5 Senjata Tradisional Papua Beserta Penjelasannya

Kalimat.ID – Senjata Tradisional Papua, Orang Papua sebenarnya dikenal luas sebagai salah satu penghuni yang memiliki budaya yang agak unik. Keakraban mereka dengan alam dalam waktu dekat membuat mustahil untuk membebaskan hidup mereka dari bahan-bahan alami.

Subjek masih dapat dilihat dari rumah tradisional serta pakaian yang mereka gunakan, yang semuanya hampir tidak menggunakan bahan buatan, terutama sejauh ini. Tentang apa yang juga berlaku untuk alat dan senjata yang mereka gunakan dalam penelitian dan perang.

Dalam budaya Papua, senjata menggambarkan barang yang memiliki posisi signifikan dalam kehidupan mereka. Senjata untuk orang Papua memainkan peran sebagai peralatan untuk mempertahankan kehidupan, apakah itu untuk menemukan hewan mangsa mereka, melindungi diri dari invasi musuh dan berperang melawan kelompok etnis lain yang mengganggu wilayah mereka.

Ketika kami juga memasuki dan memahami budaya tradisional Papua, kami ingin membuat 4 (4) senjata tradisional yang mereka gunakan setiap hari. Sekarang di sini ada 4 senjata tradisional Papua:

Senjata tradisional Papua dan Papua Barat

Ada berbagai macam suku yang ditemukan di Papua dan Papua Barat, dan mereka mendiami tempat itu selama beberapa generasi, tetapi ada juga orang yang pindah. Mereka memiliki berbagai keunikan dalam hidup mereka. Ada yang mencari satwa liar dan sebagainya.

Dapat juga dikatakan bahwa peralatan tersebut cukup tradisional dan pada dasarnya digunakan untuk senjata suku tradisional di Papua dan Papua Barat.

Berikut dibawah ini ada beberapa senjata tradisional papua yang bisa diketahui

1. Badik Papua

senjata tradisional papua
image by netralnews.com (badik)

Badik pada mulanya adalah senjata tradisional Bugis dari Makassar, dan menjadi senjata tradisional Papua saat orang Papua sudah mengetahui dan memahami dunia luar. Karakteristik Badi ini seperti sependek pisau, namun keunikan tertentu yang dimiliki.

Badik, sudah ada sejak masa pemerintahan disulawesi. Senjata tradisional badik dipercaya mempunyai kepercayaan mitos dan memiliki khasiat yang diketahui.

Senjata badik ini merupakan peninggalan budaya yang dipahami dan dilindungi oleh warga sekitarnya dengan dipakai untuk berbagai kegunaan. Badik ini dipercaya orang memiliki nilai dan makna tertentu yang dikandungnya. Senjata Badik ini diPapua selalu menjadi senjata tradisional Papua buat digunakan saat berperang.

2. Busur dan panah

busur dan panah
image by romadecade.org

Busur dan anak panah adalah salah satu senjata tradisional Papua dan Papua Barat. Meriam busur tradisional Papua terbuat dari rotan dan panah yang terbuat dari kayu, bambu, dan kangguru.

Umumnya senjata Busur dan anak panah ini digunakan untuk mencari dan bertarung. tetapi karena tersusun dari bahan-bahan alami, ia memerlukan keterampilan khusus dalam menggunakan senjata tradisional ini.

Sistem ini menggunakannya relatif mudah, dan sekarang telah diklarifikasi dengan berbagai metode yang telah diangkat secara ilmiah.

Pembuatan. Metode posisi yang sempurna adalah metode penentuan posisi tubuh untuk memanah. Posisi kaki harus seimbang dan kuat dan tubuh harus lurus tanpa menekuk.

Incocco. Yaitu yang mempunyai arti memasukkan ekor panah. Anda bisa memasukkan titik pada haluan serta dengan meletakkannya di lapisan panah. Keberhasilan panah akan diketahui dengan posisis yang benar.

Persiapan target. Pemanah harus mempunyai tekad yang kuat dan mempunyai tujuan yang dingin dicapai. Pada bagian tersebut, pemanah harus terlihat mantap dalam membidik tujuan yang difokuskan.

Manambatkan. Pemanah perlu menarik talinya sampai ke bagian bibir atau dagu sebelum melepaskan panah tersebut.

Metode ini disertai dengan penghalang, itu adalah tangan yang memegang, yang diuji dengan menarik ujung dagu.

Memegang. Pemanah perlua diam dan terus untuk berkonsentrasi hingga tembakan sesuai dengan target setelah tembakan selesai.

Targat atau Tujuan. Pastikan tembakan saat memegang panah yang diperlukan normal dan ketika rotasi panah harus rileks.

Keberangkatan. Selanjutnya, metode peluncuran baru dicoba. Melempar adalah metode menembak panah. Caranya, tangan yang menggambarkan traksi panah, bergerak mundur dan menelusuri dagu dan leher.

Perbuatan. Metode ini adalah perilaku yang lebih maju setelah melepaskan tembakan. Terkadang orang tua harus selalu bangun dan rileks setelah melepas traksi.

3. Pisau belati

pisau belati
image by asyraafahmadi.com

Senjata tradisional Papua yang bisa Anda temukan nanti adalah pisau berbentuk belati yang dibuat dari tulang kaki burung kasuari dengan bulu hiasan pada potongan belati di atas. Umumnya senjata ini digunakan untuk melakukan penelitian.

Senjata pisau tradisional itu bisa menjadi penopang mereka. Tetapi Anda tahu bahwa belati Papua sangat berbeda dari belati lainnya di kepulauan ini. Apabila senjata tradisional pisau belati biasanya terbuat dari bilah logam, namun berbeda dengan belati Papua yang hanya terbuat dari kasuari burung endemik yang terdapat diPapua.

Pada tulang-tulang burung kasuari karena mudah dan memiliki struktur yang kuat yang menjadi alasan dipilihnya. Selain itu, senjata ini dilengkapi dengan bulu kasuari atau serat alami yang menempel.

Senjata belati Papua ini merupakan suatu hiasan untuk panah dan busur yang menjadi sebuah senjata utama. Bambu atau kayu menjadi bahan untuk pembuatan Busur dengan bahan Rotan.

Dalam mencari, melawan, dan mengambil hasil hutan, suku suku tradisional dipapua tersebut menggunakan senjata tradisional ini.

4. Tombak

senjata tombak papua
image by asyraafahmadi.com

Senjata tradisional yaitu tombak umumunya sering digunakan untuk membuat serangan jarak jauh.

Senjata ini digunakan dalam penelitian dan perang. Pada gagang tombak yang terbuat dari kayu, sebaliknya mata terbuat dari batu atau tulang yang tajam. Seiring dengan tumbuhnya jaman, ketika mata tombak ini sering ditemukan pada logam. Tidak hanya itu, berbagai modifikasi tombak tidak sering ditemukan.

Tombak merupakan senjata tradisional Papua yang umumnya digunakan untuk membuat serangan dengan jarak jauh, namun hal ini juga digunakan untuk penelitian dan perang. Senjata tradisional tombak tersebut terbuat dari gagang kayu dan batu tajam atau tulang.

Zaman semakin maju dan berkembang, Tombak sekarang sudah terbuat dari logam. Tidak hanya itu, perubahan yang berbeda juga ditemukan dalam kegunaan senjata ini, tombak bisa digunakan untuk kegunaan pertanian.

5. Kapak batu

kapak batu
image by 4.bp.blogspot.com

Kapak Batu adalah senjata tradisional Papua dan Papua Barat yang dibuat dengan batu alami tumbuk untuk membuat mata aksial. Umumnya digunakan untuk membuat, menggali, atau memotong.

Dalam kegiatan pertanian dan pembukaan hutan, orang-orang di Papua biasa menggunakan batu tajam seperti mata kapak mereka. Batu ini diikat dengan rotan pada pegangan yang terbuat dari tongkat kayu.

Meski begitu, jenis senjata tradisional ini mulai padam secara bersamaan. Hanya kelompok terisolasi di hutan yang masih menggunakan senjata ini.

Itulah beberapa senjata tradisional papua dan papua barat yang bisa kami informasikan untuk Anda semua. Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa memberikan manfaat, pengetahuan, dan wawasan yang terkait dengan senjata tradisional papua dan papua barat. Terima kasih!

Komentar disini
Hosting Unlimited Indonesia