15 Tempat Wisata di Jakarta Paling Hits dan Keren

tempat wisata di jakarta

Kalimat.ID – Tempat Wisata di Jakarta – Apa yang terbayang di pikiran anda tentang Kota Jakarta? Apakah itu kemacetan, banjir dan kebisingan? Selain menjadi pusat pemerintahan, Jakarta juga telah menjadi kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara.

Tak heran jika penduduk di Jakarta semakin padat berikut dengan problem seperti kemacetan dan sebagainya. Namun semua itu tidak artinya dibandingkan dengan harapan besar untuk mengadu nasib disana.

Namun, terlepas dari hingar-bingar dan segala problematika tersebut, Jakarta ternyata juga sangat layak dijadikan sebagai tujuan wisata. Banyak tempat-tempat wisata di Jakarta yang menarik bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Tempat Wisata di Jakarta Paling Hits dan Keren

Jakarta tidak hanya dipenuhi oleh pusat perbelanjaan dan cafe saja, namun juga menyediakan banyak tempat wisata lainnya, mulai dari wisata alam hingga wisata bersejarah.

Ingin tahu apa saja tempat wisata tersebut? Langsung saja simak uraian selengkapnya.

1. Ice Skating Sky Rink

Berwisata ke Ice Skating Sky Rink bisa menjadi pengalaman yang menarik, terutama untuk warga Jakarta yang terbiasa dengan cuaca panas dan berpolusi.

Tempat wisata yang berada di Mall Taman Anggrek Jakarta ini menjadi arena Ice Skating terluas di Asia Tenggara.

Ice Skating Sky Rink juga memiliki konsep yang cukup unik. Arena Ice skating ini juga memiliki temperatur yang sangat dingin, tapi jangan khawatir karena disana terdapat fasilitas yang cukup lengkap seperti kaos kaki dan sarung tangan.

2. Taman Taman Impian Jaya Ancol

Tempat wisata di Jakarta yang satu ini pastinya sudah dikenal banyak orang. Meski sudah tergolong lama, namun Ancol Dreamland tidak pernah sepi pengunjung. Tak hanya wisatawan lokal, Ancol juga banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Ancol terletak di wilayah yang sangat strategis sehingga sangat mudah untuk dikunjungi. Di Ancol, banyak sekali wahana menarik yang bisa dicoba oleh siapapun, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Beberapa wahana yang cukup menarik yaitu Dunia Fantasi, Sea World, Gelanggang Samudera. Setelah puas menjajal berbagai wahana, anda juga bisa menikmati sajian berbagai kuliner di restoran atau mengelilingi Mall yang ada disana.

3. Dufan (Dunia Fantasy)

Selain Ancol, Dufan juga merupakan Tempat Wisata di Jakarta yang paling ramai dikunjungi. Meski tidak terlalu luas, namun Dufan juga memiliki banyak wahana yang menarik untuk dicoba.

Di Dufan, banyak spot-spot menarik dengan background berbagai Negara seperti Amerika dan Eropa. Tak hanya itu, dari setiap spot tersebut juga tersedia berbagai wahana yang menarik seperti kolam renang dan lainnya.

4. Pelabuhan Sunda Kelapa

Objek wisata yang satu ini sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati sunset di Ibukota. Di Pelabuhan Sunda Kelapa anda bisa menikmati indahnya pemandangan saat matahari terbenam.

Di tempat ini juga berjejer kapal-kapal kayu yang membuat pemandangan disana terlihat unik. Untuk menikmati keindahan panorama di Pelabuhan Sunda Kelapa, sebaiknya anda bersiap kesana mulai pukul 4 sore.

5. Atlantis Water Adventure

Tempat wisata di Jakarta berikutnya yang tak kalah menarik adalah Atlantis Water Adventure. Di tempat wisata ini, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai wahana air yang seru dan menyenangkan.

Objek wisata yang satu ini menyediakan banyak fasilitas seperti 13 jenis permainan serta 8 kolam utama. Kolam kolam tersebut namanya diambil dari tokoh-tokoh Yunani seperti Antila, Poseidon, Aquarius dan Plaza Atlas.

Objek wisata ini juga dilengkapi kolam arus yang apik yang dilengkapi dengan perahu karet. Pengunjung bisa menaiki perahu karet tersebut sambil mengikuti gerakan arus kolam sambil melihat pemandangan disekitar.

Khusus untuk wisatawan yang tidak bisa berenang, bisa mendatangi kolam apung. Kolam apung tersebut mengandung kadar garam yang sangat tinggi sehingga para wisatawan yang berenang disana tidak akan tenggelam, walau tanpa pelampung sekalipun.

Selain itu, ada satu lagi kolam yang cukup unik, yaitu kolam ombak. Di kolam ini, wisatawan akan merasakan ombak buatan seperti di Pantai selama 15 menit tiap 1 jam.

Wahana lainnya yang paling mengundang perhatian adalah seluncuran terpanjang di Indonesia, Crazy Highest Longest Slide. Dalam wahana ini terdapat 2 tabung seluncur yang masing-masing memiliki panjang 122 meter dan 149 meter.

6. Kepulauan Seribu

Objek wisata lainnya dari Jakarta yang sangat terkenal adalah Kepulauan Seribu. Lokasinya yang tidak jauh dari Kota Jakarta membuat kepulauan seribu menjadi objek wisata paling diincar saat akhir pekan.

Kepulauan Seribu tidak seperti pesisir utara Jakarta yang sangat kumuh dan tidak terawat. Kepulauan Seribu memiliki panorama yang sangat cantik, dengan air lautnya yang bersih dan jernih.

Tak hanya itu, Kepulauan Seribu dijuluki sebagai Maldiven van Java karena adanya deretan pulau-pulau tropis yang menyerupai Maladewa.

Kepulauan Seribu terdiri dari ratusan pulau yang sebagian besar diantaranya tidak berpenghuni. Walau tak berpenghuni, namun wisatawan justru semakin banyak yang tertarik untuk berkunjung kesana.

Beberapa pulau yang paling banyak dikunjungi dari Kepulauan Seribu yaitu Pulau Tidung, Pulau Bidadari, Pulau Harapan, Pulau Pari, dan masih banyak lagi.

Secara keseluruhan, pulau-pulau tersebut menyajikan pemandangan yang indah dan suasana yang tenang sehingga sangat cocok untuk bersantai.

7. Pelabuhan Marina

Pelabuhan Marina juga menjadi tempat wisata di Jakarta yang sangat layak dikunjungi. Bukan sekedar pelabuhan biasa, di Pelabuhan Marina disediakan berbagai wahana mengasyikan seperti diving, ski air, wind surfing dan sailing.

Pelabuhan yang satu ini dijadikan dermaga bagi kapal pesiar pertama dan terlengkap di Indonesia. Dari Pelabuhan ini, pengunjung juga bisa menuju Kepulauan Seribu.

8. Kidzania Jakarta

Tempat wisata di Jakarta yang satu ini letaknya berada di Senayan, Jakarta Selatan. Kidzania Jakarta merupakan pusat hiburan yang diperuntukkan untuk anak-anak. Tak hanya itu, objek wisata ini juga menawarkan konsep edukasi sebagai sarana belajar.

Disana terdapat miniatur kota berukuran mini yang lengkap dengan berbagai bangunan seperti kawasan industri, rumah sakit dan masih banyak lagi.

Konsep tersebut memudahkan anak-anak untuk mempelajari berbagai profesi pekerjaan hingga mempraktekkannya secara langsung.

9. Jembatan Kota Intan

Objek wisata berikutnya yang bisa anda jadikan alternatif adalah Jembatan Kota Intan. Usia jembatan ini sudah cukup tua karena telah dibangun sejak tahun 1628. Jembatan ini memiliki lebar 4,43 meter dan panjangnya 30 meter.

Di Jembatan Kota Intan ini, pengunjung bisa merasakan sejarah dan suasana masa lampau. Jembatan ini juga kerap dijadikan tempat observasi budaya dan sejarah. Bahkan, banyak yang menjadikan Jembatan ini sebagai background untuk foto pre-wedding.

10. Museum Fatahillah Jakarta

Selain Jembatan Kota Intan, ada lagi satu tempat wisata di Jakarta yang berkaitan dengan sejarah, yaitu Museum Fatahillah Jakarta. Objek wisata yang juga dikenal dengan Museum Batavia ini berlokasi di Jalan Taman Fatahillah.

Museum ini telah berdiri sejak tahun 1710 dan memiliki luas 1300 meter. Koleksi benda-benda bersejarah yang ada di museum ini cukup banyak, dari mebel antik abad ke-17, lukisan Gubernur Jenderal VOC, pedang eksekusi hingga meriam si Jagur yang ikonik.

Museum Fatahillah ini setidaknya menyimpan hingga 23.500 benda-benda peninggalan sejarah dan juga koleksi benda pra-sejarah.

Jika anda sedang berkunjung ke Kota Jakarta, tidak ada salahnya untuk menyambangi Museum yang sangat erat dengan sejarah ini.

11. Planetarium Jakarta

Planetarium Jakarta merupakan salah satu objek wisata edukasi yang sangat menarik. Objek wisata ini berlokasi di daerah Cikini, Jakarta Pusat.

Saat mengunjungi Planetarium ini, anda akan melihat jajaran bintang dan planet di luar angkasa. Untuk dapat menikmati pemandangan luar angkasa, tentunya anda harus mengunjungi Planetarium Jakarta di malam hari.

12. Kampung Main Cipulir

Objek wisata ini meskipun terletak di kawasan yang padat penduduk, namun suasana pedesaannya masih sangat kental.

Kampung Main Cipulir berdiri diatas lahan seluas 3,5 hektar. Di Kampung Main Cipulir anda bisa menikmati suasana pedesaan yang asri sambil berkuda dan bermain futsal. Tak hanya itu disana juga disediakan tempat bermain trampoline, arena outbond dan flying fox.

13. Wisata Alam Angke Kapuk

Wisata Alam Angke Kapuk bisa menjadi alternatif objek wisata yang patut dikunjungi untuk sekedar melepas penat di akhir pekan. Wisata alam ini berada diatas lahan seluas 99,82 hektar dengan udaranya yang segar.

Objek wisata yang satu ini menawarkan hutan mangrove yang rindang dan menghijau. Anda bisa menjadikannya background untuk berfoto ria. Disana juga disediakan perahu bagi wisatawan yang ingin menjelajahi hutan mangrove.

Jenis perahu yang disediakan ada dua macam, yaitu perahu yang menggunakan mesin dan perahu yang didayung secara manual. Tempat ini juga menyediakan fasilitas lain seperti restoran dan penginapan.

14. Setu Babakan Jakarta

Setu Babakan Jakarta adalah salah satu tempat wisata di Jakarta yang berupa kawasan berupa cagar budaya. Di tempat ini, anda bisa melihat berbagai peninggalan khas budaya betawi dan juga sebuah danau besar.

Di Setu Babakan Jakarta anda bisa menyaksikan secara langsung budaya asli betawi seperti cara mereka berdagang, bercocok tanam, membuat kerajinan tangan hingga mengolah makanan khas.

Selain itu, disana anda juga bisa menikmati berbagai kuliner khas betawi seperti soto betawi, kerak telor, hingga kue apem.

15. Jakarta Aquarium

Ada satu lagi tempat wisata di Jakarta yang wajib anda kunjungi, yaitu Wisata Jakarta Aquarium. Tempat ini bekerjasama dengan KLCC dan Taman Safari sehingga menjadi area konservasi satwa.

Jakarta Aquarium menyajikan keanekaragaman satwa darat dan satwa air Indonesia. Di dalam Aquarium Jakarta, anda bisa melewati Otter Tunnel yang berupa terowongan kaca untuk mengamati gerak-gerik Touch Pool, berang-berang.

Ada juga kolam sentuh yang memungkinkan para pengunjung untuk menyentuh hewan air. Selain itu, di Jakarta Aquarium anda juga bisa menyelam dengan ikan hiu, dengan syarat telah memiliki sertifikat selam.

Kegiatan menyelam tersebut dipandu dengan instruktur berpengalaman sehingga terjamin keamanannya.

Jika tidak mempunyai sertifikat menyelam, anda bisa mencoba seatrekking untuk melihat secara langsung atraksi satwa air. Sebelumnya, anda harus mengenakan helm dan oksigen yang telah disiapkan untuk memudahkan anda menyelam.

Jakarta Aquarium juga menggelar Pearl of The South Sea yang merupakan pertunjukan teatrikal dan atraksi satwa dengan menyadur dari cerita rakyat.

Itulah berbagai tempat wisata di Jakarta yang paling menarik untuk dikunjungi. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin berlibur bersama teman atau keluarga tercinta.

Komentar disini