Samsung Galaxy M20 Harga dan Spesifikasi Lengkap Tahun 2019

Samsung Galaxy M20

Kalimat.ID – Samsung Galaxy M20 merupakan salah satu smartphone yang tengah ramai dibicarakan pada bulan Februari ini. Pasalnya, Samsung Galaxy M20 ini baru saja dirilis pada Februari 2019 kemarin yang mana para pemburu gadget pun mulai berbondong-bondong membeli smartphone tersebut.

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy M20

Samsung Galaxy M20 hadir dengan dilengkapi oleh layar beresolusi 1080 x 2340 pixel dengan rasio 19.5:9 yang memiliki kepadatan 409 ppi. Selain itu, smartphone terbaru Samsung ini juga datang dengan menggunakan OS Android paling terbaru, yakni Android 8.1 (Oreo).

Kemudian untuk masalah jaringannya, kamu tidak perlu khawatir karena smartphone keren ini sudah support Jaringan 4G LTE. Untuk kecepatan jaringannya sendiri bisa dibilang sangatlah apik, yakni HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (2CA) Cat12 600/50 Mbps.

Selanjutnya, Galaxy M20 hadir dengan mengusung dimensi 156.3 x 9.9 mm (6.16 x 2.93 x 0.35 inches), ukuran segitu sudah sangat cukup nyaman untuk kita gunakan sehari-hari. Lalu untuk beratnya sendiri Samsung Galaxy M20 memiliki berat sekitar 186 Gram.

Untuk masalah Kartu SIM, kamu tidak perlu ribet lagi gonta-ganti kartu SIM Card. Pasalnya Galaxy m20 ini sudah support Dual SIM (Nano-SIM, Dual Stand-By) yang siap membantu kamu dalam mengatasi penggunakan kartu SIM Ganda, agar dapat bekerja dua-duanya secara normal.

samsung m20
Image by: tek.id

Setelah itu, smartphone keren satu ini juga menggunakan layar sebesar 6.3 inches, 9.74 Cm2 (83.6% rasio layar serta bodi) dengan tipe layar sentuh kapasitif PLS TFT 16 juta warna. Dan untuk masalah resolusi, seperti yang saya sebutkan tadi, ia hadir dengan dibekali layar beresolusi 1080 x 2340 pixel serta memiliki rasio 19.5:9.

Akan tetapi, nampaknya smartphhone ini tidak memiliki pelindung layar sama sekali. Sehingga kita diharuskan membelinya secara terpisah, agar layar smartphone tetap aman baik dari goresan maupun benturan benda keras.

Selanjutnya, untuk segi dapur pacu. Sepertinya kamu tidak kita ragukan lagi performanya. Karena spesifikasi yang disajikan pada dapur pacunya ini bisa terbilang cukup powerfull. Dimana telah tertanam chipset Exynos 7904 Octa (14 Nm) di dalamnya.

Kemudian tidak lupa juga processor Octa-Core (4×1.8 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver) yang siap menambah lagi performa smartphoe menjadi lebih powerfull baik dari segi pemrosesan maupun saat menjalankan aplikasi berat lainnya. Lalu agar kualitas grafis lebih mantap, ditanam juga GPU Mali-G71 MP2 di dalamnya.

Dengan begitu, kualitas warna maupun grafis lainnya akan terlihat lebih berkualitas dan nyaman dipandang oleh mata kita.

Dapur pacu smartphone ini sudah terbilang powerfull, tapi tidak akan lengkap rasanya jika memori yang dimiliki mempunyai kapasitas kecil. Tapi tenang saja karena Samsung Galaxy M20 hadir dengan 2 varian berbeda.

Ketika membeli Galaxy M20, kamu akan diberikan pilihan memori RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB atau RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Dengan perbedaan kapasitas memori tersebut, pastinya harga yang dibandrol pun akan berbeda, Sangat cocok bagi kamu yang sedang berhemat uang, jadi tidak perlu mengeluarkan gocek yang besar.

Oh ya, jika kamu merasa bahwa memori internal yang diberikan masih kurang cukup. Kamu masih bisa menambah kapasitasnya juga kok dengan menggunakan memori eksternal MicroSD yang mana dapat ditambah hingga sebesar 512 GB (Slot khusus).

Sekarang kita beralih kepada bagian kamera yang digunakan. Jadi, Samsung Galaxy M20 ini memiliki kamera yang menurut kami sangat bagus dengan segala fitur yang dimiliki, pasti kamu tidak akan menyesal ketika membeli smartphone ini.

Untuk kamera utama dari smartphone terbaru besutan Samsung ini menggunakan Dual Kamera beresolusi 13 MP dengan dengan disertai fitur PDAF pula. Sedangkan untuk kamera depannya adalah 5 MP yang sudah disertai fitur Sensor Kedalaman, serta fitur lain yang ada pada kamera ini adalah HDR (Kamera depan), LED Flash (Kamera belakang) dan HDR (Kamera belakang),

Dan menariknya, untuk masalah rekam-merekam video, smartphone ini sudah support merekam 1080p@30fps baik itu ketika merekam menggunakan kamera bagian depan maupun kamera bagian belakang.

Setelah itu, untuk konektivitas dari Galaxy M20, kamu akan disuguhkan fitur WLAN Wi-Fi 802.11 B/G/N, WiFi Direct, Hotspot. Kemudian Bluetooth 5.0, A2DP, LE guna mempermudah kamu dalam melakukan transfer maupun menerima file dari teman atau keluarga kamu dengan lebih cepat.

Selanjutnya, seperti kebanyakan smartphone yang sudah beredar, fitur GPS merupakan salah satu fitur paling wajib ada pada smartphone zama sekarang. Denga adanya GPS, kita akan menjadi lebih terbantu lagi saat hendak pergi kemana-mana, karena dengan GPS kita akan tahu dimana letak kita secara real-time.

Bahkan bukan hanya itu saja, GPS juga akan sangat membantuk ketika kita kehilangan smartphone yang digunakan, jika GPSnya diaktifka, maka kamu dapat menemukan tempat dimana hilangnya smartphone kamu. Galaxy M20 ini memiliki GPS dengan A-GPS, GLONASS serta BDS.

Setelah itu, ada juga fitur Radio FM, RDS, Rekaman yang sangat berguna untuk menjadi ajang hiburan ketika kita berada di luar atau perjalanan panjang dan Galaxy M20 ini juga menggunakan Tipe USB 2.0, Tipe-C 1.0 Konektor Reversibel.

Untuk fitur tambahannya, kamu akan disuguhkan dengan sensor Fingerprint yang terpasang pada bagian belakangnya, Akselerometer, Kompas, dan Face Unlock.

Terakhir adalah penyokong daya yang digunakan. Samsung menggunakan baterai dengan kapasitas yang sangat tinggi, dimana mereka menanamkan baterai Li-Po 5.000 mAh yang mampu bertahan hingga waktu yang sangat lama, meskipun saat kita gunakan.

Sangat cocok bagi para traveler yang harus tetap menjaga agar smartphone dapat menyala dengan jangka waktu yang lama.

Untuk masalah harga, setiap daerah atau tempat pasti memiliki harga yang berbeda. Bisa itu lebih murah, atau mungkin lebih mahal. Namun yang pasti, ada harga yang cukup umum di Indonesia, yakni sebagai berikut:
a. RAM 3 GB dengan Memori Internal 32 GB seharga Rp. 2.5 jutaan.
b. RAM 4 GB dengan Memori Internal 64 GB seharga Rp. 2.8 jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung M20

Kamu juga akan diberi pilihan warna Ocean Blue dan Charcoal Black, silahkan pilih sesuai selera. Akan tetapi, sebelum kamu membelinya, pastikan kamu juga mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M20, agar tidak menyesal nantinya.

Kelebihan Samsung Galaxy M20

a. Smartphone keren Samsung tersebut memiliki desain yang sangat mewah karena Infinity Display U atau biasa dikenal dengan poni Waterdrop yang akhir-akhir ini cukup populer
b. Bermain Game maupun menonton film akan terasa sangat nyaman karena adanya Layar Lebar 6.13 inches yang sudah menggunakan teknologi IPS Capasitive serta Resolusi Full HD+
c. Sudah berjalan mengguunakan OS Android terbaru yakni versi 8.1 (Oreo) yang sangat smooth juga nyaman dipandang
e. Dimotori Chipset Exynos 7904 Octa-Core yang digabungkan bersama GPU Mali G71 MP2 yang mampu mengeksekusi seluruh konten dengan sangat baik dan lancar
f. Dibekali RAM 3 GB maupun RAM 4 GB yang mampu menjalankan Multi-tasking dengan sangat baik
g. Memiliki Penyimpanan Internal 32/64 GB dan bisa ditambah hingga 512 GB menggunakan MicroSD
h. Tampil menawan dengan adanya Dual Kamera Belakang 13MP + 5MP menggunakan bukaan lensa f/2.2 lengkap pula dengan adanya fitur Autofocus serta LED Flash yang dapat menghasilkan gambar secara maksimal
i. Mampu merekam video dengan dengan setting 1080p@30fps pada kamera depan maupun belakang.
j. Membawa Kamera depan 8 MP untuk mendukung untuk Foto Selfie pada segala situasi maupun kondisi
k. Memiliki kapasitas Baterai sebesar 5000 mAh yang mana dapat bertahan hingga waktu yang lama walaupun dalam pemakaian normal
l. Dilengkapi pula oleh Fitur pengaman Ganda berupa Finger Print Sensor serta Face Unlock untuk memproteksi data pribadi kamu

Kekurangan Samsung Galaxy M20

a. Perlu waktu yang cukup lama ketika melakukan pengisian baterai dikarenakan tidak dilengkapi fitur Fast Charging

Bagaimaa? Apakah setelah membaca Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M20 kamu masih mau membeli smartphone tersebut?

Samsung Galaxy M20 ini sebenarnya ditujukan untuk mid-range, dimana ini juga merupakan salah satu smartphone yang paling dinanti-nanti oleh penggila gadget di Indonesia. Dengan harga yang terjangkau, siapa sangka ternyata jeroannya sangat apik serta memiliki desain yang berkelas.

Silahkan berikan opini kamu di kolom komentar. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya! Baca Juga 6 Rekomendasi HP RAM 6GB yang bisa kamu pilih satu-persatu.

Komentar disini