2 Rumah Adat Sulawesi Barat (Boyang Adaq dan Boyang Beasa)

Rumah Adat Sulawesi Barat

Kalimat.ID – Negara Indonesia adalah sebuah negara yang mempunyai budaya dengan kebudayaan yang begitu beragam dan sangat unik. Dari sabang sampai merauke di setiap provinsi mempunyai rumah adat dengan bentuk ciri khas dan fungsi tersendiri. Termasuk Rumah Adat Sulawesi Barat yang berasal dari provinsi Sulawesi Barat.

Rumah adat Sulawesi barat, merupakan salah satu peninggalan budaya di Indonesia yang berada di Provinsi Sulawesi Barat. Sulawesi Barat ini dengan nama lainnya yatiu pelaut ulung yang memakai perahu Sandeq yaitu Berfungsi sebagai menjelajah ke berbagai wilayah nusantara sampai ke Australia bahkan Malaysia. Termasuk Rumah adat Boyang yang akan saya bahasan kali ini.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Rumah Adat Boyang yang berasal dari provinsi Sulawesi Barat. Rumah adat Sulawesi barat ini mempunyai 2 jenis rumah adat yaitu Rumah adat Boyang Adaq dan Rumah adat Boyang Beasa. Sebelum membahas 2 jenis rumah adat Boyang, kita mempelajari tentang rumah adat Boyang ini.

Jenis Rumah Adat Sulawesi Barat Beserta Penjelasannya

Rumah adat adalah suatu kekayaan budaya yang harus kita rawat dengan cara tetap melestarikan jangan sampai punah. Setidaknya sebagar warga negara yang baik, kita harus mengerti nama rumah adat pada setiap Provinsi. Nah, pembahasan artikel ini tentang rumah adat yang berada di provinsi Sulawesi Barat.

Rumah adat di Sulawesi begitu banyak beragam dan unik dalam setiap provinsi berbeda-beda. Rumah adat ini terbagi menjadi 2 jenis yang akan saya jelaskan dibawah ini

1. Rumah Adat Boyang Adaq

Jenis rumah adat pertama yaitu Rumah Adat Boyang Adaq, merupakan rumah adat yang terletak di provinsi Sulawesi barat. Rumah adat ini di khususkan untuk bangsawan dan keturunannya. Rumah Boyang Adaq mempunyai simbol Tumbag Layar terdiri dari 3-7 susunan.

Menurut masyarakat disekitar, bahwa semakin tinggi susunan itu artinya derajat kebangsawanannya semakin tinggi.

2. Rumah Adat Boyang Beasa

Jenis yang kedua yaitu Rumah Adat Boyang Beasa, adalah salah satu rumah adat yang berasal dari Sulawesi Barat juga. Rumah adat ini di khususkan untuk orang biasa, tidak berasal dari keturunan bangsawan seperti rumah adat Boyang Adaq. Rumah adat ini juga mempunyai simbol Tumbag Layar namun tidak tersusun rapi sehingga ada perbedaan sedikit dalam simbol bangunan rumah ini.

Struktur Umum Rumah Adat Sulawesi Barat

Dalam setiap bangunan rumah-rumah adat di Indnesia pastinya mempunyai bentuk dan khas masing-masing pada setiap daerah provinsi. Rumah adat yang dihuni oleh Suku Mandar ini berbentuk rumah panggung berasal dari bahan-bahan kayu. Tiang kayu besar mempunyai tinggi sekitar 2m yang berfungsi sebagai penyangga lantai dan atap.

Keunikan dari rumah adat ini yaitu tiang tersebut tidak sampai menyentuh ke tanah, sehingga rumah adat ini bisa dibilang rumah modern yang dimana ditumpangkan pada batu yang datar. Ini dikarena untuk mencegah terjadinya kayu lapuk. Pada rumah adat ini lengkap dengan tangga depan dan tangga belakang.

Keunikan rumah adat Sulawesi Barat, dari tangga depan dan belakang yaitu mempunyai anak tangga dengan jumlah 3-13 buah dan pada bagian kanan kiri dilengkapi dengan pegangan. Tidak hanya itu saja, dinding dan lantai pun memakai bahan yang terbuat dari kayu yaitu papan. Papan ini mempunyai ukiran motif yang khas dari Suku Mandar. Adapun jendela, yang berfungsi sebagai masuk keluarnya udara dan sinar matahari masuk ke dalam rumah.

Tidak kalah pentingnya, bagian atap rumah memanjang membentuk prisma yang sebagai penutuh rumah mulai dari bagian depan sampai bagian ke belakang menjadi penutup seluruh bagian tersebut. Atap ini tidak terbuat dari kayu, tetapi terbuat dari bahan daun rumbia yang dihias unik dengan ornamen serta terdapat motif seperti Tumbag Layar dan Bungan melai ujung bubungan.

Fungsi Umum Rumah Adat Sulawesi Barat

Rumah adat di Indonesia begitu mempunyai peranan penting untuk menjadi ciri khas dan mudah di hafal agar bisa mengerti apa fungsi dari bangunan rumah adat pada masing masing daerah provinsi.

Nah, setelah membahas struktur umum rumah adat Boyang saya akan menjelaskan akan fungsi-fungsi rumah adat ini. Rumah adat Boyang sendiri mempunyai 7 fungsi sebagai berikut:

Rumah adat Boyang ini, berfungsi sebagai tempat yang dihuni oleh masyarakat dari Suku Mandar. Jumlah ruangan pada bangunan rumah adat ini banyak sekali. Secara umum ada 7 ruangan pada rumah adat Sulawesi Barat ini, yaitu 3 ruangan utama, dan 4 ruangan tambahan.

Jika masih belum paham tentang apa yang saya jelaskan, berikut pahami lebih jelasnya tentang ruangan-ruangan rumah Adat Boyang secara umum:

Bagian depan yaitu Samboyang, berfungsi sebagai menerima tamu dan berbagai acara-acara adat

Bagian tengah yaitu Tangnga Boyang, Berfungsi sebagai berkumpul dan beraktivitas seluruh anggota keluarga.

  • Bagian selanjutnya yaitu Bui Boyang, Berfungsi sebagai tempat tinggal seluruh anggota keluarga.
  • Bagian di tingkat yaitu Tapang, Berfungsi seabgai kamar untuk calon pengantin.
  • Bagian dapur yaitu Paceko, Berfungsi sebagai tempat memasak dan menyimpan makanan.
  • Bagian depan rumah yaitu Lego-lego, Berfungsi sebagai tempat bersantai di pagi hari ataupun sore hari.
  • Bagian kolong rumah yaitu Naong Boyang, Berfungsi seabgai aktivitas wanita dalam mengisi waktu luang seperti menenun.

Ciri-Ciri Khas Rumah Adat Sulawesi Barat

Rumah adat Sulawesi Barat yaitu Rumah Adat Boyang, merupakan rumah adat yang mempunyai ciri khas dan filosofi yang unik. Dalam rumah adat ini tersimpan keunikan dengan ciri-ciri yang begitu khas. Sehingga masyarakat dari seluruh Indonesia lebih gampang untuk mengenal rumah adat asal Sulawesi Barat ini.

Berikut Ciri-ciri umum dari Rumah Adat:

Rumah panggung yang mempunyai tiang balok berukuran sangat besar. Rumah adat Sulawesi Barat ini mempunyai 2 buah tangga pada bagian depan dan belakang rumah.

Atap berbentuk prisma atau pelana sebagai penutup rumah pada seluruh bagian

Bangunan rumah adat Sulawesi Barat ini menghadap ke timur pada saat matahari terbit, Berfungsi seabgai simbol keharmonisan kehidupan.

Rumah adat Sulawesi Barat ini begitu banyak hiasan beragam ornamen yang hampir ada pada setiap ruangan bahkan di tangga juga ada hiasan tersebut. Ornamen ini mempunyai fungsi dan nilai tersendiri yaitu sebagai hiasan yang mempunyai nilai filosofi menjadikan identitas sosial masyarakat di Sulawesi barat untuk Suku Mandar.

Nah, itulah pembahasan secara lengkap dan runtut tentang “2 Jenis Rumah Adat Lengkap dengan Penjelasannya”. Jika kalian ingin mengetahui tentang Rumah adat Sulawesi Tenggara maupun Sulawesi Tengah, kalian bisa untuk membaca artikel yang terkait dari postingan-postingan selanjutnya. Semoga dengan kalian membaca tentang rumah adat di Indonesia menjadikan kalian untuk lebih melestarikan dan merawat kebudayaan yang ada.

Itulah artikel saya yang sudah dibahas mengenai ” 2 Rumah Adat Lengkap Beserta Penjelasannya “. Karena Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan keanekaragaman budaya, ini dibuktikan bahwa pakaian adat di provinsi Sulawesi Barat ini terdiri dari 2. Ini masih di daerah provinsi Sulawesi Barat, belum di daerah-daerah lainnya.

Pada pakaian adat tradisional diantaranya Boyang Adaq dan Boyang Beasa ini mempunyai keunikan dan ciri tersendiri yang berdasarkan jenisnya. Selain itu, kedua pakaian adat ini salah satu yang menjadi ciri khas di daerah sana. Karena dengan keunikan dan ciri khas yang digunakannya ini menjadikan daerah disana cukup terkenal di kalangan masyarakat disekitar.

Sebagai warga negara Indonesia ini seharusnya kita bangga akan kekayaan budaya yang ada, dimana kebudayaan budaya ini merupakan warisan dari para leluhur. Selain itu, kita juga wajib untuk menjaga dan melestarikan akan kebudayaan budaya yang telah ada. Karena dengan begitulah kita menghargai dan menghormati apa yang telah diwariskan oleh para leluhur kita.

Tidak hanya pada rumah adat tradisional di Sulawesi Barat saja, namun di seluruh wilayah nusantara dari sabang sampai merauke ini kita harus merawatnya. Paslanya, jika kita tidak menjaga dan merawat kebudayaan yang ada tentunya akan terancam punah. Pada rumah adat tradisional ini hampir sebagian sudah mengalami kepunahan begitu saja.

Patut disayangkan bukan, apalagi sampai kebudayaan budaya di Indonesia ini dipengaruhi oleh budaya Asing. Apalagi para designer arsitek yang seiring berkembangnya jaman teknologi sudah mampu menghasilkan design-design yang sangat menarik dan trend di masanya. Ini juga salah satu faktor menjadikan rumah adat tradisional terancam punah dan digantikan dengan rumah-rumah yang lebih bagus dengan modern.

Menurut opini pandangan saya terhadap masalah ini, yaitu bahwa rumah adat tradisional ini boleh tercipta dengan design-design yang modern. Selain itu boleh juga dirubah mulai dari bahan dan lainnya, asalkan bahwa dalam perubahan rumah-rumah adat tradisional ini tidak merubah nilai-nilai kebudayaan yang adat.

Karena dengan begitu akan menghasilkan rumah-rumah adat tradisonal gabungan dari design modern, sehingga hal ini rumah tersebut juga bisa dikatan modern dan juga bisa dikatan tradisional.

Komentar disini