15 Tempat Wisata di Bali yang Paling Menarik 2019

Tempat Wisata di Bali

Kalimat.ID – Tempat Wisata di Bali – Provinsi yang berada di sebelah timur Pulau Jawa ini menjadi primadona wisata di Indonesia. Berbagai tempat wisata di Bali sudah dikenal di seluruh dunia.

Salah satu wisata yang menjadi daya tarik tersendiri dari Bali adalah keindahan pantainya. Tak hanya itu, Bali juga dikenal dengan budayanya yang masih kental serta keseniannya yang unik dan sangat menarik untuk disajikan kepada para wisatawan.

Banyak wisatawan yang telah berkunjung ke Bali tetapi tak pernah bosan untuk kembali mengunjunginya.

Berikut 15 Tempat Wisata di Bali yang Paling Menarik Untuk Dikunjungi

Jika anda sedang berencana untuk berlibur ke Pulau Bali, tentunya anda harus menentukan terlebih dahulu tempat wisata mana saja yang akan anda kunjungi. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata paling menarik di Bali yang wajib anda kunjungi.

1. Pantai Kuta

tempat wisata di bali pantai kuta
image by: pesona.travel

Tempat wisata di bali yang paling populer ialah pantai Kuta. Pantai yang satu ini merupakan pantai yang paling banyak dikunjungi karena lokasinya yang strategis, yaitu dekat dengan bandara.

Pantai dengan pasir putih dan ombak yang ramah sangat cocok untuk tempat berselancar bagi para pemula. Tak hanya itu, Pantai Kuta memiliki pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Sebelum dijadikan salah satu tempat wisata paling wajib dikunjungi di Bali, Pantai Kuta sebelumnya merupakan sebuah pelabuhan. Dulunya, Pantai Kuta sempat menjadi pusat perdagangan di Bali.

2. Kebun Bunga Marigold

tempat wisata di bali Kebun Bunga Marigold
image by: kintamaniid

Di Bali, anda bisa menikmati kebun bunga marigold atau yang sangat cantik. Kebun bunga marigold ini terletak di Desa Temukus. Tak seperti desa lainnya yang biasanya menghijau, di Desa Temukus akan melihat  panorama bunga marigold yang berwarna kuning dan jingga.

Desa Temukus sendiri merupakan sebuah Desa yang tenang yang letaknya berdekatan dengan pura paling suci di Bali. Bunga marigold kerap digunakan sebagai pelengkap ritual di Bali, masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya bunga gemitir.

Karena tak lepas dari ritual, banyak warga di Desa Temukus yang menanam sendiri bunga marigold. Tak heran jika bunga marigold hampir ditemukan di sepanjang Desa Temukus.

Berada di tengah-tengah kebun marigold pastinya sangat menyenangkan, tetapi sebelum mulai memasuki kebun-kebun marigold, pastikan anda sudah meminta izin pada warga disana.

Sebagai informasi, jika anda ingin menikmati keindahan bunga marigold, sebaiknya anda berkunjung sebelum masa panen yaitu sebelum hari raya agama Hindu.

3. Desa Musi

tempat wisata di bali desa musi

Selain Desa Temukus, ada satu Desa di Bali yang juga sangat menarik untuk dikunjungi yaitu Desa Musi. Udara yang sejuk ditambah dengan suasana pedesaan yang menentramkan sangat cocok bagi anda yang ingin melepas penat.

Di Desa Musi, anda akan menemukan kawasan tebing dengan air terjun yang mengalir dengan deras. Air terjun tersebut membentuk sebuah kolam alami dibawahnya.

Air terjun ini letaknya sangat terpencil dan tak banyak orang yang tahu tentang keberadaannya, kecuali warga sekitar. Jika anda ingin berwisata ke air terjun Desa Musi, anda bisa menanyakan lokasinya kepada warga desa tersebut.

Selain menikmati air terjun yang masih sangat alami, anda juga bisa berjalan-jalan di sekeliling Desa Musi pada sore hari. Disana anda bisa mengamati keseharian warga Desa Musi sambil bercengkrama dengan mereka.

4. Pura Tanah Lot

tempat wisata di bali Pura Tanah Lot
image by: pegipegi.com

Pura ini merupakan tempat wisata yang menyajikan pemandangan yang indah, terutama saat matahari mulai tenggelam. Disana pengunjung akan menemukan 2 pura yang menjadi tempat pemujaan dewa laut.

Pura Tanah Lot juga memiliki keunikan tersendiri karena berada dipinggir laut yang dibawahnya terdapat batu karang yang besar. Saat air laut sedang pasang, Pura Tanah Lot tidak bisa dikunjungi karena tergenang air laut.

Wisatawan baru bisa mengunjungi Pura Tanah Lot saat air laut surut. Dan lagi, saat air laut surut, disekitar Pura Tanah Lot akan muncul beberapa ular laut yang jinak. Menurut warga setempat, ular-ular jinak tersebut merupakan ular suci penjaga Pura Tanah Lot.

5. Panorama Gunung Batur

tempat wisata di bali Panorama Gunung Batur
image by: sportourism.id

Gunung Batur merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif. Gunung ini memilki tinggi 1.717 meter dan banyak menarik para wisatawan. Umumnya, mereka menikmati keindahan Gunung Batur dari Desa Batur.

Salah satu tempat wisata di Bali ini terletak di kecamatan Kintamani. Selain Desa Batur, anda juga bisa menikmati pemandangan Gunung Batur dari desa terpencil yaitu Desa Pinggan.

Gunung Batur akan terlihat jauh lebih indah jika dilihat dari Desa Pinggan. Tak hanya itu, suasana di Desa Pinggan pun sangat sunyi dan damai.

Di Desa pinggan anda dapat menikmati proses terbit dan terbenamnya matahari yang menakjubkan. Di malam hari pun pemandangannya tak kalah memukau.

Anda bisa melihat pendaran lampu-lampu Desa Pinggan dengan siluet Gunung Batur berlatar belakang bintang-bintang dilangit yang pekat.

6. Danau Batur Kintamani

tempat wisata di bali Danau Batur Kintamani
image by: kintamaniid

Masih di Kecamatan Kintamani, kali ini anda akan menikmati keindahan Danau Batur. Danau Batur Kintamani adalah satu tempat wisata di Bali yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Danau Batur Kintamani masih berada dalam kawasan Gunung Batur. Danau Batur Kintamani menyuguhkan pemandangan alam yang alami dan udara sekitar yang sangat sejuk.

7. Bukit Belong

Bukit Belong
image by: anekawisata.com

Bukit Belong merupakan tempat wisata di Bali yang begitu asri. Berwisata ke tengah alam dengan dengan rerumputan hijau yang tinggi tentunya akan menjadi pengalaman yang cukup berkesan untuk anda.

Ditambah lagi dengan cerahnya langit biru dan awan putih yang semakin membuat anda serasa di surga. Di puncak Bukit Belong akan terlihat petakan sawah yang menghijau dan membentang luas.

Untuk sampai diatas puncak Bukit Belong, anda harus mendaki sejauh 150 meter dengan berjalan kaki. Setelah sampai ke puncak, anda bisa mengabadikan panorama di sekitar Bukit Belong sebagai kenang-kenangan.

8. Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana
image by: kompas.com

Tempat wisata di Bali lainnya yang wajib anda kunjungi adalah Garuda Wisnu Kencana atau bisa disebut GWK. Garuda Wisnu Kencana adalah taman wisata budaya yang terletak di Bali Selatan.

Di taman ini terdapat patung besar buatan I Nyoman Nuarta. Meskipun Patung tersebut belum rampung, tetapi sudah banyak pengunjung yang berwisata kesana dan menikmati kemegahan Patung Garuda Wisnu Kencana.

Selain patung GWK, disana pengunjung juga dapat menikmati pemandangan bukit kapur yang terpotong menjadi balok-balok kapur ukuran besar. Balok-balok tersebut rencananya akan dipahat sedemikian rupa.

Tak hanya itu, pengunjung juga akan disuguhkan tari-tarian khas Bali dan berbagai kesenian Bali lainnya.

9. Pantai Suluban dan Gua Suluban

Pantai Suluban bali
image by: kintamaniid

Pantai suluban juga menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang banyak menarik wisatawan. Pantai Suluban merupakan surga bagi para peselancar. Gua Suluban yang ada di sekitarnya menjadi daya tarik utama Pantai Suluban.

Gua Suluban berlokasi di bawah Uluwatu. Gua ini jika dilihat sekilas akan mengingatkan kita dengan setting movie Pirates of the Caribbean. Struktur Gua yang eksotis dan unik menciptakan kesan misterius pada Gua Suluban.

Strukturnya yang unik dan eksotis membuatnya terkesan misterius dan mistik. Menariknya lagi, saat menelusuri Gua Suluban, anda akan terbawa ke salah satu pantai yang ada di dekat Pura Uluwatu.

10. Pantai Tegal Wangi

Pantai Tegal Wangi
image by: airpaz.com

Tempat wisata di Bali lainnya yang tidak boleh terlewatkan ialah Pantai Tegal Wangi. Berwisata ke pantai yang satu ini akan memberi kesan yang berbeda dengan pantai lainnya.

Jika anda ingin merasakan berendam di sebuah kolam pribadi sambil memandang laut lepas, Pantai ini sangat pas untuk anda.

Ditepi Pantai Tegal Wangi terdapat banyak batuan karang dengan lubang-lubang kecil yang menampung air dari lautan. Hal unik tersebut sangat memungkinkan anda untuk berendam disana, seperti dalam sebuah jacuzzi.

Tak hanya itu saja, pemandangan di sekitar Pantai Tegal Wangi juga sangat menakjubkan. Objek wisata yang satu ini sangat cocok dijadikan tempat kencan atau bulan madu yang romantis.

11. Arung Jeram Sungai Telaga Waja

Arung Jeram Sungai Telaga Waja
image by: kuta.net

Bagi anda yang bosan menatap ombak yang tenang di pantai, cobalah untuk menikmati Arung Jeram di Sungai Telaga Waja. Walaupun sungai ini memiliki air yang jernih, namun arung jeramnya sangat menantang.

Bagi anda yang suka kegiatan yang menantang dan seru, Arung Jeram Sungai Telaga adalah tempat yang tepat untuk anda. Karena berwisata ke Arung Jeram Sungai Telaga Waja ini akan memacu adrenalin anda.

Pada akhir arung jeram, anda harus meloncati pintu air, ini akan menjadi pengalaman yang sangat seru. Setelah puas berarung jeram, anda juga bisa langsung trekking naik gunung sebagai bonusnya.

Berwisata ke tempat ini tentunya akan menguras banyak tenaga, pastikan anda telah menyiapkan diri terlebih dahulu sebelum berjelajah kesana.

12. Tirta Gangga

Tirta Gangga
image by: pegipegi.com

Setelah berselancar di Pantai dan berarung jeram, selanjutnya anda bisa berwisata ke Tirta Gangga. Tempat ini merupakan salah satu peninggalan dari kerajaan di Bali.

Tirta Gangga berlokasi di Kabupaten Karangasem, lebih tepatnya di di Jalan Abang, Amlapura. Di Tirta Gangga terdapat sebuah kolam yang didalamnya banyak terdapat ikan mas. Kolam tersebut juga dikelilingi air mancur yang membuatnya terlihat hidup.

13. Candi Lempuyangan

Candi Lempuyangan
image by: kintamaniid

Candi Lempuyang merupakan salah satu ikon yang ada di Bali. Mayoritas penduduk bali menganut agama Hindu, jadi jangan heran jika disana anda banyak menjumpai pura atau candi.

Dari sekian banyak candi, yang paling banyak menarik para wisatawan adalah Candi Lempuyang. Candi ini berlokasi di Bunutan. Eloknya Candi Lempuyang dengan latar belakang Gunung Agung yang kokoh tentunya akan sangat cocok untuk diabadikan dalam sebuah foto.

14. Tanjung Benoa

Tanjung Benoa
image by: water-sport-bali.com

Tempat wisata di Bali yang satu ini sangat cocok untuk membuang rasa penat setelah sekian lama disibukkan dengan padatnya aktivitas. Tanjung Benoa merupakan pusat permainan dan olahraga air yang letaknya berbatasan dengan Nusa Dua.

Berbagai macam permainan air dapat anda nikmati di Tanjung Benoa, seperti banana boat, snorkeling, sea walker, waterski, wakeboard, jet ski, donut boat, scuba diving, dan masih banyak lagi.

Setelah puas bermain, anda juga bisa melihat pergi ke pulau penyu dengan menaiki perahu. Di pulau penyu anda akan melihat penyu raksasa. Menakjubkan bukan?

15. Air Terjun Aling Aling

Air Terjun Aling Aling
image by: backpackerjakarta.com

Jika anda ingin berwisata ke tempat yang cenderung sepi pengunjung, Air Terjun Aling-Aling adalah tempat yang sangat cocok. Air terjun yang satu in memang jarang dikunjungi oleh para wisatawan sehingga suasananya sangat sepi.

Walau jarang dikunjungi bukan berarti air terjun Air Terjun Alang-Alang tidak menarik. Air terjun yang memiliki ketinggian 12 meter ini memiliki air yang sangat jernih dan sangat menyegarkan.

Suasananya yang sepi dan menenangkan akan membuat pengunjung lupa diri hingga menganggapnya sebagai air terjun pribadi.

Nah, setelah membaca 15 referensi tempat wisata dari kami, kini giliran anda sendiri yang menentukan tempat wisata mana saja yang akan anda kunjungi nanti saat di Bali.

Jangan lupa untuk menyiapkan berbagai perlengkapan dengan baik agar liburan anda semakin menyenangkan.

Komentar disini