Beranda Islam 24 Tanda Tanda Kiamat Kecil dan Besar Menurut Al Quran dan Hadist

24 Tanda Tanda Kiamat Kecil dan Besar Menurut Al Quran dan Hadist

Tanda Tanda Kiamat

Kalimat.ID – Tanda Tanda Kiamat atau Akhir zaman adalah periode waktu yang jelaskan dalam agama di dunia sebagai tanda berakhirnya kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya di alam semesta ini.

Namun jika berbicara mengenai Tanda Tanda Kiamat memang tak luput dari penyampaian oleh Nabi Muhammad yang tertuang dalam hadist-hadist nya dan juga sudah di jelaskan dalam Al Quran sebagai pedoman kehidupan umat Islam.

Siapapun takkan tau kapan kiamat terjadi, namun kita sebagai umat muslim harus percaya ini, karena ini tertuang dalam Rukun Iman, salah satunya dari sebagian rukun iman percaya dengan datangnya hari akhir atau Kiamat.

Tanda Tanda Kiamat Kecil dan Besar Beserta Penjelasannya

Tanda Tanda Kiamat Kecil (Sugra)

1. Diutusnya Nabi Muhammad SAW Sebagai Rasul dan Penutup Nabi

nabi muhammad
Image by: nu.or.id

Rasul mengatakan bahwa dengan diutusnya beliau menjadi Nabi dan Rosul merupakan dari awal tanda-tanda datangnya kiamat, hadist ini diriwayatkan oleh Sahl R.A: “ Rasulullah SAW Muhammad bersabda: “Aku telah diutus (sebagai nabi) aku dan hari kiamat seperti ini. Beliau menunjuk pada dua jari jemarinya, lalu memanjangkannya. “(Shahih al Bukhari)

2. Baitul Maqdis

Baitul Maqdis
Image by: trekearth.com

Salah satu Tanda tanda kiamat kecil yakni di taklukannya Baitu Maqdis, hal ini dijelaskan oleh Auf Bin Malik ia berkata: “Rasulullah SAW bersabda: “aku telah menghitung 6 perkara menjelang hari akhir” meliau menyebutkan salah satunya adalah ditaklukkannya baitul maqdis” (Shahih al Bukhari).

3. Melimpah Harta Benda dan Enggan untuk Bersedekah

sedekah

Abu Hurairah RA bahwa Rasul Muhammad SAW bersabda: “kiamat hanya akan terjadi apabila harta bendamu telah berjumlah amat banyak hingga melimpah-limpah. Sehingga pemilik harta merasa kesulitan mencari orang yang sudi menerima shodaqohnya, sementara itu seorang laki- laki mengaku kepadanya: “Aku sendiri tidak mampu mengurus hartaku”.

4. Terjadinya Huru Hara

demo

Huru hara disini dalam artian banyaknya malapetaka, ujian cobaan, penggunaan makna ini disebabkan perkara semacam hal dibenci orang, secara harfiah huru hara ini dipakai untuk segala hal yang dibenci atau harus dihindari seperti dosa, kufur nikmat, pembunuhan dan dosa lainnya.

5. Banyak yang Mengaku Nabi

mengaku nabi

Tanda tanda kiamat yang kelima ini ditandai dengan datang dan munculnya nabi-nabi palsu, contohnya saja, semenjak dari tahun 2000-an sampai sekarang banyak di Indonesia yang mengaku nabi, dan akhirnya ditangkap oleh kepolisian, bukan hanya ini, ada juga yang mengaku sebagai malaikat bahkan.

6. Wabah Tha’un Amwas

Wabah ini telah terjadi di zaman kepemimpinan Umar Bin Khattab RA, banyak menyerang hewan ternak hingga banyak menewaskan orang pada saat itu.

7. Fitnah

fitnah
Image by: hidayatullah.com

Tanda tanda kiamat selanjutnya adalah banyak datangnya fitnah, dari segala perbuatan keji yang dituduhkan kepada umat islam, tanda kiamat kecil ini sudah disampaikan dalam Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asy’ary

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sesungguhnya menjelang datangnya hari akhir (terjadi) banyak fitnah, bagaikan bagian malam gelap gulita. Seseorang yang di pagi hari dalam keadaan beriman, dan di sore harinya menjadi kafir. (Ada) yang di sore harinya dalam keadaan beriman, dan di pagi harinya menjadi kafir. Orang yang duduk di saat itu lebih baik daripada orang yang berdiri, orang yang berdiri di saat itu lebih baik daripada orang yang berjalan, dan orang yang berjalan saat itu lebih baik daripada orang yang berlari.

Maka patahkanlah busur-busur kalian, putuskanlah tali-tali busur kalian, dan pukulkanlah pedang-pedang kalian ke batu. Jika (rumah) salah seorang dari kalian dimasuki (fitnah), maka jadilah seperti yang terbaik dari kedua anak Adam (Habil).” (HR. Imam Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan al-Hakim)

8. Api Hijaz

api hijaz

Abu Hurairah RA Rasulullah Muhammad SAW bersabda: “Tidak akan terjadi hari kiamat sampai keluarnya api dari tanah Hijaz yang menerangi leher-leher unta di Bashara”
Sebuah fenomena alam ini sudah terjadi pada abad ke-7 Hijriah, atau lebih tepatnya pada tahun 654 Masehi dan para ulama berpendapat bahwa ini merupakan tanda tanda kiamat kecil.

9. Maraknya Perzinahan

perzinahan
Image by: konfrontasi.com

Per-zinahan bukan hal yang baru di kehidupan manusia modern saat ini, jauh sebelum diutusnya Nabi Muhammad ini juga sudah banyak terjadi, namun berbeda setelah nabi Muhammad diutus dan setelah beliau meninggal maka terjadi lagi kasus ini, contoh saja pergaulan bebas yang kian marak terjadi dikalangan para pemuda di Indonesia.
Nabi Muhammad bersabda: “sesungguhnya diantara tanda hari akhir adalah maraknya perzinahan”

10. Riba dan Riba

riba

Tanda tanda kiamat kecil juga ditandai dengan maraknya perdagangan atau bisnis yang menghalalkan riba, Sabda Nabi Muhammad: “Sesungguhnya akan datang jaman dimana manusia tidak peduli lagi dengan ke halal-an dan keharaman dalam harta yang ia peroleh”.

11. Banyaknya Minuman Keras (Khamr)

minuman keras
Image by: hellosehat.com

Khamr atau segala minum yang dapat memabukkan dapat mudah dijumpai, dan mudah dijumpai di pasaran, hal ini termasuk dengan tanda-tanda kiamat kecil. “Diantaranya tanda tanda kiamat kecil adalah maraknya minuman khamr (minuman keras)”.

12. Berlomba Membangun Masjid Mewah dan Berbangga dengan Hal ini

mesjid
Image by: thoughtco.com

Sudah bisa dijumpai pada poin 12 tanda tanda kiamat kecil ini, jika Anda melihat sekarang banyak banget yang membangun mesjid bermegah-megahan dan berbangga atas hal ini namun ia tidak datang ke mesjid.

13. Waktu Semakin Singkat

waktu
Image by: newsbtc.com

Saya kira atau mungkin Anda juga pernah mengatakan “waktu begitu cepat berlalu” ini bukan hanya bualan semata, dan ini nyata dan saya sebagai penulis juga merasakan hal ini, baru saja kemarin dan sekarang sudah ke esokan harinya.

14. Banyaknya Kebodohan dan Diangkatnya Ilmu

wali songo

Tanda tanda ini memang sudah muncul, saya sebagai penulis juga merasakan hal ini, banyak ulama-ulama sudah meninggal dunia, maksud dari diangkatnya ilmu adalah dengan di wafatkannya para ulama sehingga banyaknya kebodohan (ilmu islam). Contohnya saja tahun 2011 lalu kita dikejutkan dengan wafat-nya KH Zainuddin MZ salah satu ulama hebat yang keras dalam mengkritik pemerintahan dan para pejabat-nya, itu baru satu belum ulama-ulama lainnya.

Tanda Tanda Kiamat Besar (Kubra)

1. Munculnya Dajjal (Al Masih Palsu)

dajjal

Tanda tanda kiamat besar dengan munculnya kedatangan Dajjal, ciri-ciri dari Dajjal itu sendiri sebagai makhluk bermata satu dan memiliki tulisan di keningnya Kafir atau Kafaro (Arab) dan memiliki pengikutnya yakni dengan jumlah yang besar 70.000 ribu orang.

”Dia akan keluar diantara Syam dan Iraq dan akan membuat kerusakan ke kanan dan ke kiri. Wahai hamba Allah teguhlah kalian.” Kami bertanya, ”Wahai Rasulullah, berapa lama ia tinggal di bumi?” Beliau bersabda, ”Empat puluh hari; sehari seperti satu tahun, sehari seperti satu bulan, sehari seperti satu Jum’at, dan hari-hari lainnya seperti hari-hari (biasa) kalian.” (HR Muslim)

2. Turunnya Nabi Isa AS (Al Masih)

Nabi Isa akan datang dengan memakai dua helai pakaian yang sudah dikasih wewangian minyak Ja’faran. Disebutkan juga bahwa Nabi Isa AS akan menaruh kedua tangannya di atas sayap malaikat, dan jika ia menunduk maka akan turun air dari atas rambutnya, di jelaskan juga oleh Ustadz Abdul Somad Nabi Isa turun dari atas langit seperti orang habis mandi.

3. Yajuj dan Majuj

Yajuj dan Majuj

Tanda tanda kiamat besar selanjutnya ialah munculnya kedatangan Yajuj dan Majuj, dahulu raja Zulkarnain hidup dimasa Nabi Ibrahim AS, dengan menggantikan raja Namrud, membangun sebuah dinding atau pembatas untuk mengurung Yajuj dan Majuj agar tidak keluar dan mengganggu kaum disekitarnya.

Pada hari akhir jaman maka dinding yang dibangun oleh Raja Zulkarnain ini akan runtuh dan roboh, ia (Yajuj dan Majuj) akan turun dari gunung dan akan menghancurkan segalanya yang ia lewati dan membunuh manusia terutama kaum kafir.

4. Penenggelaman Bumi

Pada hari kiamat besar makan daratan bumi akan ditenggelamkan, dari ujung barat hingga timur.

5. Munculnya Asap dan Kabut Tebal

dhukon

Dalam ceramah ustad Zulkifli Ali ia mengatakan ini akan terjadi pada kiamat besar, bumi akan diliputi awan atau kabut yang amat amat sangat sangat tebal dan amat amat panas, sehingga membuat kita tidak bisa melihat dalam jarak dekat sekalipun, dan ini disebut Dhukon, jika mau lebih lengkapnya bisa di simak di Youtube penjelasan Ustad Zulkifli Ali salah satu Ulama Indonesia yang spesialis membahas akhir zaman.

6. Terbit Matahari dari arah Barat

matahari

Biasanya matahari terbit dari arah Timur namun pada hari kiamat besar matahari akan terbit dari arah Barat. Dan jika ini sudah terjadi maka sudah tertutup pintu taubat bagi umat manusia (Islam).

7. Keluar Binatang Dari Perut Bumi

Tanda tanda kiamat besar dengan keluarnya binatang dari perut bumi yang keluar dari tanah Mekah, binatang ini akan menandai manusia yang beriman dan kafir.

8. Munculnya Api untuk Mengumpulkan Manusia

Tanda kiamat besar yang ke-8 ini akan keluarnya api yang akan mengumpulkan manusia di Negeri Syam (Suriah).

9. Ditupnya Terompet Sangkakala oleh Malaikat Israfil

malaikat

Pada poin ke-9 Malaikat Israfil akan meniupkan ini, para tiupan pertama akan mengejutkan umat manusia, tiupan kedua akan membinasakan manusia, dan tiupan ketiga akan membangkitkan manusia dialam kubur.

Penutup

Tanda tanda kiamat yang sudah dijelaskan dan ditulis oleh penulis ini memang berasal dari berbagai sumber baik Hadist Nabi dan blog-blog yang membahas mengenai tanda kiamat. Sebagai umat muslim harus percaya dengan adanya kiamat, karena ini tertuang dalam Rukun Iman, jika dari ke-6 rukun iman salah satunya saja anda tidak percaya, maka tidak akan lengkap dan sempurna imanmu.