2 Rumah Adat Sulawesi Utara Walewangko dan Bolaang Mongondov

Kalimat.ID – Sebuah wilayah Indonesia dikenal dengan beribu-ribu ragam budaya. Salah satunya yang menjadi budaya kebudayaan dari ujung Pulau Sulawesi yaitu Rumah Adat Sulawesi Utara. Dalam rumah adat di seluruh wilayah nusantara ini mempunyai ciri dan keunikan pada masing-masing provinsi.

Pulau Sulawesi adalah salah satu dari lima pulau terbesar di negara Indonesia yanga berasal di ujung pulau Sulawesi. Dimana di pulau ini ada rumah adat Sulawesi utara dihuni oleh Suku Mniahasa, Suku Bolaang, Mongondow, dan masih banyak lainnya. Masing-masing mempunyai suku dengan budaya kebudayaan yang berbeda termasuk dalam rumah adatnya.

Rumah Adat Sulawesi Utara yang dihuni dari suku Minahasa terdiri dari dua rumah adat yaitu Rumah adat Walengko dan Rumah adat Bolaang Mongodow. Pada kesempatan kali ini saya mempunyai kesempatan kembali untuk menjelaskan tentang rumah adat yaitu Rumah adat Sulawesi Utara.

Mengenal 2 Rumah Adat Sulawesi Utara Lengkap dengan Penjelasannya

Rumah adat Sulawesi Utara, merupakan rumah adat yang paling besar dari 5 pulau Sulawesi terletak paling ujung. Rumah adat ini mempunyai dua rumah adat yang paling populer di kancah nasional yaitu Rumah Walengko dan Bolaang Mongondov. Nah, saya akan membahas kedua rumah adat ini yang disajikan dengan lengkap pejelasannya dibawah.

Sebelum kita mengenal dua rumah adat asal Sulawesi Utara ini, diwajibkan untuk mengetahui dulu seperti bangunan design, fungsi dan ciri-ciri rumah adat tersebut. Mari, kita baca dan pelajari bersama dan tidak salahnya untuk menambah wawasan dalam Rumah adat di Indonesia. Agar kita tidak lupa akan peninggalan-peninggalan leluhur, namun akan tetap melestarikan keberadaannya.

Berikut penejelasan secara umum Rumah adat asal Sulawesi Utara :

Struktur Umum Rumah Adat Sulawesi Utara

Struktur pada rumah adat ini mungkin sekali dengan adanya tangga. Karena tangga ini pasti mempunyai fungsi sebagai jalan masuk seseorang yang hendak naik ke atas rumah. rumah adat tradisional yang terdapat di pulau Sulawesi ini mempunyai dua macam tangga pada suku Minahasa yaitu  pertama terletak di kiri dan satunya lagi terletak di kanan.

Rumah adat ini sama halnya dengan rumah-rumah adat di Sulawesi yang tradisional. Rumah yang mempunyai struktur panggung dan terbuat dari bahan-bahan asli alam. Kayu mempunyai bagian yang terpenting yaitu sebagai bagian tiang, lantai, dinding serta perlengkapan rumah lain-lain. Sedangkan ata menggunakan bahan dari dedaunan rumbia ya walaupun belakangan bahan dari genteng tanah yang biasanya untuk dipakai.

Secara menyeluruh secara umum design rumah ini bisa dibilang dengan rumah modern. Pasalnya sistem sirkulasi udara yang mempunyai jendela dan ventilasi ini dalam jumlah banyak yang membuat nyaman orang yang menempatinya.

Fungsi Secara Umum Rumah Adat Sulawesi Utara

Dalam setiap rumah adat di Indonesia tentu mempunyai fungsi tersendiri dalam bangunannya. Fungsi rumah adat tersebut tergantung pada bagian dan bahan-bahannya. Karena itulah yang akan menunjang berdirinya suatu rumah adat di Indonesia.

Untuk kamu yang penasaran tentang apa sih fungsi atau kegunaan dari rumah adat sehingga sampai sekarang masih terawat bahkan tetap segar terlestarikan. Menurut saya, rumah adat sangat wajib untuk dilestarikan karena itu salah satu dari peninggalan-peninggalan leluhur yang wajib untuk dijaga. Oleh karena itu pada setiap bangunan rumah adat Sulawesi Utara ini mempunyai bagian-bagian dengan perannya masing-masing.

Berikut bagian-bagian yang mempunyai perang tersendiri bagi rumah adat ini !

  • Bagian depan yang disebut dengan Lesar, Berfungsi sebagai para tetua ada dan kepala suku pada saat memberikan wejangan atua maklumat kepada para warga disana.
  • Serambi depan atau disebut Sekey, Berfungsi sebagai menerima tamu, mengadakan musyawarah, serta sebagai tempat pergelaran upacara adat.
  • Pores, Apa itu Pores? Suatu ruangan yang kita masuki setelah melewati Serambi kanan atau Sekey tadi. Berfungsi sebagai menerima kerabat dekat dan tempat berkumpulnya bersama keluarga besar.

Itulah fungsi bagian yang mempunya peranan penting pada setiap bangunan. Nah, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang ciri-ciri rumah adat tradisional yang ada di provinsi Sulawesi Utara secara umum. Berikut simak dibawah ulasan dari saya !

Ciri-ciri secara umum Rumah Adat Sulawesi Utara

Rumah khas dari Sulawesi Utara dari suku Minahasa ini mempunyai berbedan yang membuat rumah adat ini mudah untuk dikenal dan cukup populer di masyarakat Indonesia. Rumah adat Sulawesi Utara ini mempunyai ciri khas dengan keunikan yang terletak pada design rumah simetris dari depan, dua tangga sebagai pintu masuk dengan arahnya berlawanan, serta pagar yang mengelilingi ruang Serampi depan.

Jika kita sudah mengetahui tentang secara umum mulai dari bentuk, fungsi dan ciri selanjutnya saya akan memperkenalkan 2 rumah adat yang cukup terkenal di negara Indonesia ini. Rumah adat ini yang saya sajikan yaitu Rumah Walengko dan Rumah Bolaang Mongondov.

Berikut penjelasannya !

1. Rumah Adat  Walengko

Rumah Walengko atau kita kenal dengan Rumah Adat Minahasa ini, merupakan Rumah adat yang berasal dari pulau Sulawesi utara. Asal usul nama walengko ini berasal dari istilah wale atau bale, merupakan tempat melakukan aktivitas untuk hidup keluarga. Sedangkan ada juga istilah sabuwa, merupakan tempat beristirahat, berlindung sewaktu hujan, memasak atau menjadi tempat menyumpan hasil panen sebelum dijual.

Rumah adat Sulawesi ini mempunyai ciri rumah panggung dengan 16-18 tiang penyangga dan dua tangga di depan rumah. Peletakan rumah panggung adalah suatu kepecayaan nenek moyang yang berfungsi jika ada roh jahat yang ingin naik dari salah satu tangga maka roh jahat itu tdak akan pernah masuk melainkan turun di tangga sebelahnya.

  • Balai di bagian belakang, Berfungsi sebagai tempat kepentingan dapur.
  • Bagian atas, berfungsi sebagai tempat menyimpan panen seperti jagung, padi, dan hasil-hasil lainnya dari panen.
  • Bagian bawah, Berfungsi sebagai tempat menyimpan papan, balok, kayu,alat, dan masih banyak lainnya.

Beberapa abad yang lalu ada rumah tradisional keluarga besa yang dihuni mulai 6-9 keluarga. Dimana pada setiap keluarga adalah rumah tangga tersendiri dan mempunyai dapur untuk mengurus ekonomi rumah tangga sendirian. Pada umumnya susunan rumah adat ini terbagi menjadi beberapa bagian yaitu:

  • Emperan
  • Ruang Tamu
  • Ruang Tengah
  • Kamar

Bagian depan ini berfungsi sebagai tempat menyimpan bahan balok dan kayu, alat pertanian serta gerobak.

2. Rumah Adat Bolaang Mongondow

Sulawesi Utara ini terdiri dari 15 kabupaten kota yaitu termasuk kabupaten Bolaang Mongondow ini. Kehidupan sosial budaya masyarakat Sulawesi utara yang tidak sesuai lagi dengan perkembangan pembangunan saat ini yang begitu banyak perubahannya. Dengan adanya pengaruh luar bentuk rumah pun sudah mengalami perubahan.

Pada umumnya rumah adat Sulawesi Utara ini mempunyai bentuk rumah panggung dengan tangga depan dan tangga belakang. Walaupun budaya daerah yang mengandung nilai luhur bisa menunjang pembangunan, namun tetap saja masih terawat dan terlestarikan.

Itulah artikel yang membahas lengkap mengenaik “2 Rumah Adat Walengko dan Bolaang Mongondow Lengkap dengan Penjelasannya”. Sebenarnya menurut pendapat saya bahwa rumah adat ini hampir sama juga dengan Rumah Adat Sulawesi Tengah dan Rumah Adat Sulawesi Tenggara yang dimana sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya.

Karena negara Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan keanekaragaman budaya, jadi hal ini sebagai bukti nyata. Maksudnya yaitu pada rumah adat yang terdapat di Sulawesi Utara saja mempunyai 2 jenis rumah adat, apalagi rumah adat yang ada di daerah lainnya. Pasalnya, rumah adat pada setiap daerah masing-masing ini mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri.

Sebagai penerus bangsa Indonesia kita harus menjaga dan merawat akan budaya-budaya ada telah diwarisi dari para leluhur. Khususnya rumah adat tradisional, karena kebanyakan rumah-rumah tradisional ini terancam punah keberadaannya. Hal ini dikarena banyak sekali rumah-rumah yang modern menjadikan rumah adat tradisional tergantikan.

Apalagi, para arsitektur dengan berkembangnya jaman tentuny akan menciptakan design-design yang sederhana dan minimalis. Sehingga, rumah adat tradisional ini akan punah digantikan dengan rumah-rumah adat modern yang sudah di rancang oleh para arsitektur. Dimana bahwa arsitektur ini sangat ahli dalam merancang dan memperhitungan segalanya, sehingga rumah adat ini jauh lebih modern dan trend.

Menurut saya dalam hal mendesign rumah-rumah adat tradisional menjadi rumah yang modern dan tren ini sangatlah ide yang sangat bagus sekali. Karena apa ? Dengan begitu rumah adat tradisional tidak ketinggalan jamannya. Sehingga, hal ini akan menciptakan rumah-rumah yang fresh dengan syarat tidak menghilangkan nilai-nilai kebudayaannya.

Semoga dengan adanya artikel ini membuat kita senantiasa merawat dan menjaga agar tidak terpengaruhi oleh budaya asing. Sehingga kebudayaan budaya yang begitu beragam ini terjaga dan tetap terlestarikan. Sekian dari artikel saya, semoga dapat menambah wawasan Anda dalam mengenal kebudayaan budaya di seluruh nusantara dari sabang sampai merauke.

Apabila ingin mengenal kebudayaan budaya lainnya, Anda bisa melihat artikel yang terkait sebelum-sebelumnya. Atau tunggu artikel yang terupdate selanjutnya hanya di Kalimat.ID !

Komentar disini
Hosting Unlimited Indonesia