang, dengan pasir putih yang membentang sepanjang pantai. Bagi Anda pecinta snorkeling wajib mengunjungi pulau yang satu ini, karena keindahan terumbu karangnya membuat Pulau Pasumpahan terkenal hingga internasional.

Pulau Pasumpahan merupakan pulau yang cantik dengan pasir yang lembut juga perariran yang jernih, siap memanjakan mata dengan keindahan yang ada, berjarak kisaran 200 meter dari pulau Sukuai, yang unik lagi pulau ini hanya memiliki luas 5 Hektar saja, dengan memiliki 3 degradasi warna air yakni: being yang berada di pinggiran pantai, warna kehijauan yang berada di tengahnya dan lebih ketengahnya lagi akan berwarna biru.

Pulau Pasumpahan
Image by: kompas.com

Fasilitas yang ada di Pulau Pasumpahan juga lumayan cukup lengkap, diantaranya memiliki bangku untuk istirahat para wisatwan yang bersantai menikmati keindahan Pulau Pasumpahan, kamar mandi, wahan water sport, lapangan voli, musola hingga camping ground, fasilitas ini dilengkapi agar memudahkan para wisatawan yang berkunjung kesana tentunya.

Selain ber-snorkeling dan berfoto ria, Anda bisa mendaki bukit setinggi 100 meter yang ada dipulau itu, untuk melihat pemandangan dari atas bukit merupakan pengalaman yang mengesankan saat berkunjung ke Pulau Pasumpahan.

Oia untuk bisa sampai kepulau tersebut Anda bisa menyewa perahu nelayan yang sudah sedia menyewakan dan mengantarkan ke Pulau Pasumpahan, dengan jarak tempuh 15-20 menit dengan biaya yang cukup murah yakni Rp. 35.000 hingga Rp. 50.000 sekali perjalanan.

9. Air Terjun Sarasah

Air Terjun Sarasah

Tempat wisata di Padang kali ini adalah Air Terjun Sarasah, bukan hanya memiliki pantai dengan hamparan pasir yang indah tetapi juga memiliki keindahan seperti Air Terjun Sarasah, Air Terjun Sarasah berada di pedalaman hutan bukit Sarasah, Desa Koto Baru, Ulu Gadut, Kelurahan Limau Manis Selatan.

Menurut cerita dari Masyarakat sekitar nama dari Air Terjun Sarasah diambil dari Air Terjun Sarah Banyak Gariang, yang dahulunya air terjun ini memiliki banyak ikan gariang, maka dari ini Masyarakat Ulu Gadut menamai Air Terjun Sarasah.

Perjalanan kesini cukup menantang, dengan menyusuri jalan Ratya Ulu Gadut hingga menemukan sebuah jalanan bebatuan, sampai di posko dengan cat berwarna hijau sebelum jembatan kayu, jalannya lurus saja dengan mengikuti jalan utama, namun jika Anda ragu bisa menanyakan kepada warga sekitar yang berada disana, untuk memberitahu arah jalan menuju Air Terjun Sarasah.

Jika sudah sampai disana Anda dikenakan tari Rp. 3.000 rupiah dan parkir untuk kendaraan roda dua Anda sudah bisa memulai perjalanan menuju Air Terjun Sarasah, untuk bisa sampai kesana Anda hanya bisa menempuh jalan kaki saja, akses kesana juga cukup mudah karena sudah ada jalannya sendiri tidak memiliki jalan licin dan curam untuk kesana.

Untuk bisa kesana memerlukan tenaga yang ekstra juga karena berjarak kurang lebih 6 KM dengan jarak tempuh berjalan kaki hingga 1,5 jam, jika cuaca bagus Anda bisa menyusuri ruas sungai hingga sampai ke hulunya, namun jika cuaca kurang bagus sebaiknya Anda lewat di perkebunan milik warga sekitar.

Namun perjalanan yang panjang itu dibalas dengan keindahan Air Terjun Sarasah berbentuk laykanya kubus berbentuk piramida, hulu Gadut memiliki ketinggian hingga 6-8 meter, Ulu Gadut memiliki 7 tingkatan Hulu namun dari ketujuh itu memiliki jalurnya tersendiri agar bisa sampai disana.

10. Lubuk Paraku

Lubuk Paraku

Lubuk Paraku biasa disebut dengan Lubuak Paraku merupakan sebuah pemandian alam yang legendaris disana, tempat wisata di Padang selanjutnya adalah Lubuk Paraku. Lubuk Paraku merupakan salah satu pemandian alami yang bersumber air dari hulu sungai lubuk paraku, yang berada di bukit Barisan dengan ketinggian 300-400 MDPL.

Lubuk Paraku berada di Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang, selain untuk wisata air, aliran dari Lubuk Paraku juga digunakan untuk pembangkit listrik oleh PT. Semen Padang sejak tahun 1910, air ini bermuara ke Pelabuhan Muaro dari sungai Batang Arau.

Keunikan dari Lubuk Paraku adalah airnya berwarna biru, dengan menyerupai sebuah palung kecil yang dibuat oleh air terjun disekitar sungai ini, membuat air disana terasa dalam karena kegerusan dengan air dan pasir disana, jadinya tempat ini memiliki kedalaman beberapa meter dan cocok untuk Anda yang ingin mencoba sensasi terjun dari ketinggian karena airnya yang dalam.

11. Lapangan Imam Bonjol

Image by: wikimedia.org

Tempat wisata di Padang kali ini beranjak ke sebuah Lapangan Imam Bonjol, lapangan ini dahulnya bernama Plein Van Rome yang artinya Stadion Roma, merupakan alun-alun sekaligus ruang terbuka hijau yang berada di pusat kota Padang, Sumatera Barat.

12. Bukit Nobita

Bukit Nobita

Tempat wisata di Padang yakni Bukit Nobita, lantas apa kira-kira yang akan terlintas di benak Anda pasti Nobita-Doraemon kan? Pasti Anda sudah tau dan kenal banget dengan Nobita merupakan sahabat Karibnya dari Doraemon.

Namun tidak ada kaitannya sama sekali dengan Film kartun animasi Jepang ini, Bukit Nobita adalah tempat nongkrong baru yang berada di kawasan kota Padang yang popularitasnya naik baru-baru ini. Sejak akhir tahun lalu Bukit Nobita banyak dibicarakan di sosial media akibat foto-foto yag beredar di Instagram, Facebook dan sosial media lainnya.

Asal usul Bukit Nobita adalah dari seorang mahasiswa yang sering berkunjung kesana, ia merasa bahwa pemandangan di bukit itu mirip dengan pemandangan yang ada di Film Animasi Doraemon, lebih tepatnya lagi bukit belakang sekolahnya Nobita.

Sebelum populer dengan nama Bukit Nobita, orang juga memberi nama dengan Bukit Tigo Tungku, Bukit Batu Kasek, dan Bukit Kampuang Jua. Keunikan dari Bukit Nobita adalah Anda bisa mendapatkan view 180 derajat, mulai dari Pabrik Semen, Gunung Pangilun, Gunung Padang hingga Kampus yang berada ditepi pantai.

Untuk waktu yang pas kesana adalah Senja hari dan malam hari, karena bisa melihat lampu-lampu dari kejauhan kota di atas bukit, layaknya kita ketika berkunjung ke Puncak Bogor, juga bisa menikmati spot saat matahari terbenam diatas bukit, hal ini membuat hari makin lebih indah dengan melihat keindahan sang pencipta.

Berikut adalah beberapa tempat wisata di Padang yang bisa Anda jadikan referensi untuk berwisata disana, baik untuk warga sekitar yang belum tahu akan informasi ini juga untuk para Travelers yang ingin berlibur ke bumi Andalas ini.

Tempat wisata di Padang sendiri banyak dijumpai dari segi Pantainya yang sangat indah, lautnya yang berwarna biru, dengan hamparan pasir putih, bisa memanjakan diri Anda yang lelah dan stress akibat kegiatan sehari-hari baik itu kerja dan sekolah, ulasan diatas mungkin bisa membantu Anda untuk berwisata dengan dana low budget namun memiliki keindahan kelas premium.

Komentar disini