Sejarah Pencak Silat: Teknik, Peraturan dan Manfaat Pencak Silat

Sejarah Pencak Silat

Kalimat.ID – Sejarah Pencak silat merupakan salah satu bela diri asli dari Indonesia yang sudah mendunia. Olahraga ini memang sudah terkenal di Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina maupun Thailand. Jika kita menelisiknya lebih jauh sebetulnya pencak silat ini tersebar secara lisan.

Seperti halnya guru kepada muridnya. Tak heran lagi apabila kita sering menemukan tulisan pencak silat. Bahkan banyak pula yang telah berpendapat bahwa sejarah pencak silat ini sudah tersebar hingga ke berbagai daerah.

Jadi sudah tak heran lagi jika masa kerajaan Sriwijaya maupun Majapahit ini begitu pandai dalam hal bertarung. Hal ini pastinya karena mereka sudah dibekali dengan adanya ilmu pencak silat sehingga mereka pun terlalu mahir dalam bertarung dengan para musuhnya.

Hingga akhirnya silat ini kemudian dikembangkan hingga ke berbagai negara. Seperti halnya Asia Tenggara. Setiap daerah pun mempunyai tokoh pencak silat tersendiri dengan berbagai macam keahliannya. Para tokoh pencak silat pun sering kali mendapatkan sebutan sebagai pendekar.

Silat ini merupakan hasil perkembangan dari bela diri dan juga seni tari rakyat. Dalam sejarahnya melawan para penjajah Belanda, sudah tercatat beberapa pendekar yang telah menggunakan pencak silat guna mengusir para penjajah. Pastinya pencak silat ini begitu penting sekali dalam kehidupan ini. Seiring dengan zaman yang semakin berkembang, pencak silat pun mulai di akui sebagai budaya dari suku Melayu lebih khususnya mereka yang berada di daerah pesisir pulau Sumatra dan juga Semenanjung Malaka.

Teknik Dasar Pencak Silat

pencak silat
Image by: grid.id

Pada umumnya teknik pencak silat ini sudah terbagi menjadi beberapa macam. Kini siapapun anda yang menggeluti olahraga ini harus paham dengan beragam tekniknya. Mungkin masih banyak yang belum tahu apa saja teknik dari pencak silat ini. Mari kita pelajari satu per satu saja mengenai teknik dasar pencak silat. Yakni:

1. Kuda-kuda

Teknik dasar dari pencak silat ini memang wajib anda kuasai pertama kalinya. Kuda-kuda merupakan sebuah sikap dimana anda harus menapakkan kakinya untuk persiapan saat menyerang lawan. Pada posisi yang satu ini pesilat bisa bertahan dengan posisinya sehingga tak akan mudah dijatuhkan oleh lawannya. Ada baiknya anda sebagai pesilat menguasai teknik dasar yang satu ini.

2. Sikap Pasang

Sikap pasang ini menjadi salah satu posisi yang sering dikombinasikan dengan kuda-kuda. Posisi yang satu ini bersifat fleksibel sekali. Bagi seorang yang mempelajari ilmu bela diri pencak silat jika saat bertarung , sikap ataupun posisi gerakannya akan sering berubah secara taktis untuk menghindari garakan yang dilakukan sang lawan. Ketika mampu menangkap titik celah pertahanan dari lawan kemudian pesilat pun nantinya akan mencoba melakukan serangan cepat kepada sang lawan.

3. Arah

Bukan hanya kuda-kuda dan juga sikap pasang, namun anda juga harus paham mengenai arah. Hal ini sangat berkaitan sekali kemana pesilat ini akan melangkah saat mengambil posisi menyerang ataupun bertahan. Dalam persilatan biasanya teknik arah ini seringkali disebut dengan delapan penjuru mata angin.

4. Pola langkah

Salah satu teknik dasar yang menjadi ciri khas dari pencak silat adalah pola langkah. Penggunaan pola yang satu ini menjadi hasil perubahan injakan kaki yang semula dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Sebetulnya teknik pencak silat ini merupakan hasil gabungan dari teknik kuda-kuda yang telah terkombinasi secara fleksibel.

Jika para pesilat mampu menguasai teknik dasar yang satu ini maka serangan yang mereka lakukan pun akan sulit terbaca oleh lawan. Teknik dasar pencak silat ini penting sekali untuk anda kuasai. Jangan sampai anda kalah hanya karena pola langkah yang anda lakukan kurang tepat.

5. Pukulan

Pukulan seringkali di pergunakan para pesilat entah saat mereka sedang melakukan penyerangan atau bahkan ketika mereka mencoba bertahan. Dalam teknik dasar pencak silat ini sudah ada empat jenis pukulan yang memang perlu anda kuasai.

Tetapi dalam teknik dasar ini anda perlu berhati-hati jangan sampai menyalahi aturan yang sudah diberlakukan. Karena jika anda salah dalam melakukan pukulan, ternyata bisa membahayakan kesehatan lawan anda. Bahkan parahnya lagi bisa membuat lawan anda langsung pingsan.

Tendangan

Berbicara mengenai tendangan dalam seni pencak silat ternyata sudah terbagi menjadi beberapa jenis. Adapun untuk jenis tendangan yang mudah anda pelajari, diantaranya:

– Tendangan A dimana tendangan ini mengarah lurus pada bagian depan dengan bagian cocor kaki diarahkan pada ulu hati sang lawan.
– Tendangan C dimana tendangan ini dilakukan dari arah samping menggunakan punggung kaki di arahkan menuju ke tulang rusuk sang lawan
– Tendangan T menjadi salah satu tendangan samping menggunakan tumit yang diarahkan menuju ke bagian tulang rusuk ataupun dada sang lawan. Tendangan pun nantinya akan membentuk huruf T
– Tendangan Melingkar merupakan tendangan ini seringkali dilakukan dengan memutarkan bagian kaki dan menghentakkan bagian tumit kaki. Sasaran dari tendangan ini biasanya bagian punggung maupun dada lawan

7. Tangkisan

Tangkisan ini menjadi salah satu usaha pertahanan dari adanya serangan lawan entah itu berupa tendangan maupun pukulan. Sekarang ini ada empat jenis tangkisan yang perlu anda pelajari yakni:

– Tangkisan dalam yang dilakukan dengan cara menggerakkan bagian tangan ke luar arah dengan posisi yang sejajar pada bahu.
– Tangkisan luar yang menjadi kebalikan dari tangkisan dalam. Dimana tangkisan yang satu ini mampu membuang tendangan lawan menuju ke arah bagian kiri ataupun kanannya.
– Tangkisan bawah dimana tangkisan yang satu ini mempunyai fungsi dapat melindung bagian kemaluan dengan menyilangkan bagian tangan.
– Tangkisan atas dimana tangkisan yang satu ini dilakukan dengan cara melindungi bagian kepala dari adanya serangan lawan.

8. Guntingan

Teknik yang satu ini dilakukan dengan melakukan tendangan dan juga jepitan. Beragam jenis guntingan dalam seni pencak silat pun sudah tersedia. Sehingga anda harus menguasai berbagai macam gerakan guntingan yang sudah anda pelajari. Pastikan anda paham gerakan dari setiap jenis guntingan dalam pencak silat ini.

9. Kuncian

Kuncian ini menjadi teknik para pesilat dalam melumpuhkan lawannya. Teknik ini biasanya mampu menyasar pada beberapa bagian vital tubuh. Bagi siapapun yang telah lama tergabung dalam seni pencak silat ini biasanya paling jago dengan gerakan yang satu ini.
Itulah tadi berbagai macam teknik dasar yang ada dalam sejarah pencak silat. Semoga saja berbagai macam teknik dasarnya ini bisa anda kuasai jika bergabung dalam olahraga pencak silat.

Peraturan Pencak Silat

pencak silat
Image by: popbela.com

Sejarah pencak silat juga mencatat berbagai macam peraturan saat sedang bertanding. Tentunya ada berbagai macam peraturan yang perlu anda patuhi ketika tergabung dalam olahraga pencak silat ini. Peraturan dalam pencak silat yang harus anda ketahui, diantaranya:

1. Menggunakan semua anggota badan mulai dari ujung jari kaki, tangan sampai kepala.
2. Pencak silat ternyata bisa dilakukan meskipun dengan tangan kosong tanpa bantuan senjata
3. Bersikap tenang
4. Pergunakan sebuah prinsip keseimbangan tubuh
5. Mempergunakan kecepatan, kelincahan, kelenturan bahkan gerak cepat supaya mampu menguasai lawan
6. Memanfaatkan serangan demi serangan lawan sebagai salah satu serangan pertahanan
7. Menghemat tenaga selagi pertandingan berlangsung

Tujuan Pencak Silat

pencak silat
Image by: antarafoto.com

Sejarah pencak silat di Indonesia maupun di dunia pastinya sudah terkenal ke berbagai daerah. Hingga akhirnya telah banyak diantara anda tergabung dalam seni bela diri ini. Dalam setiap aspek pencak silat ternyata menggambarkan berbagai tujuan. Hingga akhirnya satu sama lain menjadi satu kesatuan. Adapun tujuan dari pencak silat ini yakni:

1. Mampu mengembangkan pendidikan mental dan spiritual

Mengingat sejarah pencak silat, ternyata seni bela diri ini menjadi salah satu sarana yang paling ampuh dalam hal pembinaan mental spiritual seseorang. Pencak silat biasa digunakan untuk menunjukkan jati diri seseorang yang sudah terbukti mampu membentuk sebuah pribadi yang tangguh dan kokoh bagi para pengikut Pencak Silat. Bukan hanya pembinaan pada aspek olahraga saja namun bisa juga mengembangkan rasa percaya diri maupun watak leluhur seseorang.
Sebagai seorang pesilat pastinya harus mampu melestarikan, menjaga bahkan juga mengembangkan sebuah nilai dasar seperti halnya kesabaran, ketekunan, kepatuhan, kepahlawanan maupun kesetiaan. Hal ini juga akan tergambar dari tradisi pencak silat yang telah banyak dilakukan oleh perguruan pencak silat pada umumnya.

2. Mengembangkan aspek beladiri

Sejarah Pencak silat memang sudah terkenal di Indonesia bahkan di dunia. Wajar saja banyak masyarakat yang berada di berbagai daerah mempunyai sebuah tradisi mempelajari pencak silat sebagai aksi bela diri. Pencak silat dibentuk memang bertujuan untuk mengembangkan sebuah aspek seni bela diri. Dimana anda akan dituntut untuk selalu terampil saat bergerak.

3. Media pengembangan diri

Pada dasarnya pencak silat ini bisa dikatakan sebagai pencak silat bela diri yang begitu indah. Ketika diperlukan, seni bela diri pencak silat biasanya akan difungsikan kembali seperti asalnya. Seni bela diri pencak silat ini memang bernilai teknis bahkan orientasinya saja lebih efektif dan juga lebih praktis. Seni yang satu ini bisa dikatakan sebagai media dalam mengembangkan diri. Dimana anda akan merasa lebih percaya diri saat menghadapi lawan dengan kekuatan yang sudah anda miliki. Tiada lagi rasa minder atau apa ketika bertanding dengan lawan. Justru anda bisa mengeluarkan semua tenaga anda bahkan kemampuan bela diri anda. Kembangkan saja setiap aspek pencak silat ini agar anda semakin jago dalam membela diri.

4. Pengembangan olahraga

Sebetulnya pertandingan pencak silat ini sudah diakui secara resmi oleh cabang olahraga. Bahkan sejarah pencak silat pun sudah dikenal masyarakat di berbagai daerah. Seperti halnya di Jawa Timur pertandingan pencak silat ini pun sering kali diadakan pada sebuah acara pesta penggilingan tebu. Hal ini pastinya menunjukkan rasa persahabatan antar sesama.

Bahkan di lain pihak, para pendekar pun berupaya untuk membentuk pencak silat ini sebagai olahraga. Mereka pun telah berjuang dengan keras meyakinkan banyak orang bahwa pencak silat ini memang perlu untuk dikembangkan sebagai ilmu olahraga.

Jangan sampai sejarah pencak silat ini musnah hanya karena semakin pudar dikalangan masyarakat. Tetapi menariknya saat ini masih banyak anak muda yang belajar silat sebagai aksi bela diri. Mereka berusaha keras mempelajari berbagai macam teknik dasarnya. Hingga akhirnya mereka aplikasikan dengan beragam gerakan saat menjalani pertandingan.

Itulah tadi berbagai macam tujuan dari pencak silat bagi kita semua. Semoga saja dengan hadirnya informasi tersebut bisa membuat kita semua selalu menjaga sekaligus melestarikan apa yang sudah di wariskan oleh nenek moyang kita terdahulu. Jangan sampai sejarah pencak silat semakin hilang seiring dengan perkembangan zaman. Pastikan agar tradisi ini masih tetap hidup di tengah masyarakat. Agar sejarahnya tak pernah terhapus oleh zaman yang kian berkembang.

Lapangan pencak silat

pencak silat
Image by: kapamilya.com

Seni bela diri yang satu ini seringkali melakukan sebuah pertandingan dalam lapangan khusus. Lapangannya tentu saja harus memenuhi berbagai macam persyaratan. Adapun untuk syarat lapangan pencak silat, yaitu:

– Mempunyai bentuk persegi dengan luasnya 10mx10m
– Memiliki dua area yakni area untuk bertanding 8x8m bagian dalam dan juga area pengaman 1m yang nantinya mengelilingi bagian luar dari area pertandingan
– Tersedia dua lingkaran yaitu lingkaran pertama dengan diameternya 3m dipergunakan sebagai jarak sikap pasang sedangkan lingkaran kedua dengan diameter 8m dipergunakan sebagai batas area untuk bertanding
– Pada dua sudut yang berjauhan biasanya tersedia satu buah puzel matras dengan warna merah dan juga satu puzel matras pada sudut lainnya dengan warna biru

Itulah tadi persyaratan dari lapangan pencak silat yang biasanya di pergunakan sebagai area pertandingan. Memang sudah seharusnya areanya ini memenuhi syarat. Dengan begitu, para pendekar yang akan bertanding pun merasa nyaman dan siap menjalani pertandingan hingga babak akhir.

Manfaat Pencak Silat

pencak silat
Image by: sportourism.id

Mengingat sejarah pencak silat, pastinya ada banyak manfaat pencak silat yang bisa diperoleh siapapun yang ikut dalam latihan tersebut. Lantas apa sajakah manfaat yang bisa kita peroleh jika mempelajari ilmu bela diri ini? Pastinya ada banyak hal yang bisa anda dapatkan entah itu dalam aspek apapun.

Latihan bela diri ini memang mampu memberikan banyak manfaat bagi kita. Adapun manfaat pencak silat yang bisa anda peroleh, diantaranya:

1. Melatih daya tahan tubuh maupun konsentrasi

Dalam sebuah seni bela diri ini, anda memang akan dilatih dalam berkonsentrasi bahkan menggerakan semua anggota badan. Manfaatnya tentu saja supaya tubuh anda selalu dalam keadaan yang sehat dan juga bugar. Pencak silat ini sama halnya dengan olahraga. Dimana otot anda akan ikut bergerak dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh anda. Dengan adanya kekuatan pencak silat maka konsentrasi anda pun juga terjaga. Menariknya lagi daya tahan tubuh pun bisa ikutan meningkat.

2. Memperlancar sirkulasi darah

Pada beberapa gerakan tertentu yang sudah menggunakan kecepatan, tubuh pun secara otomatis nantinya akan memacu kinerja paru-paru dan juga jantung hingga akhirnya sirkulasi darah maupun udara akan semakin lancar. Bahkan manfaat pencak silat lainnya yang bisa anda rasakan dalam aktivitas keseharian anda. Semisal saja mampu tingkatkan kedisiplinan. Dalam seni bela diri ini nantinya anda akan dituntut agar mampu berusaha keras dan lebih disiplin lagi ketika belajar tentang jurus yang sudah diajarkan.

3. Mampu melatih rasa percaya diri

Manfaat dari olahraga pencak silat dalam kehidupan kita ini ternyata juga mampu melatih ketahanan mental bahkan meningkatkan rasa percaya diri yang ada dalam diri anda. Inilah mengapa seni bela diri juga penting untuk anda kuasai.

Itulah tadi berbagai macam informasi mengenai sejarah pencak silat sekaligus berbagai macam uraian mengenai pencak silat. Pastinya anda yang tergabung dalam seni bela diri ini mempunyai pandangan tersendiri tentang olahraga pencak silat ini. Semoga saja dengan hadirnya beragam penjelasan diatas bisa memberikan tambahan ilmu bagi anda semuanya.

Komentar disini