11 Senjata Tradisional Aceh, Gambar dan Penjelasanya

senjata tradisional aceh
senjata tradisional aceh

Kalimat.ID – Senjata Tradisional Aceh, Pada pembahasan kali ini, Anda dapat membaca senjata tradisional Aceh beserta informasinya dengan berbagai gambarnya, sehingga pembaca dapat mengenalinya secara merata.

Ada sebanyak 11 senjata tradisional aceh yang digunakan ketika mereka melawan penjajah. Dan sekarang peralatan perang Aceh masih menjadi legenda.

Beberapa peralatan masih digunakan oleh orang Aceh bukan untuk perang, tetapi untuk keperluan lain seperti peralatan dapur atau untuk mencari binatang dan berkebun.

Peradaban suatu bangsa dapat dilihat dari sejarah yang telah dilalui bangsa tersebut. Zaman keemasan suatu bangsa tidak datang dengan sendirinya tetapi dicapai melalui perjuangan dan pengorbanan. Sejarah suatu negara selalu meninggalkan jejak dalam bentuk aset historis atau nilai-nilai budaya yang terkait dengan masyarakatnya.

Nanggro Aceh Darussalam (NAD), yang menggambarkan provinsi-provinsi di bagian akhir Indonesia, memiliki tradisi sejarah yang panjang. Karakter khas budaya masyarakat terkait dengan masa kini.

Ada banyak sumber sejarah orang Aceh yang menunjukkan bagaimana sejarah perjuangan di masa lalu. Sama seperti salah satu aset historis Aceh adalah senjata tradisional yang digunakan oleh rakyatnya baik untuk membela diri maupun untuk melawan penjajah

Apa saja senjata tradisional Aceh yang tersedia?

Berikut ini akan dibahas satu per satu tentang senjata perang yang telah digunakan oleh kerajaan Aceh dan rakyatnya melawan penjajah.

1. Senjata siwah

senjata tradisional aceh senjata siwah
image dari silontong.com

Siwah menggambarkan senjata tajam mirip dengan Rencong yang juga menggambarkan senjata untuk dipukul.

Siwah ini dalam bentuknya aga mirip seperti Rencong, namun senjata ini memiliki ukurannya panjang dan besar daripada Rencong.

Bukan hanya mahal, tetapi senjata tradisional aceh ini langka dan juga merupakan peralatan raja atau ulebalang-ulebalang yang dipakai.

Senjata Siwah tersebut diberi hiasan emas dan permata di sarung serta pegangannya, penampakannya seperti perhiasan tidak seperti senjata.

2. Rencong

senjata tradisional aceh Rencong
image dari silontong.com

Senjata tradisional acek yakni Rencong yang mulai digunakan di pada masa kesultanan Aceh,. Mulai dari Sultan Aceh pertama yaitu masa pemerintahan Sultan Ali Mughayat Syah.

Senjata tradisional ini selalu tersedia di dekat atau samping Sultan Aceh.

Ulee Balang serta para penduduknya juga menggunakan Rencong sebagai senjata bela diri mereka.

Sultan dan bangsawan lainnya menggunakan Rencong, senjata ini biasanya terbuat dari emas dan sarungnya juga terbuat dari gading. Namun senjata tradisional rencong ini yang digunakan oleh warga biasa hanya terbuat dari kuningan atau besi putih, dan sarungnya juga hanya terbuat dari kayu atau tanduk hewan kerbau.

3. Meucugek

Meucugek
image dari bukalapak.com

Meucugek atau Cugek menggambarkan penunjukan stiker. Bentuk senjata tradisional yang masih tergolong dalam jenis rencong ini memiliki pegangan yang terbuat dari panahan dan memiliki stiker yang memiliki peran dalam membuatnya lebih mudah bagi penggunanya saat menusuk senjata ini di tubuh lawan musuh.

4. Meupucok

Meupucok
image by kerisku.id

Meupucok memiliki atasan yang dibuat dengan ukiran logam emas di atas gagangnya. Meupucok umumnya digunakan sebagai hiasan untuk acara formal yang berkaitan dengan kegiatan tradisional dan seni.

5. Pudoi

pudoi
image by steemitimages.com

Dikatakan bahwa rencong ini pudoi karena memiliki pegangan pendek dan lurus. Sehingga rancong yang terkesan belum berakhir. Istilah Aceh Pudoi adalah istilah untuk apa yang orang anggap tidak terbatas / sempurna.

6. Rencong Meukuree

Rencong Meukuree
image by kerisku.id

Meukuree memiliki ornamen di matanya. Hiasannya bisa dalam bentuk foto kelabang, ular, bunga atau lainnya. penggunaan senjata meukuree tradisional sama dengan menggunakan senjata rencong tradisional.

7. Peudeung

Peudeung atau yang dikenal sebagai Aceh Sword biasanya digunakan sebagai aksesori dalam pertempuran. Jika rencong umumnya dipegang di tangan kiri sebagai alat penusuk, peudeung dipegang di tangan kanan sebagai alat seleksi untuk memotong dan menandai tubuh lawan.

Senjata tradisional Aceh Peudeung ini memiliki berbagai jenis pegangan yang dibedakan dalam:

8. Peudeung Tumpang Jingki

Dalam baju besi ini, gagang pedang yang sesuai dengan mulut terbuka.

9. Kolam Apet Ulee Meu

Pada pegangan ada apet atau penghalang agar tidak mudah terlepas.

10. Situs Peudeueng Ulee Guda

Pegangan sesuai dengan kaki kuda.

Untuk daerah asal populasi ini, di Aceh diketahui di beberapa desa bahwa itu adalah petani Habsyah (dari Abbessinia), seorang peudeung Turki (dari raja-raja Turki) dan seorang Poertugis peudeung (dari Eropa Barat) ).

11. Cannon Sri Rambai ‘Iskandar Muda

Sultan Iskandar Muda mempunyai fakta atau peninggala sejarah kejayaan pemerintahanya yaitu meriam Sri Rambai yang masih ada saat ini.

Meriam saat ini diposisikan menghadap ke laut di Benteng Cornwallis, Kota George, Penang, Malaysia.

Era kuno meriam digunakan untuk menyerang penjajah oleh Aceh. Pada saat ini, budaya meriam terus ada. Umumnya meriam muncul pada saat bulan puasa Ramadhan. Intinya bukan untuk memukul musuh tetapi hanya untuk bermain.

Dengan cara ini, informasi tentang senjata tradisional Aceh diinformasikan. kami berharap dapat membagikan manfaatnya bagi pembaca.

Komentar disini