7 Senjata Tradisional Jawa Tengah yang Wajib Kamu Kenal

Kalimat ID – Senjata Tradisional Jawa Tengah – Tak bisa dipungkiri lagi jika setiap propinsi mempunyai senjata tradisional yang menjadi ciri khasnya.

Seperti halnya jenis senjata tradisional Jawa Tengah ini yang ternyata hadir dengan beragam pilihan. Sebetulnya untuk senjata khasnya memang terbilang mirip dengan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hanya saja perbedaan tetap ada terutama dalam hal ornament maupun bentuknya. Tentunya anda pun sudah mengerti jika salah satu lambang kekuasaan dari Pulau Jawa adalah keris. Dimana senjata tradisional tersebut bisa dipergunakan untuk menusuk atau bahkan memotong.

Sekarang ini penjelasan kita pun terkait dengan senjata tradisional Jawa Tengah. Tentunya ada beragam jenis senjata tradisional yang mana hadir dalam kehidupan budaya masyarakat Jawa di zaman dahulu.

Siapa sangka untuk daerah Jawa Tengah terbilang lebih maju apabila kita bandingkan dengan daerah lainnya. Tetapi sayangnya ada beberapa senjata yang mungkin sudah punah hingga hanya tersisa beberapa jenis saja.

Tentunya anda juga harus mengerti apa sajakah senjata tradisional Jawa Tengah yang kini masih tersisa. Dari pada anda penuh dengan rasa penasaran sebaiknya simak ulasan berikut ini:

Wedhung

Mungkin nama dari senjata tradisional kali ini tergolong cukup asing sekali di tengah masyarakat. Padahal keberadaan senjata tersebut seringkali dipergunakan pada zaman dulu kala.

Tepatnya pada zaman kerajaan dimaa ada banyak orang mempergunakan senjata ini sebagai senjata menusuk. Bentuknya memang terlihat hampir mirip dengan pisau. Hanya saja mempunyai satu bilah mata begitu tajam sekali.

Menariknya lagi wedhung ini dilengkapi juga dengan sebuah kerangka berbahan kayu jati. Sehingga senjata bertahan dalam jangka waktu lebih lama. Tentunya dari sini anda pun semakin mengerti seperti apakah senjata tradisional yang bernama wedhung ini.

Keris

Bagi masyarakat Jawa apalagi Jawa Tengah pastinya tidak asing lagi dengan sebuah senjata yang dinamakan keris. Dimana senjata tradisional kali ini sudah sering kita jumpai dimanapun tempatnya.

Keris memang bernilai seni yang tinggi sehingga masyarakat Jawa zaman dahulu mengakui jika keris mempunyai kekuatan magis. Tentunya daya serang keris itu sendiri mampu lumpuhkan semua musuhnya.

Menariknya lagi ada tidak diperbolehkan menganggap remeh senjata tersebut. Dulunya keris seringkali dipergunakan masyarakat sekitarnya sebagai identitas keluarga, diri sendiri maupun kelompoknya.

Siapa sangka senjata tradisional khasnya Jawa Tengah ini bisa anda temukan dalam beragam bentuk. Ada yang hadir tanpa sebuah lekukan pada bagian batangnya. Bahkan ada pula yang mempunyai lekukan dengan jumlah 3,5,7 dan lain sebagainya.

Hal ini seakan menumbuhkan rasa penuh penasaran bagi para wisatawan asal luar negeri. Mereka biasanya begitu suka mengoleksi beragam keris sebagai salah satu bentuk perasaan kagum.

Sebetulnya bukan hanya Jawa Tengah saja yang mempunyai senjata tersebut. Hal ini dikarenakan senjata ini juga hadir di berbagai daerah lainnya seperti Sumatera, Sulawesi, Kalimantan Maupun Bali. Jadi anda pun harus mengenal senjata tradisional khas Jawa ini.

Tombak

Mungkin sebagian besar dari anda yang suka menonton film kolosal tidak asing lagi dengan tombak. Pada zaman dahulu kala para serdadu kerajaan seringkali mempergunakan perisai maupun tombak sebagai pelindung dirinya.

Senjata tersebut seringkali dipergunakan pada masa lalu apalagi pada era sebuah kerajaan. Sayangnya sekarang ini kita pun sudah begitu jarang menemukan tombak di tengah masyarakat.

Menariknya lagi tersedia sebuah tombak yang sengaja dikeramatkan bahkan sudah popular di masyarakat yakni Tombak Kyai Pleret. Dari sini pastinya sudah banyak masyarakat mulai mengenal yang dinamakan tombak. Meskipun senjata tradisional itu hanya ada di zaman dahulu terlebih saat kerajaan masih ada.

Thulup

Ada lagi senjata tradisional Jawa Tengah yang perlu anda kenali yaitu thulup. Dimana masyarakat Kalimantan Barat sering mempergunakan senjata tersebut untuk berburu. Tetapi berbeda sekali dengan thulup yang berada di Jawa.

Kebanyakan orang mempergunakan senjata yang stau ini dengan cara ditiup. Apalagi senjata ini dilengkapi pula dengan anak thulup yang sering dipergunakan sebagai peluru.

Menariknya lagi ada yang mencoba memberikan racu dengan merendamnya pada anak thulup. Hal ini seakan memperluas pengetahuan anda mengenai senjata tradisional yang dinamaka thulup.

Plinthen

Mungkin anda sebagai orang Jawa sudah tidak asing lagi dengan senjata tradisional ini. Hal ini dikarenakan senjata tersebut seringkali dipergunakan anak-anak sebagai alat permainan di zaman dahulu kala.

Mereka lebih suka menghabiskan waktu bersama temannya untuk bermain ketapel tersebut. Senjata yang satu ini uniknya terbuat dari bahan kayu, dua buah karet ditambah dengan selembar kulit hewan.

Uniknya lagi untuk peluru yang dipergunakan biasanya berupa batu kecil atau bisa juga kelereng. Hal ini seakan menarik minat anak zaman dulu untuk mempergunakan senjata tradisional tersebut.

Meskipun sekarang ini mungkin senjata ini begitu sulit untuk kita jumpai lagi. Semuanya dikarenakan perkembangan zaman yang telah merubah segala hal hingga menjadi lebih modern.

Cara mempergunakan plintheng ini ternyata begitu mudah hanya dengan menaruh bebatuan pada bagian kulit yang mana sudah ditali oleh karet sebelumnya. Kemudian anda bisa menarik dan lepaskan berdasarkan pada arah yang memang ingin menjadi tujuan.

Dalam membidik mangsa memang harus pas supaya tepat pada sasarannya. Tentunya hal ini terbilang mudah dilakukan asalkan anda sudah terbiasa menggunakan senjata tersebut. Senjata tradisional ini tidaklah berbahaya sehingga anak-anak lebih suka memainkan senjata tersebut. Apalagi pembuatan senjata tersebut tergolong mudah sekali dengan bahan praktisnya.

Condroso

Kini anda pun juga harus mengerti salah satu senjata tradisional Jawa Tengah yang dinamakan dengan Condroso. Dahulu kala banyak wanita daerah Jawa begitu terkenal dengan kemandiriannya bahkan bisa menjaga dirinya.

Mereka begitu fasih mempergunakan senjata tradisional zaman dahulu. Mereka memilih mempergunakan condroso supaya mampu melindunginya dari beragam kejahatan yang mungkin menimpanya.

Menariknya bentuk dari senjata tersebut begitu unik yakni mirip sekali dengan yang namanya tusuk konde. Inilah mengapa para wanita bisa dengan mudah mempergunakan senjata tersebut.

Kebanyakan dari para wanita zaman dahulu seringkali mempergunakan condroso ini. Mereka mempergunakannya sebagai tusuk konde. Banyak dari mereka wanita jawa kuno suka sekali menata rambutnya dengan disanggul.

Hingga akhirnya tusuk konde pun dijadikan hiasannya. Meskipun kelihatannya memang tidak begitu berbahaya layaknya senjata yang lain. Ternyata condroso ini bisa melukai musuhnya jika dalam kondisi mendesak. Umumnya senjata tradisional ini bukan hanya mudah kita temukan di Jawa Tengah saja. Melainkan bisa juga kita temukan di DIY maupun Jawa Timur.

Inilah mengapa mulai banyak para wanita zaman dahulu yang memilih menggunakan condroso sebagai senjatanya. Sebetulnya beragam senjata tradisional yang ada ini tak pernah lepas dari beberapa kerajaan yang dulu pernah berjaya.

Dimana kerajaan tersebut mulai dari Kerajaan Majapahit maupun kerajaan yang lain. Apalagi kini daerah Jawa Tengah untuk masalah teknologi persenjataan sudah lebih maju jika kita membandingkan dengan daerah yang lain.

Meskipun begitu ternyata sudah banyak senjata yang kini mulai punah hingga hanya tersisa beberapa saja. Biasanya untuk senjata tradisional Jawa Tengah yang kini masih tersisa akan anda temui pada cagar budaya ataupun museum.

Tentunya untuk koleksinya sudah tidak lengkap seperti zaman dulu kala. Biasanya untuk pusaka yang nantinya mudah anda temukan adalah keris. Dimana senjata tersebut bersejarah sekali hingga tersimpan dalam museum yang berada di daerah Jawa Tengah.

Bahkan ada pula dari mereka budayawan memilih keris sebagai koleksinya. Karena bagi mereka benda tersebut mempunyai nilai sejarah yang begitu kental. Inilah mengapa senjata tradisional membutuhkan perawatan terbaik agar tetap dalam kondisi bagus. Tak heran banyak juga dari masyarakat melakukan sebuah ritual yang terbilang khusus untuk keris tersebut.

Kudi

Memang tidak banyak kita bisa menemukan senjata tradisional Jawa Tengah. Sebab sudah cukup banyak juga senjata yang telah musnah. Hingga akhirnya hanya tersisa beberapa senjata saja di setiap daerah termasuk daerah Jawa Tengah ini.

Kali ini anda pun perlu mengetahui yang namanya kudi. Dimana kudi ini adalah perkakas yang mampu dipergunakan untuk kebutuhan apapun. Jadi kudi bukan hanya bisa anda pergunakan sebagai senjata saja.

Siapa sangka ternyata senjata ini begitu tajam untuk melindungi diri dari sebuah ancaman berbahaya. Menariknya lagi kudi kini menjadi sub budaya masyarakat Jawa terlebih Banyumas. Dimana keseharian mereka lebih suka menggunakan simbol atau lambang.

Dari simbol atau lambang ini bisa saja dengan bentuk ucapan, benda, tulisan atau bahkan upacara sampai dengan kesenian. Kudi seringkali dianggap masyarakat mempunyai daya linuwih yang mampu dipergunakan sebagai jimat. Siapa sangka ternyata kudi ini terbilang sulit untuk anda peroleh.

Biasanya masyarakat Banyumas kebanyakan mengenal senjata tersebut dengan kudi Trancang. Dimana ada banyak sekali jenis kudi yang sudah hadir di sana. Adapun untuk beberapa jenis kudi yang hadir di Banyumas yakni:

Kudi umum yang mana bisa anda pergunakan untuk beragam kepentingan. Dari segi ukurannya bisa mencapai 40 cm dengan lebarnya 12 cm.

Kudi melem dimana bagian ujungnya mempunyai bentuk layaknya ikan melem. Selain itu dari ukuran panjangnya sekitar 30 cm dan lebarnya 10 cm saja. Kudi tersebut sering dipergunakan sebagai pagar sebuah rumah maupun bilik.

Kudi arit dimana jenis kudi tersebut mempunyai perut pada bagian tengahnya. Menariknya kudi ini seringkali dipergunakan untuk mencari dedaunan, kayu bakar maupun nderes. Dari ukurannya berkisar dengan panjang 35 cm dan lebarnya 10 cm saja untuk bagian perutnya.

Pastinya dari beberapa jenis kudi yang telah tersedia ini mampu membuat anda semakin paham tentang senjata tradisional tersebut. Apalagi kini pembahasan kita memang terkait dengan senjata tradisional Jawa Tengah yang mungkin masih ada sampai saat ini. Dari sederet senjata di atas memang mempunyai kegunaan tersendiri. Dimana kebanyakan dipergunakan untuk melindungi dirinya dari musuh.

Dari sedikit penjelasan setiap jenis senjata yang ada di Jawa Tengah semoga mampu memperluas pengetahuan anda. Apalagi mungkin kini anda seakan tidak mengerti apa saja senjata tradisional yang ada di zaman dahulu.

Perkembangan zaman seakan telah merubah semuanya hingga menjadikan beragam senjata tersebut musnah dan tidak dipergunakan lagi. Jikalau masih ada mungkin tersimpan dalam sebuah cagar budaya ataupun museum. Bahkan itu pun harus dirawat dengan baik agar tetap dalam kondisi yang baik.

Komentar disini