Sejarah Bola Voli: Teknik Dasar Bola Voli dan Peraturannya Lengkap

Sejarah Bola Voli

Kalimat.ID – Apakah anda pernah memainkan permainan bola voli? Apakah anda tahu sejarah bola voli? Pertanyaan-pertanyaan tersebut pasti ada di benak anda. Permainan bola voli adalah salah satu jenis dari cabang olahraga yang dimainkan oleh 2 grup yang berlawanan dengan menggunakan bola sebagai alat utamanya. Pada dasarnya permainan ini memiliki dua jenis, yaitu umum dan pantai.

Pada jenis umum, permainan bola voli diperankan oleh anggota yang berjumlah 12 orang yang terbagi menjadi 2 tim, sehingga masing-masing tim ada 6 orang dan ada juga beberapa pemain sebagai cadangan. Selain itu permainan bola voli pantai jumlah anggota hanya 4 orang dan tiap tim terdiri dari 2 orang.Bola voli juga merupakan olahraga yang menyehatkan karena dapat memberikan anda kebugaran jasmani.

Di Indonesia sendiri, organisasi yang menaungi bola voli disebut dengan PBVSI kepanjangannya Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia.Sehingga Bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang memang sangat popular, terutama di Indonesia. Memang sudah banyak penghargaan yang telah diraih atas kemenangan yang dicapai para atlet asal dari Indonesia dalam sebuah ajang dunia Internasional.

Walaupun tidak semuanya perlu kita bahas namun kita juga perlu mengetahui ulasan tentang sejarah bola voli ini. Kali ini kita memang akan membahas tentang sejarah bola voli yang terbagi dalam 2 bab yakni secara global maupun secara local. Dibawah ini adalah fakta-fakta mengenai sejarah bola voli yang ada di dunia, yuk simak selengkapnya.

Sejarah Bola Voli di Dunia

Awalnya bola voli ini di beri nama Mintonette yang ditemukan oleh Willia G.Morgan saat berada di YMCA tepatnya lagi tanggal 9 Februari tahun 1895. Organisasi yang satu ini sudah berdiri mulai tanggal 6 Juni tahun 1884 tepatnya di negara London oleh seorang tokoh bernama George William. William G.Morgan kala itu menciptakan sebuah permainan Mintonette ini setelah empat tahun teciptanya permainan basketball. Sebetulnya permainan tersebut hanyalah kombinasi dari beberapa jenis permainan. Lebih tepatnya lagi sudah mengadopsi permainan baseball, bola basket, bola tangan maupun tennis. Awalnya permainan tersebut hanya di ciptakan secara khusus bagi mereka yang menjadi anggota YMCA namun usianya sudah tidak lagi muda.

Perubahan sebuah nama dari Mintonette menjadi bola voli ini tentu saja terkait dengan cara memainkannya yakni dengan cara melambungkan bola sebelum akhirnya bola tersebut mampu menyentuh tanah. Kabarnya perubahan nama ini dilaksanakan sekitar tahun 1896. Saat itu pertama kalinya pertandingan dilaksanakan di International YMCA Training School. Saat pengadaan konferensi di kampus YMCA, ternyata Springfield telah dihadiri semua instruktur yang mempunyai pengetahuan dalam bidang jasmani. Dalam kesempatan ini akhirnya Morgan pun membawa rombongannya sebanyak dua tim, dimana untuk masing-masing tim ini mempunyai anggota sebanyak lima orang.

Pada kesempatan tersebut, Morgan berusaha memberikan penjelasan mengenai permainan tersebut dimana permainan ini memang bisa dilakukan baik di dalam ruangan maupun diluar ruangan. Bahkan menurut hasil penjelasannya, permainan ini bisa dilakukan oleh banyak pemain. Memang tiada batasan jumlah pemain yang ada dalam permainan bola voli ini. Sedangkan sasaran yang ada dalam permainan tersebut tentu saja mengenai bagaimana caranya supaya bolanya masih tetap bergerak melewati net yang begitu tinggi.

Sejarah Bola Voli di Indonesia

Permainan bola voli ini pada akhirnya bisa masuk ke negara Indonesia. Bola voli masuk ke wilayah Indonesia pada zaman penjajahan Belanda, lebih tepatnya pada tahun 1928. Akan tetapi pada saat itu, bola voli hanya dimainkan oleh Belanda dan para bangsawan saja.Karena pada saat itu, dalam mengembangkan olahraga di Indonesia, guru-guru yang menjadi instruktur pendidikan jasmani didatangkan langsung dari negara Belanda.

Bukan hanya para guru saja yang berperan mengenalkan bahkan mengembangkan permainan yang satu ini. Namun ternyata para tentara pun juga ikut berpartisipasi dalam hal ini. Seringkali mereka bermain bola voli saat berada di asrama. Bahkan terkadang sempat pula bermain di sebuah lapangan yang terbuka. Menariknya lagi sempat pula mereka adakan sebuah pertandingan yang terjadi antar Kompeni.

Mengenal Tentang Terbentuknya PBVSI

Sekarang ini jenis permainan bola voli sudah berhasil berkembang pesat di negara Indonesia. Memang tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa memperkenalnnya. Mulailah bermunculan klub bola voli yang berada di kota-kota besar Indonesia.Dengan terjadinya fenomena ini, pada akhirnya tanggal 22 Januari 1955, berdirilah PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) yang bepusat di Jakarta.

Semenjak didirikan, PBVSI semakin akti dalam pengembangan beragam kegiatan yang ada dalam permainan bola voli. Bahkan PBVSI juga melakukan kegiatan di luar negeri sekalipun. Hingga akhirnya kegiatan tersebut masih berlangsung sampai saat ini.

Pertandingan yang dilakukan Secara Resmi

Permainan bola voli bisa berkembang semakin pesat saat menjelang acara Asian Games yang ke empat pada tahun 1962. Hingga akhirnya berlanjut juga pada Ganefo I yang terjadi tahun 1963. Secara resmi permainan bolai voli ini diakui saat sedang ada sebuah acara Pekan Olahraga Nasional yang telah di gelar di kota Jakarta.

Teknik Dasar Bola Voli

Teknik dasar permainan bola voli terbagi menjadi 4 yaitu Block,Service,Smash dan juga Passing, dimana semua teknik ini harus dikuasai oleh semua pemain bola voli. Yang pasti nantinya para pemain akan menunjukkan kemampuannya pada saat acara pertandingan berlangsung. Contohnya saja dalam hal kepandaian anda saat memberikan umpan kepada sang pemain yang nantinya akan melakukan gerakan smash. Inilah berbagai macam penjelasan mengenai beberapa gerakan dalam bola volli yang harus anda ketahui, yakni:

1. Teknik Dasar Gerakan Service

Teknik Dasar Melakukan Gerakan Service

Teknik dalam bola voli ini dilakukan dengan cara melakukan pukulan dari arah garis belakang lapangan sampai mampu melambung tinggi keatas net baru kemudian mendarat pada daerah lawannya. Biasanya teknik ini dilaksanakan saat pertandingan baru akan di mulai.

Teknik Service terdiri dari 4 macam yaitu Service Bawah,Service mengapung atau Floating overhand,Overhand round-house service, dan juga jumping service.

2. Teknik Melakukan Service Bawah

Teknik Melakukan Service Bawah

Teknik dalam permainan bola voli yang satu ini biasanya sering dilakukan mereka yang masih pemula. Sebab teknik ini tergolong paling mudah bahkan bersifat masih umum dilakukan. Caa melakukan teknik service bawah ini begitu mudah sekali yakni:

1. Peganglah bola dengan tangan kiri dengan posisi yang sejajar pada pinggang
2. Badan kemudian sedikit membungkuk
3. Tangan kanan perlu diayunkan untuk memukul bolanya, tangan yang dipergunakan untuk memukul juga harus dalam kondisi mengepal

Teknik ini memang terlihat mudah, akan tetapi bila dipraktekkan akan terlihat bahwa kesulitan dalam melakukan service bawah adalah mengarahkan bola sesuai keinginan, dengan latihan yang sering dan rutin kalian akan mudah melakukan service bawah.

3. Teknik Service Mengapung

Teknik Service Mengapung

Teknik service mengapung atau floating overhand service merupakan teknik service dimana bola yang melambung tidak berputar sehingga terlihat mengapung atau mengambang di udara.

Service mengapung dapat dilakukan dengan cara:
1. Berdirilah menghadap ke lapangan.
2. Kedua kaki harus sejajar dengan bahu jangan sampai terlihat begitu lebar
3. Melabungkan bola ke atas setidaknya harus lebih tinggi dari kepala
4. Memukul bola pada bagian tengah belakang baru diarahkan menuju daerah lawan

4. Overhand Around House Service

Overhand Around House Service

Overhand round-house service memiliki nama lain yaitu Hook Service. Untuk service yang satu ini bisa dikatakan begitu sulit untuk bisa dilakukan. Supaya anda bisa melakukannya tentunya harus ada sebuah ketepatan saat melakukan pukulan bola agar mampu melewati net dan untuk bolanya harusnya mampu berputar supaya nantinya bisa menjadi floating service. Langkah cara melakukan gerakan ini yakni sebagai berikut:

a) Bola di genggam di depan badan dengan menggunakan tangan kiri
b) Bola dilempatkan keatas kemudian berikan sebuah simpangan paling jauh bagi tangan kanan dan kaki kirinya harus di dekuk sedikit saja
c) Memukul bola dengan sebuah ayunan yang melingkar dari tangan kanan anda. Ketika posisi sudah dirasa tepat barulah menjadikan kaki kiri untuk tumpuan berat badan

Sekilas bila dilihat cara melakukan service ini seperti floating service, namun perbedaannya terletak pada pemolesan bola. Sebab floating service dalam gerakan bola cukup dengan diam namun tidak boleh hingga berputar sedangkan untuk overhand around service ini lebih pada perputaran bola supaya nantinya bisa meraih service yang mampu berbelok.

5. Jumping Service

Jumping Service

Jumping service termasuk dalam teknk service tersulit karena selain ketepatan saat memukul bola kita harus memiliki ketepatan dalam melompat untuk melakukan service.
Selain teknik tersulit teknik ini juga teknik yang paling keren untuk melakukan service karena teknik ini sering dilakukan oleh profesional. Adapun untuk keunggulan yang bisa anda peroleh dari teknik ini ternyata bisa lebih sulit di halau sang lawan sebab tingkat kecepatan bolanya ternyata lebih keras jika dibandingkan dengan teknik lainnya.
Cara melakukan teknik ini adalah:

i. Berdiri namun jaraknya agak jauh dari belakan lapangan
ii. Memegang bola menggunakan kedua tangan
iii. Melambungkan bola sekitar 3 meter di atas permukaan tanah
iv. Apabila anda merasa mendapatkan waktu yang tepat, rendahkan badan anda kemudian tekuklah lutut dengan sikap melompat paling tinggi
v. Memukul bola seperti halnya melakukan smash dengan cara menekuk bagian pergelangan hingga mampu menghadirkan pukulan topspin

Yang perlu anda ketahui bahwasanya gerakan yang satu ini tidak mampu anda kuasai hanya dala waktu yang begitu singkat melainkan anda harus sering berlatih atau bisa dikatakan sudah mempunyai jam terbang tinggi agar mampu menguasai teknik ini.

6. Teknik Dasar Gerakan Passing

Gerakan Passing

Teknik dasar gerakan passing adalah teknik yang bertujuan untuk menerima,menahan dan mengendalikan bola service dari pemain lawan teknik passing di bagi menjadi dua macam yaitu passing atas dan juga passing bawah, Berikut adalah penjelasannya masing masing:

– Teknik dasar passing atas

Teknik Passing Atas merupakan teknik yang biasa digunakan untuk memberikan umpan atau set up dari toser ke pemain yang akan melakukan smash, karena itu teknik passing atas ini sangat berguna dalam permainan bola voli.

Perlu anda ketahui ternyata passing ini telah terbagi menjadi dua bagian yakni passing atas normal dan juga passing atas setara dengan wajah. Perbedaan dari kedua teknik ini sebetulnya hanya terletak pada posisi bolanya ketika melakukan passing. Adapun untuk cara melakukan gerakan passing atas yang paling tepat, yakni:

I. Membuka kaki sampai selebar bahu dengan posisi lutut yang agak ditekuk
II. Posisi kedua tangan harus tepat di bagian depan dahi kemudian ibu jari maupun telunjuk membentuk segitiga. Pandangan harus diarahkan lurus kedepan dimana bolanya akan datang.
III. Ketika bolanya datang, terimalah bola menggunakan jari tangan, tekuklah pergelangan tangan kedalam. Ketika menerima alangkah baiknya tangan dalam posisi rileks jangan sampai terlalu kaku biar nanti bolanya bisa memantul
IV. Doronglah bola dengan sebuah gerakan pergelangan tangan diarahkan keluar kemudian ikuti gerakannya dengan meluruskan bagian siku
V. Gerakkan kaki dengan posisi sedikit jinjit

– Teknik dasar melakukan passing bawah

Teknik dalam bola voli yang satu ini tergolong salah satu teknik paling penting bagi anda yang masih menjadi pemain amatiran. Hal ini dikarenakan teknik tersebut hanya dilakukan untuk menerima bola service ataupun smash dari sang lawan.

Teknik passing bawah biasa dilakukan ketika bola dirasa akan jatuh tepat di depan pemain. Teknik ini biasa dilakukan saat menerima service dan juga smash dari musuh yang masih berada dalam jangkauan namun posisi bola terlalu rendah.

7. Teknik Dasar Blocking

Teknik Dasar Blocking

Teknik Blocking merupakan satu satunya teknik yang pilih-pilih pemain. Sebab teknik yang satu ini hanya dipergunakan untuk menahan sebuah serangan yang berasal dari lawan seperti smash. Karena itu teknik ini hanya bisa dilakukan oleh pemain yang memiliki badan yang tinggi, akan tetapi tidak menutup kemungkinan tinggi badan kita bertambah suatu saat dan mencukupi untuk bisa melakukan teknik blocking, jadi teknik ini juga harus kalian kuasai.

Cara untuk melakukan teknik yang satu ini bisa dikatakan cukup sulit. Jika anda sudah bertemu sang lawan, anda harusnya paham dengan situasinya kapan musuh akan melakukan smash dan kapan musuh anda melakukan sebuah tipuan. Inilah tata cara paling tepat dalam melakukan sebuah teknik blocking:

i. Berdirilah atau bersiaplah di dekat net.
ii. Tekuklah lutut dengan persiapan untuk segera melompat, posisi tangan pun berada pada bagian depan dada yang sudah bersiap untuk menghalau bola.
iii. Disaat yang tepat saat bola datang melewati net lompatlah setinggi mungkin dengan tangan rapat dan mengarah keatas. Ingatlah tangan kalian haruslah rapat agar bola tidak sampai lolos menebus celah tangan anda.
iv. Mendaratlah dengan kaki sedikit mengeper atau menekuk agar meminimalisir resiko cedera.

8. Teknik Dasar Smash atau Spike

Teknik Dasar Smash

Teknik yang satu ini merupakan salah satu gerakan melompat dan juga memukul bola voli sampai pada kemiringan yang paling kecil dengan menggunakan kekuatan yang paling besar menuju ke arah sang laan.Teknik Smash adalah teknik yang paling menarik untuk dipelajari dari teknik dasar bola voli, karena teknik ini merupakan teknik paling keren dan menjadi momok bagi tim lawan karena teknik dasar smash yang tepat dapat meningkatkan perolehan skor.

Teknik smash tentu saja tidak mudah dipelajari bahkan dikuasai. Hal ini dikarenakan anda harus mempunyai insting kemana dan juga kapan harus memukul bolanya supaya mampu mendapatkan sebuah tembakan paling tepat. Tak hanya itu saja, namun ketika sudah masuk dalam sebuah pertandingan, anda harus mampu melewati blockingan dari pihak lawan.

Secara umum cara melakukan Smash yaitu:

a) Awalan: Ambil jarak sekitar 3 meter dari letak bola umpan yang akan melambung. Ambil langkah sedikit lebar dengan satu kaki disusul dengan kaki yang lain di sebelahnya. Dikuti dengan gerakan tangan dijulurkan ke depan lalu diayunkan ke belakang.

b) Loncatan: Meloncatlah setinggi mungkin. Saat meloncat pastikan tangan terayun kedepan lalu keatas dan bersiaplah untuk melakukan smash.

c) Pukulan: Pukul bola ke daerah lawan dengan sedikit polesan agar bola dapat berputar serta turun secara menukik.

d) Pendaratan: Mendaratlah dengan sedikit mengeper agar resiko terkena cedera atau keseleo dapat terkurangi.

Itulah sedikit ulasan yang dapat saya bahas dalam artikel yang berjudul Sejarah Bola Voli. Semoga saja penjelasan diatas mampu memberikan banyak manfaat bagi anda semua. Selamat membaca, sekian terimakasih.

Komentar disini