Rumah Adat Sumatera Barat (Rumah Gadang)

•

Kalimat.ID – Rumah Adat Sumatera Barat – Indonesia dikenal dengan negara yang kaya akan keanekaragaman budaya, salah satunya rumah adat. Rumah adat, merupakan salah satu tempat tinggal yang dihuni oleh masyarakat Indonesia masih terjaga dan terlestarikan sampai sekarang.

Namun, ada juga yang sudah hilang karena dengan seiriingnya jaman bahwa rumah-rumah daerah sekarang menjadi rumah modern. Salah satunya rumah adat Sumatera Barat, merupakan rumah adat tradisional suku Minangkabau yang letaknya di provinsi Sumatera Barat.

Nama rumah adat tradisional ini disebut dengan rumah Gadang, Berfungsi sebagai tempat tinggal di masyarakat disana. Rumah adat tradisional ini dimuliakan dan menjadi tempat suci bagi suku Minangkabau.

Nah, pada kesempatan kali ini saya mempunyai waktu untuk membahas lengkap tentang rumah adat Sumatera Barat yang bernama Rumah Gadang ini. Pasalnya, bahwa setiap rumah adat di wilayah nusantara ini tentu mempunyai fungsi, ciri, dan keunikan tersendiri pada setiap rumah adat masing-masing. Mari kita belajar bersama dan menambah ilmu pengetahuan tentang rumah adat tradisional yang ada di negara Indonesia.

Mengenal Rumah Gadang Sumatera Barat

Rumah Gadang, merupakan rumah adat tradisional yang banyak di lihat di provinsi Sumatera Barat. Sebutan lain dari Rumah Gadang yaitu Rumah Bagonjong atau juga disebut dengan Rumah Baanjuang. Rumah adat ini termasuk salah satu rumah adat yang masih ada terawat, dijaga, dan masih terlestarikan sampai saat ini.

Adapun bentuk rumah Rumah adat Gadang yang menjadi ciri tersendiri dibandingkan dengan rumah – rumah adat di Indonesia lainnya. Berikut saya akan mengenalkan apa saja bentuk unsur yang sebagai simbol dari rumah adat Gadang ini.

Mengenal Bentuk Rumah Gadang

Rumah Gadang ini mempunyai bentuk persegi panjang yang terbuat dari bahan-bahan asli alam. Walaupun rumah adat Gadang ini semuanya terbuat dari bahan asli alam, namun jangan salah bahwa rumah adat Sumatera Barat ini mempunyai arsitektur yang kuat dan tahan lama. Rumah adat tradisional ini disebut juga dengan rumah panggung karena pada rumah ini terdapat tiang penyangga yang sama seperti rumah-rumah adat panggung lainnya.

Design rumah adat Sumatera Barat ini tahan gempa yang pada tiangnya tidak tertancap pada tanah. Melainkan tiang rumah adat ini bertumpu pada batu dasar di atas permukaan tanah.

Tidak hanya itu saja, pada setiap pertemuan antara tiang dan batu besar pada rumah adat tradisional ini tidak menggunakan paku akan tetapi menggunakan pasak yang terbuat dari kayu.

Pada setiap bentuk dan bagian rumah Gadang ini tentunya mempunyai makna simbol tersendiri bagi masyarakat disana, berikut ada 9 unsur simbol bentuk yang mempunyai makna tidak dimiliki oleh rumah-rumah adat di Indonesia lainnya.

– Struktur atap berbentuk seperti tanduk dinamakan Gonjong.
– Singkok, dinding berbentuk segitiga yang letaknya di ujung Gonjong.
– Lantai yang mengambang disebut Anjuang
– Dinding bagian samping disebut Dindiang Ari.
– Dinding bagian depan dan belakang disebut Dindiang tapi.
– Papan banyak di bagian depan
– Rak pinggir rumah disebut Papan Sakalang.
– Dinding ruang bawah rumah disebut Salangko.

Itulah penjelasan yang saya rangkum dengan singkat dan jelas. Selanjutnya saya mengajak Anda untuk mengenal ciri – ciri rumah adat Sumatera Barat yang menjadi khas dari masyarakat di Provinsi Sumatera Barat ini. Berikut penjelasannya !

Ciri Ciri Rumah Adat Sumatera Barat

Ciri umum biasanya rumah Gadang ini dibangun diatas sebidang tanah yang diwariskan secara turun temurun pada kaum perempuan saja. Pasalnya, ini adalah salah satu nilai filosofi yang dimana kaum perempuan suku Minangkabau ini dijunjung tinggi. Ciri khas lainnya yang tidak ada di rumah – rumah adat tradisional Indonesia adalah sebagai berikut!

Bentuk atap yang runcing serta tampak seperti tanduk kerbang mengandung arti kemenangan. Atap rumah adat ini terbuat dari bahan-bahan asli alam yang berkualitas antara lain ijuk. Bentuk tanduk kerbau rumah adat tradisional ini menggambarkan kisah Tambo Alam Minangkabau.

– Rumah adat Sumatera Barat ini dikatan sebagai rumah panggung karena untuk memasukinya harus melewati anak tangga yang letaknya di bagian depan rumah. Anak tangga ini hanya berjumlah satu yang simbolnya bahwa masyarakat religius.

– Dinding rumah adat Sumatera Barat ini mempunyai beberapa raga motif ukiran dengan warna kuning, merah, dan hitam. Motif yang biasa digunakan adalah flora dan fauna, melambangkan masyarakat suku Minangkabau merupakan suku yang sangat dekat sekali dengan alam.

Setelah Anda mengenal bagaimana bentuk dan ciri yang khas pada rumah adat ini, selanjutnya saya akan membahas tentang apa sih fungsi ruangan atau bagian-bagian yang terdapat di rumah adat tradisional ini? Yuk, mari kita belajar bersama dengan membaca untuk menambah pengetahuan tentang rumah adat di Indonesia.

Fungsi Rumah Gadang

Dalam setiap rumah adat tentunya mempunyai fungsi peranan penting pada setiap bagian-bagian yang ada di rumah tersebut. Kali ini saya akan mengenalkan 8 bagian yang mempunyai peranan penting fungsi bagi berdirinya rumah adat Sumatera Barat ini.

– Ruangan lepas terletak pada bagian depan rumah Gadang kecuali kamar tidur.
– Jumlah kamar tergantung penghuni perempuan yang tinggal di rumah adat Sumatera Barat ini.
– Untuk pada setiap yang sudah bersuami ini hanya mendapatkan satu kamar saja.
– Untuk perempuan tua dan anak-anak ini mendapatkan satu kamar juga yang letaknya di dekat dapur.
– Untuk perempuan remaja ini mendapat satu kamar di ujung dapur.
– Rangkian, sebagai menyimpan padi dan bahan pangan.
– Ruang anjung, sebagai tempat pengantin bersanding atau tempat penobatan kepala adat.
– Rumah Gadang, sebagai tempat ibadah, tempat pendidikan, serta menjadi tempat tinggal laki-laki dewasa yang belum menikah.

Itulah diatas yang sudah saya bahas lengkap mengenai Bentuk Rumah Gadang, Ciri khas dari Rumah Gadang, dan Fungsi dari Rumah Gadang. Lalu, apa sih keunikan dari rumah adat Sumatera Barat dibandingkan rumah-rumah adat tradisional lainnya ? Berikut 5

5 Keunikan Rumah Adat Gadang Sumatera Barat

– Ruangan Rumah Gadang

Pada ruangan rumah adat Sumatera Barat ini mempunyai bentuk persegi panjang. Ruangan tersebut terbagi atas lanjar dan ruang lepas yang dibagi berdasarkan batas-batas tiang. Nah, pada tiang ini tersusun dari depan ke belakang dan juga tersusun dari kiri ke kanan.

Jumlah lanjar ini umumnya ganjil dari 3 sampai 11. Pada bagian depan rumah adat Gadang, Berfungsi sebagai menyimpan padi. Sementara ajungm berfungsi sebagai tempat upacara pernikahan dan terkahir dapur, Berfungsi sebagai memasak dan kebutuhan lainnya.

– Mirip Rumah Panggung

Rumah adat Sumatera Barat ini hampir mirip dengan rumah Panggung karena mempunyai bentuk seperti rumah panggung dengan tinggi sekitar 2 meter di atas permukaan tanah. Tangga, berfungsi sebagai menghindari serangan dari binatang buas.

– Empat Tiang Utama

Rumah Gadang ini mempunyai tiang utama dengan jumlah 4 dari pohon juha. Tiang ini mempunyai diameter antara 40cm sampai 60cm.

– Anti Gempa

Siap sangka bahwa rumah adat Gadang ini anti gempa. Pasalnya, bahwa rumah adat ini sangat rawan terkena gempa. Keunikannya rumah adat tradisional Rumah Gadang ini bertumpu pada tiang yang panjang menjulang ke atas berfungsi sebagai menahan goncangan-goncangan gempa.

– Ukiran

Keunikan yang terakhir yaitu pada hiasan ukiran yang ada di tembok bagian depan terbuat dari papan tersusun vertikal dengan ukiran yang sangat menarik. Sedangkan pada bagian belakang terdapat lapisan bambu. Motif hiasan ukiran tersebut antara lain yaitu daun, bunga, buah dan tumbuhan lainnya.

Rumah Adat Gadang, merupakan rumah adat yang menjadi khas di provinsi Sumatera Barat satu-satunya. Sehingga kita sebagai masyarakat Indonesia ini seharusnya menjaga dan tetap melestarikan kebudayaan budaya ini. Jangan sampai rumah-rumah adat tradisional ini mengalami kepunahan.

Pasalnya, pada jaman modern saat ini tentunya membuat para designer aristek lebih berani dalam menampilkan design rumah minimalis. Itu artinya rumah-rumah adat tradisional kita ini akan digantikan posisinya dengan rumah-rumah yang lebih modern dan tren pada masanya. Karena seperti yang sudah saya tahu bahwa rumah-rumah adat lainnya sebagian sudah ada yang mengalami kepunahan.

Menurut pribadi saya hal ini sangatlah cocok dan suatu ide yang sangat bagus, karena dengan ditambah desain ini artinya rumah adat tidak ketinggalan jaman. Dengan satu syarat bahwa dalam pengubahan ini tidak menghilangkan atau melupakan nilai-nilai budaya yang adat. Karena nilai-nilai budaya yang terdapat pada setiap rumah adat di daerah masing-masing ini mempunyai filosofis tersendiri.

Sekian dari artikel saya yang sudah mengulas lengkap mengenai Rumah Gadang yang berada di provinsi Sumatera Barat. Dengan adanya artikel ini semoga dapat menambah wawasan Anda dalam mengenal kebudayaan budaya di Indonesia yang tidak hanya Rumah Adat saja. Melainkan kebudayaan budaya lainnya seperti kesenian dan masih banyak lagi, karena negara Indonesia terkenal dengan keanekaragaman budaya.

Bila Anda ingin mengenal budaya di Indonesia lainnya bisa membaca artikel yang terkait atau tunggu artikel selanjutnya yang membahas edukasi khusus untuk Kalimaters hanya di Kalimat.ID.