Rumah Adat Lampung Lengkap dengan Penjelasannya

Rumah Adat Lampung

Kalimat.ID – Indonesia terkenal dengan kebudayaan yang kaya akan keanekaragaman yang unik dan mempunyai ciri tersendiri bagi setiap daerah provinsi masing-masing. Salah satunya yaitu rumah adat Lampung, merupakan sebuah tempat tinggal yang dihuni oleh masyarakat disana sampai saat ini masih terawat dan terlestarikan keberadaannya.

Untuk secara umum bangunan bentuk rumah adat Lampung ini merupakan termasuk salah satu yang disebut dengan rumah panggung karena mempunyai tiang penyangga. Rumah adat Lampung adalah salah satu rumah perkembangan dari jaman yang semakin modern kini mulai banyak telah tergusur digantikan dengan rumah-rumah modern.

Padahal arsitektur rumah adat tradisional ini merupakan simbol, filosofi, dan muatan budaya keunggulan dari masyarakat disana. Rumah adat tradisional ini terbuat dari bahan-bahan asli alam yaitu dari bahan kayu.

Untuk menambah wawasanmu tentang rumah-rumah adat di Indonesia yang berasal dari Provinsi Lampung ini, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang rumah adat yang ada di Lampung.

Walaupun rumah adat Lampung sebagian sudah ada yang tergusur, namun ada pula rumah-rumah adat yang masih terawat sampai sekarang. Yuk, mari kita mengenal kebudayaan rumah-rumah adat yang ada di Lampung ini.

Mengenal 3 Rumah Adat Lampung Nuwo Sesat dan Nuwo Lunik

Rumah adat Lampung terkenal dengan nama Nuwo Sesat yang dimana kata “Nuwo” mempunyai arti “rumah” dan sedangkan “Sesat” mempunyai arti adat. Mulanya rumah adat ini Berfungsi sebagai pertemuan bagi masyarakat suku Lampung. Rumah adat tradisional ini juga sama dengan rumah-rumah adat yang ada di Indonesia yang berbentuk rumah panggung.

Berikut 3 Jenis Rumah adat Nuwo Balak, Nuwo Sesat, dan Nuwo Lunik !

1. Rumah Adat Nuwo Balak

Yang pertama rumah adat tradisional yaitu Rumah Nuwo Balak, merupakan tempat tinggal untuk kepala adat atau tetua adat yang mempunyai fungsi sebagai Balai Keratun. Nuwo Balak ini terdiri dari 6 bagian yang sudah saya sebutkan diatas tentang bagian-bagian yang mempunyai fungsi peranan penting. Sama halnya dengan rumah-rumah adat lainnya, yang disebut dengan rumah panggung.

2. Rumah Nuwo Sesat

Rumah adat Nuwo Sesat ini berasal asli dari provinsi Lampung yang mempunyai fungsi sebagai pertempuran pada saat bermusyawarah. Rumah adat Nuwo Sesat ciri khas tersendiri yang mempunyai ukiran ornamen bermotif perahu. Rumah tradisional ini mempunyai payung besar yang berwarna putih, kuning dan merah di atapnya.

Payung-payung ini melambangkan dari tingkat tetua adat di masyarakat dari Lampung. Dulu rumah ada Lampung ini dengan atap anyaman ilalang, akan tetapi dengan seiringanya waktu rumah adat tradisional ini berbentuk rumah panggung yang mempunyai tiang penyangga. Secara umum bahwa rumah adat ini sama dengan rumah-rumah adat di Sumatera karena hampir seluruh menggunakan bahan-bahan asli alam yaitu kayu. Dan sekarang rumah adat Nuwo Sesat ini tidak berfungsi sebagai pertemuan tetua ada dalam bermusyawarah akan tetapi menjadi tempat tinggal biasa masyarakat disana.

Dalam setiap rumah adat di Indonesia kita ketahui bahwa setiap rumah bangunan itu mempunyai bagian-bagian yang menunjang akan terbangunnya sebuah rumah adat. Nah pada kesempatan kali ini saya akan mengajak Anda untuk mengetahui bagian-bagian yang mempunyai peranan penting dalam rumah ada Lampung ini. Dibawah ini bagian-bagian yang akan saya jelaskan ada sekitar 6 bagian dari rumah adat tradisional ini.

3. Rumah Nuwo Lunik

Rumah adat yang terakhir yaitu Nuwo Lunik, merupakan rumah adat yang mempunyai arti kecil. Biasanya ruma adat tradisional digunakan untuk rakyat jelata atau biasa. Rumah adat yang tidak mempunyai beranda dan pada bagian serambi hanya terdapat sebuah tangga pada bagian pintu masuk ke tanah.

Nuwo Lunik ini mempunyai bentuk yang bisa dikatakan lebih sederhana, apabila dibandingkan dengan Rumah Nuwo Balak. Hanya terdapat beberapa kamar tidur saja. Pada bagian dapur rumah adat traidsionl ini juga menjadi satu dengan bangunan utamanya.

Sedangkan pada atap rumah adat Nuwo Lunik ini mempunyai bentuk yang lebih beragam. Pasalnya, terdapat seperti perahu terbalik akan tetapi ada juga yang mempunyai bentuk seperti limas.

Setelah saya menjelaskan rumah adat Lampung Nuwo Sesat, Nuwo Balak, dan Nuwo Lunik kepada Anda, saya ingin memberitahu tentang “Bagian dan Bahan bangunan yang ada di Rumah adat Lampung”. Berikut penjelasannya !

6 Bagian rumah adat Lampung

Rumah adat tradisional ini mempunyai 6 bagian yang mempunyai peranan penting sebagai berikut :

-Ijan Geladak, Berfungsi sebagai tangga masuk yang lengkap mempunyai atap.
-Ruang tamu, Berfungsi sebagai tempat pertemuan masyarakat disana.
-Pusiban, berfungsi sebagai Musyaawarah resmi masyarakat Lampung.
-Ruang Tetabuhan, Berfungsi sebagai tempat menyimpan alat-alat musik khas dari Lampung.
-Gajah Merem, Berfungsi sebagai tempat istirahat para penyeimbang adat.
-Ruang tidur, Berfungsi sebagai tempat tidur khusus anak-anak.

Itulah tadi 6 bagian rumah adat Lampung yang mempunyai peranan fungsi masing-masing bagian. Selanjutnya saya akan mengajak Anda untuk mengetahui bahan-bahan yang dari rumah adat tradisional ini. Pasalnya rumah adat tradisional ini mempunyai keunikan dibandingkan dengan rumah-rumah adat yang ada di Indonesia lainnya.

Bahan-Bahan Bangunan rumah adat Lampung

Rumah adat tradisional yang berasal dari lampung ini mempunyai sebuah pondasi dari batu yang berbentuk persegi. Rumah adat tradisional ini termasuk rumah panggung maka rumah adat ini mempunyai tiang penyangga 35 buah dan tiang induk 20 buah. Uniknya pada lantai rumah adat ini terbuat dari papan dan bambu.

Untuk dinding rumah adat tradisional ini terbuat dari kayu-kayu yang susunannya sejajar. Atap rumah adat ini mempunyai ujung bubungan terpusat pada satu titik tengah yang terbuat dari kayu bulat dengan susunan dengan lapisan tembaga.

Setelah saya memperkenalkan bagian-bagian secara umum dan Bahan bangunan rumah adat Lampung secara umum, maka selanjutnya saya akan mengenalkan 2 jenis rumah adat Lampung yaitu Nuwo Balak dan Nuwo Lunik. Berikut rumah 2 jenis rumah adat penjelasannya !

Keunikan Rumah Adat Lampung Secara Umum

Keunikan rumah adat Nuwo ini dari desain bangunan yang mempunyai bentuk panggung dengan disangga tiang penyangga. Rumah adat secara umumnya tiang dan lantai ini terbuat dari kayu. Karena seiringnya perkembangan jaman, masyarakat Lampung sekarang menggunakan keramik dan semen sebagai lantainya.

Bagian rumah panggung Nuwo ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang kayu dan tempat hasil panen.

Makna Keunikan Ukiran Rumah Adat Lampung

Rumah adat tradisional Nuwo ini mempunyai ukiran dengan makna tersendiri bagi setiap bentuk ornamen-ornamennya. Berikut saya akan menjelaskan makna ukiran dari Kitab Kuntara Raja Niti yaitu:

  • Pill Pusanggiri, mempunyai makna untuk merasa malu apabila berbuat salah
  • Sakai Sembayan, mempunyai makna saling gotong royong dalam apapun pekerjaannya.
  • Nengah Nyampur, mempunyai makan senantiasa selalu menjaga hubungan dalam bermasyarakat sosial.
  • Nemui Nyimah, mempunyai makna senantiasa selalu menjaga dan menjalin tali silahturahmi bersama siapapun itu.
  • Juluk Adek, mempunyai makna kepribadian baik yang menjadi panutan masyarakat.
  • Sang Bumi Ruwa Jurai, mempunyai makna senantiasa selalu bersatu dan tidak membeda-bedakan tentang apapun itu.

Itulah sekian artikel dari saya yang membahas tentang “Mengenal 3 Rumah Adat Lampung Lengkap dengan Penjelasannya”. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas dengan lengkap mengenai rumah adat yang terdapat di Lampung. Hal tersebut membuktikan bahwa Indonesia ini mempunyai keanekaragaman budaya yang begitu beragam.

Seharusnya, kita sebagai penerus bangsa yang tinggal di negara Indonesia bangga dengan negara yang terkenal dengan kekayaan alam yang begitu melimpah. Selain itu, tidak hanya bangga saja tinggal di negara Indonesia karena juga harus menjaga dan melestarikannya. Hal tersebut menandakan kita bahwa menghargai akan warisan-warisan yang telah diwaris yang berasal dari para leluhur.

Karena jika tidak dirawat dan dilestarikan ini akan mengalami kepunahan, menurut saya rumah-rumah adat tradisional ini terancam. Mengapa demikian ? Karena dalam jaman modern saat ini, banyak sekali para ahli arsitektur dengan merancang design yang terbaru. Sehingga rumah-rumah adat traidsional ini akan tergantikan dengan rumah adat yang modern dan lebih trend.

Menurut pribadi saya, pada rumah adat tradisional boleh saja ditambahkan dengan design-design yang terkesan agak lebih modern dan tren. Sehingga, rumah-rumah adat tradisional di Lampung ini tidak kalah menarik dan bahkan tidak ketinggalan jamannya. Dalam merubah designnya, dengan syarat tidak membuang nilai-nilai kebudayaan yang telah ada.

Semoga dengan adanya artikel yang saya sajikan ini dapat menambah wawasanmu dalam mengenal kebudayaan budaya di Indoensia. Selain itu, dapat menjadikan refrensi dalam pengetahuan pendidikanmu dalam mengenal kebudayaan budaya di seluruh wilayah nusantara. Tidak hanya di Rumah adat saja, melainkan seluruh seperti kesenian dan masih banyak kebudayaan lainnya.

Sekian dari artikel saya yang membahas lengkap mengenai Rumah Adat Lampung, semoga bermanfaat untuk Kalimaters. Apabila ingin membaca tentang rumah-rumah adat lainnya di Indonesia, bisa membaca artikel yang terkait atau postingan pada sebelumnya. Terima kasih telah menyempatkan membaca artikel ini sampai selesai.

Komentar disini