Beranda Islam Biografi Sunan Gresik Singkat dan Lengkap (Maulana Malik Ibrahim)

Biografi Sunan Gresik Singkat dan Lengkap (Maulana Malik Ibrahim)

Sunan Gresik

Kalimat.ID – Sunan Gresik, atau mempunyai nama panggilan Maulana Malik Ibrahim merupakan salah satu seorang besar dari anggota Walisongo di pulau Jawa. Walisongo, yaitu sembilan wali yang mempunyai peran penting terbesar dalam penyebaran islam di negara Indonesia yang khususnya di daerah pulau Jawa.

Anggota-anggota Walisongo terdiri dari 9 orang, antara lain yakni Sunan Gresik, Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Drajad, Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Sunan Muria, dan terkahir Sunan Gunung Jati.

Menurut buku The History of Java, Raffles disitu menyebutkan bahwa Maulana Malik Ibrahim ini salah satu keturunan Zainal Abidin dan sepupu dari seorang Raja Chermen. Sedangkan itu pembacaan J.P Moquette di sebuah prasasti makam yang berada di desa Gapura Wetan, bahwa beliau berasal dari Kasan, suatu tempat di Iran. Sunan Gresik atau nama aslinya Maulana Malik Ibrahim ini mempunyai silsilah sebuah keturunan yang dekat dengan Rasulullah SAW.

Nah, untuk mengenal lebih dalam tentang Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim akan saya jelaskan pada artikel ini. Pada kesempatan kali ini akan saya bahas lengkap mulai dari Biografi Maulana Malik Ibrahim, Tanggal lahir, Metode dakwah, Karya, Peninggalan, dan Makam Sunan Gresik. Mungkin banyak nama-nama walisongo yang sudah saya sebutkan sebagaimana diatas, namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas Sunan Gresik.

Mengenal Sunan Gresik yang Bernama Asli Maulana Malik Ibrahim

Maulana Malik Ibrahim terkenal dengan karena penyebarannya agama islam di pulau Jawa. Khusus untuk Kalimaters, saya akan membahas di artikel ini untuk mengenal lebih dalam tentang salah satu anggota Walisongo yaitu yang mempunyai nama asli Maulana Malik Ibrahim.

Biografi Sunan Gresik Lengkap

Biografi Sunan Gresik yang mempunyai nama panggilan lain Maulana Malik Ibrahim, merupakan sosok ulama pertama kali yang mendapat sebuah gelar sebagai Walisongo.

Tidak ada bukti yang jelas tentang sejarah untuk menyakinkan tentang asal usul keturunan dari Sunan Gresik atau mempunyai nama panggilan Maulana Malik Ibrahim ini. Walaupun demikian, faktanya bahwa masyarakat sekitar secara umum menyepakati bahwa beliau bukan orang Jawa asli.

Masyarakat di sekitar, menyebutnya dengan Syekh Maghribi yang menganggap bahwa berasal dari keturunan di wilayah Arab Maghrib di Afrika Utara. Namun, kemukingnan yang terkuat menurut pendapat J.P Moquette yaitu pada paragaraf kedua yang sudah saya sebutkan diatas. Dimana sudah tercantum dan tertulis di The History of Java.

Banyak versi tentang asal keturunan Sunan Gresik ini bahwa mempunyai silsilah keturunan yang dekat dengan Rasusulullah SAW melalui jalur keturunan Husain bin Ali, Ali Zainal Abidin, Muhammad al-Baqr, Ja’far ash-Shadiq, Ali al-Uraidhi, Muhammad al-Naqib, Isa ar-Rumi, Ahmad al-Muhajir, Ubaidullah, Ali Awwal, Muhammad Sahibus Saumiah, Ali ats-Tsani, Ali Khali’ Qasam, Muhammada Shaih Mirbath, Ali Ammi al-Faqih, Abdul Malik. Abdullah, Ahmad Syah Jalal, Jamaluddin Akbar al-Husaini, dan baru Maulana Malik Ibrahim. Dibalik itu ada sebuah data pribadi yang mengenai Maulana Ibrahim Malik, yaitu sebagai berikut :

Nama Lengkap : Maulana Ibrahim Malik
Lahir : Provinsi Samarqand, Uzbekistan
Meninggal : 7 April 1419
Nama Orang Tua : Jumadil Qubro
Anak : Sunan Ampel, Ali Murthada
Tempat : Sunan Kudus, Trenggana,lainnya.

Metode Dakwah Sunan Gresik

Dalam setiap dakwah semua anggota mempunyai Metode Dakwah masing-masing setiap orang. Termasuk Sunan Gresik ini mempunyai Metode Dakwah yang berbeda dan mempunyai ciri sendiri menjadikan masyarakat umum lebih mengenal dengan Maulana Ibrahim Malim ini. Sudah saya rangkum bahwa ada 4 Metode Dakwah dari Sunan Gresik atau Maulana Ibrahim Malik dibawah ini !

-Menjual kebutuhan sehari-hari dengan membuka warung yang harganya sangat murah.
-Membuka pengobatan secara gratis (tidak dipungut biaya)
-Membangun pondok pesantren pertama di Pesucian.
-Orang Islam pertama yang menyebarkan dan masuk ke pulau Jawa.

Karya Karya Sunan gresik

Maulana Ibrahim Malik, merupakan tokoh sosok yang pertama kali menyebarkan agama islam di pulau Jawa dan mempunyai julukan atau gelar Walisongo dengan sebutan Sunan Gresik. Anggota wali ini sama halnya dengan wali-wali lainnya, dimana setiap wali mempunyai karya-karya yang sampai saat ini tidak pernah terlupakan oleh masyarakat umum. Berikut sudah saya rangkum mengenai Hasil dari Karya-Karya Maulana Ibrahim Malik dibawah ini !

-Kesenian : Tembang, Gundul-gunduk pacul,dsb.
-Pendidikan : Pondok Pesantren di Leran, Gresik.

Peninggalan Sunan Gresik

Sunan gresik yang mempunyai nama asli Maulana Ibrahim Malik, merupakan anggota Walisongo yang pertama kali dalam penyebaran agama islam di pulau Jawa terbesar di Indonesia.

Walisongo dalam persebarannya di daerah pulau Jawa ini mempunyai peninggalan-peninggalan sejarah yang tidak bisa kita lupakan. Tidak terkecuali dengan Maulana Ibrahim Malik ini juga anggota Walisongo yang juga meninggalkan sejarah di sebuah wilayah kota Gresik, Jawa Timur.

Peninggalan-peninggalan Maulana Ibrahim Malik ini tergolong dengan wisata religi yang dimana wisatawan banyak yang mengunjungi tempat-tempat ini. Apalagi pada saat bulan suci Ramadhan ini sangat ramai pengunjung di daerah Gresik, Jawa Timur. Ada 2 peninggalan Maulana Ibrahim Malik yang sampai saat ini masih ada, justru sampai sekarang masih bermanfaat bagi masyarakat di seluruh Indonesia atau wisatawan pun sekalian.

Berikut 2 peninggalan-peninggalan Sunan Gresik yang sampai saat ini masih terawat dan ada sebagai tempat kunjungan wisatawan dibawah ini !

Masjid Pesucinan

Masjid Pesucinan, merupakan peninggalan dari Sunan Gresik yang sebagai masjid tertua di daerah Gresik, Jawa Timur pulau Jawa. Pada jaman dulu, bahwa Maulana Ibrahim Malik dalam perjalannanya ini pernah beristirahat di Desa Leran Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Dimana dulunya tempat ini adalah sebuah kekuasaan dari kerajaan Majapahit.

Di jaman itulah bahwa tempat masjid ini dibangun sebagai simbol penyaiaran Agama islam. Dimana tempat ini dimanakan Masjid Pesucinan karena maksud dari tempat ini adalah mensucikan masyarakat-masyarakat disana yang mayoritasnya orang-orang beragama Hindu Budha. Pasalnya, Masjid Pesucinan ini tercatat sebagai masjid yang tertua karena daerah tersebut pertama kali menjadi tempat singgah, merupakan desa Sembolo di tahun 1389 M. Dimana tempat ini berada di naungan kekuasaan kerajaan Majapahit.

Di posisi utara dari Masjid Pesucinan ini sampai sekarang masih menemukan bebatuan arsenik yang dimana peninggalan masa kejayaan Masjid Pesucinan. Justru, ada sebuah batu besar yang letaknya di depan pagar Masjid disebelah timur yang dipercayai masyarakat disekitar sebagai bekas batu tempat berlabuhnya kapal.

Air Sumur

Diatas sudah saya jelaskan peninggalan yang pertama yaitu Masjid Pesucinan, untuk yang kedua dari peninggalan-peninggalan Sunan Gresik ini yang tak kalah dengan Masjid Pesucinan. Pernahkah mendengar Air Sumur ? Ya, Air Sumur ada di dalam Masjid Pesucinan yang juga menarik ini menjadi salah satu air ajaib yang diyakini oleh seorang ahli Spiritual bahwa air sumur ini dapat menyembuhkan apapun jenis-jenis penyakit. Keunikan dari peninggalan Sunan Gresik yaitu sumurnya sangat besar dan rasanya tawar tidak sama dengan sumur pada umumnya di desa-desa terasa asin.

Air Sumur ini adalah sebuah peninggalan dari Sunan Gresik yang diyakini ajaib karena ada waktu itu salah satu masyarakat yang sedang sakit fisiknya dan menderita sangat lama sekali.

Ia pernah berobat udah sampai kemana-mana namun penyakit tersebut masih belum sembuh. Sampai suatu ketika ada seorang ahli spiritual yang bernama Kang Masrukhan ini mengusulkan untuk mencoba mengambil air sumur yang berasal dari peninggalan Sunan Gresik.

Berbarengan dengan doa-doa dari seorang ahli spiritual tadi, alhasil bahwa orang yang menderita penyakit sangat lama itu sudah lekas sembuh. Ada sebuah kata-kata yang membuat saya tidak melupakan dari Kang Masrukhan yaitu sebagai berikut :

“Suatu tempat suci tentunya mempunyai kekuatan spiritual yang sangat besar dan dapat dimanfaatkan sebagai penyembuhan penyakit, mensucikan diri, menenangkan jiwa dan dapat meminta doa untuk meminta hajat kita segera terkabul insyAllah berdoa, berziarah dan meditasi tempat suci ini dapat cepat terkabulnya sebuah doa”.

Makam Sunan Gresik ( Maulana Ibrahim Malik )

Sunan Gresik yang bernama asli Maulana Ibrahim Malik ini wafat pada tahun 1419. Beliau wafat setelah menata pondokan tempat belajar agama di desa Leran Gresik, Jawa Timur. Letak pemakaman Maulana Ibrahim Malik tepat di desa Gapura, Gresik, Jawa Timur. Menurut bahasa Arab bahwa tertulis di makam Sunan Gresik dibawah ini !

“Dalam makam Maulana Malik Ibrahim ini bisa diharapkan mendapatkan pengampunan oleh Allah SWT dan mengharapkan rahmat dari Tuhan Yang Maha Luhur, guru para pangeran, dan siraman bagi orang-orang fakir dan miskin.

Untuk berbahagia dan syahid penguasa dan urusan agama Maulana Malik Ibrahim terkenal karena kebaikannya. Semoga Allah melimpahkan rahmad dan ridho-Nya serta di tempatkan surga-Nya”

Nah, itulah kisan dari anggota Walisongo yang pertama kali dalam persebaran agama islam di pulau Jawa. Diatas sudah saya bahas lengkap mengenai tokok hebat yang mempunyai peran terbesar dalam Walisongo. Semoga Bermanfaat dan bisa menambah ilmu pendidikan Kalimaters untuk tidak bosan-bosan dalam belajar serta mengenal tokoh hebat di jaman dulu.

Jangan lupa share dan kasih react yang cocok untuk postingan ini ! Tunggu artikel selanjutnya yang akan saya bagikan tentang tokok Walisongo lainnya.

Komentar disini
error: