Beranda Pendidikan Rangkuman Sejarah Kerajaan Kutai Lengkap dan Singkat

Rangkuman Sejarah Kerajaan Kutai Lengkap dan Singkat

Sejarah Kerajaan Kutai

Kalimat.ID – Sejarah Kerajaan Kutai – Kita hidup selama berabad-abad tidak luput dari sejarah kerajaan-kerajaan pada masa lampau. Bangsa yang besar, merupakan bangsa yang telah menghargai tentang sejarah perjuangan para pahlawan terdahulu.

Sebagai pemuda penerus bangsa kita harus menghormati serta menghargai dengan cara belajar dan berusaha dalam memberikan yang terbaik untuk negara Indonesia Ini. Negara ini tidak hanya terkenal akan kekayaan alamnya saja, melainkan negara yang sangat kaya akan keanekaragaman budaya.

Namun, patut disayangkan bahwa pemuda generasi sekarang mulai malas dalam mempelajari sejarah perjuangan para pahlawan-pahlawan yang pernah rela berkorban. Padahal, kalau kita mau mempelajari ilmu sejarah-sejarah yang ada di Indonesia ini membuat kita akan tahu dalam seberapa besar pengorbanan dari mereka. Dengan begitu, rasa malas dalam belajar sudah tidak ada lagi di pemuda-pemuda penerus bangsa.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas di artikel ini tentang “Sejarah Kerajaan Kutai”. Apakah kamu belum pernah mendengar tentang Kerajaan Kutai ? Atau hanya pernah mendengar saja tentang Sejarah Kerajaan kutai? Baik, Kerajaan Kutai yaitu kerajaan yang letaknya di provinsi Kalimantan Timur. Menurut sejarah Kerajaan Kutai ini merupakan kerajaan Hindu yang tertua di negara Indonesia.

Untuk lebih mengenal tentang Sejarah Kerajaan Kutai dan agar pemuda penerus bangsa tidak malas dalam mempelajari Sejarah-sejarah dahulu. Baca sampai selesai tentang artikel ” Rangkum Sejarah Kerajaan Kutai Lengkap dan Singkat ” dibawah ini !

Sejarah Kerajaan Kutai Lengkap dan Singkat

Menurut Sejarah Kerajaan Kutai ini merupakan salah satu kerajaan Hindu yang Tertua di Indonesia yang mucul pada abad sekitar 5M atau sekitar abad ±400M. Dalam sejarah kerajaan Kutai ini mempunyai bukti yang menunjukkan bahwa kerajaan Kutai ini dibangun pada abat ke 4 dengan ditemukannya tujuh buah prasasti Yupa. Kerajaan kutai terletak di Muara Kaman, Kalimantan Timur yang tepatnya di daerah hulu sungai Mahakam.

Menurut informasi tentang Kerajaan kutai ini terdiri dari 7 prasasti Yupa yang menjadi salah satu sumbernya. Menurut sejarah Kerajaan Kutai bahwa nama ini berasal dari seorang ahli sejarah yang beradasarkan nama dari tempat ditemukan Prasasti Yupa ini. Seperti yang kita ketahui bahwa prasasti Yupa ini ditemukan di daerah Kutai dan oleh sebab itu menurut sejarah Kerajaan Kutai ini diambil berdasarkan tersebut.

Dalam sebuah prasasti Yupa yang ditemukan dengan adanya tujuh buah batu tulis yang disebut Yupa dengan tulisan-tulisan huruf yang Pallawa dan berasal dari bahasa Sanskerta serta tersusun dalam bentuk syair. Prasasti Yupa inilah yang menyatakan bahwa telah berdirinya Kerajaan Hindu tertua yaitu Kerajaan Kutai.

Hal tersebut tertuliskan bahwa Raja Mulawarman ini merupakan raja yang baik dan sangat terkenal kuat. Dimana dalam sejarah Kerajaan Kutai menyebutkan bahwa Raja Mulawarman ini merupakan anak dari Aswawarman dan curu dari Raja Kudungga.

Dengan adanya prasasti ini dapat kita ketahui bahwa Kerajaan Kutai ini pertama kali yang mendirikannya yaitu Kudungga dan dilanjutkan dengan anakannya yaitu Aswawarman serta mempunyai puncak kejayaan pada masa Mulawarman.

Menurut para ahli sejarah menyebutkan bahwa nama Kudungga ini berasal dari nama asli pribumi yang berlum pernah terpengaruh agama Hindu sama sekali. Hal ini berbeda dengan anak Raja Mulawarman yaitu Aswawarman yang telah memeluk agama Hindu sejak atas dasar kata warman yang nama dan juga kata yang yang berasal dari bahasa Sanskerta. Menurut sejarah kerajaan Kutai ini bahwa kerajaan ini didirikan oleh Kudungga.

Hal ini berbeda dengan penguasa yang pertama yaitu resmi berkuasa dalam kerajaan Kutai yaitu Aswawarman karena sebagai pendiri dinasti Kerajan Kutai dengan gelar Wangsakata” yang mempunyai arti pembentuk keluarga.

Kehidupan Kerajaan Kutai

Menurut sejarah Kerajaan Kutai ini juga sama dengan kerajaan-kerajaan lainnya yang mempunyai sejarah dalam kehidupan di jaman dulu. Di dalam sejarah Kerajaan Kutai menyebutkan bahwa kehidupan pada masa dulu ini terdiri dari 3 kehidupan. Kehidupan tersebut ialah Kehidupan Politik, Kehidupan Ekonomi, Kehiudpan Sosial dan Budaya pada Kerajaan Kutai.

1. Kehidupan Kerajaan Kutai di Bidang Politik

Dalam kehiudpan politik ini sudah tercantum pada Yupa bahwasannya Raja terbesar Kutai yaitu Mulawarman, Putra Aswawarman, dan Aswawarman merupakan putra Kudungga. Menurut prasasti Yupa menyebutkan bahwa Aswawarman ini sebagai Dewa Matahari sekaligus pendiri keluarga besar Raja. Hal tersebut berarti bahwa Aswawarman ini telah menganut Agama Hindu serta dipandang sebagai pendiri sebuah keluarga.

Kehidupan Ekonomi Kerajaan Kutai

Dalam sejarah kerajaan kutai menyebutkan bahwa salah satu prasasti bahwa Raja Mulawarman telah menyelenggarakan Upacara Korban Emas dan mendapat hadiah sebuah Ekor Sapi sekitar 20.000. Sapi-sapi tersebut ini untuk seorang Golongan Brahmana. Namun, saya juga masih bingung sampai saat ini secara pasti Asal muasal Emas dan Sapi didapatkan.

Kalau asal Emas dan Sapi-sapi tersebut dari tempat lain ini bisa kita maknai bahwa dalam sejarah Kerajaan Kutai ini juga telah melakukan kegiatan yang namanya “Dagang”.

Kehidupan Sosial dan Budaya Kerajaan Kutai

Menurut sejarah kerajaan kutai menyebutkan bahwa dalam kehidupan sosial dan budaya ini terjalin hubungan yang harmonis antara Raja Mulawarman dan Kaum Brahmana. Hal tersebut seperti yang sudah tercantum pada penjelasan prasasti Yupa. Berdasarkan sejarah Kerajaan Kutai ini istilah yang artinya Tempat Suci dalam memuja Dewa Siwa.

Dulu, di kehidupan Budaya kerajaan Kutai ini sangatlah maju dengan pesat. Hal tersebut bisa kamu buktikan dengan upacara penghinduan yang masyarakat disana menyebutnya Vratyastoma. Pada masa menjaba Mulawarman, bahwa Upacara penghinduan ini dimimpin oleh pendek Brahmana dari orang Indonesia asli pribumi.

Saya bisa menyebutkan bahwa adanya Kaum Brahmana Asli ornag Indonesia yaitu bahwa kemampuan yang mempunyai Intelektual yang sangat tinggi. Khususnya untuk penguasaan terhadap bahasan Sanskerta.

Raja-Raja Kerajaan Kerajaan kutai

Berdasarkan sejarah kerajaan Kutai ini telah dipimpin oleh Raja-Raja yang hebat selain dari kesaktiannya juga mempunyai Intelektual yang tinggi. Saya pernah membaca-baca tentang kerajaan Kutai ini menyebutkan bahwa ada sekitar 21 Raja yang pernah memimpin kerajaan tersebut. Berikut dibawah ini nama-nama Raja yang pernah memimpin di Kerajaan Kutai yaitu:

  1. Maharaja Kudungga
  2. Maharaja Asmawarman
  3. Maharaja Mulawarman
  4. Maharaja Marawijaya Warman
  5. Maharaja Gajayan Warman
  6. Maharaja Tungga Warman
  7. Maharaja Jayanaga Warman
  8. Maharaja Nalasinga Warman
  9. Maharaja Nala Parana Tungga
  10. Mahaaraja Gadingga Warman Dewa
  11. Maharaja Indra Warman Dewa
  12. Mahraja Sangga Warman Dewa
  13. Maharaja Candrawarman
  14. Maharaja Sri Langka Dewa
  15. Maharaja Guna Parana Dewa
  16. Maharaja Wijaya Warman
  17. Maharaja Sri Aji Dewa
  18. Maharaja Mulia Putera
  19. Maharaja Nala Pandita
  20. Maharaja Indra Paruta Dewa
  21. Maharaja Dharma Setia

Masa Kejayaan Kutai

Menurut sejarah Kerajaan Kutai ini menyebutkan bahwa kehidupan Kerajaan Kutai pada masa itu sangatlah makmur dan sejahtera. Hal tersebut dengan adanya prasasti Yupa di Muara Kaman. Masa kejayaan Kerajaan Kutai ini dipimpin oleh Raja Mulawarman.

Kejayaan Kerajaan Kutai ini mulai agan menurun pada saat dipimpin oleh Dinasti Kudungga. Hal tersebut terjadi pada saat Kerajaan besar yait Majapahit dan Singosari sedang mengelami masa-masa JAYAnya. Pada masa itulah kehidupan dari kerajaan Kutai yang berada dibawha pimpinan Dinasti kudungga tidak lagi terlihat.

Dinasti Kudungga ini berasal dari kerajaan Campa yang berada di Kamboja, sementara untuk Aswawarman ini adalah anak dari Dinasti Kudungga yang diberi kepercayaan untuk menjadi seorang raja pertama di kerajaan Kutai. Sebutan Aswawarman yaitu Wangsakerta pada masa ia menjabat. Akan tetapa berdasarkan informasi sejarah kerajaan Kutai ini begitu beragam, ada yang menganggap bahwa Raja Kudungga ini sebagai Raja yang pertama di Kerajaan Kutai.

Runtuhnya Kerajaan Kutai

Dalam sejarah Kerajaan Kutai ini menyebutkan bahwa runtuh pada saat masa Raja Kerajaan yang terakhir yaitu Maharaja Dharma Setia. Dimana Raja terakhir ini dibunuh dengan Raja Kertanegara yang ke-13 yaitu Aji Pangeran Anum panji Mendapa. Selanjutnya Kerajaan Kutai Kartanegara ini menjadi Kerajaan islam yang bernama menjadi Kesultanan Kutai Kartanegara.

Perlu kita ingat bahwa Kutai ini berbeda dengan Kerajaa Kutai kartanegara yang pada saat itu ber-ibukotan di Kutai Lama yaitu Tanjung Kute. Dalam sejarah Kerajaan Kutai ini berdirisejak tahun 1365M seperti yang sudah tercantum dalam sastra Jawa Negarakertagama. Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa Kerajaan Kutai ini menjadi Kerajaan Islam.

Peninggalan Kerajaan Kutai

Sejarah Kerajaan Kutai ini juga sama dengan sejarah kerajaan lainnya yaitu mempunyai peninggalan-peninggalan yang sampai saat ini masih terjaga. Dimana Peninggalan tersebut sama dengan Sejarah Kerajaan Sriwijaya yang tidak kalah menariknya. Namun berbeda kalau di Kerajaan Kutai ini terdapat sekitar 10 Peninggalan yang sangat terkenal samapi sekarang yaitu:

Prasasi Yupa

Peninggalan yang pertama yaitu prasasti Yupa, merupakan peninggalan Kerajaan Kutai tertua dan menjadi bukti dalam sejarah Kerajaan Hindu yang terletak di Kalimantan.

Ketopong Sultan

Peninggalan yang kedua yaitu Ketopong, merupakan peninggalan mahkota dari Sultan Kerajaan kutai yang terbuat dari emas dengan berat 1.98kg, sampai sekarang masih terjaga di Museum Nasional Jakarta.

Kalung Ciwa

Peninggalan yang ketiga yaitu Kalung Ciwa, merupakan peninggalan yang berhasil ditemukan pada masa pemerintahan Sultan Aji Muhammad Sulaiman pada tahun 1890 oleh penduduk di daerah Danau Lipan, Muara Kaman.

Kalung Uncal

Peninggalan selanjutnya yaitu Kalung Uncal, merupakan peninggalan kalung yang terbuat dari emas dengan berat 170gram dengan hiasan liontin dengan relief cerita Ramayana.

Kura-kura Emas

Setelah itu, peninggalan berikutnya yaitu Kura-Kura Emas yang merupakan peninggalan sampai sekarang masih tersimpan di Museum Mulawarman dengan ukuran setengah kepal tangan.

Pedang Sultan Kutai

Peninggalan Sultan Kutai, merupakan peninggalan yang terbuat dari emas pada dan pada bagian gagang terukir gambar seekor harimau yang siap untuk menerkam ini masih disimpan di Musesm Nasional Jakarta.

Tali Juwita

Peninggalan yang ketujuh yaitu Tali Juwita, merupakan peninggalan yang mewakilkan simbol 7 muara serta 3 anak sungai yaitu Sungai kelinjau, Belayan dan juga Kedang Pahu.

Keris Bukit Kang

Peninggalan kedelapan Kerajaan Kutai yaitu Keris Bukit Kang, merupakan peninggalan yang keris yang duluny benda ini digunakan oleh Permaisuri Aji Putri Karang Melenu.

Kelambu Kuning

Peninggalan Kerajaan Kutai selanjutnya yaitu Kelambu Kuning, merupakan peninggalan yang dipercaya mempunyai kekuatan magis oleh adat Kutai sampai sekarang dan tersimpat dengan rapih.

Singgasana Sultan

Peninggalan yang terakhir yaitu Singgasana Sultan, merupakan peninggalan yang masih ada disimpan di dalam Museum Mulawarman.

Nah, itulah artikel saya yang membahas tentang ” Rangkuman Sejarah Kerajaan Kutai Lengkap dan Singkat “. Dengan adanya artikel ini semoga kita semaki ingin tahu tentang sejarah kerajaan-kerajaan lainnya, karena dengan begitu akan membuat kita akan semakin giat dalam berusaha untuk belajar. Terima kasih telah membaca artikel saya sampai selesai dan semoga bermanfaat!