12 Tempat Wisata di Lampung yang Kekinian dan Eksotisme

Kalimat.ID – Tempat wisata di Lampung sangatlah banyak, selain terkenal dengan tempat wisata Gajahnya yakni Taman Nasional Way Kambas juga memiliki destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik yang bisa Anda kunjungi tetibanya di Lampung.

Lampung sendiri merupakan sebuah Provinsi ber-ibukotakan Bandar Lampung, selain terkenal dengan Menara Sigernya, Lampung juga menjadi salah satu gerbang utama penghubung antara pulau Jawa dan Pulau Sumatera dengan melalui pelabuhan Bakauheni dan Merak di Banten.

Maka jika Pemda dan pengusaha lokal seharusnya bisa memanfaatkan destinasi wisata untuk menambah uang kas Provinsi Lampung, karena Lampung ini merupakan kawasan yang sangat strategis, didukung juga dengan keindahan alam yang sangat indah, hal ini bisa menjadi peluang untuk Anda dan bisa memberdayakan Masyarakat sekitar.

12 Daftar Tempat Wisata di Lampung nan Keren dan Kece

Tempat wisata di Lampung sangat memiliki potensial yang sangat menjanjikan dengan luas Provinsi Lampung sekitar 35.768 KM Persegi, dengan memiliki dua kota yakni Bandar Lampung dan Metro juga memiliki 13 Kabupaten, yang mana disetiap kota dan Kabupaten ada peluang tersendiri untuk ekosistem wisata yang menarik di Provinsi Lampung.

1. Taman Nasional Way Kambas

way kambas

Tempat wisata di Lampung yang terkenal hingga ke daerah lainnya di Indonesia adalah taman wisata hutan Gajah bernama Taman Nasional Way Kambas, dimana disini Anda bisa mengunjungi berbagai wahana binatang salah satunya adalah Gajah.

Sesampai disana selain bisa melihat gajah, Anda juga bisa menaikinya layaknya kuda, aman kok, tetap dipandu oleh pakarnya, jadi ketika disana tak afdol rasanya ketika Anda hanya berkunjung kesana tanpa menaiki atau menunggangi seekor gajah.

Ketika menaikinya Anda akan dibawa mengelilingi kawasan dari Taman Nasional Way Kambas itu sendiri, selain itu Anda juga bisa melihat secara langsung Gajah mandi, pengalaman yang luar biasa ketika Anda menyambangi Taman Nasional Way Kambas di Lampung.

Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu penangkaran Gajah terbesar di Indonesia, dimana semua yang berada di kawasan ini dilindungi oleh Pemerintah, berada di Lampung lebih tepatnya lagi, di Kec. Labuhan Ratu, Lampung bagian Timur, juga selain di Lampung Anda juga bisa menemukan taman wisata Gajah di daerah Minas, Riau.

Untuk bisa sampai disana, jarak dari Ibukota Provinsi ke Taman Nasional Way Kambas jaraknya sekitar 112 KM saja, akan tetapi jika Anda berada di Pelabuhan Bakauheni untuk sampai di Taman Nasional Way Kambas jaraknya sekitar 103 KM, memang cukup jauh juga, untuk akses kesana jalannya lumayan bagus namun ada sebagian jalan yang jelek juga.

Namun untuk bisa sampai disana tidaklah lama, karena jalanan tidak terlalu padat dan macet layaknya di Pulau Jawa, namun disana sedikit gersang dan panas, karena dekat dengan pantai, selama perjalanan Anda akan menyusuri tepi pantai agar bisa sampai disana, sesampai disana lumayan jalannya bebatuan kecil dan tanah, jadi sedikit perjalanan Anda akan terganggu, namun tidak tahu untuk sekarang ini, karena penulis terakhir kali kesana 3 tahun yang lalu naik motor dari Bogor sampai di Lampung.

Untuk jumlah Gajah nya cukup banyak, sekitar ratusan, jika Anda melihat Gajah di kebun Binatang, tidak lain juga merupakan Gajah dari Way Kambas kebanyakan, karena disini merupakan pusat konservasi satwa berupa Gajah dan hewan lainnya yang dilindungi.

Untuk bisa masuk ke Taman Nasional Way Kambas Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 7.000/Kendaraan bagi Anda yang naik kendaraan roda dua, dan Rp. 10.000/Kendaraan, sesampai masuk tempat pembayaran tiket Anda harus menempuh jalan sejarak 9KM lagi agar sampai disana, selama disini jalanan cukup rusak dan berlubang, maka sebaiknya hati-hati.

2. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan salah satu tempat wisata di Lampung masuk dalam kategori Hutan tropis yang di lindungi, dan termasuk kedalam hutan hujan tropis terbesar di Indonesia dan Sumatera dengan tujuan untuk melindungi kekayaan alam hayati yang berada disini.

Selain itu juga UNESCO menjadikan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan menjadi salah satu warisan dunia yang dilindungi, maka dari itu jika terjadi apa-apa terhadap hutan ini misalnya pembalakan liar dan sebagai hal yang merusak hutan pemerintah Indonesia dan UNESCO akan mengambil tindakan tegas terhadap prilaku manusia yang merusak hutan ini.

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan salah satu Cagar Alam Suaka Margasatwa diresmikan pada tahun 1935 hingga menjadi status Hutan Nasional di Tahun 1982, dengan luar lahan sekitar 356.800 Hektar.

Selain menjadi huta nasional dan dilindungi akan tetapi disini juga dibuka sebagai tempat pariwisata oleh Pemda setempat dan sekaligus ajang edukasi mengenai ekosistem alam dan isinya. Namun untuk bisa masuk kesini tidak sembarang, Anda harus memiliki izin kepada pihak pengelola di tempat Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang berada di Kota Agung.

Hal ini berlaku untuk Anda yang ingin sekedar rekreasi, pembuatan film atau syuting, hingga peneletian dan lain sebagainya. Namun jika Anda datang kesini untuk meneliti tugas dari perusahaan atau kampus Anda akan didampingi oleh petugas setempat, untuk bisa menyambangi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

3. Pulau Kelagian

Pulau Kelagian
Image by: travelingyuk.com

Tempat wisata di Lampung yang keren jatuh ke tempat wisata bernama Pulau Kelagian, tempat wisata ini cocok bagi Anda pecinta atau hobi menyelam, karena disini keindahan bawah lautnya yang sangat indah dengan terumbu karang bisa memanjakan Anda dengan berbagai jenis ikan kecil nan indah bisa menambah kesan lain pada tempat wisata Pulau Kelagian ini.

Untuk jaraknya sendiri lumayan dekat jika Anda berada di Ibukota Bandar Lampung untuk sampai kesana Anda perlu menempuh jarak kurang lebih sekitar 25KM, dari arah Ibukota Bandar Lampung ara kendaraan Anda menuju Padang Cermin Pasawaran Indonesia, sesampai disana nanti Anda jumpa di pantai Klara dan Dermaga Ketapang, jika sudah sampai di dua lokasi ini, Anda bisa menempuh sekitar 20 menit menggunakan Boat untuk bisa sampai ke Pulau Kelagian.

Sesampai disana Anda dikenakan biaya cukup murah meriah sekitar Rp. 3.000/Orang namun harga bisa saja sewaktu-waktu berubah, namun jika Anda ingin sewa sebuah saung untuk tempat istirahat dan menyimpan berbagai jenis barang Anda bisa menyewa saung sebesar Rp. 20.000,-Net.

Ketika sampai disana ada hal yang menarik, adalah bisa makan ikan bakar secara langsung yang ditangkap oleh para nelayan, dan tentunya masih segar dan sehat, hal ini bisa menambah semangat Anda untuk ber-snorkling (menyelam) dan menikmati keindahan alam yang ada di Pulau Kelagian, Lampung.

4. Teluk Kiluan

Teluk Kiluan
Image by: pegipegi.com

Teluk Kiluan merupakan salah satu tempat Wisata di Lampung yang berada di Bumi Sari Natar, Kab. Tanggamus, Provinsi Lampung, Bandar Lampung, sesampai disana Anda bisa memaksimalkan ber-wisata bahari sepuasnya di Teluk Kiluan.

Teluk Kiluan terkenal dengan berbagai keindahan alam baharinya dan merupakan surga bagi Anda pecinta berat memancing, jika Anda hobi memancing sebaiknya membawa perlengkapan lengkap untuk memancing sesampainya disana, bahkan setiap tahun jika Anda berminat bisa mengikuti lomba yang diadakan di Teluk Kiluan, bahkan Anda bisa bertemu dengan para pemancing handal dan keren dari seluruh Indonesia.

Untuk lokasinya berjarak sekitar 73KM dari pusat Ibukota Bandar Lampung untuk bisa sampai kesana, jika naik kendaraan bisa ditempuh selama 3 hingga 5 jam, baik kendaraan roda dua dan roda empat.

Selama perjalanan berjam-jam Anda jugsa bisa menikmati hidangan makanan yang berada di sebelum pintu masuk Teluk Kiluan, disana banyak terdapat toko-toko hingga warung-warung yang menjajakan berbagai makanan khas laut dan khas dari Lampung, hal ini bisa menambah semangat Anda sebelum memancing dan menikmati keindahan alam dari tempat wisata Teluk Kiluan.

Selain itu juga bagi Anda yang ingin bermalam disana juga disedikan tempat penginapan yang nyaman dan aman.

Keistimewaan Teluk Kiluan

1. Lumba Lumba

Jika Anda hanya melihat lumba-lumba diacara TV saja, kali ini Anda bisa melihat secara langsung ikan lumba-lumba yang berada di laut lepas yang hanya bisa Anda lihat di Teluk Kiluan ini, Anda bisa melihat secara langsung berbagai atraksi dari hewan lumba-lumba yang menyemburkan air ke udara sehingga menimbulkan gemercik air dari hembusan angin, hal ini bisa menambah sensasi tersendiri ketika Anda sampai di Teluk Kiluan.

Disini juga Anda bisa melihat berbagai jenis hewan lumba-lumba, seperti Lumba-Lumba hidung botol atau istilah nama kerennya (Tursiops Truncatus) dengan ciri-ciri badannya lebih besar dengan warna keabuan, kedua lumba-lumba paruh Panjang bernama latinnya Stenella Longirostris dengan ukuran tubuh lebih kecil.

2. Laguna Kayu

Jika Anda belum pernah melihat kolam renang alami, maka Laguna Kayu ini merupakan salah satu kolam renang alami yang berada di Balik Bukit Teluk Kiluan, untuk bisa kesana membutuhkan waktu sekitar 30 menit, karena jaraknya berada di belakang Bukit Teluk Kiluan.

Namun bagi Anda yang baru juga ada jasa Lokal Guide yang bisa Anda sewa sebar Rp. 50.000 untuk sekali jasa, disana Anda akan dipandu oleh ahlinya untuk mengenalkan berbagai jenis dan keindahan alam yang berada di Teluk Kiluan, sesampai disana Anda dikenakan tarif sebesar Rp.5.000/Tiketnya untuk bisa masuk.

3. Snorkeling

Jika Anda pecinta bahari yang kuat, Anda wajib menyelam disini untu bisa menikmati keindahan alam bahari di Lampung, untuk peralatannya sendiri sebaiknya bawa sendiri, karena penulis belum tahu disana apakah ada yang menyewakannya apa tidak, maka untuk antisipasi sebaiknya membawa peralatan Snorkeling sendiri.

5. Menara Siger

menara siger
Image by: Youtube.com

Tempat wisata di Lampung terkenal selanjutnya adalah Menara Siger, yang merupakan salah satu ikonik dari Provinsi Lampung itu sendiri, dimana ketika Anda sudah sampai di Pelabuhan Bakauheni ketika beranjak dari Merak, Anda akan melihat dari jarak kejauhan Menara Siger ini, baik siang dan malam akan jelas tampak.

Menara Siger sendiri berada di Bukit Gamping dan diresmikan oleh Gubernur Sjahoedin pada 20 April tahun 2008, ini menjadi Landmark tersendiri bagi Provinsi Lampung, dimana disinilah titik nol dari pulau Sumatera bagian selatan, dengan penuh bangga diberikan nama Menara Siger.

Bangunan Menara Siger sendiri berada di ketinggian sekitar 110 meter dari permukaan laut, akan tampak jelas ketika Anda menapakkan langsung kaki Anda di tanah Lampung, dengan menghadap ke arah Pelabuhan sehingga Menara Siger jelas nampak ketika Anda masih berada dikapalpun.

Dari desain bangunan Menara Siger sendiri tidak jauh dari budaya dan adat istiadat dari Provinsi Lampung itu sendiri, dimana memiliki sembilan menara berbentuk kerucut menjulang ketas dengan warna kekuning emas dengan berderet memanjang.

Sedangkan menara pucuknya berjumlahkan sembilan merupakan sebuah simbolis sembilan bahasa yang ada dipakai oleh Masyarakat Lampung dan sekitarnya, dan pada bagian tengah menara ini merupakan puncak dari Menara Siger yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan yang lainnya.

Dengan bangga bangunan ini sendiri tak jauh dan tak bukan merupakan seorang Arsitek dari Provinsi Lampung itu sendiri bernama Ir. H Anshori Djauasal M.T, dimana bangunan Menara Siger dibangun dengan kuat hingga tahan terhadap goncangan dan terpaan angin, dengan teknik khusus seperti konsep desain arsitektur jaring pada hewan laba-laba.

6. Pantai Gigi Hiu Kelumbayan

Pantai Gigi Hiu Kelumbayan
Image by: pantainesia.com

Pantai Gigi Hiu Kelumbayan merupakan tempat wisata atau objek wisata dengan pantai terindah yang berada di Provinsi Lampung, keunikan tersendiri dari tempat wisata di Lampung yakni Pantai Gigi Hiu karena ada gugusan karang terjal dihempaskan oleh ombak hal ini menambah kesan eksostisme saat berkunjung kesana.

Untuk tiket masuk dan sekaligus menikmati keindahan alam yang berada di Pantai Gigi Hiu Anda dikenakan tarif yang lumayan sekitar 200 ribu rupiah sekali perjalanan, juga Anda akan diberi bonus berupa makanan, namun sesampai disana Anda dipastikan puas dan takjub dengan keindahan alam yang ada di Pantai Gigi Hiu.

Pantai Gigi Hiu sendiri berada di lokasi Desa Pegadfungan, Kec. Kalumbayan, Kab. Tanggamus, Provinsi Lampung. Sesampai disini lumayan cukup sepi karena jauh dari pemukiman warga. Sesampai disana Anda bisa menikmati berbagai keindahan objek wisata yang ditawarkan di Pantai Gigi Hiu, sebagai berikut ini:

1. Asal Muasal Pantai Gigi Hiu

Nama pantai ini diberi nama Gigi Hiu dikarenakan ada beberapa batu karang yang sangat tajam, layaknya gigi ikan hiu, selain itu juga memiliki nama lain yakni Pantai Batu Layar.

2. Ciri Khas pada Pantai Gigi Hiu

Salah satu ciri khusus yang dimiliki oleh Pantai Gigi Hiu ialah berupa beberapa jajaran batu karang yang berjejer di sepanjang pantai, hal ini tidak bisa Anda temukan di pantai lainnya di Indonesia selain di Lampung.

3. Pantai yang Sangat Sepi

Sesampai disini Anda tidak akan menemukan penginapan, toko makanan atau warung hingga toilet  dan sebagainya, dikarenakan hal ini juga sangat jauh dari pemukiman warga sekitar. Hal ini juga belum diresmikan oleh pemerintah setempat, namun jika sudah diresmikan dan dijadikan tempat wisata baik oleh pemda dan pengusaha lokal maka akan layak menjadi tempat wisata yang dijumpai pada umumnya.

4. Spot Foto yang Bagus

Bagi Anda pecinta fotografi tempat ini cocok bagi Anda yang suka dengan spot alam yang indah dan menawan, jadi sesampai disini Anda bisa menikmati keindahan alam sambil mengambil gambar ataupun video.

7. Slanik Waterpark

Slanik Waterpark

Slanik Waterpark merupakan salah satu wahana air terbesar yang berada Tempat wisata di Lampung, Slanik Waterpark berdiri diatas lahan yang luasnya mencapai kurang lebih 1 Hektar, juga memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap dan akses untuk kesini juga mudah.

Slanik Waterpark diresmikan pada tahun 2016 lalu, dan pada peresmian ini disambut hangat oleh para wisatawan baik dari Masyarakat setempat dan sekitarnya, Slanik Waterpark selalu penuh jika di hari-hari libur.

Untuk bisa menikmati wahana air dari Slanik Waterpark Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 50.000 ribu untuk kalangan dewasa, sedangkan Anda masih pelajar dengan menunjukkan kartu pelajar atau mahasiswa akan dikenakan tarif lebih murah yakni sekitar Rp. 30.000/Orang nya, dan untuk anak-anak Rp. 25.000/Orang, adapun jika membawa anak dibawa usia 3 tahun tidak dikenakan tarif.

Untuk wahana yang berada disana tidak jauh berbeda dari wahana wisata buatan berupa rekreasi air ini, seperti air mancur, kolam renang dan sebagainya.

8. Taman Purbakala Lampung

Taman Purbakala Lampung

Taman Purbakala Lampung atau biasa dikenal dengan Situs Purbakala Pugung Raharjo merupakan salah satu situs Arkelolgi yang berada di Desa Pugung Raharjo, Kec. Sekampung Udik, Lampung Tenggara, Provinsi Lampung.

Jika sesampai disini Anda akan melihat berbagai jenis peninggalan pada zaman dahulu kala, disini juga banyak peninggalan pada masa Megalitikum atau Zaman Prasejarah, selain itu juga ada peninggalan budaya dari Agama Hindu, Budha dan Islam.

Pada awalnya Taman Purbakala Lampung ditemukan oleh seorang transmigrasi di desa Batanghari, mereka akan membuka beberapa pemukiman, seperti bertani, berladang tidak sengaja mereka menemukan peninggalan prasejarah, maka pemerintah setempat langsung melakukan penggalian dan penelitian lebih lanjut, sehingga dijadikan tempat wisata bernama Taman Purbakala yang mana bisa Anda nikmati belajar sambil berwisata.

9. Wisata Villa Gardenia

Image by: explorewisata.com

Sempat beberapa waktu lalu beredar di jejaring sosial media mengenai beberapa tempat wisata di Lampung yang sedang naik dan atau hits yakni Puncak Mas Sukadanaham dan Bukit Pangonan, namun tak kalah juga sebuah tempat wisata bernama Wisata Villa Gardenia.

Walaupun memiliki nama Villa, namun Anda tak harus menginap layaknya seperti Villa-villa yang berada di kawasan Puncak Bogor hingga daerah wisata Bali, justru disini lebih mengenalkan konsep ekowisata dengan konsep perbukitan, dengan spot Teluk Lampung yang sangat menakjubkan.

Konsep wisata disini juga cukup menarik perhatian, dimana banyak sekali hiasan bunga berwarna warni yang menghiasi, jika Anda pecinta spot foto bernuansa latar belakang kebun bunga, maka Wisata Villa Gardenia cocok untuk Anda kunjungi, apalagi Anda merupakan warga sekitarnya, sangat rugi juga tidak singgah kesini.

Untuk bisa masuk kesini Anda dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000/Orang dan untuk bisa menikmati wahana seperti ayunan Anda dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 5.000 dan untuk spot foto lainnya tak usah bayar lagi, jadi total menghabiskan uang sekitar Rp. 15.000 untuk bisa menikmati penuh keindahan dan wahana dari Wisata Villa Gardenia.

10. Air Terjun Putri Malu

Tempat Wisata di Lampung bernama Air Terjun Putri Malu

Jika di Pulau Jawa khususnya Jawa Barat air terjun itu disebut dengan nama Curug, dan jika diketahui di Indonesia Jawa Barat lah paling banyak memiliki Air terjun yang indah, namun Lampung juga memilikinya yakni bernama Air Terjun Putri Malu.

Air terjun ini memang memiliki keindahan dan eksotisme yang sangat luar biasa, dimana selain itu Air terjun ini juga memiliki ketinggian yang lumayan tinggi sekitar 100 meter dari permukaan tanah, dan merupakan salah satu wisata unggulan yang dimiliki oleh Kab. Waykanan.

11. Pasar Tahura

Tempat Wisata di Lampung bernama pasar tahura

Jika tempat wisata di Yogyakarta adalah destinasi pasar digital bernama Pasar Kakilangit, maka Lampung juga memiliki pasar digital bernama Pasar Tahura, untuk lokasinya Pasar Tahura berada di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdurahman lebih tepatnya di Desa Hurun, Kec. Hanura, Kab. Pesawaran, Provinsi Lampung.

Tempat wisata di Lampung ini menjadi tempat ter-favorit di kalangan remaja, dan juga selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik dari Lampung bahkan daerah sekitarnya, namun keunikannya adalah hanya dibuka setiap hari minggu saja, dimulai pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB yang berpusatkan di Yout Camp.

Pasar tahura juga banyak memiliki berbagai atraksi wisata, mulai dari jenis wisata kuliner khas daerah Lampung, hingga spot menarik untuk berfoto. Untuk bisa masuk kesini cukup membayar tiket sebesar Rp. 25.000/orang, dan untuk parkir kendaraan dari Rp. 2.000 hingga 5.000 untuk kendaraan roda dua dan roda empat.

12. Museum Lampung

Tempat Wisata di Lampung bernama museum lampung
Image by: lampungpro.id

Sama halnya dengan daerah lainnya di Indonesia, Lampung juga memiliki Museum dimana banyak memamerkan kebudayaan dan peninggalan sejarah yang berada di Provinsi Lampung, nama lain dari Museum ini adalah Museum Negeri Provinsi Lampung “Ruwa Jurai”.

Museum Lampung diresmikan dan dibuka oleh Menteri Pendidikan Prof. Dr. Fuad Hasan pada tanggal 24 Desember pada tahun 1988, pada peresmian ini juga bertepatan dengan hari jadinya Aksara Internasional yang berpusat di PKOR Way Halim.

Pada masa pembangunannya Museum ini dilaksanakan pada tahun 1975 dan juga peletakan batu pertamanya pada tahun 1978. Ruwa Jurai diambil dan di abadikan dari nama tulisan “Sai Bumi Ruwa Jurai” dan juga logo Provinsi Lampung itu sendiri.

Pada museum ini juga memiliki koleksi etnografika sebanyak 2.079, koleksi ini mencangkup berbagai jenis peninggalan dan buatan manusia, yang mana proses dan pemakaiannya menjadi ciri khas tersendiri di kebudayaan Masyarakat Lampung.

Nah berikut beberapa ulasan tempat wisata di Lampung yang bisa Anda kunjungi ketika kesana, diatas hanya beberapa destinasi menurut penulis bagus saja, akan tetapi sebenarnya masih banyak tempat wisata di lampung yang keren dan menarik lainnya yang belum penulis bahas.