16 Tempat Wisata di Batam yang Menarik Untuk di Kunjungi

Tempat Wisata di Batam

Kalimat.ID – Tempat Wisata di Batam – Batam merupakan kota kecil yang sibuk dengan lokasinya yang sangat strategis. Berada di tengah jalur pelayaran yang begitu dekat dengan Singapura dan Malaysia.

Sistem perekonomian yang ada di Batam juga mampu berkembang dengan pesat sehingga kota yang satu ini sering dijadikan sebagai kota industri. Bukan hanya itu saja, ternyata sector pariwisata yang ada di Batam juga ikut tumbuh. Wajar saja banyak tempat wisata di Batam yang keren dan menarik untuk anda kunjungi.

Batam memang lebih dikenal sebagai salah satu pintu menuju ke Singapura. Padahal kota terbesar yang berada di Kepulauan Riau ini bukan hanya pantas dijadikan sebagai pintu masuk dan keluar Indonesia saja.

Faktanya banyak sekali destinasi wisata menarik yang tak kalah dari Bali dan Lombok. Mulai dari pulau unik, pantai yang menarik bahkan air terjun yang tersembunyi. Inilah mengapa Batam memang layak dijadikan destinasi wisata yang menarik.

Namun yang disayangkan, banyak sekali wisawatan lokal yang menjadikan Batam sebagai kota transit sebelum akhirnya mereka menyeberang ke Singapura atau bahkan Malaysia. Padahal di sana banyak sekali tempat wisata yang menarik dan layak untuk anda kunjungi.

Jika anda memang mempunyai rencana untuk singgah dalam waktu yang sebentar, cobalah untuk mengatur waktu yang ada dengan mengunjungi berbagai tempat wisata di Batam yang unik dan menarik untuk disambangi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Batam Menarik dan Keren

Sebetulnya untuk menemukan tempat wisata di Batam bukanlah hal yang sulit. Meskipun kota tersebut sebagai kota industri, bukan berarti bidang pariwisatanya tak mampu memikat para wisatawan. Jika anda penasaran dengan beragam tempat wisata menarik yang ada di Batam, inilah beragam destinasinya untuk anda. Antara lain:

1. Bukit Senyum

bukit senyum batam
Image by: https://tempatwisataseru.com/

Salah satu tempat wisata menarik di Batam yang patut anda kunjungi tentu saja Bukit Senyum. Tepat ini paling cocok untuk anda yang suka nongkrong sembari menikmati indahnya kota Batam di waktu malam hari.

Wisata Bukit Senyum ini merupakan wisata perbukitan dimana para pengunjungnya bisa melihat keindahan dari kota Batam sekaligus gemerlap Singapura dari atas sebuah ketinggian.

Saat malam hari tiba anda bisa menyaksikan sebuah pemandangan yang indah dari pancaran lampu-lampu gedung di kota besar Singapura. Bahkan anda juga bisa melihat lampu kapal yang berada di laut teluk Singapura.

Lokasi wisata Bukit Senyum ini mudah sekali anda jangkau yakni berada di Tj. Uncang,Batu Aji, Kota Batam. Bukit yang satu ini menjadi tempat wisata favorit bagi para wisatawan saat tahun baru tiba.

Saat itu wisatawan yang berasal dari luar daerah pun berkunjung ke sana. Saat itu mereka bisa menyaksikan gemerlap pesta kembang api yang sudah digear oleh negara tetangga Singapura. Betapa indahnya melihat keindahan sekitar dari Bukit Senyum ini, pastinya menjadi sebuah pengalaman yang seru dan menyenangkan bahkan tak terlupakan.

2. Pantai Marina

wisata-pantai-marina-di-Batam

Pantai Marina Batam merupakan salah satu obyek wisata yang berada di sebuah resort mewah yakni area Marina Water Front City. Bagi anda yang memang berencana untuk melepas penat karena lelahnya bekerja kini bisa menjadikan Pantai Marina ini sebagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Panorama keindahan pantai yang berpasir putih ini pastinya bisa memikat hati para pengunjungnya. Tempat wisata ini memang sudah dikelola semenarik mungkin. Di sana anda bukan hanya mampu menyaksikan panorama keindahan pantai yang berpasir putih saja namun juga pepohonan nyiur melambai yang menambah keindahannya.

Supaya anda bisa masuk dalam lokasi wisata ini, anda perlu membayar tiket masuknya dengan harga yang sangat terjangkau yakni Rp 6000 rupiah saja per orangnya. Dengan membayar tiket masuk ini, para pengunjung pun sudah bisa menikmati panorama pantai nan indah.

3. Pulau Ranoh

pulau ranoh batam

Jembatan yang satu ini merupakan salah satu ikon kota yang memang mempunyai fungsi sebagai penghubung pulau utama Batam dengan pulau kecil lainnya. Jembatan Barelang ini merupakan singkatan dari Batam, Rempang dan Galang.

Meskipun hanya berbentuk jembatan saja, namun area tersebut menjadi salah satu tujuan para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Bukan hanya bisa beduduk santai sambil menikmati indahnya pemandangan sekitarnya, namun disana anda juga bisa berfoto dengan latar belakang berupa Jembatan Balerang nan indah.

Jika anda ingin berlibur di Batam, jangan sampai lewatkan untuk berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Apabila anda memulai perjalanan dari Bandara Jakarta, saat berada di atas Kepulauan Riau maka anda bisa melihat secara langsung Jembatan Barelang dari pesawat.

4. Jembatan Barelang

jembatan balerang batam
Image by: benankmerah.co

Jembatan yang satu ini merupakan salah satu ikon kota yang memang mempunyai fungsi sebagai penghubung pulau utama Batam dengan pulau kecil lainnya. Jembatan Barelang ini merupakan singkatan dari Batam, Rempang dan Galang.

Meskipun hanya berbentuk jembatan saja, namun area tersebut menjadi salah satu tujuan para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Bukan hanya bisa beduduk santai sambil menikmati indahnya pemandangan sekitarnya, namun disana anda juga bisa berfoto dengan latar belakang berupa Jembatan Balerang nan indah.

Jika anda ingin berlibur di Batam, jangan sampai lewatkan untuk berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Apabila anda memulai perjalanan dari Bandara Jakarta, saat berada di atas Kepulauan Riau maka anda bisa melihat secara langsung Jembatan Barelang dari pesawat.

5. Pantai Nongsa

pantai nongsa batam
Image by: pantainesia.com

Pantai Nongsa merupakan salah satu tempat wisata di Batam yang mempunyai potensi wisata alam sehingga mampu menyedot perhatian para wisatawan. Pantai ini memang menawarkan sebuah pemandangan indah yang mampu memanjakan mata setiap pengunjungnya.

Apalagi kenyamanan dan juga suasana tenang pun telah tersaji sehingga jauh dari yang namanya hiruk pikuk kebisingan kota. Air lautnya pun terlihat begitu jernih dengan ombak yang tenang dan hamparan pasir putih nan indah.

Lokasi wisata Pantai Nongsa ini begitu strategis sekali. Hal menarik yang tersaji dari destinasi wisata pantai ini ternyata adanya sebuah pulau kecil yang dekat dengan Pantai Nongsa yakni Pulau Putri. Pulau yang satu ini juga tak kalah indah dengan pemandangan yang ada di pantai. Di sana sudah menyediakan beberapa fasilitas penginapan bagi anda yang ingin menginap.

6. Ocarina Batam Theme Park

Ocarina Batam Theme Park
image by: bintantravel.co.id

Siapa sangka tempat wisata di Batam kali ini memang sebuah taman bermain nan indah yang mempunyai luas sekitar 40 hektar dimana letaknya berada di tepi pantai. Tempat wisata ini pertama kali diresmikan pada bulan Januari 2008.

Ocarina Batam kini menjadi alternative pilihan tempat wisata yang paling cocok untuk menghabiskan waktu liburan. Di sana anda bukan hanya mampu melihat indahnya pantai yang sudah terbentang luas namun anda juga mampu menikmati beragam wahana menarik yang sudah tersedia.

Taman yang ada di Ocarina ini pun juga sudah dipenuhi dengan pohon Naungan. Ada banyak sekali wahana permainan seru yang bisa anda coba. Mulai dari trampoline, giant wheel, flying fox, sepeda air, water boom dan lain sebagainya. Kini anda bisa menikmati segala macam wahana permainan yang sudah tersedia tanpa rasa takut karena semua wahananya dijamin aman.

Setiap wisatawan yang berkunjung ke sana biasanya akan dikenai tiket masuk. Namun jangan khawatir karena tiket masuk lokasi wisata ini hanya berkisar Rp 10.000 rupiah saja per orangnya. Harga tiket yang sangat terjangkau sekali untuk semua kalangan masyarakat.

7. Pantai Tanjung Pinggir

pantai tanjung pinggir batam

Bukan hanya Pantai Nongsa saja yang menarik untuk dikunjungi saat liburan tiba. Kini anda juga bisa berkunjung ke Pantai Tanjung Pinggir saat berada di Batam. Pantai ini menawarkan sebuah keindahan dengan pasir putih bahkan kondisinya pun juga bersih. Airnya yang begitu jernih dengan ombak yang tenang seakan mengajak para pengunjung untuk bermain di dalamnya.

Menariknya lagi di sana juga sudah tersedia beragam spot foto menarik dengan nuansa yang masih alami. Pantai ini memang berada di pinggiran Indonesia yang mempesona lebih tepatnya di Kecamatan Sekupang, Batam, Kepulauan Riau.

Pantai tersebut bisa anda tempuh menggunakan kendaraan roda empat maupun sepeda motor. Jika anda merasa lapar saat berada di pantai, anda bisa membeli makanan pada warung yang sudah tersedia. Untuk bisa masuk dalam lokasi wisata ini, biayanya cukup murah sekali hanya dengan Rp 5.000 rupiah saja per orangnya.

8. Pulau Mubut

pulau mubut batam

Bagi anda warga Batam, jika anda ingin bepergian ke luar kota, kini anda bisa memanfaatkan pulau-pulau nan indah dan eksotis yang berada di sekitar Batam yakni Pulau Mubut. Lokasi dari pulau yang satu ini memang berada di kawasan Barelang.

Supaya anda bisa mencapai pulau nan cantik ini, maka anda perlu melewati jembatan Empat Barelang. Setelah melewati jembatan tersebut, bersiaplah apabila anda menemui plang yang menunjukkan ke arah Sembulang. Kemudian berbelok ke kiri dan mengikuti jalan sampai dengan pelabuhan rakyat.

Di sana anda bisa mendapati nuansa asri pulau tropis yang terbilang masih alami. Banyak hal yang bisa anda lakukan saat berada di sana, namun yang perlu anda ingat jangan sampai buang sampah sembarangan. Nikmatilah sunset sembari bermain air dan pasir putih untuk bisa menikmati alam yang berada di Pulau Mubut.

9. Batam Forest Top

batam forest top
Image by: https://www.straitstimes.com

Batam sendiri memang begitu identik dengan tempat wisata pantai dengan pemandangan bagus. Namun bagi anda para pecinta alam kini bisa menghabiskan waktu liburan anda dengan berkunjung ke Batam Forest Top. Tempat wisata alam yang satu ini memang menawarkan beraneka ragam permainan yang terbilang seru dan menyenangkan.

Batam Forest Top kini menjadi salah satu pilihan warga Batam untuk menikmati wisata outbond, wisata edukasi, petualangan bahkan menikmati liburan seru bersama dengan keluarga tercinta.

Menariknya wahana permainan yang sudah tersedia di sana sekitar 15 wahana permainan. Bahkan bagi anda yang ingin berselfie juga bisa memilih spot foto yang menarik. Spot foto yang ada di sana terbilang masih asri bahkan mampu menampilkan pemandangan dari atas daerah Sekupang.

Jika anda berencana berkunjung ke Batam Forest Top ini, anda hanya perlu membayar biaya tiket masuknya sebesar Rp 10.000 rupiah saja per orangnya. Dengan membayar segitu anda sudah mampu bermain di hutan wisata dengan aman. Buat anda yang sedang berada di Batam, jangan sampai lewatkan untuk berkunjung ke sana.

10. Pantai Elyora

pantai elyora batam

Ada satu lagi wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi ketika berada di Batam yakni Pantai Elyora. Mungkin pantai yang satu ini belum setenar Pantai Nongsa maupun Pantai Tanjung Pinggir namun keindahannya juga tak kalah menarik dengan pantai yang lain.

Pantai ini paling cocok bagi anda yang ingin melepaskan penat. Terlebih kondisi dari pantai tersebut sangat bersih dengan beragam fasilitas yang terbilang lengkap. Ada sebuah gazebo yang berada di pinggir pantai.

Menariknya lagi juga tersedia fasilitas toilet maupun lokasi parkir yang tergolong luas. Sehingga anda bisa berwisata di sana hingga merasa puas. Pantai Elyora ini berada di Balerang Ujung sebelah kiri jalan setelah dermaga pulau Labun.

Di sana anda bisa melakukan beragam kegiatan yang menarik. Mulai dari bermain banana boat, kemping bahkan juga berenang. Biaya masuk lokasi wisata ini terjangkau untuk semua kalangan masyarakat yakni sebesar Rp 10.000 rupiah saja.

11. Taman Wisata Habibie 1000 tangga

taman wisata habibie 1000 tangga

Tempat wisata di Batam memang banyak sekali yang terbilang masih baru. Salah satunya Taman Wisata Habibie 1000 Tangga. Lokasi wisatanya tak jauh dari Pantai Dangas Sekupang lebih tepatnya di kelurahan Patam Lestari, Bukit Harimau, Sekupang.

Biasanya lokasi wisata ini paling ramai dikunjungi saat akhir pekan telah tiba. Dari tempat tersebut anda bisa menyaksikan keindahan Batam dari sisi yang memang berbeda. Anda bakalan disuguhkan dengan banyaknya pepohonan yang ebrada di sekelilingnya dengan atmosfer yang begitu sejuk.

Bahkan dari ketinggian itu anda juga bisa melihat banyak kapal yang sedang berlalu lalang di lautan. Pemandangan gedung pencakar langit di Singapura pun bisa anda lihat dengan cukup jelas. Jadi saat berada di Batam jangan lewatkan untuk berkunjung ke sini.

12. Tebing langit

tebing langit

Untuk menambah pilihan destinasi tempat wisata di Batam, Tebing Langit menjadi salah satu alternatif pilihan yang menarik untuk di kunjungi. Terlebih bagi anda para pecinta alam yang suka sekali menikmati indahnya alam. Wisata Tebing Langit ini berada di kawasan Sekupang Batam. Kebanyakan dari mereka yang datang kesana lebih suka menyaksikan terbenamnya matahari dari puncak bukit.

Menariknya lagi pengelola tebing langit juga sudah menyulap lokasi wisata ini menjadi spot foto yang unik. Ada beberapa spot foto menarik yang tak boleh anda lewatkan yaitu lorong langit, pintu langit, bintang harapan, rumah rabit, kampong Indian, dan beberapa obyek menarik yang lainnya. Jika anda ingin berkunjung kesana, anda hanya perlu menyiapkan budget sebesar Rp 10.000 rupiah saja per orangnya.

13. Bukit Tanjung Uma

Bukit Tanjung Uma
Image by: https://www.batamnews.co.id

Spot lain untuk menikmati keindahan alam di Batam yang eksotik tentu saja berada di Bukit Tanjung Uma. Bukit tersebut menawarkan panorama keindahan nan eksotis. Tempatnya memang terbilang asyik bahkan tak perlu biaya mahal untuk bisa datang kesana. Lokasinya pun tidak jauh dari pusat Nagoya, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Ada beberapa wilayah yang bisa anda saksikan dari Bukit Tanjung Uma yakni Lubuk Raja, Nagoya, Pelita dan Jodoh. Apalagi kian sore pemandangan matahari yang akan tenggelam pun terlihat begitu indah sekali. Tempat wisata ini paling cocok bagi anda yang suka sekali berpetualang dan menikmati keindahan alam sekitar.

14. Pantai Viovio

Pantai Viovio

Tempat wisata di Batam yang terbilang masih baru dan juga unik ini diberi nama Pantai Viovio. Pantai yang satu ini memang menawarkan sebuah keindahan alam pantai dengan air laut nan jernih.

Beragam kegiatan air pun bisa anda lakukan di sana bahkan anda juga bisa menyaksikan keindahan matahari yang akan tenggelam. Jika anda sedang berada di Batam sebaiknya jangan lewatkan untuk berkunjung kesana.

Berkat alamnya nan cantik serta air laut nan jernih mampu menjadikan Pantai Viovio ini mulai ngehits di media social bahkan menjadi tempat terfavorite yang dikunjungi para wisatawan saat liburan tiba.

Pantai yang satu ini letaknya berada di Pulau Galang. Supaya anda mampu masuk dalam lokasi wisata, kini anda hanya perlu menyiapkan budget sebesar Rp 10.000 rupiah saja per orangnya.

15. Pancur Telaga Bidadari

pancur telaga bidadari
Image by: travelingyuk.com

Batam memang mempunyai beragam tempat wisata yang terbilang menarik dan unik untuk dikunjungi. Ada salah satu tempat wisata menarik yang masih tersembunyi di Batam yakni Pancur Telaga Bidadari. Lokasi wisata ini berada di kawasan Simpang Dam, Muka Kuning, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Air terjun yang berada di lokasi wisata ini masih terjaga keasriannya. Nuansa alam yang ada di sana memang begitu asri dan juga alami. Bahkan dari udaranya saja begitu menyegarkan. Bagi anda yang ingin menghilangkan penat karena lelahnya bekerja tentu saja tempat wisata ini patut untuk anda kunjungi.

16. Sea Forest Adventure

Sea Forest Adventure

Sea Forest Adventure menjadi salah satu kawasan wisata baru dan terbesar yang berada di Batam. Bisa dikatakan tempat wisata ini menjadi surganya penggemar aktivitas outdoor sekaligus permainan yang berkaitan dengan sebuah petualangan. Konsep yang telah di usung berupa nature, adventure, survival science sehingga mampu menjadi lokasi wisata ini menarik untuk dikunjjungi.

Lokasi wisata ini berada di lokasi Nuvasa Bay,Nongsa. Lebih tepatnya lagi berada di samping atau satu lokasi dengan Palm Spring. Kawasan ini mudah sekali untuk anda akses yakni 30 menit saja jika anda berasal dari kota Batam.

Tempat wisata ini menjadi satu-satunya destinasi wisata menarik yang mempunyai konsep nature banget. Sehingga para wisawatan yang berkunjung kesana tak akan pernah merasa kecewa.

Menariknya lagi kawasan ini juga sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang menarik. Wahana bermain saja telah terbagi menjadi empat kawasan dan semuanya dijamin begitu mengesankan.

Mulai dari Camping ground, gathering facility, Land Adventure dan juga Sea Adventure. Biaya masuk lokasi wisata ini snagat terjangkau sekali untuk semua kalangan masyarakat. Bagi anda yang sudah dewasa akan dikenai biaya sebesar Rp 35.000 rupiah sedangkan untuk anak-anak bakalan dikenakan biaya sebesar Rp 25.000 rupiah saja.

Pastinya harga tiket masuk lokasi wisata ini terjangkau sekali untuk semua kalangan masyarakat. Jadi bagi anda yang suka sekali dengan nuansa petualangan, jangan sampai lewatkan untuk berkunjung ke sana.

Itulah tadi beberapa destinasi wisata menarik yang ada di Batam. Setidaknya dengan beragam referensi diatas, anda sudah tidak merasa bingung lagi mencari lokasi wisata yang menarik. Nyatanya Batam juga tak mau kalah dengan kota yang lainnya. Di sana juga menyimpan beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Apalagi harga tiket masuk lokasi wisata juga murah dan terjangkau. Bukan hanya Bali dan Lombok saja yang mampu menyajikan tempat wisata menarik. Kini Batam pun hadir dengan beberapa tempat wisata yang tak patut anda lewatkan begitu saja. Saat berada di sana, tak ada salahnya anda mengunjungi beberapa kawasan wisata yang menurut anda sesuai dengan keinginan.

Komentar disini