17 Tempat Wisata di Bandung yang Paling Seru dan Terkenal

Kalimat.ID – Tempat Wisata di Bandung – Bandung merupakan salah satu kota yang paling banyak diminati untuk berwisata. Kota yang juga dijuluki sebagai Kota Kembang ini memang selalu menarik perhatian para wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Objek wisata yang ditawarkan pun sangat beragam, mulai dari wisata alam, wisata sejarah hingga wisata kuliner ada di Bandung. Letaknya yang cukup dekat dengan Kota Jakarta menjadikannya tempat wisata favorit bagi warga Jakarta.

Sarana transportasi yang tersedia untuk menuju ke Kota Bandung juga sangat banyak. Ditambah lagi dengan adanya Tol Cipularang yang menghubungkan Bandung-Jakarta sehingga jarak tempuh bisa dipersingkat.

Berikut 17 Tempat Wisata Di Bandung yang Paling Menarik dan Terkenal

Tempat wisata di Bandung sangat banyak dan beragam. Jika anda berencana untuk pergi berlibur ke Kota Bandung, tidak usah bingung. Berikut akan kami sajikan beberapa rekomendasi tempat wisata menarik di Bandung yang sangat sayang untuk dilewatkan.

1. Kawah Putih Ciwidey

tempat wisata di bandung kawah putih ciwidey
image by: traveloka.com

Tempat wisata di Bandung yang satu ini memiliki panorama sangat indah dan unik. Kawah ini berlokasi di Ciwidey yang berada di kawasan Gunung Patuha. Seperti namanya, Kawah ini berisi aliran air yang berwarna putih.

Warna putih pada pada kawah ini disebabkan oleh adanya kandungan zat tertentu. Tetapi, warna air bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi alam di sekitarnya. Kawah Putih Ciwidey sangat bagus untuk dijadikan spot foto karena pemandangan disekitarnya sangat unik dan cantik.

Sebelum dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Bandung, Kawah Putih ini menyimpan sebuah cerita misteri. Konon, burung-burung banyak yang mati setelah melintasi kawah.

Ternyata burung-burung tersebut mati akibat keracunan gas belerang yang ada di Kawah Putih Ciwidey. Tempat wisata ini ada di ketinggian 2.090 meter diatas permukaan laut.

Banyak wisatawan yang datang kesana untuk sekedar berselfie ria. Bahkan banyak juga yang menggunakannya sebagai lokasi pengambilan foto pre wedding.

2. Kebun Teh Pangalengan

tempat wisata di bandung Kebun Teh Pangalengan
image by: chockysihombing.com

Kebun Teh Pangalengan juga merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang layak dikunjungi. Di Kebun teh ini anda akan merasakan sensasi tenang dan damai. Pemandangan disana juga sangat indah dan memanjakan mata.

Udaranya yang sejuk dan segar akan membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks kembali. Di sekitar kawasan Kebun Teh Pangalengan, anda juga bisa menemukan beberapa mata air serta tempat pengolahan susu sapi.

3. Situ Cileunca

tempat wisata di bandung situ cileunca
image by: dakatour.com

Jika anda ingin mengunjungi tempat wisata romantis bersama pasangan, anda bisa mengunjungi Situ Cileunca. Suasana di Situ Cileunca masih alami dan sangat indah dipandang.

Anda bisa berjalan-jalan dengan santai sambil menikmati panorama alam disana. Bahkan, saat musim hujan pun tempat ini masih layak untuk dikunjungi.

Dengan cuaca yang dingin serta kabut yang ada membuat suasana di Situ Cileunca sulit digambarkan dengan kata-kata. Bukan hanya pemandangannya yang menarik, di Situ Cileunca anda juga bisa menikmati berbagai wahana seperti trekking dan arung jeram.

4. Stone Garden

tempat wisata di bandung stone garden
image by: hargatiket.net

Stone Garden juga merupakan alternatif tempat wisata di Bandung yang bisa anda kunjungi. Tempat ini berada di Gunung Pawon, tepatnya di kawasan Kampung Girimulya.

Di puncak Gunung Pawon terdapat berbagai bebatuan yang unik. Konon, disana dulunya merupakan tempat tinggal para manusia purba serta nenek moyang suku Sunda. Seiring dengan berjalannya waktu, tempat ini dikenal dengan nama Stone Garden.

5. Tebing Masigit Padalarang

tempat wisata di bandung Tebing Masigit Padalarang
image by: explorewisata.com

Jika anda penyuka kegiatan yang memacu adrenalin, maka Tebing Masigit Padalarang adalah tempat wisata di Bandung yang cocok untuk anda. Tebing yang berlokasi di Padalarang ini memiliki tebing-tebing karst.

Tebing Masigit Padalarang sering dijadikan tempat uji kebolehan para pemanjat tebing. Selain memanjat tebing, para wisatawan juga bisa berfoto ria di atas hammock yang menggantung disela-sela tebing.

6. Floating Market Lembang

tempat wisata di bandung Floating Market Lembang
image by: hargatiket.net

Pasar apung di Indonesia sebelumnya hanya ditemukan di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Namun beberapa tahun yang lalu, di Bandung juga telah dibangun sebuah pasar apung, yaitu Floating Market Lembang.

Pasar apung ini terletak di daerah Lembang. Di pasar apung ini, wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan sembari mencicipi beberapa kuliner yang ada disana.

7. Tebing Keraton

Tebing Keraton
image by: dolanyok.com

Bagi anda yang hobi fotografi, berfoto di ketinggian Tebing Keraton akan menjadi pengalaman yang mengasyikan. Dari atas Tebing Keraton, anda dapat melihat pemandangan hutan Kota.

Sayangnya, untuk bisa sampai ke Tebing Keraton ini membutuhkan usaha yang ekstra karena jalan yang ditempuh tidak mulus. Tetapi, setelah sampai di lokasi, rasa lelah anda akan terbayar dengan kemegahan Tebing Keraton yang memukau.

8. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu
image by: datawisata.com

Berlibur ke Bandung rasanya tidak akan lengkap jika anda belum mengunjungi salah satu tempat wisata di Bandung yang sangat terkenal ini. Bentuknya yang menyerupai perahu terbalik dipercaya sebagai perahu raksasa yang diciptakan oleh Sangkuriang.

Terlepas dari legenda tersebut, Udara di Gunung Tangkuban Perahu sangat sejuk dan bersih. Di gunung ini juga ditumbuhi banyak pohon pinus. Selain itu, disekitar kawasan Gunung Tangkuban Perahu juga terdapat perkebunan teh yang menghijau.

Sayangnya, dibalik keindahan panoramanya, di bagian kawah Gunung ini menciptakan aroma belerang yang cukup menusuk hidung. Jadi, jika ingin mendekati kawah Gunung Tangkuban Perahu, pastikan anda telah memakai masker.

9. Curug Malela

Curug Malela
image by: explorewisata.com

Curug Malela merupakan salah satu air terjun yang ada di Bandung. Air terjun yang berlokasi di desa Cicadas, Bandung Barat ini memiliki ketinggian 70 meter. Curug ini juga kerap disebut sebagai kembaran Air Terjun Niagara karena bentuknya yang bertingkat.

Untuk dapat sampai ke Curug ini, dibutuhkan perjuangan yang cukup keras karena medan yang dilalui tidak mudah. Karenanya, anda harus menyiapkan perbekalan yang cukup dan fisik yang kuat sebelum memutuskan untuk berwisata ke Curug Malela ini.

10. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang
image by: alampriangan.com

Tempat wisata di bandung lainnya yang tak kalah menarik untuk anda kunjungi yaitu Farmhouse Lembang. Di Farmhouse Lembang ini anda bisa berwisata dengan suasana seperti di Negara Eropa.

Farmhouse memang dibangun dengan arsitektur bergaya khas Eropa di Abad pertengahan. Farmhouse Lembang sendiri merupakan sebuah peternakan sekaligus pusat pengolahan susu sapi.

Sebagai pelengkap wisata, di Farmhouse ini pengunjung bisa menikmati asyiknya menjelajahi Pettin Zoo dan Rumah Hobbit yang lucu.

11. Grafika Cikole

Grafika Cikole
image by: hargatiket.net

Berwisata ke Grafika Cikole akan membuat anda terkesan seperti berada di luar negeri karena kerap diselimuti oleh kabut tebal. Tak hanya itu, di Grafika Cikole anda juga bisa mencoba berbagai wahana seru seperti flying fox, outbond, paint ball, dan lainnya.

Grafika Cikole memang sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata bersama keluarga ataupun sahabat. Disana juga tersedia penginapan lengkap dengan berbagai fasilitas yang membuat pengunjung merasa nyaman.

Sedikit berbeda dengan penginapan lainnya, penginapan di Grafika Cikole didesain dengan bentuk menyerupai rumah Hobbit seperti di film Lord of The Ring. Menarik bukan?

12. Dusun Bambu

Dusun Bambu
image by; travelspromo.com

Salah satu tempat wisata di Bandung yang satu ini juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Keindahan panorama di Dusun Bambu akan membuat pikiran anda kembali rileks setelah disibukkan dengan berbagai aktivitas yang padat.

Dusun Bambu sendiri berlokasi di daerah Kertawangi dan baru dibangun pada tahun 2014 lalu. Di dusun bambu juga terdapat sebuah danau dan villa serta pasar khatulistiwa. Tak ketinggalan, disana juga tersedia restoran dengan sajian kuliner yang lezat.

13. Museum Geologi

Museum Geologi
image by: tempatwisatadibandung.info

Mengunjungi Museum Geologi di Bandung juga bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Museum ini merupakan salah satu bangunan bersejarah di Bandung, tepatnya berlokasi pada kawasan Diponegoro.

Di dalam Museum Geologi, anda bisa mempelajari berbagai pengetahuan dan fakta menarik yang tentunya akan menambah wawasan anda.

Ilmu pengetahuan yang disajikan di Museum ini cukup lengkap, mulai dari zaman pra sejarah sampai era modern bisa anda pelajari disini.

Lokasinya yang sangat strategis membuat Museum ini mudah dijangkau, baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Biaya tiket masuknya pun relatif murah untuk wisatawan lokal. Namun untuk wisatawan mancanegara, tarif yang dikenakan jauh lebih tinggi.

14. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha
image by: pergidulu.com

Selain Museum Geologi, ada satu tempat lagi yang sangat erat kaitannya dengan ilmu pengetahuan, yaitu Observatorium Bosscha. Tempat ini sebenarnya merupakan peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1923.

Di tempat ini terdapat teropong raksasa yang digunakan untuk melihat luar angkasa. Dengan teropong ini, anda bisa mempelajari benda-benda langit dan fenomena di luar angkasa. Observatorium Bosscha seringkali dikunjungi oleh para pelajar dan mahasiswa.

15. Kebun Begonia Glory

Kebun Begonia Glory

Kebun Begonia Glory juga tak kalah menyenangkan untuk anda kunjungi ketika berada di Bandung. Selain dipenuhi dengan tanaman Begonia, Kebun ini juga ditumbuhi bunga-bunga cantik lainnya, salah satunya yaitu Bunga Baliena.

Selain bersantai sambil menikmati keindahan bunga-bunga yang bermekaran, di Kebun Begonia Glory juga disediakan pusat edukasi yang akan menambah wawasan anda mengenai bunga.

16. Lereng Anteng

Lereng Anteng
image by: dolanyok.com

Liburan di bandung akan lebih menyenangkan jika anda menyempatkan diri untuk mengunjungi Lereng Anteng. Tempat ini merupakan sebuah kafe yang lokasinya berada di Lereng Cimbuleuit.

Dari kafe ini anda dapat bersantai sambil menikmati pemandangan di sekitar Lereng memanjakan mata, terutama Puncak Bukit Ciumbuleuit. Bukit Ciumbuleuit merupakan dataran tinggi yang juga sangat populer karena pemandangannya yang indah.

Ruangan di Kafe Lereng Anteng terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu indoor, outdoor dan semi outdoor. Untuk menikmati pemandangan dan udara terbuka, anda bisa bersantai di area outdoor yang dilengkapi dengan tenda dan kursi kayu.

17. Jalan Braga

jalan braga bandung
image by: suherlin.com

Jalan Braga juga sangat wajib anda kunjungi saat berada di Kota Bandung, karena Jalan ini merupakan maskot kota Bandung. Jalan Braga merupakan objek wisata yang cukup terkenal. Jalan Braga berlokasi di dekat Sungai Cikapundung.

Tak heran jika kawasan ini dinamakan Braga yang artinya berjalan menelusuri sungai. Jalan Braga rupanya telah dibangun sejak masa penjajahan dan menjadi sangat ramai karena banyak dibangun tempat hiburan, pertokoan, kafe, restoran hingga butik.

Di kawasan ini, anda bisa berjalan-jalan dengan santai sambil melihat pusat bisnis san berbagai tempat hiburan. Meski dibangun sejak lama, kawasan Jalan Braga masih mempertahankan arsitektur bergaya Belanda.

Membahas berbagai tempat wisata di Bandung tidak akan ada habisnya, masih banyak tempat wisata lainnya di Bandung yang tidak pernah sepi oleh pengunjung. Tetapi, anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang telah kami rekomendasikan diatas.

Komentar disini
Hosting Unlimited Indonesia