6 Senjata tradisional Jawa Timur Beserta Penjelasannya Lengkap

Kalimat ID – Senjata tradisional Jawa Timur – Tentunya anda pun mengerti jika Indonesia ini merupakan salah satu negara dengan kekayaan begitu melimpah. Mulai dari kekayaan alam, hasil bumi sampai dengan negara yang memiliki berbagai macam kebudayaan.

Kita sebagai bangsa Indonesia sudah selayaknya bersyukur bahkan merasa begitu bangga dengan apa yang ada. Kebudayaan harus selalu terjaga agar tetap berkembang sampai saat ini. Tetapi yang disayangkan kini banyak anak muda lebih suka dengan kebudayaan negara barat. Kini kita pun akan membahas mengenai senjata tradisional Jawa Timur.

Setiap daerah mempunyai senjata tradisional khas yang menjadi kekayaannya. Dari sini senjata harus tetap dilestarikan agar nantinya tidak musnah. Meskipun tidak semua senjata masih ada setidaknya anda bisa mengenal apa sajakah senjata yang telah dimiliki Pulau Jawa ini. Apalagi untuk kawasan Jawa Timur ini. Tentunya ada beberapa senjata tradisional yang masih tersisa sampai saat ini.

Tentunya anda yang berada dalam propinsi Jawa Timur merasa bangga sudah menjadi bagiannya. Hingga berbagai macam hal perlu anda syukuri terlebih dari segi senjata tradisional harus anda ketahui.

Mungkin telah banyak senjata mulai punah karena memang senjata tersebut ada mulai zaman dahulu kala. Anda sebagai masyarakata Jawa Timur sudah seharusnya mengerti apa sajakah senjata tradisional yang ada. Dimana semuanya mempunyai kegunaan tersendiri bahkan sampai sekarang ini masih ada yang belum musnah.

Tentunya anda sudah mengerti jika negara Indonesia mempunyai 33 provinsi yang mana tersebar luas ke berbagai daerah. Hal ini seakan memunculkan sebuah kebudayaan tersendiri di setiap daerahnya.

Dimana kali ini pembahasan kita pun terkait dengan senjata tradisional Jawa Timur. Tentunya anda sebagai masyarakatnya harus mengerti apa sajakah senjata tradisionalnya. Supaya lebih jelas lagi sebaiknya simak uraian berikut ini:

Clurit

Siapapun orangnya sudah pasti tidak asing lagi dengan senjata tersebut. Dimana senjata clurit ini memang senjata khasnya suku Madura. Bahkan menariknya clurit ini mempunyai beragam sejarah. Hingga tak bisa dipisahkan dengan sebuah kebudayaan maupun tradisi masyarakat Madura hingga sekarang ini.

Pada umumnya dari senjata ini mempunyai bilah melengkung dengan adanya mata pisau pada sisi dalam. Pada bagian ujungnya terlihat begitu runcing bahkan mempunyai pegangan tangan kurang lebih 20 cm.

Tentu saja senjata yang satu ini begitu mudah sekali anda temukan khususnya di Pulau Jawa. Clurit memang hampir sama dengan yang namanya sabit. Dimana sabit ini kebanyakan dipergunakan petani untuk mencari rumput.

Sedangkan untuk clurit pastinya menjadi salah satu senjata dengan sejarah cukup panjang. Hal ini tak lain dikarenakan masyarakat di zaman dahulu seringkali mempergunakan senjata tersebut. Adapun tokoh yang telah mempergunakan clurit adalah Sakera. Yang mana ia merupakan seorang petani tebu atau sering dikenal dengan sebutan mandor.

Ia memang seseorang yang saat itu ikut melakukan perjuangan dalam memberontak Belanda. Hingga ia menjadi salah satu orang yang tak pernah meninggalkan senjata tersebut. Menariknya lagi dari Suku Madura kebanyakan masukkan makhluk ghaib dalam benda ini.

Caranya cukup mudah sekali hanya dengan membacakan sebuah doa lalu melakukan ritual yang mana dipercaya mampu masukkan makhluk gaib pada benda ini. Hanya saja sekarang ini banyak masyarakat menganggap hal tersebut tidak masuk akal.

Saat seseorang membawa clurit seakan membuat orang lain merasa takut. Hal ini dikarenakan clurit tersebut menyeramkan bahkan bisa dikatakan begitu tajam. Jika tidak dipergunakan dengan baik memang membahayakan orang lainnya.

Apalagi kebanyakan dari mereka yang ingin merencanakan sebuah kejahatan seringkali memilih senjata tersebut. Inilah mengapa senjata tradisional harus dipergunakan dengan baik untuk beragam hal kebaikan.

Keris

keris
image by: awsimages.detik.net.id

Tak bisa dipungkiri lagi jika keris menjadi salah satu senjata tradisional Jawa Timur yang popular ditengah masyarakat. Mungkin banyak yang membayangkan jika keris ini menjadi salah satu senjata khasnya Jawa Tengah.

Hal ini dikarenakan senjata tersebut masih erat hubungannya dengan daerah keratin. Tetapi anda jangan sampai salah dimana keris ini juga masuk dalam deretan senjata tradisional dari Jawa Timur.

Awalnya memang senjata tersebut belum mempunyai kepastian akan keberadaannya. Hanya saja setelah masa kerajaan Majapahit maupun kerajaan Pajajaran akhirnya senjata ini pun mulai popular di tengah masyarakat.

Terlebih bagi mereka yang tinggalnya di Pulau Madura maupun Pulau Jawa. Zaman dahulu kala senjata tersebut menjadi pilihan masyarakat untuk melindungi dirinya bahkan bisa juga dipergunakan untuk melakukan pemburuan.

Hanya saja sekarang ini senjata tersebut sering dipakai sebagai hiasan ketika acara pernikahan. Hal ini seringkali hadir di daerah Jawa Timur maupun Jawa Tengah.

Keris memang masuk dalam deretan senjata tikam dengan adanya keruncingan pada bagian ujungnya. Bahkan uniknya senjata tersebut juga mempunyai mata pisau kedua sisinya. Pada umumnya keris ini menjadi senjata asal dari Desa Lenteng Barat, Kec. Lenteng, Kab. Sumenep Madura.

Tentunya kehadiran senjata berupa keris ini perlu dijaga bahkan dilestarikan agar tidak musnah. Keris memang tak asing lagi bagi mereka orang Jawa dimanapun berada. Benda pusaka ini seakan menjadi koleksinya yang mana di rawat sebaik mungkin. Wajar saja jika sampai sekarang ini berbagai macam keris masih ada dan tetap terjaga.

Buding

Ada lagi senjata tradisional Jawa Timur yang mempunyai nama unik yakni buding. Mungkin banyak diantara anda yang merasa asing dengan nama tersebut. Hal ini terbilang begitu wajar sebab senjata yang satu ini memang tidak populer dibandingkan lainnya.

Senjata tersebut hanya dipergunakan pada sebagian tempat saja. Umumnya senjata ini mempunyai bentuk layaknya pisau dapur. Jika anda melihat pisau dapur pastinya mengerti bentuk dari senjata unik tersebut.

Menariknya untuk senjata ini mempunyai sebuah sarung yang mampu tutupi mata pisau. Bisa dikatakan pedang buding ini menjadi salah satu senjata khasnya Suku using yang mana telah hidup di sekitar Banyuwangi. Biasanya senjata tersebut seringkali dipergunakan untuk membantu lakukan beragam kegiatan keseharian termasuk dalam hal membela diri.

Inilah mengapa anda sebagai masyarakat Jawa Timur harus mengenal senjata tradisional tersebut. Semoga saja dengan senjata tersebut mampu membantu anda dalam membela diri ketika dibutuhkan. Berkat senjata ini anda pun tidak perlu takut lagi apabila ada musuh yang menyerang. Dengan bantuan senjata tradisional ini bisa membantu anda dalam membela diri.

Bionet

Tak bisa dipungkiri lagi jika setiap daerah selalu mempunyai senjata tradisional tersendiri. Dimana senjata tersebut kebanyakan ada yang telah musnah hingga tersisa beberapa saja. Hal ini seharusnya mampu memikat anda untuk melestarikan dan menjaga senjata yang masih tersisa.

Sebetulnya dari segi perawatan bukanlah hal yang sulit dilakukan. Semuanya bisa asalkan mengerti bagaimana caranya. Kini senjata tradisional Jawa Timur bernama biolet tetap harus dijaga meskipun tidak terkenal dibandingkan lainnya.

Senjata tradisional ini juga menjadi salah satu kekayaan Indonesia. Inilah mengapa anda harus mengenal senjata tersebut. Apalagi bionet merupakan salah satu senjata tradisional Jawa Timur yang mungkin belum dikenal banyak orang. Uniknya bentuk dari senjata tersebut adalah lurus dengan panjang seperti pedang.

Meskipun dari segi ketajamannya terbilang kurang tajam ternyata bagian ujungnya ini cukup runcing apabila kita bandingkan dengan lainnya. Zaman dulu kala bionet sering dijadikan sebagai senjata untuk berperang.

Dikarenakan pada bagian ujungnya terbilang runcing akhirnya bionet dipergunakan untuk membela diri bahkan menusuk para musuh. Sayangnya senjata tradisional kali ini sudah tidak lagi dijadikan sebagai senjata perang. Jadi anda pun seakan merasa asing dengan yang namanya bionet.

Caluk

Ada lagi senjata tradisional Jawa Timur yang tak patut anda lewatkan begitu saja yaitu Caluk. Mungkin masih banyak juga masyarakat yang belum mengenal senjata tersebut. Caluk merupakan senjata dengan bentuknya panjang layaknya sebuah golok.

Uniknya senjata tersebut mempunyai lengkungan pada bagian ujung. Bahkan tersedia pula kapak pada bagian tengah senjata. Bisa jadi senjata ini terbilang unik bahkan juga langka. Apalagi anda kini hanya mampu menemukannya di daerah Pulau Jawa.

Dari segi bentuknya yang berbeda dengan lainnya. Memungkinkan caluk dipergunakan dalam kegiatan keseharian sebagai senjata pembela diri pada zaman dulu kala. Hanya saja sekarang orang tidak lagi mempergunakan senjata tersebut.

Dengan kata lain tentunya senjata tersebut hampir saja punah. Hanya saja masih ada sebagian orang tetap saja menyimpan senjata tersebut sebagai koleksinya. Pada dasarnya caluk ini mempunyai panjang kisaran 1 meter dengan hadirnya kapak pada bagian tengahnya.

Inilah salah satu keunikannya jika kita membandingkan dengan senjata tradisional yang lain. Bentuk yang terbilang unik bahkan dengan panjangnya tidak biasa membuat siapapun cepat mengenalnya.

Kudi

Senjata tradisional Jawa Timur kali ini juga menarik dimana namanya adalah kudi. Senjata tersebut ternyata berasal dari Banyumas. Menariknya kudi ini bukanlah hanya sebagai senjata saja tetapi juga sering dipergunakan dalam mencari makan.

Semisal dalam mencari kayu bakar yang nantinya juga dijual agar memperoleh uang. Kudi ini juga sering dimanfaatkan oleh warganya dalam pembuatan meja maupun kursi. Yang pasti kudi memberikan banyak kegunaan untuk melakukan beragam kegiatan anda.

Senjata yang satu ini hanya bisa anda temukan khususnya di daerah Banyumas. Pada umumnya senjata tersebut mempunyai benjolah yang berada pada bagian tengah kudi. Inilah salah satu pembeda dengan senjata kudi yang lainnya.

Senjata bernama kudi ini mempunyai panjang kurang lebih 35 cm dengan lebarnya sekitar 10 cm. Dari sini pastinya anda mulai mengenal senjata tradisional yang bernama kudi ini.
Meskipun mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengerti tentang senjata yang dinamakan kudi tersebut. Dengan penjelasan tadi tentunya mampu memperluas pengetahuan siapapun tentang senjata ini.

Itulah tadi berbagai macam penjelasan penting terkait dengan beragam senjata tradisional Jawa Timur yang perlu anda ketahui. Semoga saja penjelasan di atas mampu memperluas pengetahuan anda.

Hingga membuat anda serta teman lainnya tetap melestarikan sekaligus menjaga kebudayaan yang masih ada. Supaya kebudayaan maupun kekayaan Indonesia ini tetap ada tentu saja harus selalu dijaga.

Hal ini tak lain agar anak maupun cucu mengenal berbagai macam senjata tradisional khasnya Jawa Timur. Sebab sampai saat ini ternyata sudah banyak sekali senjata yang musnah.

Hingga anak cucu anda tidak lagi mengenal senjata tradisional tersebut. Jadi jangan sampai mereka tidak mengenai senjata tradisional Jawa Timur yang telah dijelaskan tadi.

Komentar disini