Beranda Pendidikan 7 Senjata Tradisional Jawa Barat Beserta Penjelasannya

7 Senjata Tradisional Jawa Barat Beserta Penjelasannya

senjata tradisional jawa barat
senjata tradisional jawa barat

Kalimat.ID – Senjata Tradisional Jawa Barat, Ada beberapa macam yang menjadi senjata tradisional jawa barat yang sampai saat ini masih dipakai untuk keperluan pertanian, peternakan, dan sebagainya.

Kita bisa mengetahui berbagai tipe senjata tradisional yang ada di Jawa Barat, yang diketahui ataupun kalau kita merupakan orang Sudan, jawa barat yang begitu kaya dengan budaya diwilayahnya, terlebih dengan senjata tersebut kalau senjata tradisional masih terdapat serta digunakan hingga saat ini.

7 Jenis Senjata Tradisional Khas Jawa Barat

Ada 7 senjata tradisional Jawa Barat yang bisa diketahui dibawah ini, pada pembahasan dibawah ini pasti bagi kalian sebagian sudah tau dan belum tau dengan senjata tradisional khas dari Jawa Barat ini, simak ulasannya dibawah:

1. Senjata Tradisional Kujang

senjata tradisional jawa barat kujang

Kujang merupakan senjata tradisional Jawa Barat, tempat orang Sunda yang dipercaya mempunyai keramat serta kekuatan magis. Bagi Jawa Barat, Kujang berasal dari bahasa Sunda kuno, ialah Kudi serta Hyang.

Kudi yang mempunyai arti yaitu Senjata yang mempunyai keahlian supranatural, dan sebaliknya Hyang berarti suatu keilahian ataupun biasanya menafsirkan posisi di atas Tuhan oleh masyarakat sunda.

Arti Kujang merupakan peninggalan yang mempunyai keahlian magis dengan kekokohannya berasal dari banyak dewa.

Dimensi senjata kujang biasanya mempunyai jarak 20- 25 centimeter serta digunakan buat suatu peralatan buat baju bagi laki- laki.

Para periset mengaitkan wujud golok dikala ini, kurang lebih senjata ini diperkenalkan oleh nenek moyang orang Sunda.

Kedudukan dari keunggulan senjata Kujang tradisional yaitu salah satunya mempunyai keunggulan tersendiri untuk orang Sudan

Digunakan sebagai suatu simbol ataupun logo pemerintah ataupun organisasi

Perlengkapan pertanian, ini didasarkan pada bacaan kuno sanghyang. Penduduk Sunda umumnya memakainya buat memotong kayu, memotong tumbuhan serta nyacar. ataupun Anda dapat merujuk ke Kujang Pamangkas

Jadi riasan buat pajangan. kita dapat melihatnya di dalam rumah orang Sunda di bilik, golok.

Kujang pusaka. biasanya dipakai untuk keperluan perang.

Kujang pusaka, yang menggambarkan simbol kebesaran serta perlindungan

Di luar itu, kekhasan yang terdapat pada senjata ini merupakan terdapatnya bermacam tipe wujud. Ini merupakan sebagian wujud senjata golok yang terkenal.

Kujang Ciung. Penampakannya seperti burung Ciung.

Kujang Jago, senjata ini mempunyai wujud yang mirip dengan ayam

Kujang Badak. Wujudnya mirip badak ( sebab terdapat tanduk).

Kujang Kuntul. Ini mempunyai wujud yang mirip dengan Egret

Kujang Naga. Ini mempunyai wujud yang mirip dengan Egret

Kujang Bangkong. Benda ini mempunyai wujud yang mirip dengan hewan katak

Kujang Kudi. Golok yang mempunyai wujud tipis.

Tipe pisau golok. Itu semacam boneka dengan kepribadian perempuan yang jadi simbol kesuburan.

Sisi serta Kedudukan Senjata Kujang

Apabila kita lihat dari suatu gambar, dapat merangkum bagian- bagian serta kedudukan senjata golok, salah satunya merupakan:

Papatuk ataupun Kongo. Pada bagian sisi ini di ujung golok serta mempunyai wujud panah.

Eluk ataupun Silih. Sisi ini terdapat di balik yang bermanfaat buat merobek badan musuh

Tangki. Pada bagian ini memandang kurva yang mengerikan di perut serta penggalan depan yang runcing. Berfungsi buat merobek robek badan lawan

Mata, kita amati di balik terdapat lubang- lubang kecil dengan jumlah 5- 9. Bila tidak terdapat lubang ataupun mata biasnya dikatakan bagaikan golok buta.

Tonggong. Itu merupakan sisi tajam di balik golok

Tangki. Itu merupakan busur kecil di dasar celah perut

Paksi. Cincin ataupun cincin di penggalan balik yang mempunyai wujud runcing

Keluar. Pada bagian tersebut mempunyai suatu cincin yang ditemui pada gagangnya ataupun pada ujung gagangnya

Combong, yakni suatu lubang yang terdapat di gagang golok

Ganja ataupun lereng yaitu bagian sudut runcing serta menghadap pada ujung golok

Bangau. Ini merupakan golok yang dibuat dari kayu samida serta mempunyai aroma tertentu. Kesannya merupakan kalau terdapat kekokohan mistis.

Pamor. Ini mempunyai wujud semacam garis jangkar ataupun bercak- bercak/ titik yang digambar dalam golok. Pamor memainkan kedudukan buat nilai artistik serta menggambarkan tempat buat menyimpan racun

2. Senjata Tradisional Bedog

senjata tradisional jawa barat bedog
image by: wikimedia.org

Senjata yang khas dari jawa barat adalah Bedog atau Golok. Kita memandang kalau senjata ini mempunyai wujud sebesar pisau besar sebab dimaksudkan bagaikan parang. Di tiap wilayah di Jawa Barat, kebutuhan serta khasiat parang ataupun bedoks berbeda, jadi kami hendak menciptakan kalau mereka mempunyai bermacam wujud serta bermacam- macam di tiap daerah.

Baca Jenis- Jenis Tubuh Industri setimpal dengan Pemegang Wujud Hukum Bidang Usaha serta contoh- contohnya, namun walaupun alterasi alterasi bisa kita amati dalam sebagian ciri yang biasa, salah satunya dekat 30 cm- 40 centimeter panjangnya. mempunyai dimensi lebih besar dari 40 centimeter mereka diucap kolewang ataupun biasa diucap gobang.

Karakteristik dari Golok ataupun Bedog

Golok merupakan senjata yang memiliki banyak tipe parang dengan suatu manfaatnya, salah satunya

Bedog Gagaplok. Umumnya digunakan buat memotong rumput ataupun tumbuhan lain di kebun.

Golok dari Bedok/ Pameuncitan. Mempunyai panjang dekat 25 sampai 27 centimeter serta lebar dekat 3 centimeter. Senjata tradisional jawa barat Bedok berasal dari kata” peuncit” yang bisa diartikan sebagai penyembelihan, yang kegunanaannya dalam bahasa sunda untuk menyembelih hewan.

Bedok/ Pamoroan Machete ataupun parang survival internasional. Ini mempunyai dimensi dekat 40- 50 centimeter serta lebarnya 3, 5 centimeter.

Golok tani atau disebut juga Bedog, Panjangnya dekat 25- 30 centimeter serta mempunyai lebar dekat 4 centimeter. Dilhat dari namanya berarti kalau penduduk Sunda memakainya buat seluruh aktivitas pertanian serta berkebun.

Bedok/ Pamugeulan Machete. Panjangnya dekat 23- 24, 5 centimeter serta mempunyai lebar dekat 6 centimeter. Sebab mempunyai wujud yang lumayan besar, penduduk Sunda memakainya buat aktivitas barat semacam menebang tumbuhan. Di masa saat ini ini, sebagian orang berkata parang kelapa.

Golok dari Bedok/ Sotogayot. Dia mempunyai panjang 25- 27 centimeter serta lebar 6 centimeter. Penduduk Sunda memakainya buat memotong bambu ataupun membuat bahan bambu.

Dapur bedok/ golok. Golok ini mempunyai dimensi 20 sampai 23 centimeter serta lebar dekat 4 centimeter. Bersaksi dengan nama dapur, itu berarti kalau penduduk Sunda memakainya buat pekerjaan memasak semacam memasak serta memotong bahan bakar. Namun parang ini berbeda dari golok ataupun pameuncitan.

Golok panguseupan. mempunyai panjang dekat 17- 20 centimeter serta lebar 3 centimeter.

Bedog atau Golok Kilat. Ukurannya dekat 15- 17 centimeter serta lebarnya lebih dari 9 centimeter. Walaupun mempunyai wujud yang indah, parang ini semacam kapak, digunakan buat membelah.

Sisi parang ataupun wujud Bedog

Pegangan tersebut diberi nama kronis

Sisi sangat berarti dari parang merupakan wilah yang dibuat dari baja ataupun besi

Dalam kronisitas ataupun di pegangan terdapat sisi yang tersambung. Nama pangkalan itu diberikan

Sisi kronis dikira beut sebaliknya sisi tumpul diucap tongkang

Terdapat anjuran tentang wilah. Nah, ujungnya diucap Kongo

Nama serbuan diindikasikan buat sarung bedog ataupun parang

3. Senjata Tradisional Baliung/Patik

senjata tradisional jawa barat beliung

Penduduk Sunda memerlukan perlengkapan buat menebang tumbuhan besar serta memotong kayu, sebab mereka dibuat dari kapak ataupun kita umumnya berkata itu kapak.

Buat pegangan panjangnya cuma 30- 35cm serta dibuat dari kayu. Keuntungan dari senjata lain, paling utama bedog, merupakan kalau itu sesungguhnya dibuat dari baja yang besar, kerap serta kerap di pangkalannya.

Di masa kemudian, leluhur Sunda memakai candi ini buat pekerjaan berat semacam menebang kolam buat membuka hutan serta kayu bakar. Anehnya, penduduk Sundan, paling utama yang di pedalaman, masih memakainya.

4. Senjata Tradisional Congkrang

senjata tradisional Congkrang

Tampaknya senjata tradisional Jawa Barat mulai nampak sangat jarang serta kami tidak sering berjumpa dengannya. Itu semacam cangkul namun lebih kecil serta digunakan oleh para bunda buat menyiangi rumput di taman tempat mereka tinggal.

5. Senjata Tradisional Arit

senjata tradisional arit
image by: asyraafahmadi.com

Arti merupakan senjata tradisional jawa barat yang berupa seperti bulan sabit, arti adalah senjata tradisional yang masih terdapat hingga saat ini dan sering dipakai untuk memotong rumput biasanya.

Sebagian peternak biasanya memakainya buat memotong rumput yang dicintai buat ternak mereka.

Pada realitasnya senjata tradisional ini tidak cuma di Indonesia serta pula di Madura, umumnya diucap selibat, bulan sabit fitur Betawi serta sebagainya.

6. Senjata Tradisional Sulimat

senjata tradisional Sulimat
image by: budayajawa.id

Penduduk Sunda di situ bekerja merobek kulit kelapa. Senjata ini mempunyai penamapakan seperti halnya pisau dengan ujungnya yang runcing dan silih bersilangan, pada ujung pegangan menempel pada tanah.

Untuk memakai Sulimat ini, cukup kelapa dimasukkan ke dalam pisau runcing serta setelah itu didorong.

7. Senjata Tradisional Balincong

senjata tradisional Balincong
senjata tradisional Balincong

Senjata tradisional Jawa Barat Balincong ini nyaris semacam pajul, namun yang membedakannya dari wujudnya runcing serta tidak lebar. Kegunaan dari senjata ini adalah untuk menggali tanah ataupun untuk batu.

Penyeimbang ini mempunyai 2 mata tajam yang silih berpotongan. Salah satu sisi terletak pada arah pegangan serta yang yang lain tegak lurus terhadap pegangan.

Itulah 7 senjata tradisional jawa barat yang bisa kami sampaikan dan bisa menjadi wawasan bagi kita semua, semoga bermanfaat!