17 Tempat Wisata di Bukittinggi yang Patut Dikunjungi

tempat wisata di bukittinggi

Kalimat.ID – Beragam tempat wisata di bukittinggi tidak bisa dipandang sebelah mata. Kota yang berada di pulau Sumatera ini mempunyai pesona alam yang memikat hati. Tak hanya itu, berbagai objek wisata lainnya berupa situs budaya, situs sejarah hingga spot-spot foto yang keren juga sangat memanjakan pengunjung.

Di Sumatera Barat sendiri, Bukittinggi merupakan kota dengan perekonomian terbesar kedua setelah Kota Padang. Bukittinggi juga menjadi kota bersejarah karena pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia pernah menjadi ibukota Indonesia.

Selain itu, Bukittinggi juga merupakan tempat lahir serta dibesarkannya beberapa pahlawan Indonesia. Secara geografis, Bukittinggi berada diantara Pegunungan Bukit Barisan, tepatnya 90 kilometer dari pusat Kota Padang.

Bukittinggi juga berada diantara Gunung Singgalang dan Gunung Marapi yang berstatus aktif hingga kini. Bukittinggi udaranya cukup sejuk ketinggiannya 900 meter diatas permukaan laut. Itulah alasan mengapa Kota Bukittinggi cukup menarik untuk dikunjungi.

Berikut 17 Tempat Wisata di Bukittinggi yang Menarik Untuk Dikunjungi

Jika anda berencana untuk menghabiskan waktu liburan, jangan ragu untuk berkunjung ke Kota Bukittinggi. Meskipun tidak sepopuler Kota Padang, namun objek-objek wisata yang ada di Bukittinggi tidak kalah kerennya jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Langsung saja kita simak beberapa tempat wisata di Bukittinggi berikut ini:

1. Jam Gadangjam gadang tempat wisata di bukittinggi

Jika di Kota Jakarta ada Monas sebagai ikon, maka di Kota Bukittinggi ada Jam Gadang. Ikon Kota Bukittinggi berukuran 13 x 4 meter ini berada di sekitar Istana Bung Hatta. Jam gadang cukup banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan dalam negeri hingga wisatawan mancanegara.

Para wisatawan biasanya akan menikmati keindahan Jam Gadang dengan berkeliling di sekitarnya, yaitu pada kawasan Taman Sabai Nun Aluih. Untuk menambah kenyaman para pengunjung, Taman di sekitar Jam Gadang juga dilengkapi dengan kursi-kursi beton.

2. Lobang Jepang

tempat wisata di bukittinggi lubang jepang
image by: wikimedia.org

Lobang Jepang merupakan salah satu tempat wisata di bukittinggi yang lekat dengan sejarah. Lobang Jepang merupakan bangunan yang berdiri sejak zaman penjajahan Jepang. Lobang Jepang memiliki panjang 1.470 meter dan memiliki kedalaman hingga 40 meter di bawah Ngarai Sianok.

Uniknya lagi, Lobang Jepang mempunyai 21 buah terowongan. Pada zaman penjajahan Jepang, terowongan-terowongan tersebut digunakan sebagai ruang pertemuan, tempat tingga, ruang amunisi, ruang dapur, ruang penyergapan sekaligus ruang tahanan dan penyiksaan.

Saat mengunjungi Lobang Jepang, anda akan turut merasakan perjuangan rakyat Indonesia dan para pahlawan nasional pada masa penjajahan Jepang.

3. Lembah Ngarai Sianok

tempat wisata di bukittinggi ngarai sianok
image by: indonesiakaya.com

Di Kota Bukittinggi juga terdapat Lembah Ngarai Sianok yang bisa dijadikan tempat berwisata. Lembah Ngarai Sianok terbentuk akibat gempa bumi dan memiliki panjang 15 kilometer dan lebarnya sekitar 200 meter.

Lembah Ngarai Sianok memiliki kedalaman 100 meter. Lembah ini juga terbentang luas dari Nagari Koto Gadang sampai ke Nagari Sianok Enam Suku.

Lembah Ngarai Sianok dapat membawa perasaan nyaman dan damai sehingga banyak wisatawan yang menjulukinya Lembah Damai. Lembah Ngarai Sianok sangat cocok untuk dikunjungi saat sedang penat.

4. Bukit Ngarai Takuruang

tempat wisata di bukittinggi Bukit Ngarai Takuruang
image by: ohelterskelter.com

Bukit Ngarai Takuruang merupakan salah satu tempat wisata di Bukittinggi yang tak kalah menarik. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia bukit ini memiliki makna “bukit terkurung”.

Bukit ini konon terbentuk akibat gempa besar hingga membuat patahan di sepanjang Pulau Sumatera. Bukit Ngarai Takuruang cukup tinggi dan membelah sungai menjadi dua sisi. Berada di puncak Bukit Ngarai Takuruang dengan suara gemericik sungai berair jernih, tentu akan membuat pengunjung merasa damai dan tenang.

Di tempat ini juga ada kafe sehingga para wisatawan bisa secangkir kopi sambil melihat pemandangan alam yang cantik.

5. Janjang Saribu

tempat wisata di bukittinggi janjang seribu
image by: airebobichon

Jika anda ingin mengunjungi Tembok Besar China namun terkendala dana, maka anda bisa mencoba berwisata ke Janjang Saribu Bukittinggi. Tempat ini merupakan berupa tembok besar serta deretan anak tangga yang membentang cukup panjang menyerupai Tembok Besar China.

Karena banyaknya anak tangga pada bangunan ini, kemudian orang-orang menamainya “janjang saribu” yang artinya tangga seribu. Tembok Janjang Saribu berlokasi di area Koto Gadang dan membentang di sepanjang Ngarai Sianok.

6. Benteng Fort de Kock

tempat wisata di bukittinggi Benteng Fort de Kock

Ada satu lagi tempat wisata di bukittinggi yang berkaitan dengan sejarah, yaitu Benteng Fort de Kock. Benteng ini dibangun pada masa penjajahan Belanda untuk menahan serangan rakyat minangkabau.

Namun karena dinilai memiliki seni yang tinggi, Benteng Fort de Kock akhirnya dijadikan sebagai tempat wisata di Bukittinggi. Benteng Fort de Kock berjarak 1 kilometer dari pusat kota, lebih tepatnya berada pada terusan Jalan Tuanku nan Renceh.

Benteng serupa juga bisa ditemukan di kawasan Batusangkar. Kedua benteng tersebut merupakan wilayah yang sulit untuk ditaklukan pada zaman Perang Padri.

7. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

kinantan bukittinggi

Tempat wisata di Bukittinggi tak lengkap jika tanpa Kebun Binatang. Di Bukittinggi anda bisa mengunjungi Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan untuk melihat berbagai jenis hewan, terutama gajah.

Lokasi Taman Margasatwa ini sangat dekat dengan Benteng Fort de Kock. Tempat ini merupakan kebun tertua di Sumatera Barat dengan koleksi hewan paling lengkap.

Tak hanya itu, disana juga terdapat Rumah Adat Baanjuang yang difungsikan sebagai museum. Di dalam Rumah Adat Baanjuang anda bisa melihat ragam budaya khas Minangkabau dan beberapa awetan hewan yang unik. Rumah adat ini memiliki sembilan ruangan dengan nuansa tradisional yang sangat kental.

8. Jembatan Limpapeh

Jembatan Limpapeh
image by: wikimedia.org

Keberadaan Jembatan Limpapeh tak lepas dari Benteng Fort de Kock dan Taman Margasatwa. Pasalnya, saat anda mengunjungi Benteng Fort de Kock, anda akan menemukan Jembatan Limpapeh.

Jembatan ini jika diseberangi akan membawa anda ke Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan. Dari arah bawah, Jembatan Limpapeh terlihat biasa saja. Namun, anda akan merasakan sensasi berbeda saat mulai menyeberanginya.

Bagaimana tidak, Jembatan Limpapeh akan bergoyang saat ada yang melintas diatasnya. Sensasi menyeberangi Jembatan Limpapeh memicu adrenalin dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Ditambah lagi dengan pemandangan disekitar Jembatan Limpapeh yang indah dipandang.

9. Air Terjun Lembah Anai

lembah anai
image by: okezone.com

Setelah mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Bukittinggi, kurang lengkap rasanya jika anda melewati wisata alam yang menyejukkan mata. Di Bukittinggi terdapat Air Terjun Lembah Anai yang sangat indah.

Tidak seperti air terjun pada umumnya, Air Terjun Lembah Anai sangat mudah dijangkau. Di sana, anda tidak hanya mendengar gemericik air yang turun dari ketinggian saja. Anda juga bisa menikmati indahnya pegunungan di sekitar Air Terjun Lembah Anai.

10. Danau Maninjau

danau maninjau
image by: pegipegi.com

Tempat wisata di Bukittinggi lainnya yang tak kalah indah adalah Danau Maninjau. Danau Maninjau ini letaknya berada tepat di atas cekungan Singkarak-Solok. Danau Maninjau memiliki kedalaman 268 meter dan memiliki terowongan air sepanjang 19 kilometer.

Danau ini dulunya hanya dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik, namun lama-kelamaan dijadikan sebagai tempat wisata di Bukittinggi.

Pemandangan Danau Maninjau juga dapat dinikmati dari kelok 44. Tak hanya Danau Maninjau, dari kelok 44 juga akan terlihat hamparan sawah yang menghijau.

11. Danau Singkarak

danau singkarak
image by: histori.id

Setelah mengunjungi Danau Maninjau, anda juga bisa menikmati keindahan Danau Singkarak. Danau yang satu ini memiliki air yang sangat jernih dan menyegarkan. Tak hanya itu, Danau Singkarak juga dikelilingi oleh pepohonan yang membuat udara disana terasa sejuk.

Anda bisa mengarungi Danau Singkarak dengan sampan. Selain itu, anda juga bisa berkeliling dengan kereta api wisata. Di danau ini juga terdapat 19 jenis ikan.

12. Taman Panorama Bukittinggi

panorama_ngarai_sianok

Taman Panorama Bukittinggi merupakan salah satu tempat wisata di Bukittinggi yang layak dikunjungi. Taman ini letaknya tidak begitu jauh dari Jam Gadang. Di taman Panorama Bukittinggi ini anda akan dapat melihat keindahan Ngarai Sianok.

Taman Panorama Bukittinggi banyak ditumbuhi pepohonan yang rindang. Selain itu, ada beberapa spot yang diberi Gazebo untuk bersantai. Taman ini juga menyediakan gardu pandang untuk menikmati pemandangan sekitar dari ketinggian.

13. Istana Bung Hatta

istana bung hatta

Istana Bung Hatta juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Halaman Istana Bung Hatta dihiasi oleh tanaman palma dan cemara yang sangat asri.

Istana ini tidak dikelilingi oleh pagar sehingga terkesan terbuka bagi siapa saja. Tapi anehnya, tidak ada satupun pengunjung yang boleh masuk ke dalam Istana tersebut.

Ketika ada yang hendak memasuki Istana, akan ada penjaga yang dengan sigap melarang mereka. Meskipun begitu, pengunjung tetap bisa menikmati suasana di sekitar Istana atau sekedar berselfie ria disana.

14. Taman Monumen Bung Hatta

 Taman Monumen Bung Hatta

Sebagai pengagum Bung Hatta, tak masalah jika anda dilarang masuk ke dalam Istana Bung Hatta. Karena anda bisa menikmati suasana di Taman Monumen Bung Hatta.

Taman ini dibangun di lereng bukit tepat disamping Istana Bung Hatta dengan berbagai tanaman yang rindang. Pada puncak lereng terdapat patung Bung Hatta yang berdiri dengan senyum tipis dan kepala sedikit tertunduk.

Salah satu tangan patung Bung Hatta terangkat keatas seolah menyapa para pengunjung yang datang. Patung Bung Hatta dibuat untuk mengenang jasa-jasa Bung Hatta.

15. Taman Bunga Rafflesia Arnoldi

Taman Bunga Rafflesia Arnoldi
image by: garudacitizen.com

Bunga Rafflesia Arnoldi merupakan salah satu bunga langka yang jarang ditemukan. Bagi anda yang penasaran ingin melihatnya secara langsung, maka berkunjung ke Taman Bunga Rafflesia Arnoldi Bukittinggi adalah pilihan yang mengasyikkan.

Tetapi, untuk dapat mengunjungi taman ini, anda harus mematuhi semua peraturan seperti tidak boleh menyentuhnya, berdiri terlalu dekat dengan bunga, duduk di inang bunga, apalagi sampai menginjaknya.

16. Pantai Nirwana

pantai nirwana

Pantai Nirwana bisa menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi anda yang menyukai pantai. Letak Pantai Nirwana cukup dekat dengan pusat kota. Pantai yang satu ini menyuguhkan pemandangan yang memukau.

Apalagi jika anda berkunjung saat matahari akan terbenam, anda pasti akan terpesona dengan keindahannya. Pantai nirwana juga banyak ditumbuhi pepohonan dan masih sangat alami sehingga pengunjung akan betah berlama-lama disana.

17. Pantai Caroline

Pantai Caroline
image by: portalwisata.co.id

Selain Pantai Nirwana, ada satu lagi pantai di Bukittinggi yang tak kalah indah, yaitu Pantai Caroline. Pantai yang satu ini menyuguhkan bentangan pasir putih yang luas, ditambah dengan birunya laut yang mampu menghipnotis siapapun yang melihatnya. Pemandangan matahari tenggelam di pantai ini juga sangat menakjubkan.

Nah, demikianlah uraian mengenai 17 tempat wisata di Bukittinggi yang bisa anda kunjungi saat hari libur tiba. Berbagai tempat wisata di Bukittinggi akan menghilangkan rasa penat dan membuat pikiran menjadi lebih rileks dan tenang.

Komentar disini