7 Tempat Wisata di Garut Nan Indah Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Garut

Kalimat.ID – Garut memang memiliki sejuta tempat wisata alam nan indah yang wajib Anda kunjungi bagi warga Jawa Barat dan sekitarnya, disini banyak sekali tempat wisata di Garut yang bisa Anda kunjungi baik wisata alam dan buatan.

Selain terkenal dengan dodol Garut dan kuliner lainnya, Garut juga memiliki potensi alam lainnya yang bisa dijadikan referensi untuk Anda berlibur bersama keluarga, sanak saudara bahkan rekan bermain dan bekerja Anda.

Kesenian di daerah Garut juga menjadi daya tarik tersendiri selain tempat wisata di Garut, bisa dikatakan bahwa Garut ini memang top deh untuk dijadikan referensi tempat wisata yang bagus selain Bandung, Tasikmalaya dan daerah sekitarnya.

Berikut 7 Tempat Wisata di Garut Dengan Keindahan Luar Biasa

Tempat wisata di Garut memang memiliki ekosistem alam yang baik dan bagus, sehingga pemerintah dan perusahaan swasta bisa memanfaatkan ini untuk menjadi sebuah bisnis bagi mereka, dengan memanfaatkan keindahan alam mereka bisa memperdayakan alam dan masyarakat sekitar, dengan adanya tempat wisata.

1. Darajat Pass

darajat pass

Tempat wisata di Garut yang pas dan cocok adalah tempat wisata bernama Darajat Pass dimana ini merupakan tempat wahana hiburan yang sudah dibangun sejak tahun 2010 lalu, untuk lokasinya sendiri berada di Desa Padawas, Kec. Pasirwangi, Kab. Garut.

Sejak pertama kali dibangun dan diresmikan Darajat Pass ini tidak pernah sepi dari pengunjung warga sekitar bahkan daerah sekitarnya seperti Tasikmalaya dan Bandung serta daerah lainnya, kenapa selalu ramai karena disini tidak dibatasi untuk jam bukanya dan hampir setiap hari buka, maka dari itu walaupun hari kerja akan selalu ramai apalagi hari libur pastinya akan melebihi kapasitas yang ada.

Jika berkunjung kesini apa saja sih fasilitas yang ada? Anda jangan khawatir disini fasilitasnya sudah cukup lengkap dan memadai, seperti wahana Waterboom, tentu ini menjadi Andalan tempat wisata Darajat Pass jika Anda berkunjung kesini, disini Anda bisa bermain air sepuasnya.

Waterboom nya disini juga cukup lengkap, seperti fasilitas ember tumpah, pemandian air hangat ini juga cocok bagi Anda yang ingin melenturkan otot-otot melepas penat setelah seharian bekerja, juga disini tersedia Waterboom untuk orang dewasa bahkan Anak-anak jadi Anda tidak perlu khawatir membawa sang buah hati untuk kesini.

Selain tempat wisata Waterboom di Darajat Pass juga memiliki tempat wisata lainnya seperti Outbound, disini Anda akan bermain seperti konsep outbound pada umumnya, namun yang berbeda adalah disini ada pemandian air hangat, dimana Anda sudah bermain outobund dan baju kotor Anda bisa langsung mandi disini, maka di sinilah letak perbedaannya dengan outbound lainnya.

Jika Anda pecinta ketinggian dan pemacu adrenalin Anda juga bisa mencoba salah satu Wahana yang ada di Darajat Pass tidak kalah serunya yakni Flying Fox, disini Anda akan bisa menikmati keindahan Darajat Pass dari ketinggian sambil memacu Adrenalin, untuk peralatannya cukup aman jadi bisa Anda coba untuk menikmati wahana yang berada di Darajat Pass Garut ini.

Anda sesampai di tempat wisata Garut bernama Darajat Pass ini tak perlu risau untuk mencari sebuah tempat penginapan, disini juga disediakan tempat penginapan yang cukup bagus, konsepnya sendiri tidak jauh seperti villa-villa kecil yang berada di Puncak Bogor.

Selain itu juga Anda bisa menikmati kuliner yang ada disana, Anda dijamin tidak akan merasa kelaparan jika sudah sampai disini, selain menyediakan menu makanan khas daerah Garut terutama masakan sunda, disini juga Anda bisa menikmati jajanan pinggiran ala gerobakan seperti penjual cilok dan lain sebagainya.

Untuk bisa memasuki area wisata Darajat Pass untuk tiket masuknya jika di hari Weekend dikenakan biaya sebesar 30 Ribu untuk kalangan dewasa dan untuk anak-anak sebesar 35 ribu rupiah. Namun tentu saja harga bisa saja berubah tergantung dari kebijakan dari pengelola Darajat Pass.

2. Gunung Guntur

gunung guntur
Image by: republika.co.id

Tempat wisata di Garut selanjutnya adalah sebuah tempat wisata alam yang biasa dijadikan sebuah trek pendakian oleh para pendaki yakni Gunung Guntur, jika Anda orang Indonesia yang suka atau hobi mendaki Gunung Guntur ini cocok untuk dijadikan list dalam daftar tempat wisata sekalian jalur pendakian yang bisa Anda lalui.

Namun tak usah khawatir jika pergi ke Gunung Guntur karena disini ada penyewaan tenda dan alat-alat camping lainnya yang bisa Anda sewa, misalnya Anda lupa membawa mantel hujan disini juga disediakan, berikut daftarnya untuk Anda:

1. Tenda Kapling 6, Seharga Rp.65.000,-
2. Tenda Kapling 4, Seharga Rp.45.000,-
3. Tenda Kapling 2, Seharga Rp.30.000,-
4. Flysheet 3×4, Seharga Rp.15.000,-
5. Senter, Seharga Rp.5.000,-
6. Hammock, Seharga Rp.15.000,-
7. Kompor, Seharga Rp.15.000,-
8. Matras, Seharga Rp.5.000,-
9. Nesting, Seharga Rp.15.000,-

NOTE: harga sewaktu-waktu akan berubah, maka dari itu ini hanya menjadi patokan harga saja, jadi sebaiknya Anda membawa lebih uang untuk antisipasi lupa membawa perlengkapan Anda bisa menyewanya disini.

3. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang

Selanjutnya adalah Pantai Sayang Heulang salah satu tempat wisata di Garut yang wajib Anda sambahi ketika berada di Garut, selain menawarkan keindahan alam juga disini Anda bisa menikmati hembusan angin pantai nan indah serta menikmati wahana yang ada disana.

Jika kategori ombak di Pantai Sayang Heulang cukup besar ketika pasang air laut, namun ketika air surut Anda bisa menyaksikan dengan mudah ikan-ikan yang berenang di Pantai Sayang Heulang, ada yang bersembunyi dibalik bebatuan dan terumbu karang.

Bagi Anda pecinta Snorkeling yakni wisata laut yang menyediakan wahana penyelaman nah maka Pantai Sayang Heulang cocok untuk Anda, disini Anda bisa mencobanya, walaupun pihak dari pengelola Pantai Sayang Heulang belum menyediakan alat perlengkapan selamnya, namun tak salah Anda juga bisa membawanya sendiri dari rumah.

Selain menikmati keindahan pantai dan menyelam, Anda juga bisa bermain voli disini, namun sedikit berbeda dengan voli pada umumnya yang mana dilakukan diarena beralaskan semen, namun jika bermain di pantai Anda bisa menikmati hentakan kaki dengan pasir nan lembut dari Pantai Sayang Heulang ini.

Selain itu Anda juga bisa menikmati keindahan alam lainnya seperti sunset yang biasanya ada di pantai pada umumnya, namun jika Anda berniat melihat matahari terbenam dan ingin bermalam disana, juga ada tempat penginapan yang terbilang cukup murah atau low budget yakni dengan merogoh kocek sebesar 150 ribu saja Anda sudah bisa beristirahat disana dengan nyaman dan aman.

Tak kalah menarik adalah Anda bisa mencoba Motor, ya motor yakni Motorcross, selain memiliki garis pantai yang panjang Anda bisa mencoba bermotoran dipantai, namun tetap harus menjaga lingkungan ya, dan juga lihat para pejalan kaki agar tidak terkena tabrak.

Jika Anda ingin bermalam disini Anda juga bisa berkemah ko, tak hanya perlu menginap di penginapan, untuk alat kampingnya Anda bisa membawa sendiri, untuk akses listrinya juga lumayan ada 24 jam, namun sebaiknya jika ingin mendirikan tenda jangan terlalu dekat dengan bibir pantai, takut air pasang nanti tenda Anda jadi basah kuyup.

Untuk bisa kesini jaraknya sih lumayan juga, sekitar 89 Kilometer, jika ditempuh oleh kendaraan pribadi baik motor dan mobil bisa menempuh waktu sekitar 2 hingga 5 jam saja untuk sampai kesini, untuk tiket masuknya sendiri terbilang cukup murah yakni cukup mengeluarkan budget 5 ribu rupiah per-orangnya.

4. Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas
Image by: pergidulu.com

Tempat wisata di Garut Kawah Talaga Bodas merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi juga oleh warga Garut dan sekitarnya, Kawah Talaga Bodas juga bisa menjadi alternatif wisata selain gunung Papandayan yang juga menyajikan berbagai keindahan dan wisata alamnya.

Kawah Talaga Bodas memiliki arti yakni Telaga yang memiliki arti sebuah Danau dan Bodas itu sendiri diambil dari bahasa sunda yang artinya putih, jadi Bodas itu putih, kenapa diberikan nama itu, karena air yang berada di danau ini umumnya berwarna putih.

Objek wisata Kawah Talaga Bodas ini dikelola oleh BKSDA JABAR II, status lahan sendiri dimiliki oleh Departemen Kehutanan jadi tidak jauh ini dikelola oleh Pemda JABAR dibawah kendali Departemen Kehutanan, saat ingin kesana Anda juga di suguhkan berbagai keindahan alam berupa pepohonan rindang dan rimbun.

Untuk bisa pergi kesana, jika Anda naik kendaraan umum, tempat wisata Kawah Talaga Bodas berada di desa Sukamenak, jika dari terminal Garut (Jika naik Bus) jaraknya kelokasi sekitar 20KM-an, jika ditempuh menggunakan kendaraan pribadi sekitar 30 hingga 1 jam-an untuk sampai kesana. Untuk kondisi jalannya cukup baik, dan tidak memiliki jalan berlubang atau jelek.

Untuk bisa menikmati keindahan dari tempat wisata Kawah Talaga Bodas Anda dikenakan biaya sebesar Rp. 950.00 rupiah/orang ini sudah termasuk kedalam asuransi. Sedangkan untuk parkir kendaraan pribadi jika kesana menggunakan kendaraan pribadi Anda dikenakan biaya Parkir sebesar Rp. 2.000 hingga RP. 10.000 untuk kendaraan roda dua dan empat.

Jika sesampai Kawah Talaga Bodas Anda bisa melihat secara langsung sebuah danau kecil nan indah yang berada di atas pegunungan, keunikan ini ditambah dengan airnya yang berada di danau berwarna putih, inilah ciri khas dari tempat wisata Kawah Talaga Bodas di Garut yang bisa Anda kunjungi.

5. Curug Orok

curug orok

Tempat wisata di Garut selanjutnya adalah sebuah Curug (Air Terjun) bernama orok, atau biasa disebut Curug Orok, Curug Orok sendiri berada di kawasan wisata air terjun yang berada di sisi selatan dari kota Garut.

Curug Orok merupakan beberapa daftar dari sekian banyak tepat wisata curug yang berada di Garut yang akan penulis bahas kali ini, Curug Orok merupakan wahana wisata alam berupa air terjun yang berada di hulu sungai, selain menyajikan wisata keindahan alam disana juga Anda bisa bermain air yang sejuk, dingin, dan jernih tentunya.

Untuk bisa kesana jika Anda berada dipusat kota Garut, dapat melanjutkan perjalanan ke daerah Cikajang, sejarak 25 KM dari arah selatan Kota, sesampai disana akan melalui jalan bernama Jl. Raya Cimanuk, Jalan Raya Bayongyang, Jl. Raya Cisurupan, hingga sampai di desa Cikandang, Kec. Cikajang, namun untuk lebih mudahnya Anda bisa menggunakan GPS pada Smartphone Anda.

Selama perjalanan untuk menuju tempat wisata Curug Orok, Anda akan disajikan berbagai pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk dan segar, maka jika kesana sebaiknya naik kendaraan roda dua, agar mudah singgah dan berhenti dimana saja, untuk mendapatkan spot menarik diambil gambarnya, dan di upload ke sosial media Anda.

Untuk bisa masuk ke tempat wisata Curug Orok Anda dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000/orang nya, sedangkan untuk parkir kendaraan bayarnya sama saja tidak jauh dengan tempat wisata lainnya yang berada di Garut.

Curug Orok sendiri berada di sebuah lembah, maka untuk bisa sampai kesini Anda harus berjalan kaki untuk bisa sampai, dari jauh sudah terdengar suara gemuruh gemercik dari air Curug Orok, sesampai disana penat dan lelah Anda terbayarkan dengan keindahan dan pesona dari Air Terjun dengan memiliki ketinggian hingga 40 meter, juga selama perjalanan Anda akan melihat beberapa curug kecil yang menambah penyemangat untuk sampai disana.

Nah kenapa di sebut namanya Curug Orok, Curug sendiri diambil dari bahasa Sunda yang memiliki arti air terjun, dan orok sendiri adalah nama untuk anak kecil yang baru lahir atau Bayi, maka dari itu diambil nama Curug Orok karena ada sebuah cerita seorang anak bayi dibuang kesana, namun itu hanya cerita saja, tak usah dipercaya.

Untuk sesampai disana, sebaiknya Anda membawa perbekalan berupa makanan berat dan ringan, dan juga tikar, sesampai disana Anda bisa makan cemilan dengan menikmati keindahan alam dari Curug Orok yang berada di Garut, namun ingat tetap menjaga KEBERSIHAN dan LINGKUNGAN agar tetap terjaga, maka dari itu sebaiknya siapkan kantong plastik ukuran besar untuk menyimpan tempat sampah dan sesampainya Anda turun bisa bawa sampah itu ke tempat pembuangan sampah yang berada di pintu masuk (tiket).

6. Situ Bagendit

situ bagendit
Image by: wikimedia.org

Situ Bagendit merupakan sebuah danau yang diambil dari nama Situ yang memiliki arti sebuah danau dari bahasa sunda, dan Bagendit sendiri merupakan nama dari danau itu sendiri, berada di desa Bagendit, Kec. Banyuresmi, Kab. Garut, Situ Bagendit merupakan sebuah tempat wisata alam berbentuk danau.

Jika sesampai disana Anda bisa melakukan berbagai aktivitas dalam menikmati keindahan alam yang disajikan disana, baik itu wahana yang sudah disediakan oleh pihak pengelola seperti menyewa sebuah sampan atau perahu, serta bisa menikmati keindahan alam dan mengambil gambar serta udara yang segar dan sejuk bisa Anda nikmati ketika berada disana.

7. Cagar Alam Leuweung Sancang

Cagar Alam Leuweung Sancang

Jika berkaca kenegara tetangga di Thailand ada sebuah tempat Cagar alam bernama Khao Yai National Park yang terkenal hingga dunia, hingga diresmikan oleh UNESCO sebagai cagar alam bersejarah didunia, dengan hamparan dan bukit-bukit menambah kesan keindahan dari Khao Yai National Park.

Nah di Indonesia sendiri juga tak kalah memiliki cagar alam yang tak kalah kerennya dari Khao Yai dari Thailand, berada tepat di Garut, di Kecamatan Cobalong, Kab. Garut, lebih tepatnya lagi berada di selatan Garut berbatasan langsung dengan Kab. Tasikmalaya.

Untuk bisa membuat cagar alam yang baik dan bagus memang membutuhkan dana yang cukup besar, dengan luas hamparan sekitar 2.157 Hektar dan luas perairan hingga mencapai 1.150 Hektar, Cagar Alam Leuweung Sancang secara umum merupakan hutan alam yang menghadap langsung ke Samudera Pasifik.

Jika sudah sampai ke tempat wisata Cagar Alam Leuweung Sancang Anda langsung bisa menikmati keindahan dan hamparan luas laut yang tak bertepi itu, sungguh memanjakan mata dengan pemandangan yang eksotisme.

Banyak juga para wisatawan yang datang kesini bukan hanya sekedar menikmati keindahan alamnya, ada juga yang memancing, berfoto ria, berkemah atau Camping juga ada, kebanyakan dari mahasiswa dan anak sekolahan yang datang kesini sambil menimba ilmu, dimana disini bisa dijadikan tempat rekreasi sekaligus penelitian bagi mereka yang belajar ilmu alam.

Nah berikut diatas beberapa ulasan yang bisa dijadikan sebuah referensi jika ingin berwisata ke daerah yang terkenal dengan Dodol nya ini, selain terkenal dengan Dodol Garut juga memiliki potensi wisata yang sangat baik dan indah loh.

Komentar disini