15 Tempat Wisata di Jogja Menarik Untuk di Kunjungi

Tempat Wisata di Jogja
Image by: travelingyuk.com

Kalimat.ID – Berbicara mengenai tempat wisata di Jogja, memang ada beragam sekali untuk saat ini. Baru-baru ini banyak bermunculan wisata yang selalu hits menjadi perbincangan di social media.

Mulai dari wisata bersejarah, wisata alam bahkan wisata kuliner pun selalu menjadi dambaan buat para traveler dimanapun tempatnya. Tempat wisata di Jogja ini menyuguhkan beragam fasilitas menarik yang bisa kalian nikmati bersama keluarga atau bahkan teman saat menghabiskan waktu liburan.

Mengapa banyak wisatawan selalu suka berkunjung ke Jogja? Alasannya tentu mudah sekali sebab Jogja menjadi salah satu kota yang terbilang ramah dan juga nyaman untuk berlibur.

Akomodasi seperti transportasi dan hotel pun sudah tersedia lengkap. Sedangkan untuk biaya wisata yang ada di Jogja ini terbilang relative murah sekali sehingga terjangkau untuk semua kalangan masyarakat

Sebetulnya salah satu daya tarik para traveler yang membuat mereka suka berkunjung ke kota Pelajar ini karena banyaknya tempat wisata yang sudah tersedia. Bisa dibilang Jogja ini menjadi kota wisata yang menarik dan super lengkap sekali.

Di sana kalian bisa menikmati indahnya alam entah itu pegunungan, pantai dan lain sebagainya. Menarik lagi di sana kalian juga bisa berwisata kuliner menikmati kelezatan kuliner khasnya.

Kapan lagi bisa berkunjung ke Jogja dan berwisata mengunjungi berbagai tempat wisata yang unik dan menarik. Tak perlu bingung kemana tujuan wisata menarik yang perlu kalian kunjungi saat berada di sana.

Karena ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan keunikannya tersendiri. Bahkan menariknya lagi harga tiket masuk yang di tawarkan juga terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.

Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja Unik dan Menarik

Semakin banyaknya tempat wisata di Jogja dan sekitarnya yang telah terkenal, tentunya kalian harus pandai dalam menentukan pilihan. Jogja menjadi salah satu kota tujuan wisata yang ada di Indonesia dimana banyak tempat dikunjungi oleh para wisatawan asing.

Jika kalian masih merasa penasaran dengan beragam tempat wisata yang ada di Jogja, inilah berbagai macam referensinya untuk kalian. Yakni:

1. Candi Prambanan

Tempat Wisata di Jogja candi prambanan
Image by: hipwee.com

Tempat wisata yang satu ini menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang patut kalian kunjungi. Hal ini dikarenakan Candi Prambanan menjadi kompleks candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Apalagi Candi Prambanan ini telah dihiasi oleh relief yang sudah diukir mengelilingi candi dan sudah menceritakan sebuah kisah Ramayana dan Krishnayana.

Wisata Candi Prambanan ini memang sudah terkenal sejak dulu. Bahkan sudah banyak sekali yang berkunjung ke sana sembari mempelajari sejarahnya. Lokasi dari Candi Prambanan ini sekitar 17 km dari pusat kota Yogyakarta. Jika kalian tidak membawa kendaraan sendiri, kalian bisa menggunakan transportasi bus dan nantinya turun saja ke halte Prambanan.

2. Pantai Parangtritis

Tempat Wisata di Jogja pantai parangtritis

Tempat wisata Jogja yang satu ini memang sudah terkenal di Yogyakarta. Pantai ini menjadi salah satu pantai yang wajib kalian kunjungi saat berada di sana. Lokasinya sekitar 25 KM sebelah selatan pusat kota Yogyakarta.

Pantai tersebut memiliki karakteristik ombak dan arus yang tergolong cukup besar dan juga kuat. Jika kalian menginginkan sebuah pengalaman yang berbeda, kini kalian bisa mencoba bermain paralayang di bukit Parangndog. Tentunya sudah banyak yang taka sing lagi dengan pantai Parangtritis ini. Setidaknya kalian pun juga sering berkunjung ke sana untuk menghabiskan waktu liburan.

3. Jalan Malioboro

Tempat Wisata di Jogja jalan malioboro
Image by: traveloka.com

Buat kalian yang sudah pernah ke Jogja pastinya sudah tak asing lagi dengan jalan Malioboro ini. Jalan tersebut memang menarik untuk dikunjungi apalagi untuk sekedar berfoto di penanda jalan Malioboro. Jalan Malioboro ini juga menawarkan sebuah pengalaman wisata kuliner sekaligus wisata belanja yang tiada habisnya.

Bahkan saat siang hari, sepanjang jalan Malioboro ini kalian bisa menemukan banyaknya penjual tas, pakaian, sandal, kerajinan tangan, gantungan kunci, batik maupun aksesoris lain yang bias didapatkan dengan harga yang murah.

Sedangkan ketika malam hari, kalian bisa menemukan banyaknya penjual makanan lesehan khas dari Yogyakarta di sepanjang jalan Malioboro. Pastinya sangat menyenangkan sekali jika kalian datang ke sana.

4 . Kebun Binatang Gembira Loka

Tempat Wisata di Jogja gembira loka zoo

Kebun binatang yang satu ini cocok sekali digunakan sebagai tempat wisata keluarga yang ada di Yogyakarta. Di sana banyak sekali koleksi hewan yang berada di berbagai tempat yang ada di dunia.

Tak hanya itu saja, kalian juga bisa berinteraksi langsung dengan beragam jenis hewan. Ada pula beragam wahana permainan menarik yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka ini. Banyaknya wahana permainan yang sudah tersedia mampu membuat para pengunjungnya merasa betah di sana. Bahkan ada banyak keseruan yang bisa kalian peroleh saat di sana.

Mulai dari bermain sepeda air, ATV, menunggang onta, menunggang gajah, kolam tangkap ikan dan lainnya. Buat kalian yang ingin berkunjung ke sana tak perlu khawatir lagi dengan biaya masuknya. Tiket masuk wisata sangat terjangkau sekali yakni Rp 25.000 rupiah saja per orangnya.

5. Candi Borobudur

Image by: biropariwisata.co.id

Candi Borobudur ini juga menjadi salah satu primadona wisata yang ada di Yogyakarta. Bahkan tempat wisata di Jogja ini sudah terkenal hingga ke beragam belahan dunia. Candi Borobudur ini menjadi sebuah candi Budha yang paling besar di dunia. Lokasinya sekitar 40 KM dari Yogyakarta.

Buat kalian yang berkunjung kesana, sebelum memasuki area diharuskan untuk mengenakan sebuah sarung yang biasanya dipinjamkan di bagian pintu masuk Candi Borobudur. Jadi buat kalian yang sedang berada di Jogja jangan sampai lewatkan untuk berkunjung ke sana.

6. Istana Air Taman Sari

Istana-Air-Taman-Sari

Berbicara mengenai tempat wisata di Jogja memang tiada habisnya. Terlebih di Jogja ini juga tersedia tempat rekreasi sekaligus meditasi yang cocok untuk dikunjungi. Nama tempat wisatanya tentu saja Istana Air Taman Sari. Tempat wisata di Jogja yang satu ini dikenal banyak orang berkat keunikannya.

Udara yang ada di tempat wisata ini tergolong sejuk sekali, apalagi ada sebuah kolam buatan yang sudah dilengkapi dengan kebun bunga nan indah. Buat kalian yang ingin berkunjung ke sana, cukup menyiapkan budget yang terjangkau yakni Rp 5000 rupiah saja.

7. Pantai Nguluran

pantai nguluran
Image by: paketwisatajogja75.com

Teras kaca menjadi salah satu spot foto paling kece yang bisa kalian dapatkan di kawasan Pantai Nguluran. Lebih tepatnya lagi lokasi pantai ini berada di Ds. Gilikarto, Kec.Panggang, Kab.Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan yang perlu kalian tempuh untuk bisa mencapai lokasi hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 18 menit saja.

Spot foto yang sudah tersedia memang recommended sekali buat kalian yang suka selfie. Tiket masuk wisata pantai Nguluran ini juga murah sekali hanya dengan Rp 5.000 rupiah saja per orangnya. Sedangkan buat kalian yang ingin berfoto pada spot kaca maka kalian perlu mengeluarkan budget sebesar Rp 15.000 rupiah per orangnya.

8. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

jogja bay pirates adventure waterpark
Image by: pegipegi.com

Salah satu tempat wisata di Jogja yang terbaru dan sedang hits saat ini tentu saja Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark. Buat kalian yang ingin berwisata bersama keluarga dan anak pastinya tempat wisata tersebut cocok buat di kunjungi.

Jogja bay ini menjadi salah satu waterpark yang terbesar, tercanggih dan terlengkap yang ada di Indonesia. Tempat rekreasi yang satu ini tepatnya berada di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Sleman.

Jogja Bay merupakan tempat arena permainan air yang lebih mengacu pada waterbom Bali dan waterpark yang ada di Orlando AS. Wahana yang tersedia memang sengaja dilengkapi dengan 19 jenis wahana permainan yang menjadi unggulannya. Menariknya lagi di sekitar kawasan wisata sudah menyediakan area parkir yang mampu menampung 400 mobil, 30 bus dan juga 1000 kendaraan roda dua.

Buat kalian yang berencana untuk berkunjung kesana, kalian cukup menyiapkan budget yang sangat terjangkau sekali. Untuk anak-anak biaya tiketnya Rp 60.000, dewasa Rp 90.000 sedangkan untuk orang tua dengan usia diatas 65 tahun cukup membayar Rp 60.000 saja. Tempat wisata ini buka setiap harinya mulai dari jam 09.00 hingga jam 18.00 WIB.

9. Down World Jogja

Down World Jogja

Down World Jogja menjadi salah satu obyek wisata yang mampu menyajikan sensasi suasana terbalik layaknya di ruang angkasa. Buat kalian yang suka sekali selfie pastinya patut berkunjung di sini. Nuansa yang dihadirkan benar-benar keren dan unik bahkan membuat kalian merasa terpana.

Tempat wisata di Jogja ini masih mengusung sebuah tema tempat tinggal. Ada sekitar delapan spot menarik yang bisa kalian manfaatkan buat hunting foto. Semuanya memang menarik sekali mulai dari kamar mandi, ruang tamu, dapur, ruang makan, kids room, master bed room, laundry room bahkan ada pula ruangan 3D.

Bukan hanya sebuah posisi serba terbalik saja yang sudah tersedia, namun ada pula sebuah keunikan dari semua furniturenya. Jadi manfaatkan saja waktu kalian sebisa mungkin untuk berfoto di berbagai spot yang sudah tersedia.

Harga tiket masuk wisata Upside Down World Jogja ini terjangkau sekali untuk semua kalangan. Orang dewasa cukup membayar tiket masuk senilai Rp 50.000 saja. Kalian nantinya bakalan ditemani oleh seorang guest assistance yang nantinya memandu kalian saat berjelajah pada tiap spot yang telah tersedia.

Guest Assistance ini nantinyajuga menjadi juru foto sekaligus piñata gaya supaya kalian benar-benar mampu merasakan sebuah sensasi ruangan yang terbalik. Alamat dari tempat wisata ini mudah sekali untuk ditemukan yakni berada di Jl. Ring Road Utara, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata tersebut biasanya mulai buka dari jam 10.00 pagi hingga jam 19.00 malam.

10. Wisata Kalibiru

Wisata Kalibiru
Image by: kotajogja.com

Kini kita beralih ke darah barat kota Yogyakarta lebih tepatnya lagi di kabupaten Kulon Progo. Di sana ada salah satu lokasi wisata yang belakangan ini tengah naik daun yakni wisata Kalibiru.

Tempat wisata di Jogja ini memang menarik sekali untuk dikunjungi. Kalian bisa menikmati indahnya pemandangan alam sekitarnya dengan latar belakang waduk sermo. Bukan hanya itu saja, namun kalian juga bisa berfoto di sana.

Ada sebuah dek yang bisa anda pergunakan untuk berfoto. Tak perlu merasa khawatir lagi dengan keamanannya. Sebab seluruh kegiatan ini akan dilindungi dengan adanya tali pengaman.

Harga tiket masuk lokasi wisata Kalibiru ini memang terjangkau sekali untuk semua kalangan. Kalian hanya perlu menyiapkan budget sebesar Rp 80.000 rupiah saja untuk bisa memasuki lokasi wisata.

Buat kalian yang memang berkeinginan mengambil foto yang bagus namun tidak membawa kamera sendiri. Kalian tidak perlu merasa khawatir sebab sudah ada seorang fotografer yang nantinya bisa mengatur pose kalian sehingga hasil foto pun semakin menarik.

Hal yang sangat menyenangkan ini memang sayang jika kalian lewatkan begitu saja. Tak hanya berhenti di situ, di tempat wisata Kalibiru ini juga tersedia Bungalow yang bisa kalian sewa untuk menginap di obyek wisata tersebut. Bahkan buat kalian yang sedang merasa lapar, kini bisa membeli makanan pada stand yang telah tersedia dengan harga yang terjangkau.

11. Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo
Image by: kotajogja.com

Tempat wisata yang satu ini sebetulnya masih jarang sekali dikunjungi oleh para wisatawan. Hutan Mangrove ini telah membentang dari sungai Bogowonto dan nantinya bisa berakhir sampai Pantai Congot.

Memang tak perlu kita ragukan lagi bagaimana sosok Jogja yang sudah menjadi ikon dalam memanjakan para pengunjungnya terutama dalam hal wahana wisata yang sudah disediakan.

Dari segi namanya hutan Mangrove ini selalu menyajikan suasana yang berada di pinggir pantai dengan beragam pohon bakau yang akarnya selalu terlihat menantang buat para wisatawan yang memandang.

Bukan hanya itu saja, namun adanya dermaga yang sudah dibuat sedemikian rupa membuat kalian semakin santai menyusurinya sembari bergandengan tangan. Hanya saja ketika kalian berjalan di jembatan kayu yang sudah tersedia, alangkah baiknya lebih berhati-hati. Hal ini dikarenakan tidak adanya pembatas di bagian sebelahnya.

Buat kalian yang berkeinginan berkunjung ke hutan Mangrove ini bisa mengambil rute menuju ke arah jalan Wates baru kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke barat sampai pada terminal Wates.

Ikuti saja jalan dan di sekitar daerah itu nantinya bakalan ada banyak papan pemberi arah menuju ke Hutan Mangrove. Harga tiket masuk kawasan wisata ini cukup murah sekali untuk semua kalangan. Hanya dengan menyiapkan budget sekitar Rp 3.000 rupiah saja per orangnya kalian sudah mampu menikmati keindahan obyek wisata ini.

12. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut
Image by: wikimedia.org

Buat kalian yang suka sekali dengan keindahan wisata alam tentunya bisa berkunjung ke Air Terjun Kedung Pedut. Tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata air yang patut kalian kunjungi.

Lokasinya juga mudah untuk ditemukan yakni berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Giri Mulyo, Kabupaten Kulon Progo. Destinasi wisata yang satu ini masih tergolong baru sekali sebab baru dibuka dari bulan Februari 2015. Daya tarik air terjunnya ini berkat airnya yang jernih.

Meskipun tempat wisata ini belum lama berdiri, namun obyek wisata ini sudah menyediakan beragam fasilitas yang amat memadai. Beberapa fasilitas yang bisa kalian nikmati seperti halnya toilet, gardu pandang, kursi, pancuran buatan bahkan jembatan bamboo. Tiket masuk obyek wisata yang satu ini terjangkau untuk semua kalangan yakni Rp 3.000 rupiah saja.

13. Tebing Breksi

tebing breksi
Image by: beritagar.id

Buat kalian yang sedang bingung mencari tempat asyik buat liburan di Yogyakarta tentunya bisa dating ke Taman Tebing Breksi yang saat ini sedang menjadi hits. Tebing Breksi ini letaknya berada di Pedukuhan Nglengkong, Groyokan Sambirejo dimana tempat wisata tersebut sengaja menawarkan sebuah spot foto yang unik dan keren.

Di sana kalian bisa menemukan sebuah bongkahan bebatuan yang mana sebagian sengaja dipahat dengan ukiran nan cantik. Sebagai contoh pahatannya ini berbentuk layaknya wayang yang cocok menjadi latar belakang untuk berfoto.

Jika kita melihatnya secara sekilas, bebatuan yang ada di Taman Tebing Breksi ini hamper mirip dengan Brown Canyon yang menjadi ikon wisata Semarang. Bukan hanya bebatuannya saja yang terlihat indah, namun keindahan Candi Ijo dan Candi Ratu Boko berlatar Gunung Merapi saying jika dilewatkan. Di kaki Tebing Breksi ini terdapat sebuah Tlatar Seneng yang biasanya dipergunakan sebagai tempat pertunjukan.

Karena area yang ada di sekitar Tebing Breksi ini tiada pohon sama sekali, maka kalian yang ingin berkunjung ke sana perlu membawa topi atau sekedar menggunakan sunblock biar kalian tidak kepanasan. Lebih baik lagi jika kalian bisa datang ke tempat wisata ini ketika sore hari menjelam malam.

Harga tiket masuk kawasan wisata Taman Tebing Breksi ini sangat murah sekali. Kalian hanya membutuhkan budget sekitar Rp 5.000 rupiah saja. Tentunya harga tiket masuk kawasan wisatanya tergolong murah dan terjangkau untuk semua kalangan masyarakat. Jadi buat kalian yang sedang berada di Jogja jangan sampai lewatkan untuk berkunjung ke sana.

14. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk
Image by: eksotisjogja.com

Kini ada lagi tempat wisata di Jogja dengan pesona wisata alamnya yang patut buat kalian kunjungi yakni Air Terjun Sri Gethuk. Selain pantai yang begitu indah dan juga eksotis dengan pasir putihnya, di daerah yang terbilang kering juga tersedia air terjun yang terbilang indah dan menawan.

Air Terjun Sri Gethuk ini letaknya di ngarai Sungai Oya yang sudah membelah desa wisata Bleberan. Diantara tebing-tebing karst, air terjun tersebut mengalir tiada henti. Bahkan dibawahnya juga ada bebatuan yang bisa membentuk undak-undakan. Sehingga kesan yang unik dan mewah pun hadir dari tempat wisata di Jogja yang tergolong baru ini.

Buat kalian yang ingin berkunjung ke sana jangan khawatir lagi dengan permasalahan budgetnya. Untuk menikmati air terjun yang keren dan eksotis ini kalian cukup membayar tiket masuknya sebesar Rp 35.000 rupiah saja.

Tentunya harga tiketnya sangat terjangkau sekali untuk semua kalangan masyarakat. Bukan hanya air terjunnya saja yang bisa kalian saksikan. Namun disana kalian juga bisa menikmati sungai nan hijau, hamparan sawah, dan juga hutan yang berada di sepanjang perjalanan menuju ke air terjun utama.

15. Pantai Baron, Krakal dan Kukup

pantai baron krakal dan kukup

Buat kalian yang suka sekali berwisata ke wilayah pantai, jangan sampai lewatkan untuk berkunjung ke Pantai Baron, Krakal dan juga Kukup. Keindahan ketiga pantai tersebut sayang sekali jika kalian lewatkan begitu saja. Sekali jalan kalian bisa menikmati ketiga keindahan pantai tersebut.

Sensasi liburan dengan biaya yang murah meriah kini bisa anda rasakan hanya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari tentunya. Dulunya mungkin hanya pantai Krakal yang lebih dikenal oleh para wisatawan. Namun kini pantai Baron dengan kontur lembah dan pantai Kukup dengan keindahan pemandangan pegunungannya bisa kalian nikmati.

Tentunya masih banyak sekali tempat wisata di Jogja yang bisa kalian kunjungi bersama teman maupun anggota keluarga. Beberapa tempat wisata diatas menjadi referensi tempat wisata menarik yang mungkin bisa kalian kunjungi.

Tak perlu merasa bingung lagi menjadi tujuan wisata ketika sedang berada di Jogja. Kenyataannya memang banyak tempat wisata menarik yang unik dan menarik untuk dikunjungi.

Komentar disini