13 Tempat Wisata di Makassar Kota di Ujung Pandang

Tempat Wisata di Makassar

Kalimat.ID – Kota Makassar terkenal dengan keindahan alam dan budaya yang dimiliki di Sulawesi Selatan ini tak terkecuali Tempat Wisata di Makassar yang bisa Anda kunjungi jika Anda sedang berkunjung ke Kota Makassar.

Sebuah kota yang terkenal dengan Ujung Pandang nya ini memiliki keindahan ekosistem alam yang baik, seperti pantai, pulau-pulau kecil yang berada di pesisir pantai makassar, peninggalan sejarah dari kerajaan Gowa dan Goa Tallo dan masih banyak hal lainnya yang bisa Anda temui di Kota itu juga dalam pembahasan di artikel ini.

Kota Makassar merupakan kota besar kelima setelah Jakarta, Surabaya, Bandung dan Medan, maka dari ini kota ini tidak akan sepi dari para pebisnis di tanah Air, apalagi wisatawan yang sering berdatangan di kota ini, dengan memiliki luas wilayah 199.26 KM persegi juga memiliki 1,6 juta jiwa kota Makassar bisa menduduki peringkat 5 kota besar dengan lalu lintas bisnis dan pariwisata.

Berikut 13 Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Anda Kunjungi

Dalam pembahasan kali ini saya akan membahas kurang lebih 13 tempat wisata di Makassar yang bisa Anda jadikan referensi dalam berkunjung dan berwisata di kota Ujung Pandang ini, baik itu peninggalan Benteng dari kerajaan Goa Tallo dan Kerajaan Gowa yang bisa melengkapi sejarah wawasan intelektual Anda dalam mengenal sejarah masa lalu kota Makassar.

1. Benteng Fort Rotterdam

Benteng Fort Rotterdam

Benteng Ujung Pandang atau biasa kita kenal sebagai benteng Fort Rotterdam merupakan sebuah benteng pertahanan milik kerajaan Goa Tallo, benteng ini berada di kawasan barat pantai Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Benteng Fort Rotterdam ini bisa dijadikan tempat wisata di Makassar jika Anda ingin mengenal lebih jauh mengenai sejarah, khususnya sejarah dari kerajaan Goa Tallo, benteng ini berdiri pada tahun 1545 di bangun oleh raja ke-9 dari Kerajaan Goa Tallo bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi’ Kallonna.

Pada awal berdiri benteng ini dibuat dari dasar tanah Liat, namun terjadi perbuhana total pada masa Raja ke-14 yang dipimpin oleh Sultan Alauddin, bangunan benteng ini diganti dengan bahan batu padas yang diambil dari pegunungan Karst berada didaerah Maros.

Konsep dari bangunan benteng Fort Rotterdam seperti seekor penyu yang akan pergi ke lautan lepas, hal ini tidak lepas dari konsep dari filosofi kerajaan Goa Tallo itu sendiri, simbol ini menandakan bahwa penyu bisa hidup di dadarat dan dilaut, begitupun dengan sebuah kerajaan Goa Tallo ia bisa berkuasa baik didarat dan dilautan.

Tempat wisata di Makassar seperti Fort Rotterdam ini wajib Anda kunjungi, sebuah karya maha agung dari raja-raja terdahulu dari kerajaan Goa Tallo, menandakan sebuah kekuatan besar yang berada di pulau Sulawesi khususnya Sulawesi Selatan. Untuk tiket sendiri update terakhir Anda bisa membayar sukarela saja dan yang utama adalah parkir kendaraan Anda jangan lupa untuk dibayarkan.

2. Pantai Losari

pantai losari
Image by: iklantravel.com

Membahas keindahan Indonesia memang tak lepas dari keindahan alam yang disajikan Tuhan berupa hamparan pasir putih yang indah untuk di kunjungi, lain tidak adalah sebuah pantai indah yang berada di Sulawesi Selatan yakni Pantai Losari, ini bisa dijadikan sebuah kunjungan bagi Anda yang ingin berwisata ke tempat wisata di Makassar.

Pantai Losari terletak disebelah barat Makassar, Sulawesi Selatan, Pantai Losari banyak dijadikan rekomendasi tempat wisata diakhir pekan, banyak dari warga sekitar baik dari luar pulau Sulawesi juga berdatangan untuk mengunjungi hamparan pasir putih dari Pantai Losari dan tak lepas juga dari kunjungan wisatawan dari Mancanegara.

Menikmati keindahan Pantai Losari pada saat sore hari ini bisa Anda jadikan rekomendasi, menikmati sunset bersama keluarga akan lebih terasa jika Anda tak lupa mengabadikan sebuah momen berharga bersama orang terkasih saat berada di Pantai Losari.

Namun dahulu kala Pantai Losari ini terkenal sebagai pusat dari makanan hewani laut dan sebuah ikan panggang  (bakar) pada malam hari, keunikan dari pasar ini adalah para perdagangannya hanya buka dimalam hari saja. Pantai Losari juga pernah mendapatkan rekor menjadi warung terpanjang didunia karena hampir disetiap hamparan pasir putih dipenuhi oleh para perdagangan makanan pada malam hari, ini yang menjadikan keunikan dari pantai yang satu ini.

Makanan khas dari Pantai Losari bukan hanya dari hewan laut saja, akan tetapi sebuah pisang mentah yang dibakar dengan sebutan makanannya adalah Pisang Epe, pisang mentah ini dibakar lalu dibuat pipih dan dicampuri dengan gula aren atau biasa disebut dengan gula merah pada umumnya, kenikmatan lebih terasa jika dimakan pada saat masih hangat loh.

3. Pulau Samalona

pulau samalona
Image by: indonesiakaya.com

Tempat Wisata di Makassar selanjutnya adalah sebuah Pulau yang bernama Samalona, sebuah pulau kecil yang berada di selat Makassar, lebih tepatnya lagi berada disebelah barat kota Makassar, Pulau Samalona berada di kecamatan Wajo Makassar, Sulawesi Selatan.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat wisata di Makassar ini Anda bisa ke pulau Samalona menggunakan sebuah perahu milik para nelayan yang menyewakannya untuk Anda, butuh jarak tempuh kisaran 0,5 Jam hingga tiba di pulau Samalona, oia keunikan ini juga ditambah jika Anda melihat sebuah Mercusuar yang digunakan sebagai tanda bahwa kapal-kapal besar tidak boleh lebih mendekati daerah sana karena kedangkalan air lautnya.

Oia Pulau Samalona ini juga bisa Anda lihat jika Anda sedang berada di Benteng Fort Rotterdam, namun bukan dibentengnya ya, Anda perlu berjalan kaki kisaran 500 meter yang berada di daerah keliling, Kota Makassar atau sebuah bibir tebing dari benteng Ujung Pandang (Fort Rotterdam).

4. Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar
Image by: panduanwisata.id

Trans Studio adalah sebuah lini bisnis taman bermain didalam sebuah ruangan, biasa disebut dengan Indoor Theme Park sebuah taman bermain besar yang dikelola oleh perusahaan Trasn Corp, didalam wahana bermain ini banyak memiliki berbagai macam wahana, salah satunya adalah program-program acara milik Trans TV dan Trans7.

Untuk wahana yang berada di Trans Studio Makassar ini memiliki 4 dalam kategori zona, ini bisa dijadikan tempat wisata di makassar bagi Anda yang ingin hiburan diakhir pekan, berikut 4 zona wahana yang berada di Trans Studio Makassar:

1. Stduio Central

Konsep dari zona ini adalah HollyWood dengan memiliki arsitektur Hollywood ala tahun 60-an, para pengunjung disini akan dimanjakan dengan sensasi menyusuri sebuah Walk Of Flame, selain itu wahana disini juga ada di khususkan untuk anak-anak seperti area bermain bom-bom car dan juga studio pemutaran film yang bisa dinikmati oleh segala usia dan kalangan.

2. Lost City

Dari namanya sendiri Lost City yang memiliki makna para pengunjung menikmati sebuah perjalanan petualangan memasuki hutan rimba yang berada di Trans Studio Makassar, salah satunya wahana Dinosaurus (Jurassic Park).

3. Cartoon City

Wahana zona selanjutnya adalah area bermain untuk anak-anak yang berada di umur 5 tahun kebawah, dengan konsep desain bangunan memiliki warna yang beragam seperti khas dunia kartun hal ini direkomendasikan jika Anda mengunjungi Trans Studio Makassar membawa anak-anak Anda ke wahana ini.

4. Magic Corner

Wahana terakhir dari Trans Studio Makassar adalah wahana ala para penyihir, para pengunjung bisa menikmati rasa dari nuansa kehidupan para penyihir yang disajikan oleh pihak Trans Studio Makassar, memiliki sentuhan magic atau sihir disini Anda dan keluarga dibuat terhibur dengan wahana yang menarik.

5. Pantai Akkarena

Pantai Akkarena
Image by: pantainesia.com

Pantai Akkarena merupakan sebuah pantai yang berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Pantai Akkarena bisa Anda jadikan tempat rekreasi bersama keluarga, dan kerabat Anda pada akhir pekan datang, disini banyak tempat bermain dan taman olahraga.
Tempat wisata di Makassar selanjutnya adalah Pantai Akkarena yang memiliki keindahan pasir hitam yang terkenal dengan sunsetnya atau biasa disebut dengan matahari terbenam, Pantai Akkarena sendiri dibuka pada pukul 00.07 sampai 22.00 WITA, namun pada hari tertentu Pantai Akkarena bisa tutup hingga pukul 00.00 WITA.

6. Pelabuhan Paotere

Pelabuhan Paotere

Tempat wisata di Makassar kali ini adalah sebuah pelabuhan bernama Paotere merupakan sebuah pelabuhan kapal yang berlokasi di Kec. Ujung Tanah, Makassar, Pelabuhan Paotere ini berjarak kurang lebih 5 KM atau sekitar 30 menit-an dari pusat kota Makassar.

Pelabuhan Paotere merupakan sebuah pelabuhan warisan rakyat tempo dulu yang bertahan hingga kini, hal ini bisa membuktikan kerajaan Goa Tallo sejak pada abad ke-14 pernah memberangkatkan sekitar 200 armada ke Selat Malaka.

Pelabuhan Paotere masih bisa digunakan untuk kapal-kapal sebagai pelabuhan kapal Phinis dan Lambo, dan juga menjadi sebuah pusat perdagangan nelayan, hal ini bisa Anda lihat dari berbagai jenis toko yang berjejer menjajakan berbagai aneka ikan kering khas dari Makassar.

7. Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke
Image by: jejakpiknik.com

Pulau Kodingareng Keke adalah sebuah pulau yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan, Pulau Kodingareng Keke merupakan salah satu pulau tidak ada penghuninya yang berada di daerah kota Makassar, meskipun memiliki ukuran yang tidak terlalu besar pada pulau Pulau Kodingareng Keke, namun keindahan bawah lautnya menjadi daya tarik tersendiri.

Tempat wisata di Makassar Pulau Kodingareng Keke memiliki keindahan alam bawah laut yang masih terjaga dan alami, ini adalah tempat yang cocok bagi Anda para Traveller yang ingin menyelam menikmati keindahan alam bawah laut dari sebuah Pulau Kodingareng Keke di Sulawesi Selatan.

8. Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu

Selain memiliki sebuah benteng Fort Rotterdam yang kokoh yang dibangun pada masa kerajaan Goa Tallo, kota Makassar juga memiliki benteng-benteng lainnya yang tak kalah kokoh seperti Benteng Somba Opu, benteng ini juga dibangun oleh kerajaan Gowa di Makassar.

Tempat wisata di Makassar seperti Benteng Somba Opu dibangun pada masa pemerintahan raja Gowa ke-9 bernama Daeng Matanre Karaeng Tumapa’risi’ Kallonna pada abad ke-16, Benteng Somba Opu berlokasi Kelurahan Benteng Somba Opo di jalan Daeng Tata, Kabupatan Gowa, Sulawesi Selatan.

Pada masa dulu, Benteng Somba Opu pernah menjadi pusat sebuah pergadangan dan pelabuhan, dimana banyak rempah-rempah diperdagangkan disini, baik dari para pedagang di Nusantara, Asia bahkan dari nun jauh Benua Eropa sana.

9. Bugis Waterpark

Bugis-Waterpark

Tempat wisata di Makassar selanjutnya adalah Bugis Waterpark, sebuah lokasi wisata di Perumahan Bukit Baruga Antang, di Jalan Sektor Mahamero No. 1, jika Anda ingin memasuki wahan dari Bugis Waterpark Anda dikenakan tarif Rp. 150.000 ribu pada hari biasanya, dan pada hari libur bisa dikenakan tarif hingga Rp. 180.000 hingga Rp. 200.000, jam operasionalnya senidri pukul 09.00 hingga 18.00 WITA.

Bugis Waterpark sudah berdiri seja Oktober 2011 lalu, Bugis Waterpark menjadi sebuah alternatif wisata di Makassar, dengan desain konsep bermain dengan air, dari pengambilan nama wahana Bugis Waterpark ini diambil dari dua bahas baik itu bahas Bugi Sulawesi yakni “Bugis” dan Waterpark sendiri dari bahasa Inggris.

Sejarah berdirinya dari Bugis Waterpark sendiri mengambil dari unsur lokal, terlihat dari sebuah logo yang dipakai diambil dari sebuah perahu khas Makassar yakni Phinisi perahu khas dari Masyarakat pesisir di Makassar, Sulawesi Selatan.

Konsep wisata Bugis Waterpark ini adalah bertujuan mengenalkan kepada para wisatawan untuk sebuah pelestarian sejarah kemaritimannya di kota Makassar ditengah tergerusnya jaman yang semakin meninggalkan budaya dan kearifan lokal daerah itu sendiri.

10. Museum Balla Lompoa

Museum Balla Lompoa

Tempat Wisata di Makassar berikutnya adalah Museum Balla Lompoa, nama dari sebuah museum ini adalah memiliki sebuah arti rumah kebesaran (Kebanggaan) konsep dari bangunan ini sendiri adalah hasil dari rekontruksi istana kerajaan Gowa.

Museum Balla Lompoa ini dibangun pada tahun 1936 oleh raja Gowa ke-31, Museum Balla Lompoa memiliki berbagai koleksi peninggalan dari kerajaan Gowa itu sendiri, konsep dari bangunan Museum Balla Lompoa sendiri diambil dari khas suku Bugis dengan desain rumah panggung.

Museum Balla Lompoa memiliki luas lahan hingga 1 hektar, secara umum bangunan dari Museum Balla Lompoa terbuat dari berbahan kayu dan besi, didalam bangunan ruangan Museum Balla Lompoa memiliki berbagai fungsi salah satunya adalah untuk memamerkan benda sejarah peninggalan kerajaan Gowa.

11. Monumen Mandala

monumen mandala

Tempat wisata di Makassar berikutnya adalah Monumen Mandala, monumen ini dibangun pada awal tahun 1994 dan selesai dibangun pada tahun 1996, Monumen Mandala dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan dalam pembebasan iran barat dari para penjajah, sekaligus menjadi tanda jasa Presiden kedua Indonesia pak Harto.

Monumen Mandala merupakan sebuah monumen yang menjulang tinggi hingga 75 meter di pusat kota Makassar, Monumen Mandala sendiri terdiri dari 4 lantai, lantai pertama terdapat sebuah replika pakaian, lantai kedua, sebuah relief yang menceritakan sebuah perjuangan pembebasan iran barat, lantai ketiga Anda bisa melihat ruang kerja dari panglima Perang Mandala, dan lantai terakhir dimana lantai paling atas Anda bisa menikmati pemandangan kota Makassar diatas ketinggian dari Monumen Mandala.

12. Masjid Raya Makassar

Masjid Raya Makassar

Tempat wisata di Makassar yakni merupakan sebuah tempat ibadah umat Islam berupaka Masjid Raya Makassar, Masjid Raya Makassar berdiri pada tahun 1948 dan selesai pembangunan pada tahun 1949, dan Masjid Raya Makassar mengalami sebuah renovasi pada tahun 1999 hingga tahun 2005.

Desain dari Masjid Raya Makassar sendiri dirancang oleh Muhammad Soebardjo setelah memenangkan sebuah sayembara yang dilakukan oleh para panitia Masjid Raya Makassar, Masjid Raya Makassar bisa menampung hingga 10.00 ribu para jemaah, baik itu meliputi berbagai tempat seperti perpustakaan, kantor MUI Sulawesi Selatan dan lain sebagainya.

13. Kawasan Ekowisata Mangrove Lantebung

Ekowisata Hutan Mangrove

Tempat wisata di Makassar seperti bakau tidak luput dari pembahasan, kali ini juga saya akan membahas Kawasan Ekowisata Mangrove Lantebung, pada hakikatnya hutan mangrove menjaga ekosistem alam dari abrasi pantai yang bisa merusak lingkungan.
Namun selain bisa melindungi alam yang ada, Kawasan Ekowisata Mangrove juga bisa dijadikan tempat wisata sekaligus edukasi kepada Masyarakat pada umumnya pentingnya menumbuhkan hutan mangrove dan menjaga ekosistem hutan mangrove.

Selama Anda berada di Kawasan Ekowisata Mangrove Lantebung Anda bisa menyusuri dermaga kayu yang berwarna-warni membentang sepanjang 270 meter yang bisa mengantarkan Anda melihat keindahan dari hutan Mangrove itu sendiri.

Itulah beberapa lokasi tempat wisata di Kota Makassar yang bisa Anda jadikan sebuah bacaan santai untuk menjadikan referensi tempat wisata saat berkunjung ke Makassar, baik bersama sahabat, rekan kerja bahkan saudara.

Komentar disini