18 Tempat Wisata di Malang yang Indah dan Layak Dikunjungi

tempat wisata di malang

Kalimat.ID – Tempat Wisata di Malang – Di Jawa Timur, Kota Malang merupakan Kota kedua terbesar setelah Surabaya. Tapi berbeda dengan Kota Surabaya yang cenderung panas, Kota Malang yang berada di dataran tinggi menjadikan udara disana jauh lebih sejuk.

Malang juga merupakan salah satu Kota terbaik dengan gaya hidup modern. Perekonomian Kota ini berpusat pada sektor pertanian dan pariwisata. Tak heran jika di Kota Malang bertebaran tempat-tempat wisata yang menarik dan terkenal.

Mulai dari keindahan alamnya yang masih alami, taman hiburan hingga wisata edukasi yang menambah wawasan para wisatawan ada di Kota Malang. Belum lagi kuliner-kuliner khas Malang yang membuat para wisatawan semakin betah berlibur di Malang.

Berikut 18 Rekomendasi Tempat Wisata di Malang yang Layak Dikunjungi

Dari sekian banyak tempat wisata di Malang, ada beberapa tempat yang paling menarik dan paling banyak banyak dikunjungi wisatawan. Penasaran? Langsung saja simak beberapa tempat wisata di malang berikut ini.

1. Alun alun Kota Malang

tempat wisata di malang alun alun malang
image by: republika.co.id

Saat tiba di Kota Malang, tempat wisata pertama harus anda kunjungi adalah Alun Alun Kota Malang. Disini, anda bisa mencoba berbagai wahana, terutama bianglala permanen yang ada di Alun Alun Kota Malang.

Di Alun Alun Kota Malang, anda bisa bersantai dan berfoto dengan berbagai spot yang cukup menarik. Untuk dapat mengunjungi Alun-Alun Kota Malang, anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun karena tempat ini gratis dan bebas dikunjungi oleh siapapun.

2. Kampung Warna Warni

tempat wisata di malang kampung warna warni
image by: mediaindonesia.com

Setelah Alun-Alun Kota, tempat wisata di Malang berikutnya yang harus anda kunjungi adalah Kampung Warna Warni. Tempat ini berlokasi di dekat stasiun Malang.

Saat masuk ke area Kampung Warna Warni ini, para wisatawan cukup membayar tiga ribu rupiah dan akan langsung mendapatkan gantungan kunci yang unik sebagai pengganti tiket masuk. Menariknya lagi, pengunjung bisa memilih gantungan kunci mana yang akan diambil.

Di Kampung Warna-Warni ada sebuah spot yang menjadi favorit para wisatawan, yaitu Jembatan Kaca. Jembatan ini merupakan penghubung antara Kampung Jodipan dan Kampung Tridi.

Dari Jembatan Kaca ini, pengunjung dapat menikmati indahnya sungai serta area DAS yang sangat bersih. Warga di Kampung Warna Warni juga sangat ramah, siapapun yang datang kesana akan disambut dengan hangat oleh mereka.

Di Kampung yang unik ini, pengunjung juga dapat menikmati aneka makanan dan minuman yang dijajakan langsung oleh warga setempat. Kampung Warna Warni juga memiliki sebuah area yang teduh untuk berlindung dari sengatan matahari.

3. Kampung Tridi

tempat wisata di malang kapung tridi
image by: kompas.com

Jika di Kampung Warna Warni anda melihat rumah penduduk yang berwarna-warni, namun berbeda halnya dengan Kampung Tridi.

Kampung yang menjadi salah satu tempat wisata di Malang ini menawarkan pemandangan 3D yang banyak menghiasi rumah warga, jalan serta tepian sungai.

Berbagai gambar 3D yang unik dan beragam tersebut sangat cocok untuk dijadikan spot foto. Sama seperti Kampung Warna Warni, untuk bisa masuk ke Kampung Tridi, anda hanya perlu mengeluarkan biaya tiga ribu rupiah saja dan itu pun sudah termasuk souvenir cantik.

4. Taman Labirin Coban Rondo

tempat wisata di malang Taman Labirin Coban Rondo
image by: jadipergi.com

Taman yang satu ini juga merupakan salah satu tempat wisata di Malang yang sangat layak untuk dikunjungi. Di Taman Labirin Coban Rondo ini anda bisa menikmati suasana pegunungan dengan udara yang sangat sejuk.

Taman ini lokasinya berada di daerah Jurang rejo, Malang. Di Taman Labirin Coban Rondo, anda bisa mencoba untuk masuk dan menyusuri sebuah labirin yang cukup besar.

Bermain di dalam Labirin ini tentu sangat seru namun juga menegangkan karena jika tidak berhati-hati anda akan mudah tersesat di dalamnya.

Selain Labirin, di Taman ini pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai hiburan menarik lainnya seperti flying fox, bersepeda santai hingga area untuk memanah.

5. Air Terjun Coban Rondo

tempat wisata di malang coban rondo

Objek wisata Malang yang satu ini tak lepas dari Taman Labirin pada uraian sebelumnya karena letaknya berdekatan. Air yang mengalir pada air terjun ini berasal dari mata air Cemoro Duo.

Untuk bisa sampai ke lokasi Air Terjun ini tidak sulit, karena jalanan menuju kesana sudah beraspal. Selain menyuguhkan pemandangan alam yang indah, di kawasan Air Terjun Coban Rondo juga sering dijadikan tempat camping dan wisata edukasi.

6. Coban Jahe

coban jahe malang
image by: dakatour.com

Coban jahe merupakan salah satu tempat wisata di Malang yang cukup populer. Di Coban Jahe, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan 3 air terjun sekaligus.

Tak hanya itu, disana juga terdapat warung dan juga toilet yang ditata rapi dan bersih. Jangan lewatkan juga untuk mengambil foto di beberapa spot menarik yang tersedia di Coban Jahe.

7. Hawai Waterpark Malang

Hawai Waterpark Malang
image by: travelspromo.com

Tempat ini juga tidak kalah seru untuk dikunjungi saat anda sedang berada di Malang. Seperti namanya, di Hawai Waterpark Malang ini anda bisa merasakan sensasi seperti berada di Hawaii luar negeri.

Di Hawai Waterpark Malang juga tersedia kolam anak, kolam dewasa, kolam air hingga taman bunga yang cantik. Objek wisata ini mulai dibuka dari pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore.

8. Malang Night Paradise

Malang Night Paradise
image by: hargatiket.net

Kota Malang tak hanya indah saat siang hari, namun pemandangannya juga sangat cantik ketika malam hari. Untuk menikmati keindahan malam Kota Malang, anda bisa mengunjungi Malang Night Paradise.

Objek wisata Malang yang satu ini dibuka pukul 6 sore hingga pukul 11 malam. Di Malang Night Paradise tersedia beberapa objek menarik seperti miniatur alat berat, patung dinosaurus, dan juga wisata edukasi yang dapat menambah pengetahuan anda.

Di Malang Night Paradise juga sering diadakan live show yang cukup menghibur. Jika anda hobi fotografi, mengabadikan momen atau keindahan di Malang Night Paradise tentunya akan sangat menyenangkan.

10. Taman Rekreasi Tlogomas

tempat wisata di malang Taman Rekreasi Tlogomas
image by: amazingmalang.id

Setelah menikmati keindahan malam di Malang Night Paradise, selanjutnya anda bisa berwisata ke Taman Rekreasi Tlogomas. Taman ini merupakan taman yang cukup legendaris di Malang.

Suasananya yang tenang ditambah dengan udaranya yang sejuk sangat cocok untuk anda yang ingin bersantai dengan keluarga.

Di tempat ini, anda bisa berenang di kolam yang luas dan nyaman sampai puas. Selain itu, di Taman Rekreasi Tlogomas anda juga bisa menaiki sepeda perahu atau sekedar berfoto ria di banyak spot yang menarik.

11. Wisata Agro Teh Wonosari

Wisata Agro Teh Wonosari
image by: dakatour.com

Tempat wisata di Malang yang satu ini juga tak kalah menarik dan menyenangkan. Wisata Agro Teh Wonosari menawarkan pemandangan hijau berupa kebun teh yang terhampar luas.

Disana, pengunjung bisa menyaksikan para pekerja memetik daun teh, bahkan proses pembuatan teh pun bisa dilihat dengan detail.

Tak cukup sampai disitu, di kawasan Wisata Agro Teh Wonosari juga terdapat cafe yang menjual teh hasil perkebunan Wonosari. Perkebunan teh Wonosari ini sangat mudah dijangkau, baik dengan mobil maupun sepeda motor.

12. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna
image by: pantainesia.com

Objek wisata lainnya yang juga bisa anda temukan di Malang adalah Pantai Tiga Warna. Pantai ini bisa dibilang sebagai surga dunia. Pantai yang lokasinya berada di Malang bagian selatan ini memang memiliki panorama yang sangat memukau.

Pantai ini lokasinya agak tersembunyi dan airnya sangat jernih. Di Pantai ini pengunjung bisa melakukan snorkeling dan menikmati indahnya biota laut dan terumbu karang.

Yang lebih menyenangkan lagi, pengunjung bisa menikmati keseruan dengan menaiki banana boat yang tersedia disana. Area Pantai Tiga Warna juga kerap dijadikan tempat berkemah di akhir pekan.

Namun, sebelum berkemah, pengunjung harus meminta izin kepada penjaga pantai terlebih dulu agar tidak mendapat sanksi.

13. Taman Wisata Wendit

Taman Wisata Wendit

Setelah puas bermain di Pantai, selanjutnya anda bisa berkunjung ke Taman Wisata Wendit. Taman ini juga sangat legendaris di Kota Malang, dan tak kalah menarik dengan Taman Tlogomas.

Di Taman ini, anda bisa melihat kawanan kera berekor panjang yang berkeliaran dengan bebas. Jika mau, anda bisa berfoto dengan kera-kera itu, anda bisa mendekatinya dengan memberinya makanan.

Saat berkunjung ke Taman Wisata Wendit, sebaiknya anda tidak membawa kantong plastik atau tas belanjaan, karena monyet-monyet yang ada disana bisa merampas bawaan anda.

14. Wisata Kampung Topeng

wisata kampung topeng
image by: pesonajatim.com

Objek wisata Malang selanjutnya yang perlu anda kunjungi ialah Wisata Kampung Topeng. Kampung Topeng berlokasi di daerah Tlogowaru, Kedungkandang.

Kampung Topeng ini sangat unik karena banyak sekali kreasi topeng asli buatan warga setempat yang dipajang disini. Selain itu, di Kampung ini juga tersedia wahana seru seperti flying fox dan beberapa spot foto yang menarik.

15. Candi Badut

Candi Badut
image by: ngalam.co

Tak hanya menyuguhkan pemandangan alam dan tempat rekreasi yang menarik, Kota Malang juga dilengkapi dengan wisata sejarah seperti Candi Badut. Candi ini terletak diantara perumahan warga yang cukup asri, tepatnya di Jalan Candi 5D, Karangwidoro.

Candi Badut sangat cocok untuk dijadikan spot foto. Namun, anda harus berhati-hati jika mengunjunginya saat musim hujan, karena area bebatuan disana akan menjadi sangat licin.

16. Wisata Petik Apel

Wisata Petik Apel
image by: ongistravel.com

Kota Malang sangat identik dengan buah apel. Karena itu, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Wisata Petik Apel ini.

Untuk dapat masuk ke area kebun apel Malang ini, pengunjung harus membeli tiket dengan harga Rp. 105.000. Setelah itu, pengunjung bisa bebas memetik apel langsung dari pohonnya.

Selain apel, kebun ini juga ditanami buah lainnya seperti buah jambu dan buah jeruk. Wisata Petik Apel ini mulai dibuka dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore setiap harinya.

17. Air Terjun Sumber Pitu

Air Terjun Sumber Pitu
image by: piknikasik.com

Air Terjun Sumber Pitu merupakan sebuah mata air yang keluar dari banyak tebing yang berjajar dalam satu baris. Hal tersebut membuatnya terlihat seperti air terjun mini dengan jumlah yang banyak.

Untuk sampai ke lokasi, anda bisa berjalan kaki sejauh 1 kilometer dari pintu masuk. Berwisata ke Air Terjun Sumber Pitu tidak memerlukan tiket masuk, anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan.

18. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular
image by: wikimedia.org

Tempat yang satu ini tak kalah menarik dengan Malang Night Paradise. Di Batu Night Spectacular, banyak sekali wahana-wahana seru dan menyenangkan yang bisa anda coba satu persatu.

Beberapa wahana yang bisa anda coba yaitu, trampoline, Go Kart, Battle Arwa, VR Ride dan Arena Ketangkasan. Namun, dari sekian banyak wahana, yang paling menarik adalah lampion garden.

Gemerlap lampu lampion dengan berbagai bentuk yang unik akan menambah keindahan malam di Batu Night Spectacular.

Demikianlah deretan tempat wisata di Malang yang paling menyenangkan dan harus anda kunjungi. Banyak sekali bukan? Sekarang tinggal anda sendiri yang memutuskan tempat wisata mana yang akan anda kunjungi di Malang.

Komentar disini