13 Tempat Wisata di Lombok yang Paling Keren dan Unik

tempat wisata di lombok

Kalimat.ID – Tempat Wisata di Lombok – Tak kalah dengan Bali, Lombok merupakan salah satu surga bagi para wisatawan. Banyak sekali tempat wisata yang disuguhkan di Pulau Lombok.

Pengunjung Pulau Lombok tak hanya berasal dari Indonesia, tetapi banyak juga wisatawan luar negeri yang berdatangan. Mulai dari wisatawan Malaysia, Singapura, Australia, Kanada hingga Amerika sangat suka mengunjungi Pulau Lombok.

Bagi yang gemar snorkeling, Pulau Lombok menyediakan spot yang sangat indah di dasar laut. Tak hanya itu, bagi yang hobi mendaki gunung, di Pulau Lombok terdapat Gunung Rinjani yang menyuguhkan pemandangan fantastis.

Berikut 13 Tempat Wisata di Lombok yang Keren dan Unik

Pulau Lombok sangat terkenal dengan keindahan pantainya. Tak hanya itu, saat ini Lombok juga semakin disukai para wisatawan karena tempat wisatanya yang semakin beragam. Berikut ini ada 13 tempat wisata di Lombok yang kami rekomendasikan untuk anda:

1. Pantai Kuta

tempat wisata di lombok pantai kuta
image by: lombokindonesia.org

Pantai Kuta tak hanya dimiliki oleh Pulau Bali saja, tetapi juga merupakan salah satu tempat wisata unggulan di Lombok. Namun, Pantai Kuta di Lombok sedikit berbeda dengan Pantai Kuta Bali.

Pantai Kuta yang ada di daerah Lombok masih sangat asri dan alami karena belum terlalu banyak wisatawan yang datang kesana. Pantai Kuta Lombok terletak di Desa Kuta, Lombok Tengah.

Pantai Kuta Lombok memiliki pasir yang putih dan ombak yang sangat ramah bagi pecinta selancar. Ditambah lagi pemandangan bawah lautnya yang luar biasa indah, menjadikan Pantai Kuta penuh dengan daya tarik bagi wisatawan.

Salah satu tempat wisata di Lombok ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti homestay, penyewaan papan selancar, warung makan serta perlengkapan snorkeling.

2. Pantai Selong Belanak

tempat wisata di lombok Pantai Selong Belanak
image by: dilombok.com

Pantai Selong Belanak lokasinya tidak jauh dari Pantai Kuta. Jika anda berwisata ke Pantai Kuta, jangan lewatkan untuk menyempatkan diri mengunjungi Pantai Selong Belanak.

Pantai yang menjadi salah satu tempat wisata di Lombok ini memiliki pemandangan laut biru dengan pasir putih yang lembut.

Tak hanya itu, Pantai Selong Belanak juga sangat cocok untuk para penggemar selancar pemula karena memiliki ombak yang ramah dan tidak terlalu tinggi.

Selain berselancar, di Pantai yang satu ini anda juga bisa berjemur, berenang hingga menikmati pemandangan sunset yang menawan. Seakan belum cukup memanjakan pengunjung, di Pantai Selong Belanak ini, anda juga bisa melakukan snorkeling.

Untuk dapat masuk ke Pantai Selong Belanak sebenarnya tidak dipungut biaya. Namun, anda harus tetap membayar uang parkir jika membawa kendaraan kesana.

Jika dari Pantai Kuta, anda harus melakukan perjalanan selama 30 menit untuk sampai ke Pantai Selong Belanak ini. Perjalanan menuju Pantai ini akan sangat nyaman karena jalanan yang bagus.

Di sekitar Pantai Selong Belanak juga banyak tersedia warung makan, jadi anda yang tidak tidak perlu khawatir jika tidak sempat membawa bekal makanan sendiri.

3. Pantai Tanjung Aan

tempat wisata di lombok pantai tanjung aan
gambar oleh: lombokindonesia.org

Masih seputar Pantai favorit di Pulau Lombok, kali ini kita akan membahas mengenai Pantai Tanjung Aan. Pantai yang satu ini letaknya juga tidak terlalu jauh dengan Pantai Selong Belanak dan Pantai Kuta.

Tak kalah indahnya dengan dua pantai sebelumnya, Pantai Tanjung Aan juga memiliki pasir putih namun butirannya lebih mirip lada.

Pantai yang menjadi salah satu tempat wisata di Lombok ini juga memiliki deburan ombak yang lembut dan tidak terlalu besar. Di Pantai Tanjung Aan, anda akan menemukan formasi karang dan tonjolan bebatuan yang unik.

Pantai ini juga bisa dijadikan tempat snorkeling. Disana banyak disewakan berbagai perlengkapan untuk snorkeling.

Pantai Tanjung Aan juga menyediakan warung makan dengan menu makan yang sederhana. Disana anda juga dapat bersantai sambil menikmati air kelapa muda yang menyegarkan.

Pantai ini lokasinya cukup dekat dengan Pantai Kuta, Lombok. Setelah sampai di Kota Mataram, anda perlu melakukan perjalanan sekitar 1,5 jam untuk sampai ke Tanjung Aan.

4. Gunung Rinjani

tempat wisata di lombok gunung rinjani
image by: idntimes.com

Bosan berwisata ke Pantai? Tenang, di Lombok anda bisa mencoba untuk mendaki Gunung Rinjani. Gunung Rinjani merupakan salah satu dari 7 Gunung tertinggi di Indonesia. Pendakian di Gunung Rinjani biasanya mulai ramai pada bulan Juni hingga Agustus.

Meskipun tidak mendaki sampai puncak, pemandangan yang terlihat dari Gunung Rinjani sangat luar biasa. Dari Gunung Rinjani akan terlihat keindahan panorama dari Danau Segara Anak yang juga merupakan tempat wisata di Lombok.

Selain menjadi destinasi wisata untuk mendaki, Gunung Rinjani juga menjadi taman nasional di Lombok. Di kaki Gunung Rinjani juga terdapat 20 air terjun lengkap dengan kolam dibawahnya.

Tak hanya itu, di Gunung Rinjani anda juga akan menemukan padang rumput yang membentuk bukit. Padang rumput tersebut terletak pada jalur awal pendakian, tepatnya di Desa Sembalun Lawang.

5. Bukit Pergasingan

tempat wisata di lombok Bukit Pergasingan
image by: idntimes.com

Tempat wisata di Lombok lainnya yang juga patut anda kunjungi adalah Bukit Pergasingan. Bukit ini terletak di Sembalun, Lombok Timur. Di Bukit ini, anda dapat menikmati pemandangan menakjubkan yang dilihat dari ketinggian.

Bukit ini bisa menjadi alternatif untuk melihat pemandangan jika anda tidak terlalu suka mendaki gunung.

Dari atas Bukit Pergasingan, anda bisa menikmati pemandangan seperti persawahan yang menghijau, asrinya pedesaan, panorama hutan dan Gunung Rinjani dari kejauhan. Para pendaki pemula yang ingin mendaki Gunung Rinjani biasanya akan berlatih menaiki bukit ini.

Di Bukit Pergasingan, pengunjung dapat melihat pemandangan matahari terbit sekaligus matahari terbenam. Tak hanya itu, disana pengunjung juga dapat menikmati beberapa fasilitas seperti sepeda gunung dan paralayang.

Bukit Pergasingan juga sangat cocok untuk dijadikan tempat berkemah. Saat Gunung Rinjani ditutup karena ada aktivitas vulkanik, para pendaki akan mengunjungi Bukit Pergasingan sebagai alternatif.

Namun sayang, para pengunjung tidak dapat menemukan kendaraan umum di sekitar Bukit Pergasingan sehingga mereka harus membawa kendaraan sendiri. Namun, mereka juga bisa menggunakan mobil dan sepeda motor yang disewakan di sana.

6. Desert Point

desert point lombok

Dessert Point atau sering dikenal dengan Bangko-Bangko ini merupakan salah satu tempat wisata andalan di Lombok. Desert point bahkan menjadi salah satu tempat surfing dengan ombak paling ganas.

Tempat ini terletak di Barat Daya pesisir Lombok atau sekitar 2 jam dari Pelabuhan Lembar. Di Desert Point juga tersedia beberapa penginapan yang nyaman bagi para traveler.

7. Dusun Sade

dusun sade
image by: wikimedia.org

Tak hanya wisata alamnya yang indah dipandang, di Lombok anda juga bisa menikmati wisata budaya di Dusun Sade. Masyarakat yang tinggal di Dusun Sade mayoritas merupakan Suku Sasak yang hingga saat ini masih melestarikan budaya Lombok.

Di dusun Sade ini, Anda akan disuguhi deretan rumah adat setempat. Rumah-rumahnya terbuat dari bambu dan dedaunan beratap.Meski sangat sederhana, rumah Dusun Sade masih sangat terawat dan kokoh.

8. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile
image by: paketwisata.id

Tempat wisata lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Sandang Gile. Air Terjun ini letaknya berada di pintu masuk Taman Nasional Gunung Rinjani. Dari sana, anda hanya perlu berjalan kaki selama 15 menit untuk sampai ke Air Terjun Sandang Gile. Airnya yang sejuk dan bening membuat para wisatawan betah berlama-lama disana.

9. Narmada

Narmada

Di Lombok ada daerah tepat di bawah Gunung Rinjani, yaitu Narmada. Di daerah Narmada ada taman raja seluas tiga hektar.Taman yang akrab disebut Taman Narmada telah dibangun sejak 1700 tahun yang lalu.

Taman Narmada lokasinya berada di Desa Lembuak. Di Taman ini terdapat pemandian kuno dan pura yang merupakan replika keagungan Gunung Rinjani.

Pura tersebut dibangun agar para raja yang sudah lanjut usia tidak perlu lagi mendaki Gunung demi melakukan berbagai ritual kesucian.

10. Pantai Pink

pantai pink lombok

Pantai Pink mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga anda. Pantai ini memang sudah sangat terkenal dengan keindahan dan keunikannya. Sesuai dengan namanya, Pantai yang berlokasi di Lombok Timur memang memiliki hamparan pasir berwarna pink.

Warna pink tersebut merupakan perpaduan antara pasir merah dan pasir putih. Tak hanya itu, dipinggir pantai Pink juga banyak terdapat pecahan cangkang dari organisme laut yang warnanya kemerahan.

Untuk bisa sampai ke Pantai cantik ini, anda bisa menempuh perjalanan darat atau bisa juga menggunakan perahu dari Pelabuhan Tanjung Luar. Jika anda berniat untuk mengunjungi Pantai Pink, anda bisa kesana pada pukul 8 pagi atau pukul 4 sore.

11. Gili Trawangan

gili trawangan

Berlibur ke Lombok belum lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Gili Trawangan. Objek wisata yang satu ini merupakan sebuah pulau kecil yang juga dikenal dengan “Gili T”.

Di Gili Trawangan, para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan laut yang sangat cantik. Untuk bisa sampai ke Gili Trawangan, anda bisa menaiki kapal umum di Pelabuhan Bangsal atau menyewa speedboat dari Senggigi.

Tak hanya panorama sekitarnya saja yang indah, anda juga bisa menikmati alam bawah laut berupa terumbu karang dan berbagai jenis ikan yang cantik.

12. Gili Meno

gili meno lombok

Setelah puas menjelajahi Gili Trawangan, selanjutnya anda wajib mengunjungi Gili Meno. Gili Meno ini letaknya cukup dekat dengan Gili Trawangan.

Jika ingin langsung mengunjungi Gili Meno, anda bisa menyewa speedboat atau menaiki kapal umum dari Senggigi.

Gili Meno sangat cocok untuk dijadikan tempat berbulan madu karena suasananya sangat tenang dan intim. Di tempat ini, anda bisa berenang, berjemur bahkan menyelami perairan sekitar pulau yang sangat jernih.

Tak hanya itu, anda juga bisa mengunjungi penangkaran penyu yang ada disekitar Gili Meno

13. Gili Air

gili air lombok

Selain Gili Trawangan dan Gili Meno, ada satu lagi pulau yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Gili Air. Pulau kecil yang satu ini letaknya sangat dekat dengan Lombok.

Namun,Gili Air suasananya lebih sunyi jika dibandingkan dengan Gili Trawangan dan Gili Meno. Sangat cocok untuk anda yang jenuh dengan hiruk pikuk dan keramaian.

Di Gili Air, anda bisa menikmati keindahan panorama laut dan hamparan pasir dibawah pepohonan yang rindang. Tak hanya itu, menyelami keindahan bawah laut juga bisa anda lakukan di Gili Air.

Dengan banyaknya tempat wisata yang ditawarkan, Berlibur ke Lombok pastinya menjadi pilihan yang menyenangkan untuk anda. Jadi tunggu apa lagi? Segera atur jadwal liburan anda dan bersiaplah untuk menjelajahi Lombok dengan orang-orang tersayang.

Komentar disini