Sejarah Kemerdekaan Indonesia Lengkap dan Singkat

Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Kalimat.ID – Sejarah Kemerdekaan indonesia adalah suatu hak yang dia dapat capai untuk mengendalikan diri sendiri tanpa adanya campur tangan dari orang lain atau dalam arti lain kemerdekaan adalah bebas dari aturan yang diatur atau diperintah orang lain.

Sama juga dengan sejarah kemerdekaan indonesia, kemerdekaan indonesia mempunyai arti yaitu hak pengendali penuh terhadap negara yang dipunyai, dan tidak ingin diatur oleh negara lain.

Bangsa Indonesia ternyata sudah menghabiskan waktu sekaligus tenaganya apalagi telah banyak juga korban jiwa yang gugur untuk merebut kembali kemerdekaannya. Apapun dilakukan oleh rakyat-rakyat Indonesia untuk memperjuangkan dan mempertahankan masa kemerdekaannya serta negara Indonesia yang utuh.

Banyak wilayah negara Indonesia yang dijajah oleh negara-negara penjajah. Indonesia sangat dikenal oleh beberapa negara, bahwa Indonesia juga merupakan salah satu penghasil rempah-rempah yang baik dan banyak.

Selain itu juga ada beberapa tujuan lain yang diinginkan para penjajah ketika datang ke Indonesia adalah sebagai berikut:

– Memperluas kekuasaan wilayah, biasanya bagi negara penjajahan ingin memperluas wilayahnya atau membuat negara baru yang kedua untuk melakukan perlindungan bila terjadi penjajahan pada negara asalnya.
– Mencari kekayaan, penjajah biasanya mengalami penurunan kebangkrutan atau kemiskinan akibat perang atau apapun biasanya negara tersebut akan menjajah negara lain dengan mendapatkan kekayaannya.
– Mengambil Sumber Daya Alam, biasanya negara-negara yang menjajah ini akan mengambil berbagai sumber daya alam yang dimiliki negara yang akan dijajahinya untuk dijual dan mendapatkan keuntungan dari sumber daya tersebut.
– Menyebarkan Agama, Bahasa, dan Adat. Negara penjajah juga mengajarkan negara yang dijajahnya dengan tradisi budaya, agama dan adat pada negaranya.

Pada tanggal 17 Agustus 1945 ini adalah tanggal tahun sejarah kemerdekaan Indonesia yang pertama sekali. Sebelumnya Indonesia mencapai kemerdekaannya dengan melawan para sekutu untuk memperjuangkan kemerdekaan. Banyak sekali latar dan peristiwa besar yang di alami oleh bangsa Indonesia. Karena belum semua generasi kita yang mengetahui sejarah kemerdekaanindonesia, bagi anda yang belum mengetahuinya berikut ulasan sejarah kemerdekaan Indonesia.

Latar Belakang Bangsa Indonesia Ketika di Jajah Oleh Sekutu

pertempuran surabaya
Image by: idntimes.com

Apabila kita membahas mengenai bangsa Indonesia tentu saja anda tidak merasa asing lagi dengan Sejarah Indonesia. Sejarah kemerdekaan Indonesia sebagai negara kita pastinya kita wajib tahu, dan tahukah anda bagaimana Indonesia bisa memperjuangkan kemerdekaannya?.

Indonesia mengalami penjajahan yang cukup lama dari berbagai bangsa dan negara. Ada 6 negara yang menjajah negara Indonesia sebelum Indonesia mencapai kemerdekaannya. Berbagai cara pun di lakukan agar Indonesia mendapatkan kemerdekaannya kembali. Berikut 6 negara yang menjajah Indonesia:

1. Negara Portugis

Portugis adalah negara yang pertama kali menjajah Indonesia. Portugis menjajah sekitar tahun 1509 sampai 1595 M. Negara portugis yang sekarangkita kenal dengan negara Portugal ini, menjajah Idonesia bagian daerah Maluku saja. Awal mula kedatangan negara Portugis pada tahun 1512 M ada seorang pelaut berasal dari Portugis yang datang ke Maluku.

Nama dari seorang pelaut ini yaitu Fransisco Serrao, rakyat Kepulauan Maluku menyambut dengan baik kedatangan orang-orang Portugis tersebut. Bahkan Maluku yang mempunyai nama Kerajaan Ternate ini menyambut dengan senang kedatangan bangsa Portugis ini. Lalu raja Ternate mengizinkan bangsa Portugis untuk mendirikan benteng di Kepulauan Maluku.

Lalu negara Portugis dan Ternate ini menjalin komunikasi dengan baik, bahkan mereka mendirikan hubungan antar dagang Ternate dengan Potugis. Bangsa Portugis mendapatkan hak monopoli di pusat rempah-rempah, dengan satu syarat yaitu membantu raja Ternate menghadapi kesultanan Tidore mendapat sebuah dukungan dari bangsa Spanyol.

Hubungan perdagangan antara negara Portugis dan Ternate tidaklah berlangsung lama. Sebab bangsa Portugis mengalami kerugian dan kekurangan-kekurangan rempah-rempah.
Akhirnya bangsa Portugis melakukan sedikit kecurangan yang tidak diketahui oleh Kepulauan Maluku.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu Kepulauan Maluku mengetahuinya, sehingga bangsa Portugis didesak kembali oleh Kepulauan Maluku dan diputuskan hubungan perdagangan diantara kedua Negara tersebut. Dimana kedatangan bangsa Portugis ini mengalami kekalahan hingga akhirnya Portugis pun harus mengalami beragam kesulitan hingga lama-kelamaan negara tersebut lenyap begitu mudahnya.

2. Negara Spanyol

Awal kedatangan Spanyol adalah memberikan dukungan pada daerah Sulawesi Utara, yang mempunyai Kerajaan bernama Tidore. Spanyol menjajah Sulawesi Utara pada tahun 1521 sampai 1692 M, Spanyol juga mengadakan koalisi peperangan antara Kerajaan Tidore mengahadapi Kerajaan Ternate. Mereka melakukan koalisi ini untuk mencegah kerugian besar pada negara Spanyol dan negara Portugis. Lalu dibuatlah perjanjian Saragosa pada tahun 1538 yang isinya adalah Portugis menguasai Kepulauan Maluku, dan Spanyol menguasai negara Filipina.

Namun, setelah Portugis mengalami kekalahan, Spanyol jadi binggung tentang perjanjian Saragosa yang akhirnya gagal untuk dijalankan. Setelah itu pada tahun 1600 M Spanyol mendirikan benteng-benteng di Manado untuk melakukan aksi lainnya untuk mendapatkan Manado. Pada tahun 1617 sampai 1646 M terjadi peperangan perebuatan wilayah Manado. Peperangan ini terjadi antara Spanyol dengan Manado yang tengah merebutkan kekuasaan wilayah Manado.

Manado mengalami banyak kekalahan dalam menghadapi bangsa Spanyol, namun Manado tidak putus asa dan terus kembali melawan Spanyol.Sehingga pada tahun 1692 M, Manado berhasil sepenuhnya mengalahkan Spanyol dan Spanyol pergi dengan sepenuhnya dari Manado.

3. Negara Belanda

Belanda merupakan negara ketiga yang menjajah Indonesia setelah Portugis dan Spanyol, negara Belanda ini negara yang cukup lama menjajah Indonesia. Belanda menjajah Indonesia pada tahun 1602 sampai 1942 M atau sekitar 350 tahun. Pada awal tahun 1602 Belanda secara perlahan-lahan menjadi penguasa negara Indonesia.

Belanda mendirikan VOC untuk menjalankan rencana barunya. VOC atau Verenigde Oostindische Compagnie adalah lembaga dagang yang diberi hak dagang monopoli oleh pemerintah Belanda yang terletak di kota Batavia. Hindia-Belanda yang mempunyai hak yang dibuat Belanda untuk Batavia yaitu, hak untuk mencetak uang sendiri, hak untuk memiliki pegawai,hak untuk memiliki tentara, hak membentuk pengadilan, hak untuk menduduki daerah asing, dan hak untuk melakukan perjanjian-perjanjian terhadap raja-raja pribumi.

Perkembangan VOC yang hanya memberikan janji-janji palsu untuk mensejahterakan perdagangan Indonesia ini,juga ikut campur dalam pemerintahan kerajaan-kerajaan Nusantara. Kebijakan-kebijakan VOC ini semakin lama menindas dan menyengsarakan rakyat pribumi. Lalu, rakyat melakukan perlawanan kepadaVOC tersebut. Abad ke- 18 VOC mengalami kehancuran yang diakibatkan perlawanan-perlawanan rakyat, dan merajalenya korupsi VOC yang dilakukan oleh pegawai-pegawai VOC.

4. Negara Perancis

Perancis merupakan negara penjajah yang ke empat setelah Belanda. Namun, pada saat Perancis datang ke Indonesia, Indonesia masih dalam keadaan dipegang kekuasaanya oleh Belanda. Hal Ini terbukti dengan Kerjaan Belanda kalah saat menyerang Kerajaan Prancis. Tujuan utama Perancis adalah menguasai wilayah Jawa. Tetapi wilayah Jawa yang sedang diduduki oleh negara Inggris.

Deandels ingin memberantas feodalisme yang membatasi hak-hak bupati tentang penguasan tanah dan penggunaan tenaga rakyat. Pengaruh feodalime asal Perancis ini sangat berpengaruh bagi Belanda yang sedang menjajah Indonesia, kedua negara ini bekerja sama dengan menerapkan sistem kerja yang keras dan otoriter.

Herman Willem Daendels yang berasal dari negara Prancis diangkat oleh Louis Napoleon menjadi Gubenur Hindia-Belanda. Sejak itu dimulailah kolonialisme dan imperialisme Prancis di Indonesia, yang tidak bersifat langsung. Prancis juga menggunakan orang Belanda untuk membantu dan bekerja sama pada pihaknya.

5. Negara Inggris

Setelah Negara Prancis, mulailah ada kedatangan negara baru untuk menjajah yaitu negara Inggris. Tujuan Inggris juga sama dengan Negara lainnya yaitu ingin merebutkan negara Indonesia dengan sendiri dan ingin lebih dulu mengalahkan Belanda dan Prancis.

Inggris mengajak Indonesia untuk bekerja sama dengan menghapuskan monopoli dan sistem adanya kerja paksa, dan membagi pulau jawa dengan menjadi 16 keresidenan. Inggris yang membuat perjanjian dengan Belanda, bahwa pulau Jawa akan di kuasai oleh negara Inggris.

Inggris mengakat Thomas Stamford Raffles sebagai Gubenur Indonesia. Pada tanggal 17 September 1811 Thomas Stamford Raffles akhirnya telah resmi diangkat menjadi seorang gubernur Republik Indonesia. Kepemimpinan Raffles yang berhasil melawan Belanda ini dapat membuktikan janji yang dibuat di Indonesia dengan tidak adanya monopoli dan sistem kerja paksa, serta membagi pulau Jawa menjadi 16 keresidenan.

6. Negara Jepang

Jepang adalah negaraterakhir yang menjajah Indonesia.Pada tahun 1868 Jepang melakukan berbagai pengenalan modernisasi yang cukup besar-besaran. Oleh sebab itu, Jepang dikenal dengan negara yang sangat modern. Pada perang dunia ke-2 pada tahun 1941, Jepang yang sedang menyerang Pearl Harbor, lalu mulailah terlibat Jepang dan Amerika Serikat dalam perang dunia ke-2 tersebut.

Agar mesin-mesin perang dan industri tetap jalan, Jepang melakukan invalasi ke beberapa daerah yang kaya akan rempah-rempah untuk dijual untuk merawat mesin-mesin perang agar tetap berjalan baik. Pada tanggal 1942 Jepang mulai memasuki wilayah negara Indonesia yang masih diduduki oleh negara Belanda. Setelah itu Belanda menyerah tanpa syarat dengan melakukan perjanjian kalijati, perjanjian ini dilakukan sebab negara itu sedang mengalami krisis.

Jepang menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia denganmembentuk organisasi militer seperti seinendan, keibodan, heiho, dan pembela tanah air (PETA). Namun, semua organisasi militer ini hanya omongan belaka saja, semua yang terbentuk hancur karena kebijakan Jepang. Jepang lalu mempekerjakan yang tidak mempunyai pekerjaan dengan melakukan kerja romusha. Romusha adalah memaksakan pekerjaan secara paksa bagi warga, dan membuat hilangnya banyak nyawa yang meninggal begitu saja tanpa dikubur.

Lalu Indonesia kembali membentuk organisasi yang telah dibuatnya untuk melawan Jepang dengan pemerintahannya yang sangat memaksa, namun organisasi militer yang dibuat hanyalah sia-sia karena berhasil dikalahkan oleh Jepang. Setelah itu, pada tanggal 6 Agustus 1945 pasukan perang Amerika menjatuhkan 2 bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki. Hal tersebut membuat Jepang menyerah tanpa syarat.

Peristiwa Rengasdengklok

Peristiwa Rengasdengklok
Image by: tirto.id

Peristiwa Rengasdengklok terjadi karena adanya perbedaan pendapat antara golongan muda dan golongan tua tentang masalah kapan dilaksanakannya proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kejadian tersebut berlangsung tepatnya tanggal 16 Agustus 1945. Golongan muda membawa Ir. Soekarno dan Drs. Moh.

Hatta diasingkan ke rengasdengklok dengan tujuan untuk mengamankan keduanya dari intervensi pihak luar. Daaerah Rengasdengklok dipilih karena tempat tersebut jauh dari jalan raya Jakarta-Cirebon. Selain itu, mereka dapat dengan mudah mengawasi tentara Jepang yang hendak datang ke Rengasdengklok dari arah Bandung maupun Jakarta.

Soekarno-Hatta diasingkan di Rengasdengklok selama satu hari penuh. Usaha dan rencana para pemuda untuk menekan kedua pemimpin bangsa Indonesia itu agar cepat-cepat memproklamasikan kemerdekaan Indonesia tanpa campur tangan tentara Jepang tidak berhasil. Dalam peristiwatersebut tampaknya kedua pemimpin itu mempunyai wibawa yang besar sehingga para pemuda merasa segan untuk mendekatinya, apalagi melakukan penekanan terhadap mereka. Namun, melalui pembicaraan antara Shodanco Singgih dengan Ir. Soekarno, menyatakan bahwa Soekarno bersedia untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia setelah kembali ke Jakarta.

Berdasarkan pernyataan Ir. Soekarno tersebut, pada tengah hari Shodanco Singgih kembali ke Jakarta untuk menyampaikan berita proklamasi kemerdekaan yang akan disampaikan oleh Ir. Soekarno kepada kawan-kawannya dan para pemimpin pemuda. Sementara itu, di Jakarta sedang terjadi perundingan antara Achmad Subardjo selaku perwakilan dari golongan tua dengan Wikana mewakili golongan muda. Dalam perundingan tersebut tercapai kata sepakat, bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan di Jakarta. Di samping itu, Laksamana Tadashi Maeda mengizinkan rumah kediamannya dijadikan sebagai tempat perundingan dan bahkan ia bersedia menjamin keselamatan para pemimpin bangsa Indonesia.

Berdasarkan kesepakatan antara golongan pemuda dengan Laksamana Tadashi Maeda itu, Jusuf Kunto bersedia mengantarkan Achmad Subardjo dan sekretaris pribadinya pergi menjemput Ir. Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok. Sebelum berangkat ke Rengasdengklok, Achmad Subardjo memberikan jaminan dengan taruhan nyawanya bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia akan dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1945, selambat-lambatnya pukul 12.00 WIB. Dengan jaminan itu, komandan kompi Peta Cudanco Subeno mau melepas Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta beserta rombongan untuk kembali ke Jakarta. Itulah sejarah kemerdekaan indonesia sebelum proklamasi.

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Sejarah kemerdekaan Indonesia di akhiri dengan pembacaan teks proklamasi. Golongan muda dan golongan tua terus bermusyawarah untuk merumuskan naskah atau teks proklamasi hingga pukul 02.00 – 04.00 dini hari. Teks proklamasi ditulis di ruang makan laksamana Tadashi Maeda Jln Imam Bonjol No 1.Para penyusun teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan Mr. Ahmad Soebarjo. Sementara konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno sendiri serta teks proklamasi Indonesia itu diketik oleh Sayuti Melik.

Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta telah hadir Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani, dan Trimurti.Acara dimulai pukul 10.00 dengan pembacaan proklamasi oleh Ir. Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian dilanjut dengan pengibaran bendera merah putih, disusul dengan sambutan oleh Soewirjo selaku wakil wali kota Jakarta saat itu dan Moewardi pimpinan Barisan Pelopor.

Pada awalnya Trimurti diminta untuk menaikkan bendera namun mereka menolak dengan alasan pengerekan bendera sebaiknya dilakukan oleh seorang prajurit. Sehingga ditunjuklah Latief Hendraningrat, seorang prajurit PETA dibantu oleh rekannya Soehoed.Seorang pemudi muncul dari belakang membawa nampan berisi bendera merah putih yang dijahit oleh Fatmawati.

Setelah bendera berkibar, para hadirin yang datang menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sampai saat ini bendera pusaka tersebut masih disimpan di Istana Merdeka.Setelah pembacaan teks proklamasi dan pengibaran bendera merah putih, kurang lebih 100 orang anggota Barisan Pelopor yang dipimpin oleh S. Brata datang terburu-buru karena mereka tidak mengetahui perubahan tempat mendadak dari Ikada ke Pegangsaan tempat membacakan proklamasi dan pengibaran tersebut.

Mereka menuntut agar Ir. Soekarno mengulang pembacaan teks proklamasi, namun ditolak. Akhirnya Moh. Hatta memberikan amanat singkat kepada mereka.Pada tanggal 18 Agustus 1945, Panitia PPKI mengambil keputusan untuk mengesahkan dan menetapkan Undang-undang Dasar (UUD) sebagai dasar negara Republik Indonesia yang selanjutnya dikenal sebagai UUD 1945.

Terbentuklah Pemerintahan Negara Kesatuan Indonesia yang berbentuk Republik atau NKRI dengan kedaulatan ditangan rakyat yang dilakukan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).Setelah itu Ir. Soekarno dan Moh. Hatta terpilih atas usul dari Oto Iskandar Dinata dan persetujuan dari PPKI sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia yang pertama.

Itulah sejarah kemerdekaan Indonesia dari awal yaitu serangan dari negara lain hingga pembacaan teks proklamasi yang menjadi akhir dari penjajahan. Semoga artikel yang berjudul sejarah kemerdekaan Indonesia ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Sekian dan terimakasih.

Komentar disini