13 Denah Rumah Minimalis Modern: Element dan Tips Desainnya

Rumah Minimalis Modern

Kalimat.ID – Denah Rumah Minimalis Modern – Setiap orang menginginkan tempat yang bagus dan nyaman untuk tinggal bersama keluarga. Tentu rumah modern minimalis inilah yang menjadi prioritas utama dalam memenuhi kebutuhan primer tersebut. Hal ini juga diperhatikan bahwa manfaat dari rumah sendiri memiliki peran yang sangat penting bagi manusia.

Oleh karena itu, tidak hera jika mereka mengumpulkan dan mempersiapkan dalam segi finansialnya. Bagaimana pun juga kualitas dan kuantitas sebuah bangunan terpacu pada ketersediaan biaya. Jadi, buat Anda yang ingin membangun rumah impian siapkan budget sampai benar-benar mumpuni.

Ketika sudah terkumpul tentu Anda membutuhkan sudut pandang tempat hunian seperti apa yang bakal Anda huni bersama keluarga. Tidak lain yaitu dengan melihat denah rumah minimalis modern saat ini menjadi solusi yang tepat sekali buat Anda. Pasalnya, tempat hunian masa kini yang populer di berbagai kalangan karena telah dibicarakan banyak orang.

Denah Rumah Minimalis Modern

Dalam mendesain interior dan dekorasi rumah, desain minimalis mencari yang penting dan menjadi terkenal akhir-akhir ini karena elemen minimal yang digunakan dengan anggun yang meningkatkan keanggunan, kesederhanaan dan keindahan rumah atau bangunan dalam arsitektur dan desain interior.

Dalam desain minimalis, ruang, objek, dan pencahayaan memainkan peran yang sama pentingnya. Desain ini adalah gaya yang berani daripada membosankan. Ini juga fungsional dan sangat berkesan.

Desain minimalis tidak pernah terinspirasi oleh keketatan, penghematan, dan kemiskinan. Ini bukan pilihan yang murah karena dianggap sebagai gaya mewah, kaya, cantik, mewah dan anggun. Bentuk dan fungsionalitasnya mahal serta sederhana karena untuk menghindari aksesori dan dekorasi yang tidak berguna.

Berikut inspirasi konsep denah rumah minimalis modern yang bisa Anda jadikan refrensi !

Denah Rumah Minimalis Modern dengan 2 Teras

Pertama pada konsep ini mengusung perpaduan warna bumi yang sangat terstruktur dari lantai sampai pintu dan jendela. Bagian-bagian ruangan yang memiliki ukuran cukup besar ini bisa menjadi refrensi sebelum membangun sebuah rumah.

Bedanya adalah pada pemilihan bed cover yang serba biru dan keberadaan dua teras yang tentunya pas buat Anda beristirahat melepas penat.

Pada denah rumah minimalis ini alangkah lebih cocok apabila keluarga dan Anda mengagumi warna biru.

Denah Rumah 3 Kamar dengan Garasi

Ingin memliki rumah yang lebih besar seperti 3 ruang kamar tidur dilengkapi dengan garasi ?

Jika rumah Anda tak mempunyai halaman atau akses parkir, pastinya Anda wajib untuk menyisakan ruang sebagai tempat garasinya.

Namun tidak perlu khawatir, Anda masih dapat mempunyai 3 kamar tidur, loh!

Dimana tempatkan kamar tidur dan kamar mandi besebelahan dan manfaatkan model rumah berlorong sempit untuk memberikan gerak ruang yang lebih lapang pada bagian kamar Anda.

Denah Rumah Keluarga dengan 2 Anak

Apakah Anda sudah membina rumah tangga dan memiliki 2 anak ? Tentu denah ini sangat cocok sekali untuk keluarga kecilmu.

Biasanya membutuhkan 3 kamar tidur, apalagi pada saat anak mulai beranjak dewasa.

Pemisahan dapur dan ruang makan dengan ruang keluarga pun membuat rumah semakin bersih dan mudah dibersihkan.

Lorong teras yang berhubungan dengan pintu masuk pun membuat kesan unik tersendiri bagi tamu yang jika menghampiri ke rumahmu.

Denah Rumah Mungkin dengan 3 Kamar

Apabila Anda sudah melihat ulasan tentang desain rumah 3 kamar tentu sudah memiliki gambaran yaa!

Mungkin secara logika tempat mungil akan terasa sempit apabila di desain dengan jumlah 3 kamar tidur. Namun, semua bisa diatasi oleh para arsitektur dan Anda pun bisa berkonsultasi.

Dengan jumlah anggota yang cukup banyak, hal ini tentu tidak menuntut kemungkinan untuk tingal bersama satu atap.

Gunakan konsep denah rumah dengan lorong yang tidak terlalu luas. Untuk keluasan ekstra, efisienkan juga penempatan dapur, ruang tamu, dan untuk ruang makan.

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur

Apabila memang terbatas dalam segi lahan dan materi, tentu Anda bisa melirik sebuah desain rumah minimalis 2 kamar ini. Dimana konsepnya pun sangat mengusung kesederhanaan.

Tempat hunian seperti inilah yang dicari oleh beberapa keluarga kecil terutama yang masih memiliki satu anak saja. Selain itu, terdapat pula ide ruang kamar tidur kecil untuk membuat rumah tidak membosankan.

Denah Rumah Minimalis Modern Type 36

Buat Anda yang beranggapan bahwa konsep denah type 36 ini kecil, mungkin iya. Namun, rumah mungil ini dapat di konsep bertingkat, loh.

Pasalnya, untuk desain rumah minimais type 36 sendiri ini memiliki ciri khas dan desain-desainnya pun beragam. Khususnya pada lantai 2 atau jika Anda ingin memiliki rumah bertingkat dengan type 36 ini.

Yang perlu diperhatikan yaitu untuk lantai dasarnya harus lebih besar daripada lantai atasnya. Hal ini sudah tertera sebagaimana yang ada pada aturan Koefisien Lantai Dasar dan Koefisien Lantai Bangunan.

Denah Rumah Minimalis Modern Sederhana

Arsitektur minimalis dapat dikarakteristikkan dengan satu kata: sederhana mereduksi bangunan menjadi bentuk, fungsi, dan esensinya yang paling mendasar. Tidak ada yang di atas, tidak ada yang ekstra, dan lupakan froufrou-ness hiasan. Ini juga berlaku tentang denah rumah minimalis modern.

Karakteristik bangunan minimalis yang sama berlaku untuk denah masing-masing.

Denah rumah minimalis modern biasanya terdiri dari geometri ruang yang sederhana. Tata letak mereka fungsional dan sengaja diatur.

Dan sementara banyak yang kompak dan efisien dalam perencanaan ruang membuang sangat sedikit ruang, yang lain lebih luas dan terbuka, membiarkan furnitur dan ruang bernapas. Tujuannya bukan untuk menjadi kecil dan kompak. Ini untuk menciptakan ruang sederhana dan bersih yang membangkitkan rasa ketertiban dan ketenangan terlepas dari ukurannya.

Bentuk sederhana , denah lantai terbuka, dinding interior minimal, area penyimpanan sederhana, dan penekanan pada pandangan dan cahaya matahari adalah ciri khas dari banyak denah rumah minimalis. Banyak denah minimalis juga tidak memiliki ruang berlebihan.

Anda tidak akan menemukan ruang tambahan seperti ruang duduk formal, ruang makan, perpustakaan, sarang, atau bilik lemari. Ruang dapat disesuaikan dan fleksibel untuk berbagai keperluan dan ruang penyimpanan berukuran untuk kebutuhan dasar.

Lihatlah denah rumah minimalis modern ini untuk inspirasi desain. Lihat apakah Anda ingin meniru konsep seperti ini dan terisnpirasi memiliki rumah mungil dibawah ini!

Salah satu rumah minimalis pertama dalam sejarah kita adalah Rumah Kaca Philip Johnson, yang dibangun pada tahun 1949

Banyak karakteristik minimalis mendefinisikan denah rumah awal ini dimulai dengan denah persegi panjang sederhana. Tidak ada seluk beluk rumit di dalam amplop eksterior, hanya fasad kaca sederhana. Tiang-tiang baja sederhana mendukung atap yang datar. Tata letaknya adalah denah lantai terbuka dengan banyak cahaya alami membanjiri ruangan. Satu-satunya dinding adalah untuk kamar mandi yang menyisakan banyak ruang untuk furnitur dan ruang yang dapat dihuni.

rumah minimalis modern perkotaan 2 lantai dengan 3 kamar tidur di Toronto.

Perhatikan karakteristik minimalis berikut:

  • Denah rumah sederhana berbentuk garis bujur
  • Denah lantai terbuka di lantai pertama dengan dinding eksterior yang menahan beban
  • Tangga ditumpuk di sepanjang dinding untuk efisiensi maksimum
  • Penyimpanan dapur minimal di sepanjang dinding dengan lemari penyimpanan mengapit
  • Kamar tidur pribadi di lantai dua dengan lemari kecil
  • Ukuran kamar memadai untuk kebutuhan mereka
  • Tidak ada ruang yang berlebihan atau terbuang

Mirip dengan rumah minimalis perkotaan di atas, berikut adalah rumah 2 lantai di pinggiran kota dengan ruang besar 2 lantai dan 3 kamar tidur di Texas.

Perhatikan karakteristik minimalis:

  • Geometri bujursangkar sederhana dengan sedikit penyimpangan di entri
  • Denah lantai terbuka untuk lantai pertama dengan dinding eksterior yang menahan beban (menghilangkan
  • Kebutuhan akan dukungan struktural di ruang-ruang)
  • Tangga di sepanjang dinding keluar dari jalan
  • Dapur dasar berbentuk U tanpa kamar mandi dan area utilitas terselip di belakang
  • Kamar tidur pribadi di lantai dua dengan ukuran sedang dengan ruang lemari sederhana
  • Ruang penyimpanan / rak minimal

rumah minimalis modern 1 lantai linier dengan pemandangan pantai di Chili

Denah rumah minimalis serupa di lantai satu:

  • Denah sederhana bujursangkar
  • Denah terbuka untuk dapur, ruang makan, ruang tamu
  • Ruang kamar tidur pribadi berkerumun dengan ukuran sederhana
  • Pandangan dan pencahayaan alami semua ruang di utara
  • “Bar” penyimpanan yang sederhana dan teratur di sepanjang lorong
  • Ukuran kamar memadai untuk kebutuhan dasar
  • Banyak ruang bernapas di sekitar furnitur
  • Sangat sedikit ruang kosong atau terbuang

Bagaimana dengan retret minimalis 1 lantai yang unik di pedesaan Finlandia?

  • Denah lantai tidak perlu bujursangkar untuk memiliki karakteristik minimalis.
  • Bentuk geometris salib dengan pengorganisasian ruang yang sederhana
  • Denah lantai terbuka dengan dinding interior minimal
  • Tampilan berbingkai ke eksterior
  • Denah lantai yang ringkas dan efisien
  • Tidak ada ruang penyimpanan tambahan

apartemen loteng 2 lantai, 1 kamar tidur sederhana di pantai Nova Scotia

Karakteristik minimalis:

  • Denah sederhana bujursangkar
  • Rencana konsep terbuka untuk ruang tamu, ruang makan, dan dapur
  • Zona layanan berkerumun kamar mandi, binatu, dan penyimpanan dapur
  • Tangga mengapit dinding belakang
  • Ruang berukuran sedang dan penyimpanan minimal

kabin minimalis 3 lantai di dataran banjir negara bagian Washington. (Tingkat bawah yang tidak dapat dihuni digunakan sebagai utilitas dan penyimpanan.)

Cukup yakin sekarang Anda dapat memilih fitur minimalis:

  • Denah lantai kompak sederhana
  • Posting struktural baja sederhana di sudut eksterior
  • Denah terbuka untuk ruang tamu, ruang makan, dan dapur (catatan: ruang publik berada di lantai atas untuk menikmati pemandangan)
  • Dapur sederhana dan ruang penyimpanan untuk kebutuhan dasar
  • Kamar tidur dan kamar mandi pribadi berukuran sedang
  • Tangga internal mengapit dinding eksterior
  • Tampilan maksimum dan siang hari untuk semua ruang

Elemen Denah Rumah Minimalis

Berikut ini adalah elemen dari desain rumah minimalis:

Warna

Warnanya adalah elemen utama dari desain minimalis. Skema warna sangat penting dalam hal desain minimalis. Warna-warna cerah dan berani tidak dapat diterima untuk minimalis, hanya nada warna netral dan palet seperti beiges, putih dan abu-abu yang dapat digunakan dalam minimalis.

Cahaya

Cahaya juga merupakan salah satu elemen utama minimalis. Cahaya alami selalu bermanfaat dalam desain minimalis karena membantu memberikan kehangatan dan kenyamanan dalam ruangan atau area. Cahaya membantu kamar terlihat lebih besar dan luas.

Tekstur

Biasanya tekstur yang digunakan seperti di dinding dan lantai harus polos dan sederhana dalam desain minimalis. Untuk menambahkan tekstur pada dinding juga merupakan elemen visual yang baik. Tekstur dapat ditambahkan dengan bantuan ubin seperti kayu atau batu palsu. Nada warna netral akan cocok dengan tekstur ini dengan mudah.

Bentuk, bentuk dan ruang

Bentuk, bentuk, dan ruang adalah elemen signifikan dari desain minimalis. Bentuk dan bentuk geometris paling umum digunakan dalam minimalis. Bentuk dan bentuk menyiratkan ruang, sebenarnya keduanya tidak bisa ada tanpa ruang. Ruang dalam desain minimalis mengacu pada area yang bersih dan luas. Semakin banyak ruang, semakin minimalis desain.

Garis

Garis adalah elemen vital minimalis. Garis-garis yang jelas dan halus dapat diterima dalam desain dan arsitektur.

Arsitektur

Arsitektur dalam desain minimalis adalah dasar dan sederhana. Bentuk geometris digunakan untuk mendesain dinding dan atap. Atapnya rata dan bukannya melengkung. Penggunaan dinding terbatas untuk menciptakan ruang tamu terbuka. Hasil akhir yang digunakan pada lantai, dinding dan countertops sederhana dan halus dan dibiarkan dekat dengan keadaan alami mereka.

Perabot

Pilih perabotan untuk minimalis yang sederhana, terbuat dari bahan alami seperti kayu dan bentuk geometris. Perabot besar yang tebal dan berat tidak perlu.

Aksesoris dan dekorasi

Asesoris harus menciptakan minat visual pada ruang. Warna dan desain yang berani dapat digunakan dalam aksesoris karena kecil dan tidak mengalihkan perhatian. Gunakan aksesori dalam jumlah minimal untuk menghindari kekacauan.

Tips Desain Minimalis

Ada beberapa tips untuk desain rumah minimalis yang dibahas di bawah ini:

Keep It Simple

Saat menggunakan desain minimalis di rumah, selalu sederhanakan, mudah, efisien dan praktis. Itu harus bersih dan tanpa clutters.

Bentuk Dan Fungsi Di Setiap Bagian

Selalu gunakan bentuk geometris dalam desain minimalis. Segala sesuatu yang digunakan seperti bentuk, aksesori, perabotan dll harus fungsional. Mereka harus memiliki tujuan untuk menggunakannya.

Palet Warna Yang Menenangkan

Selalu gunakan palet warna netral dan terang seperti putih, beiges dan abu-abu karena mereka warna yang tenang dan dingin serta mereka membantu dalam konsep lebih banyak ruang di ruangan secara visual. Selalu gunakan dua warna untuk mempertahankan tampilan yang konsisten di seluruh rumah.

Solusi Penyimpanan Pintar

Dalam desain minimalis, ruang penyimpanan harus pintar dan tersembunyi. Minimalisme tidak berarti memiliki jumlah barang minimum. Saat mengadopsi minimalis, buat ruang penyimpanan di lantai, buat pintu trap dan sandaran penyimpanan dll.

Aksesori dan Dekorasi Minimal

Aksesori dan dekorasi dengan desain minimalis sederhana dan minimum. Mereka bisa dari warna-warna cerah dan berani karena mereka kecil dalam ukuran dan jumlah.

Perabot

Perabotan yang digunakan harus sederhana dalam warna, tekstur, dan bentuk. Warna-warna terang atau efek alami seperti kayu, bentuk dan bentuk geometris serta desain dan tekstur polos lebih baik untuk minimalis.

Kesimpulan

Minimalisme menjadi populer akhir-akhir ini karena kesederhanaannya. Tidak ada kekacauan dalam minimalis. Ada banyak ruang kosong itu sebabnya kamar mudah dibersihkan dan skema warna netral menciptakan rasa ruang yang besar. Ini memberikan lingkungan yang santai. Ini juga merupakan gaya hidup terorganisir dengan barang-barang berkualitas minimal.