Beranda Pendidikan Mengenal Rumah Adat Kalimantan Utara (Rumah Adat Baloy)

Mengenal Rumah Adat Kalimantan Utara (Rumah Adat Baloy)

Rumah Adat Kalimantan Utara
Rumah Adat Kalimantan Utara (Rumah Baloy)

Kalimat.ID –¬†Negara Indonesia dikenal dengan negara yang akan akan keanekaragaman dalam kebudayaan dan adat istiadat. Termasuk Rumah Adat Kalimantan Utara ini, adalah salah satu tempat tinggal tradisional yang dihuni oleh masyarakat sekitar disana. Setiap daerah pasti mempunyai nama rumah adat masing-masing.

Rumah adat Indonesia adalah sebuah peninggalan-peninggalan yang harus kita lestarikan. Sungguh disayangkan apabila rumah adat Indonesia sampai tidak terawat atau justru di anggurin tanpa ada pelestarian dari tempat-tempat tinggal masyarakat disana. Rumah adat Tradisional adalah salah satu kekayaan terbesar dan wajib untuk dilestarikan agar tidak punah.

Nah, rumah adat di seluruh negara Indonesia banyak sekali apabila kita mempelajari lebih dalam lagi. Setiap rumah adat tentunya memiliki nama, ciri khas, dan fungsi di daerah masing-masing. Kesempatan kali ini saya akan membahas tentang “Mengenal Rumah Adat Kalimantan Utara: Rumah Baloy” mulai dari nama-nama, ciri khas, dan fungsi yang ada disana.

Kalimantan utara termasuk salah satu kategori provinsi termuda di negara Indonesia. Provinsi yang berdiri pada 20 Oktober 2012 yang lalu setelah memisahkan diri dari provinsi utamanya. Nah, walaupun termasuk dalam kategori provinsi baru ini Kalimantan memiliki Rumah Adat Kalimantan Utara namanya Rumah Baloy.

Rumah Adat Kalimantan Utara Beserta Keterangannya

Rumah adat Kalimantan Utara yaitu Rumah Baloy, merupakan rumah adat yang berasal dari suku Tidung di Kalimantan Utara. Suku Tidung dari kalimantan utara ini sama halnya dengan suku-suku lainnya, Suku Tidung memiliki kebudayaan serta model rumah adat tersendiri.

Bangunan dari rumah adat Baloy ini sama dengan yang lain yaitu dengan menggunakan penyangga tiang, Namun bedanya rumah adat ini terlihat lebih modern dan lebih trend dibandingkan dengan rumah-rumah adat lainnya.

Nah, buat kamu yang ingin mengenal lebih dalam dari Rumah Adat Kalimantan Utara ini baca sampai selesai. Kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Struktur Bangunan, Fungsi, dan Ciri Khas dari rumah adat Baloy. Karena rumah adat Kalimantan Utara ini mayoritasnya berasal dari Suku Tidung, sebelum membahas pembahasan yang pokok ini akan saya jelaskan sedikit mengenai Suku Tidung.

Suku Tidung Kalimantan Utara

Suku Tidung Kalimantan Utara ini merupakan salah satu suku dari 420 suku Daya yang bertempat tinggal di pulau Kalimantan. Akan tetapi setelah agama dan budaya-budaya Islam masuk, sebutan yang awalnya suku Dayang Tidung ini berganti nama menjadi Suku Tidung. Suku Tidung ini mempunyai kekayaan budaya juga yaitu Rumah Adat Baloy.

Rumah Adat Baloy ini mempunyai konsep seperti rumah adat pada umumnya yaitu rumah panggung. Sebagian besar bangunannya ini terbuat dari bahan kayu yang khas dari Kalimantan yang sanagt terkenal diantaranya  kayu ulin. Selain Kayu Ulin terkenal sangat kokoh ini juga tidak akan terjadinya pelapukan apabila terkena air dan bahkan kayu tersebut akan jauh lebih kuat.

1. Stuktur Bangunan Rumah Adat Baloy

Rumah adat kalimantan utara yang dikenal dengan Rumah Adat Baloy ini mempunyai struktur bangunan yang sangat rapi dan kokoh. Design rumah adat ini sendiri ialah rumah panggung yang disangga dengan beberapa tiang. Jadi buat kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut bisa datang langsung kesana untuk mempelajari lebih dalam tentang rumah-rumah adat di Indonesia.

Suku Tidung, yaitu salah satu suku yang ada di Kalimantan Utara dengan 420sub suku Dayak. Karena suku Tidung ini merupakan salah satu sub suku Dayak, jadi pada design Rumah Adat Baloy ini menjadi salah satu rumah adat yang mirip dengan rumah adat Lamin dari Kalimantan Timur. Pasalnya, para ahli menyebutkan bahwa Rumah Adat Baloy ini adalah hasil pengembangan arsitektur rumah adat Lamin.

Rumah-rumah adat di kalimantan umumnya menggunakan bangunan rumah yang berasal dari kayu ulin. Bahkan hampir semua yang memakai bahan kayu ulin ini, alasannya kayu inilah yang paling kuat dan tahan lama. Sesuai dengan struktur bangunannya, Rumah adat kalimantan utara ini terletak di wilayah dekat tepi pantai.

2. Fungsi Rumah Adat Baloy

Semua rumah-rumah adat di Indonesia pasti mempunyai fungsi masing-masing pada setiap daerah. Termasuk dengan Rumah Adat Baloy ini, yang terbuat dari bahan kayu ulin dibangun menghadap utara. Sementara pintu utamanya menghadap ke selatan.

Bingung dengan rumah adat kalimantan utara satu ini? Tenang, saya akan menjelaskan beberapa fungsi dalam rumah adat Baloy ini. Dalam Rumah Adat Baloy ini terdapat empat ruangan utama yang masyarakat sana menyebutnya Ambir, yaitu;

  1. Ambir Kiri (Alad Kaif), Berfungsi sebagai tempat untuk menerima masyarakat yang mengadukan masalah adat atau perkara.
  2. Ambir Tengah (Lamin Bantong, berfungsi sebagai tempat pemuka adat yang bersidang untuk memutuskan sebuah perkara adat disana
  3. Ambir Kanan (Ulad Kemagot), Berfungsi sebagai ruang tempat per-istirahatan atau ruang untuk berdamai setelah selesainya perkara adat
  4. Lamin Dalom, Berfungsi sebagai singgasana Kepala atau Pemimpin Adat Besar Dayak Tidung

Rumah adat Baloy ini, tidak hanya tersusun untuk bagian ruangan dalam. Pasalnya pada bagian belakang rumah adat kalimantan utara : Rumah Adat Baloy ini terdapat bangunan yang dibuat di tengah-tengah kolah yang biasa disebut dengan Lubung Kilong. Bangunan Lubung Kilong ini berfungsi sebagai tempat menampilkan kesenian-kesenian dari suku Tidung, seperti Tarian jepen.

Selain digunakan untuk pertunjukkan kesenian-kesenian di daerah suku Tidung, rumah ada ini dilengkapi dengan bangunan khusus untuk tempat para penontong yang menonton langsung pertunjukkan kesenian Tarian Jepen ini disebut Lubung Intamu.

Dan Lubung Intamu ini memiliki fungsi yang lain, yaitu sebagai tempat pertemuan masyarakat adat yang lebih megah, seperti acara pelantikan pemangku adat atau musyawarah adat.

3. Ciri Khas Rumah Adat Baloy

Jika saya sudah membahas tentang Struktur dan Fungsi-fungsi dari rumah adat Kalimantan Utara ini, selanjutnya akan membahas tentang Ciri-ciri Khas dari Rumah Adat Baloy ini.

Karena pada setiap rumah-rumah adat di Indonesia pastinya memiliki ciri khas di daerah setiap masing-masing provinsi. Dibawah ini adalah ciri-ciri khas dari Rumah Adat Kalimantan Utara, Rumah Baloy yang membedakan dengan rumah-rumah adat lainnya sebagai berikut:

  • Ukiran motif kehidupan laut dibagian risplank dan bagian atap rumah ini, bahwasannya menggambarkan masyarakat suku Tidung mayoritas bermata pencaharian berprofesi sebagai nelayan.
  • Ruangan di dalam rumah adat Kalimantan Utara, Rumah Baloy ini mempunyai fungsing yang terkait dengan aktivitas – aktivitas kehidupan sosial masyarakat. Hal tersebut menunjukkan bahwa suku Tidung merupakan masyarakat yang mempunyai sosok jiwa sosial dengan mengutamakan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan suatu masalah-masalah atau perbedaan pendapat tanpa adanya kekerasan.
  • Rumah Adat Baloy Ini yang dibangun menghadap utara dengan posisi pintu utama menghadap ke selatan.

Untuk mengetahui dan mengingat lebih mudah, setiap rumah adat mempunyai keunikan-keunikan yang menjadi sebuah ciri-ciri khas pada setiap daerah provinsi masing-masing. Biasanya ini terkait dengan kandungan nilai-niai filosofi yang menggambarkan pola hidup masyarakat Suku Tidung berada di Kalimantan Utara.

Itulah informasi untuk Kalimaters yang sudah saya jelaskan lengkap mengenai Struktur, Fungsi-fungsi, serta Ciri-ciri khas dari Rumah Adat Kalimantan Utara : Rumah Baloy. Mungkin penjelasan ini terlalu singkat bagi kamu, namun setidaknya yang saya jelaskan diatas adalah simpel dengan runtut dan jelas. Buat kamu yang masih penasaran dengan rumah-rumah adat dan belum mengenal sekali tentang kebudayaan-kebudayan Rumah Adat Indonesia, tunggu artikel selanjutnya dari saya.

Mungkin itulah diatas yang semoga bisa membantu wawasan dan menambah ilmu kamu tentang “Mengenal Rumah Adat Kalimantan Utara : Rumah Adat Baloy”. Seperti yang sudah saya bahas mengenal rumah adat tersebut bahwa mempunyai keunikan dan ciri yang khas dibandingkan dengan pakaian-pakaian adat tradisional lainnya. Sehingga dengan ini kita semakin bangga dengan adanya kebudayaan budaya di Indonesia khususnya di provinsi Kalimantan Utara.

Sebagai penerus bangsa Indonesia ini, kita harus selalu menjaga dan merawat akan keanekaragaman kebudayan budaya yang tidak hanya di Kalimantan saja melainkan di seluruh wilayah nusantara ini. Dengan demikian, akan membuat Anda menjadi seseorang yang menghargai akan warisan-warisan dari para leluhur. Karena jika bukan kita menjaga dan melestarikan rumah adat tradisional ini, siapa lagi ?

Apalagi di jaman modern saat ini tentunya para arsitektur sudah berani menampilkan design-design yang menarik dan trend. Hal tersebut akan membuat rumah-rumah adat tradisional ini tersingkirkan, karena berkembangnya jaman ini pastinya membuat masyarakat ingin mengalami sebuah perubahan. Sehingga ini secara tidak langsung menggeser rumah-rumah adat tradisional yang lama-kelamaan akan punah hilang dengan begitu saja.

Atau menurut pribadi saya, dengan rumah adat tradisional ini tidak apa-apa dengan adanya pengaruh design-design yang trend. Akan tetapi, kita jangan sampai menghilangkan tentang nilai-nilai yang ada dikarenakan nilai yang terkandung pada rumah adat masing-masing tentunya ini mencerminkan pada masyarakat yang ada di daerah sana. Sehingga hal tersebut akan membuat pakaian adat di Kalimantan Utara yang bernama Rumah Baloy ini tidak kalah trend.

Komentar disini
error: