13 Tempat Wisata di Jambi Mampu Memikat Wisawatan

Tempat Wisata di Jambi

Kalimat.ID – Sudah pernahkah anda berkunjung ke Tempat wisata di Jambi? Jika sudah pastinya anda tak akan melewatkan waktu begitu saja untuk mengunjungi beragam tempat wisata menarik yang ada di sana.

Jambi, propinsi yang berada di Pulau Sumatera ini ternyata mempunyai banyak obyek wisata menarik yang patut dikunjungi. Tempat wisata di Bali ini sudah terbagi menjadi tiga kategori yakni obyek wisata buatan, obyek wisata alam maupun obyek wisata sejarah.

Tidak mau kalah dengan propinsi lainnya seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat dan juga Kepulauan Riau ternyata propinsi Jambi ini mempunyai potensi wisata yang menarik dan juga lebih mengesankan.

Anda ingin menjelajah kawasan apapun disana, bisa terwujudkan. Jadi tak perlu khawatir ataupun merasa bingung mencari lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Meskipun banyak destinasi wisata yang sudah tersedia, mungkin masih banyak yang belum mengenal lokasi wisatanya.

Tempat wisata di Jambi bakalan terus dikembangkan oleh pemerintah. Supaya anda bisa mencapai kota Jambi, biasanya anda perlu menempuh perjalanan darat, laut maupun udara. Setidaknya ada 10 kali penerbangan setiap kalinya menuju ke Jambi maupun keluar dari kota Jambi.

Menariknya lagi anda juga bisa mempergunakan kapal feri atau bahkan speed boat melewati pelabuhan Kuala Tungkal yang nantinya akan dilanjutkan melakukan perjalanan darat menggunakan travel supaya bisa sampai di kota Jambi. Bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan kesana, sebaiknya anda persiapkan budget yang cukup banyak.

Referensi Tempat Wisata di Jambi Terbaru Tahun 2019

Mungkin anda yang belum pernah ke Jambi merasa penasaran sekali dengan tempat wisata di Jambi. Yang pasti spot wisata yang ada disana bakalan membuat anda merasa ketagihan dan ingin mengeksplorasi lagi lebih dalam. Inilah berbagai tempat wisata di Jambi yang patut anda kunjungi, di antaranya:

1. Jambi Paradise

jambi paradise

Sebelum Jambi Paradise ini muncul, sebelumnya Jambi hanyalah kota yang terlihat biasa saja. Bahkan bisa dibilang membosankan karena obyek wisata yang mereka tawarkan hanya begitu saja.

Hal inilah yang mampu membuat banyak warga merasa kebingungan ingin menghadirkan tempat wisata yang baru. Hingga kini akhirnya muncullah tempat wisata baru dengan nama Jambi Paradise ini. Siapa sangka Jambi mengalami banyak perubahan yang begitu pesat termasuk dengan lokasi wisata yang ada disana.

Saat ini Jambi Paradise telah berubah menjadi ikon dari kota Jambi. Di sana memang menawarkan sebuah wisata air yang sudah dikemas berbeda dengan tempat yang lainnya. Letak dari tempat wisata ini berada di Kecamatan Pall Merah.

Harga tiket masuk kawasan wisata ini terjangkau sekali untuk semua kalangan masyarakat yakni Rp 20.000 rupiah saja. Alangkah baiknya anda berkunjung saat masih pagi sekitar jam 9 pagi sebab saat itu nuansanya masih tergolong teduh. Berbagai macam fasilitas pun telah tersedia di sana. Benar-benar paket wisata yang lengkap dan asyik untuk anda menghabiskan waktu liburan.

2. Candi Muaro Jambi

candi muara takus

Kini di Jambi anda juga bisa menikmati salah satu wisata sejarah yang sudah terkenal yakni Candi Muaro Jambi. Tempat wisata yang satu ini letaknya berada di Kabupaten Muaro Jambi.

Candi tersebut merupakan candi peninggalan dari Agama Hindu-Budha dari abad yang ke 11 Masehi. Siapa sangka ternyata kompleks dari candi tersebut menjadi salah satu kompleks paling luas yang berada di Indonesia.

Saat liburan telah tiba, banyak sekali pengunjung yang datang ke candi tersebut. Anda yang masih muda jangan sampai melewatkan begitu saja untuk berkunjung ke sana. Belajar sejatah memang hal yang penting bahkan menjadi ilmu tersendiri bagi kita. Kapan lagi kita bisa berwisata sekaligus belajar mengenai sejarah dari Candi Muaro Jambi ini.

3. Lubuk Penyengat

Lubuk-Penyengat

Bukan hanya Jambi Paradise saja tempat wisata di Jambi yang menarik untuk dikunjungi. Namun ada banyak tempat wisata menarik yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan yakni Lubuk Penyengat.

Lokasinya mudah sekali untuk ditemukan yakni berada di desa Baru Kecamatan Muara Sebo. Jika anda ingin berkunjung ke Lubuk Penyengat ini, lokasinya mudah ditemukan bahkan jaraknya hanya sekitar 15 km dari kota Jambi.

Pada awalnya Lubuk Penyengat ini tidak diperkenalkan sebagai lokasi wisata. Namun kemudian muncullah sebuah ide untuk membuatnya menjadi spot yang unik untuk berfoto. Memang banyak spot menarik yang bisa anda gunakan untuk berfoto.

Semisal saja patung dengan bentuk mirip telapak tangan yang terbuat dari lilitan rotan sehingga mampu dinaiki 5 orang. Tentunya para pengunjung yang datang kesana, bisa berfoto dari beragam sudut yang menarik.

Tak hanya itu saja, ternyata ada pula spot asyik lainnya seperti adanya simbol kata ”I love you” dan sebuah ayunan berbentuk sarang burung. Sementara itu untuk permainannya, tempat tersebut juga mempunyai fasilitas lainnya seperti beragam kerajinan dan spot foto seperti halnya perahu sampan yang nantinya bisa dipergunakan untuk mengelilingi sungai.

4. Pantai Pasir Putih Angso Duo

angsa duo
IMage by: prokabar.com

Ada lagi tempat wisata di Jambi yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yakni Pantai Pasir Putih Angsa Duo. Jadi buat anda yang suka sekali dengan wisata pantai, jangan lewatkan untuk menikmati keindahan pantai yang satu ini. Pantai ini terkesan sangat bersih bahkan pasirnya pun terasa lembut di kaki. Apalagi air lautnya juga jernih dengan ombak kecil yang sangat menenangkan.

Pantai Pasir Putih Angsa Duo ini mempunyai luas sekitar 3,5 hektar yang mampu membuat para pengunjungnya merasa terpukau. Keindahan panoramanya sekaligus ketenangannya memang mampu membuat siapapun merasa betah berada di sana.

Nikmati liburan anda dengan menghabiskan waktu bersama keluarga mengunjungi Pantai Pasir Putih Angsa Duo yang indah dan memikat ini. Kapan lagi bisa berwisata ke pantai dengan keindahan pasir putihnya yang memukau. Jadi jangan lewatkan waktu anda untuk berkunjung kesana. Pastinya akan ada banyak keseruan maupun pengalaman yang bisa anda dapatkan.

5. Geopark Merangin

Geopark Merangin

Tempat wisata di Jambi memang banyak sekali pilihannya. Bahkan semua tempat wisata yang telah tersedia mampu menghadirkan beragam keunikan dan keindahan yang mampu membuat siapapun merasa betah. Ada tempat wisata lain yang patut untuk dikunjungi yakni Geopark Merangin yang berada di Kabupaten Merangin.

Lokasi wisata ini menawarkan sebuah keunikan fosil flora maupun arum jeram. Usia fosil yang hamper 350 tahun ini menjadi daya tarik tersendiri dari tempat wisata yang satu ini. Supaya anda bisa sampai di lokasi wisata Geopark Merangin ini, dibutuhkan waktu sekitar 6 jam lamanya dengan menggunakan mobil dari kota Jambi.

Kekayaan yang ada di Kabupaten Merangin ini memang bukan hanya pesona alamnya saja yang terlihat indah. Namun ternyata di daerah ini juga mempunyai situs warisan dunia dengan beragam jenis fosil yang telah dikenal dengan Geopark Merangin.

Kealamian dari tempat wisata ini masih terjaga sampai saat ini. Meskipun tergolong dalam wisata alam, namun Geopark Merangin ini sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang memadai.

Mulai dari adanya jasa travel dari kota Jambi dan kota Bangko, ada pula fasilitas toilet, tempat parkir maupun mushola yang bisa memenuhi kebutuhan para pengunjungnya. Bagi para wisatawan yang ingin menikmati aktivitas arum jeram bisa menyewa perahu karet dengan biaya sebesar Rp 600.000 ribu untuk 5 orang.

Biaya sewa tersebut pastinya sudah termasuk dengan jasa guide yang nantinya akan menemani anda dalam berarung jeram dari titik start sampai finish. Memang banyak hal menarik yang bisa dinikmati saat anda berkeinginan menghabiskan waktu liburan disana.

6. Air Terjun Tegan Kiri

Air Terjun Tegan Kiri

Buat anda yang suka sekali menikmati wisata keindahan alam, jangan sampai lewatkan untuk berkunjung ke Air Terjun Tegan Kiri. Jika anda penasaran ingin berkunjung kesana, ternyata anda hanya perlu berkunjung ke Kabupaten Bungo Jambi.

Panorama keindahan air terjunnya memang indah dan memukau. Apalagi suasana udara yang ada disana begitu segar dan asri. Sehingga mampu membuat siapapun merasa betah saat berkunjung ke sana. Tempat wisata ini memang paling cocok buat anda yang menginginkan waktu quality time bersama dengan keluarga maupun teman.

Ketinggian dari air terjun Tegan Kiri ini berkisar 10 meter dengan air yang berasal dari perbukitan dengan ketinggian sekitar 26 meter. Hanya saja sayangnya lokasinya ini terbilang sedikit jauh bahkan anda membutuhkan tenaga ekstra supaya sampai di lokasi wisata. Anda bakalan menempuh jarak sekitar 30 km dari ibukota Kabupaten Bungo.

7. Kuliner Tanggo Rajo Jambi

Kuliner Tanggo Rajo Jambi
Image by: travelingyuk.com

Tanggo Rajo Jambi ini sebetulnya merupakan tempat naik turunnya penguasa baik itu Raja, Sultan, Gubernur atau bahkan lainnya. Saat ini tempat tersebut sering dikunjungi oleh masyarakat Jambi yang berkeinginan menikmati suasana di sore hari.

Bahkan menariknya lagi masyarakat sering menyebut tempat tersebut sebagai Ancolnya Jambi. Tempat wisata tersebut biasanya sering sekali di pergunakan untuk acara festival maupun acara lainnya berkat pemandangan yang begitu indah.

8. Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh
Image by: wikimedia.org

Memang banyak tempat wisata di Jambi yang menarik untuk dikunjungi. Kini anda bisa mencoba berkunjung ke Danau Gunung Tujuh yang berada di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Menariknya lagi disana tersedia air yang begitu jernih.

Menariknya danau ini sudah dilengkapi dengan barisan tujuh gunung yang telah mengelilingi danaunya. Inilah mengapa danau tersebut di beri nama Danau Gunung Tujuh. Buat anda yang berkunjung ke Jambi jangan sampai lewatkan untuk berkunjung ke sana.

Danau Gunung Tujuh menjadi salah satu obyek wisata andalan yang berada di propinsi Jambi. Danau ini memang danau tertinggi se-Asia Tenggara dengan ketinggiannya yang sudah mencapai 1.950 mdpl. Danau ini bahkan menjadi salah satu sumber air dari sungai Batang maupun air terjun telun berasap. Untuk bisa mencapai lokasi wisata ini memang cukup jauh dari kota Jambi.

Sebelumnya anda perlu pergi ke Sungai Penuh dengan batuan transportasi umum. Jarak yang ahrus anda tempuh supaya sampai pada lokasinya sekitar 500 km saja. Dimana anda membutuhkan waktu sekitar 10 jam lamanya.

Jika telah sampai di Sungai Penuh maka perjalanan kembali dilanjutkan hingga sampai di desa Pelompek yang berada pada kecamatan Kayu Aro dengan jaraknya sekitar 50 km. Setelah sampai di desa Kersik Tuo anda bisa beristirahat sejenak saja hingga akhirnya nanti melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk mencapai lokasi wisata.

9. Jembatan Gentala Arasy

Image by: tempo.co

Jembatan Gentala Arasy ini terbilang mengagumkan bahkan menjadi salah satu tempat wisata favorit yang bisa anda kunjungi bersama dengan keluarga untuk menghilangkan penat karena lelahnya beraktifitas.

Jembatan yang satu ini juga tak kalah asyik untuk dinikmati sendiri kala hati anda sedang merindu, gundah gulana atau bahkan tengah terluka. Jembatan yang satu ini letaknya berada di atas sungai Batang Hari dimana keindahannya tak perlu diragukan lagi.

Dengan adanya air yang tenang seolah bisa mengembalikan suasana hati anda yang sedang gundah ataupun pikiran anda yang sedang suntuk. Jembatan dengan panjang sekitar 503 meter ini memang menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata yang satu ini seringkali mendapatkan sebutan sebagai ikon baru dari kota Jambi dari masa ke masa.

Sementara itu di atas Menara Gentala Arasy juga tersedia jam besar yang baisanya bertentang dimana dentangannya ini menjadi pertanda bahwa waktu sholat sudah datang.
Ketika berada di pinggiran jembatan, anda bisa dengan mudah menemukan kuliner khas Jambi dan menikmati kuliner lezatnya disana.

Menariknya lagi jembatan ini letaknya berada persis di depan rumah Gubernur Jambi. Apabila anda berkeinginan datang kesana sebaiknya anda perlu bersiap untuk berjalan kaki sebab jembatannya masih belum diizinkan untuk dilalui kendaraan sepeda motor.

10. Danau Sipin

Tempat Wisata di Jambi Danau Sipin
Image by: ksmtour.com

Jika anda ingin menikmati udara nan segar dan suasana yang tenang tentunya anda perlu berkunjung ke Danau Sipin ini. Danau yang satu ini merupakan kawasan wisata alam dan juga budaya khas dari kota Jambi.

Dimana danau tersebut memang sudah memang sudah emmadukan sebuah kearifan local. Di sana juga sudah disediakan beragam fasilitas yang sudah mendapatkan perbaikan seperti halnya jogging track.

Danau dengan luasnya yang mencapai 89,2 hektar ini lokasinya begitu mudah anda temukan yakni berada di Kecamatan Telanaipura. Jika anda berasal dari pusat kota Jambi, maka anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 4 km saja.

Danau ini memang danau yang alami bahkan taka sing lagi bagi masyarakat umum kota Jambi. Pemandangan yang telah tersedia begitu eksotis sekali dengan semilir angin nan sejuk mampu membuat para pengunjung merasa betah disana.

Di tengah danau Sipin ini juga tersedia beberapa keramba ikan yang sengaja dibuat oleh para nelayan ikan. Danau ini biasanya sering dikunjungi saat menjelang sore hari tiba. Pemandangan matahari terbit atau sering disebut sunset ini mampu membuat siapapun merasa terpana dengan keindahannya.

11. Taman Rimba

Tempat Wisata di Jambi taman rimba
Image by: malaymail.com

Taman Rimba menjadi satu-satunya taman wisata fauna yang sudah menjadi kebanggaan bagi warga Jambi. Lokasi wisata Taman Rimba ini memang tak jauh dari area bandara. Jika anda ingin pergi atau pulang dari bandara biasanya akan melintasi kawasan wisata ini.

Sekarang ini Taman Riba menjadi daftar kunjungan wisata bagi mereka warga Jambi yang ingin menghabiskan waktu liburannya. Menarik sekali pastinya jika anda bisa berlibur di sebuah taman rimba denga segala jenis fauna yang telah tersedia.

Keanekaragaman hewan yang ada disana menjadi alasan bagi orang tua untuk membawa anaknya mengenalkan secara langsung hewan apa saja yang sudah ada. Kini para pengunjung yang dating mampu berinteraksi secara langsung dengan hewran yang tersedia.

Semisal saja memberikan makan pada hewan yang ada di sana. Kegiatan tersebut juga sudah dipantau secara langsung oleh para petugasnya. Bukan hanya kumpulan hewan saja yang ada disana namun ada pula sekitar 7 rumah adat dari beberapa kabupaten yang ada di Propinsi Jambi.

Para wisatawan yang berkunjung kesana pun bisa berfoto untuk mengabadikan moment bahagia saat menghabiskan waktu liburan di sana, menariknya disana juga ada area luas yang bisa dipergunakan untuk jogging di waktu sore hari. Biasanya saat hari minggu telah tiba, tempat tersebut dipenuhi oleh warga Jambi yang ingin berolahraga.

Tempat wisata ini di hari Senin hingga Minggu biasanya akan buka mulai dari jam 09.00 hingga 16.00 sore. Bahkan harga tiket masuk lokasi wisata ini sangat terjangkau sekali. Supaya bisa masuk ke area fauna, pengunjung dewasa hanya cukup menyiapkan budget Rp 7.000 rupiah saja. Sedangkan untuk anak-anak cukup dengan mengeluarkan budget sebesar Rp 5.000 rupiah.

12. Taman Anggrek Sri Soedawi

Desa-Fwisata-lubuk-penyengat-muaro-jambi
Desa-Fwisata-lubuk-penyengat-muaro-jambi

Kini anda bisa mengunjungi tempat wisata lain di Jambi yakni Taman Anggrek Sri Soedawi. Tempat wisata yang satu ini lokasinya berada di jantung kota dimana berhadapan langsung dengan kompleks perkantoran gubernur.

Sehingga taman yang satu ini bisa diakses oleh para pengunjungnya dengan mudah. Luas dari taman tersebut sekitar 1,5 Ha dimana didalamnya sudah tersedia koleksi tanaman anggrek lebih dari 60 jenis.

Dengan begitu para pengunjung yang datang kesana bakalan disuguhkan dengan keindahan warna-warni bunga anggrek dengan bau yang semerbak mewangi. Keasrian sekaligus kesejukan dari taman anggrek ini mampu membuat para pengunjungnya merasa betah saat di sana.

Apalagi ada sebuah fasilitas gazebo dan air mancur yang tak kalah menarik menghiasi taman tersebut. Khusus buat anda yang hobi berfoto pastinya taman ini menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang patut untuk dikunjungi saat berada di Jambi. Jangan sampai melewatkan waktu anda begitu saja untuk melewatkan moment indah saat di taman anggrek ini.

13. Hutan Pinus

Tempat Wisata di Jambi hutan pinus jambi

Sebagai kota yang berada di daratan rendah, sebetulnya memang sedikit sulit untuk bisa menemukan hutan pinus yang bisa tumbuh di kota Jambi. Tetapi kini anda harus tahu bahwa di kota Jambi sudah ada tempat wisata hutan pinus yang menarik untuk dikunjungi.

Lokasi wisata ini mudah sekali anda temukan. Hutan dengan luas sekitar 10 Ha ini memang sudah ditumbuhi oleh beragam jenis pohon. Tak hanya pinus saja namun ada pula pohon lainnya seperti halnya tembesu, bulian, dan gahar yang tak mudah anda temui di tempat yang lainnya.

Apabila anda sekarang ini sudah berada di Jambi, jangan lewatkan untuk mampir kesini. Beraga varietas burung serta kupu-kupu maupun serangga lainnya bisa dengan mudah anda temukan di sana. J

ika anda ingin menjelajah kawasan hutan pinus ini anda tak perlu khawatir lagi dengan jalurnya sebab sudah tersedia jalan setapak yang bisa membuat anda semakin asyik dalam menjelajah.

Berlibur dengan beragam petualangan menarik memang seru sekali. Apalagi hutan pinus ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang mungkin masih belum dikenal banyak orang.

Itulah tadi beberapa tadi beberapa tempat wisata menarik di Jambi yang bisa anda kunjungi bersama keluarga maupun teman yang ingin menghabiskan waktu liburan. Memang ada banyak sekali destinasi wisata yang cocok untuk dijadikan pilihan.

Setidaknya beragam referensi tempat wisata diatas bisa membantu anda yang sedang bingung mencari tujuan wisata menarik di Jambi. Jadi anda tak perlu bingung lagi mencari tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi saat sudah berada di sana.