5 Rumah Adat Kalimantan Timur Beserta Penjelasannya

Rumah Adat Kalimantan Timur

Kalimat.ID – Rumah Adat Kalimantan Timur – Seluruh wilayah nusantara dari sabang sampai merauke terdapat budaya kebudayaan rumah adat yang mempunyai desain bangunan beragam dan mempunyai keunikan pada setiap provinsi masing-masing daerah.

Dalam bangunan rumah adat, para nenek moyang mempunyai desain dan struktur disesuaikan kebutuhan masyarakat masing-masing daerah provinsi. Rumah adat tradisional ini wajib untuk kita jaga dan dilestarikan agar tidak punah keberadaanya.

Negara Indonesia mempunyai adat dan budaya sangat beragam dan unik yang tidak ada di negara-negara lain. Salah satu kekayaan budaya di negara Indonesia suatu adat istiadat yang sampai sekarang masih terawat dan terlestarikan keberadaanya adalah Rumah Adat. Rumah adat tradisional, merupakan tempat tempat tinggal di masyarakat daerah provinsi masing-masing.

Nah, untuk mengenal lebih dalam tentang rumah adat ini saya akan menjelaskan mengenai rumah adat yang berasal dari Kalimantan Timur. Disini saya akan membahas lengkap dengan penjelasannya rumah-rumah adat di Kalimantan Timur. Rumah adat Kalimantan Timur merupakan salah satu rumah adat di Pulau Kalimantan.

5 Rumah Adat Kalimantan Timur Beserta Penjelasannya

Kalimantan Timur, merupakan salah satu provinsi terluas kedua di negara Indonesia dengan luas wilayah mencapai 245.237.80km2 dan berbatasan langsung dengan negara tetangga antara lain Negara bagian Sabah dan Serawak di Malaysia Timur. Mayoritas suku Kalimantan Timur, Suku Dayak dan Suku Melayu. Salah satu budaya kekayaan yang dimiliki oleh kalimantan Timur ini adalah Rumah Adat Kalimantan Timur.

Sekarang, untuk menambah wawasanmu dalam mengenal rumah adat di Indonesia saya akan membahas tentang rumah adat yang berasal Kalimantan Timur ini. Sebenarnya banyak rumah adat di pulau Kalimantan, namun saya akan menjelaskan hanya 5 Rumah Adat Kalimantan Timur Lengkap dengan Penjelasannya. Yuk, mari kita belajar budaya agar keberadaan budaya di Indonesia tidak sampai punah.

1. Rumah Adat Lamin

Rumah Adat Kalimantan Timur yang pertama yaitu Rumah Lamin, Merupakan salah satu rumah adat yang menjadi identitas masyarakat Suku Daya di provinsi Kalimantan Timur. Rumah adat Kalimantan Timur ini terkenal dengan rumah panggung yang memanjang yang sambung menyambung. Rumah Lamin ini mempunyai panjang 300meter, dengan lebar 15 meter, dan tinggi 3 meter.

Karena rumah adat Lamin ini cukup luas, maka rumah adat Kalimantan Timur ini dihuni sekitar 12-30 keluarga. Pada tahun 1967 rumah adat Kalimantan Timur Lamin ini resmi didirikan oleh pemerintah. Keunikan rumah adat Lamin ini yaitu bisa menampung 100 orang.

Dalam rumah adat tradisional ini mempunyai ciri-ciri khas yang membuat rumah adat ini terkenal di jajaran masyarakat Indonesia. Berikut saya akan memberikan 6 ciri-ciri pada bangunan rumah adat Lamin ini!

  • Mempunyai ukiran

Ciri khas yang pertama rumah adat ini yaitu pada ukiran dalam bentuk gambar yang mempunyai makna tersendiri. Gambar pada rumah adat Maluku ini mempunyai motif seperti makhluk hidup antara lain wajah manusia, kisah perburuan, tumbuh-tumbuhan, dan masih banyak lagi. Menurut kepercayaan masyarakat disana bahwa ukiran ini bisa menjaga keluarga yang bertempat tinggal di rumah adat Lamin dari bahaya ilmu hitam yang bisa menyerang kapan saja.

  • Warna

Rumah adat Lamin yang kedua mempunyai ciri khas warna kontras menghias dinding. Warna tersebut antara lain Warna kuning, Hitam, merah, biru dan putih merupkan warna dalam arsitektur rumah adat Lamin ini. Dalam setiap warna mempunyai lambang tersendiri yaitu Merah melambangkan berani, kuning melambangkan berwibawa, putih melambangkan suci, dan hitam melambangkan keteduhan.

  • Bahan

Ciri dari rumah Adat Lamin ini yang lebih uniknya terletak pada bahan-bahan yang digunakan untuk bangunan rumah adat tradisional ini yaitu Rumah adat Dayak terbuat dari Kayu Ulin. Pasalnya kayu ulin ini sangatlah kuat dan tidak mudah lapuk. Bahkan terkena air pun akan bertambah tingkat kekerasan dan kekuatannya.

  • Ruangan

Ruangan rumah Adat Kalimantan Timur Lamin ini ada 3 bagian antara lain ruang tamu, ruang tidur dan dapur. Mempunyai fungsi sendiri pada setiap bagian yaitu Ruang tamu sebagai menerima tamu saat pertemuan adat, Ruang tidur sebagai tempat tidur yang sudah dipisahkan antara laki-laki dengan perempuan, Ruang dapur sebagai memasak dan menyimpan persediaan makanan.

  • Tangga

Rumah Adat yang berbentuk panggung pastinya lengkap dibekali dengan sebuah tangga, Berfungsi sebagai jalan masuk ke dalam rumah. Ada pula bagian bawah tangga, Berfungsi sebagai kandang pemeliharaan ternak antara lain kambing dan sapi.

  • Aksesoris rumah Adat Lamin

Aksesoris yang paling menonjol yaitu patung patungan., adalah dewa-dewa yang dipercayai masyarakat Dayak kuno sebagai menolak Bala.

2. Rumah Adat Bulungan

Rumah adat Kalimantan Timur yang kedua yaitu Rumah Bulungan, merupakan rumah adat yang terletak di Tanjung Selor. Jika dilihat dari arsitektur bahwa rumah adat tradisional ini lebih ke arah kolonial yang sesuai dengan iklim tropis. Rumah adat Bulungan, Berfungsi sebagai pertempuran penting pada masa kesultanan Bulungan.

Arsitektur rumaha dat Bulungan ini dulu terpengaruh akibat adanya perdagangan hindia belanda sehingga kegiatan ini sangat mempengaruhi masyarakat Bulungan khususnya pada arsitektur yang sesuai dengan iklim mereka. Bentuk bangunan yang mewah dan simetris mempunyai motif bunga.

3. Rumah Adat Paser

Rumah Adat Kalimantan Timur yang ketiga yaitu Rumah Adat Paser, merupakan rumah adat tradisional yang dihuni oleh Suku Paser dan bahan – bahan bangunan yang digunakan yaitu dari bahan kayu asli dari alam. Bentuk dari rumah adat Kalimantan Timur ini berbentuk segi empat memanjang dengan atap kemiringan 45 derajat ke arah samping kiri dan kanan, ke depan serta belakang yang lengkap dibekali dengan dinding.

Atap rumah adat Paser ini terbuat dari daun nipah dan lantai terbuat dari bambu yang sudah pecah – pecah kemudian dijalin dengan rotan dan anak kayu bundar untuk dipergunakan sebagai bangunan. Jika menarik penasaran kita bisa melihat langsung rumah adat Paser ini di Pula Kalimantan. Tepatnya di Provinsi Kalimantan Timur.

4. Rumah Adat Wehea

Rumah Adat Kalimantan Timur yang terkahir yaitu Rumah Wehea, adalah salah satu rumah yang terkadang disebut Suku wahau ini dari Provinsi Kalimantan Timur. Keunikan rumah adat ini tidak ada di rumah-rumah adat pulau Kalimantan lainnya, akan tetapi rumah adat Suku Dayak Wehea ini dikenal dengan sebutan eweang adalah rumah panggung tinggi yang saling terhubung dengan jembatan atau bisa disebut dengan Tljung.

5. Rumah Betang

Rumah adat yang terakhir yaitu Rumah Betang, merupakan rumah adat tradisional yang menjadi tempat tinggal. Dimana rumah adat tradisonal ini mempunyai nilai yang sangat tinggi pada atanya. Rumah adat yang biasanya dibangun dengan bentuk memanjang ke belakang ini terpilih karena beberapa alasan diantaranya :

  • Sebagai mengindari banjir
  • Melindungi pemilik dari serangan-serangan dari musuh.
  • Melindungi pemilik rumah dari serang-serangan hewan buas.

Rumah Betang ini mempunyai bentuk yang memanjang ini dapat menampung sampai 150 orang. Atau untuk tiga ini sampai mencapai 50 keluarga lebih dalam bertempat tinggal bersama satu atap. Dengan hal ini akan memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi dan saling melindungi serta membantu tolong menolong setiap saudara.

Pada umumnya, Rumah Belang ini berasal dari Suku Dayak yang dibuat hulunya menghadap timur dan hilir yang menghadap ke barat. Hal tersebut ini menyimbolkan bahwa masyarakat disana ini berasal dari Suku Dayak. Hal ini berbeda dengan hulu yang menghadap timur, karena ini mempunyai filosofi kerja keras sejak usia dini.

Dan yang terakhir pada hilir yang menghadap ke barat ini mempunyai filosofi tidak akan pulang dalam bekerja apabila sebelum matahari terbenam.

Itulah 5 Rumah adat Kalimantan Timur Lengkap Beserta Penjelasannya yang bisa menambah wawasanmu tentang kebudayan Indonesia. Entah mengapa, menurut saya lebih bangga apabila kita mengenal kebudayaan rumah Adat di Indonesia karena dengan begitu kita mengetahui sejarah pada setiap provinsi yang ada peninggalan-peninggalan leluhur wajib untuk kita jaga dan lestarikan.

Artikel yang saya sudah disajikan diatas ini sebagai bukti nyata bahwa negara Indonesia ini merupakan negara yang terkenal dengan keanekaragaman budaya. Karena pada setiap daerah mempunyai berbagai macam dan setiap rumah adat traidsional yang ada mempunyai ciri khas dan keunikan masing-masing. Oleh karena itulah, tidak heran bila turis-turis datang ke Indonesia hanya untuk melihat kekayaan budaya di setiap daerah provinsi.

Dalam rumah adat tradisional ini terancam dengan munculnya design dari para ahli arsitektur. Pasanya, mereka sudah berani menampilkan design-design yang sangat sederhana dan minimalis terkesan modern trend di masa kini. Hal inilah yang akan membuat rumah-rumah adat tradisional digantkan dengan rumah-rumah yang lebih modern dan bahannya pun terbuat dari bahan buatan manusia.

Sekian artikel dari saya, Jangan lupa share dan kasih react yang cocok untuk artikel ini. Apabila kalian ingin mengenal lebih dalam rumah-rumah yang ada di pulau Kalimantan kalian bisa membaca di artikel yang terkait dimana semua sudah saya bahas lengkap juga. Semoga bermanfaat dan tunggu artikel selanjutnya mengenai Seluruh rumah-rumah adat yang ada di Indonesia.

Komentar disini