Mengenal 4 Rumah Adat Kalimantan Barat di Indonesia

Rumah Adat Kalimantan Barat

Kalimat.ID – Negara Indonesia termasuk negeri dengan kekayaan budaya yang paling beragam di seluruh dunia. Beragamnya budaya kebudayaan di Indonesia tidak lah lepas dari suku bangsa dan rumah tempat tinggal. Rumah adat Kalimantan Barat yang di tinggali yang khas dihuni oleh suku bangsa di Indonesia yaitu Rumah Adat.

Rumah adat di setiap daerah provinsi masing-masing mempunyai keunikan dan struktur arsitek yang sangat keren. Dalam rumah adat tradisional ini tidak hanya dilihat dari visual saja, namun di setiap bangunan yang ada pada provinsi mempunyai makna tersendiri bagi masyarakat di sana. Terkadang ada pula rumah adat di Indonesia ini mempunyai cerita dari nenek moyang sehingga kehidupan atau rumah dari bangunan rumah adat mencerminkan mereka.

Nah, untuk menambah wawasan mu mengenai rumah-rumah adat di Indonesia kali ini saya akan mengulas bahasan tentang rumah adat di pulau Kalimantan. Salah satunya yaitu Rumah Adat Kalimantan Barat, Merupakan rumah adat yang masih terawat kebudayaannya dan menjadi tempat tinggal oleh suku disana. Di Kalimantan Barat ada begitu banyak rumah adat, namun saya hanya akan menyajikan 3 Nama Rumah Adat Kalimantan Barat.

Mengenal 4 Rumah Adat Kalimantan Barat di Indonesia

Sebagai masyarakat Indonesia kita diwajibkan untuk mengenal budaya-budaya yang ada di Indonesia. Semakin kita mengetahui budaya Indonesia akan membuat bangga dengan adanya kekayaan keanekaragaman rumah-rumah adat di setiap provinsi. Untuk menambah wawasan mu tentang rumah adat tradisional ini, saya akan membahas 4 Rumah Adat Kalimantan Barat yang letaknya di Pulau Kalimantan.

1. Rumah Adat Radank

Rumah adat yaitu Rumah Rank, merupakan rumah panjang yang ada di provinsi Kalimantan Barat yang diambil dari bahasa Dayak Kanayatn. Rumah adat tradisional ini bisa menampung kurang lebih 600 orang dalam ruangan utama. Pasalnya, rumah adat tradisional ini mempunyai luas yang bisa digunakan untuk acara-acara budaya lokal.

Kenuikan nya yaitu rumah adat Radank mempunyai panjang sekitar 138 meter dan tinggi 7 meter merupakan rumah ter-megah di pulau Kalimantan. Dalam rumah adat pastinya mempunyai Struktur, fungsi dan ciri yang khas pada setiap rumah adat. Nah, sekarang saya akan mengenalkan kamu tentang bagaimana Struktur, fungsi dan ciri yang dimiliki oleh rumah adat ini.

Berikut penjelasannya !

Struktur Rumah Adat Radank

Ukuran yang sangat besar menjadi identik rumah adat ini dengan panjang 180 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 8 meter. Sama halnya rumah adat Kalimantan lainnya, rumah adat tradisional Kalimantan Barat ini pun terbuat dari bahan kayu ulin yang dipercayai dengan kekuatannya dan tidak mudah lapuk. Sedangkan atapnya sendiri ini terbuat dari bahan genteng tanah.

Karena disebut rumah panggung, pastinya rumah adat ini mempunyai tiang penyangga. Jumlah tiang penyangga untuk rumah adat tradisional ini cukup banyak jenisnya tergantng dari ukuran rumah yang tingginya sekitar 3 meter. Alasannya dari dibuatnya tiang tinggi agar selamat dari serangan binatang-binatang luas.

Fungsi Rumah Adat Radank

Dalam setiap rumah adat pastinya mempunyai fungsi tersendiri pada setiap provinsi daerah masing-masing. Di ruangan rumah adat ini mempunyai 4 bagian yang utama. Setiap ruangan mempunyai peranan penting dan menjadi penunjang adanya rumah adat.

Berikut peranan penting fungsi dari bagian ruangan rumah adat Radank:

  • Bagian depan,Berfungsi sebagai teras
  • Samik, Berfungsi sebagai ruang tamu dan tempat berkumpul.
  • Kamar tidur, Berfungsi sebagai tempat istirahat pada malam hari.
  • Belakang rumah, Berfungsi sebagai dapur untuk memasak.

Belum lengkap jika kalian hanya mengetahui struktur dan fungsi dari rumah adat Kalimantan Barat ini, setelah mengetahui kedua unsur tersebut saya akan menyajikan tentang ciri-ciri yang khas dari rumah adat Radank ini. Berikut penjelasannya !

Ciri-ciri Khas Rumah Adat Kalimantan Barat

Untuk mengetahui identitas rumah-rumah adat tentunya rumah tradisional ini mempunyai ciri – ciri yang khas sehingga masyarakat di Indonesia semakin tahu ini rumah adat A dan ini rumah adat B. Setelah mengetahui struktur dan fungsi dari rumah adat Kalimantan Barat ini, saya akan menjelaskan tentang ciri-ciri khas yang dimiliki rumah adat.

Salah satu keunikan rumah adat tradisional ini yaitu rumah panjang yang mempunyai sekitar 50 ruangan. Dimana secara umum yang tempat tinggali oleh banyak keluarga d dalamnya juga termasuk keluarga ini. Rumah adat Radank ini terdiri hanya satu kamar. Rumah panjang ini terdiri dari beberapa bagian yang mempunyai peranan penting fungsi tadi sudah saya jelaskan. Ciri dari rumah adat tradisional ini yaitu pada bahan yang terbuat dari kayu ulin.

2. Rumah Adat Betang

Rumah adat yang kedua yaitu Rumah Betang, merupakan rumah adat yang dihuni mayoritasnya dari suku Dayak. Rumah adat Betang ini mempunyai panjang 150 meter dan lebar 30 meter. Keunikan rumah adat Betang bisa kita lihat dari bentuknya yang beragam tergantung dari banyaknya keluarga.

Karena rumah Betang adalah termasuk rumah panggung, pastinya rumah ini dibangun dengan bentuk panggung yang disangga oleh tiang penyangga. Ketinggian dari rumah adat tradisional Betang ini sekitar 3 meter. Maksud dari dibuatnya tinggi sekitar 3 meter karena sebagai antisipasi datangnya kebanjiran.

Nah, dalam rumah adat Betang ini juga mempunyai bagian-bagian dengan fungsi peranan sendiri-sendiri. Sama dengan rumah adat Radank tadi, namun bagian rumah adat Betang ini hanya ada dua yaitu Bagian Depan dan Bagian belakang. Berikut penjelasan dari saya tentang bagian – bagian yang mempunyai fungsi peranan penting pada setiap ruangan.

Bagian Rumah Adat Betang

  • Bagian depan, Mempunyai anak tangga yang berfungsi sebagai pintu masuk kedalam rumah.
  • Bagian belakang, Berfungsi sebagai menyimpan hasil dan juga peralatan pertanian.

3. Rumah Adat Baluk

Rumah adat Kalimantan Barat yang terakhir yaitu Rumah Baluk, Merupakan rumah adat tradisional yang mayoritasnya dihuni oleh Suku Dayak Bidayuh. fungsi dari rumah adat ini adalah sebagai acara ritual tahunan atau mereka sebut dengan nibak’ng. Rumah adat Kalimantan Barat ini berbeda dengan rumah-rumah adat dari suku Dayak lainnya.

Bentuknya bundar dengan diameter 10 meter dan ketinggian 12 meter serta mempunyai 20 tiang kayu penyangga. Kayu penyangga ini berfungsi sebagai tangga menyerupai titian. Ketinggian itu dipercayai bahwa menggambarkan kedudukan atau tempat Kamang Triyuh yang wajib untuk kita hormati.

4. Rumah Adat Melayu

Rumah adat Melayu ini tidak hanya terdapat di provinsi Riau saja, karena di provinsi Kalimantan Barat ini juga mempunyainya. Namun berbeda fungsinya dengan rumah adat melayu yang ada di Kalimantan Barat terdiri dari Balai Kerja yaitu :

  • Untuk seketariat pertemuan
  • Balai rakyat
  • Taman bermain
  • Kios penjualan.

Dimana pada setiap ruangan yang terdapat di rumah adat tradisional ini mempunyai fungsi sendiri-sendiri. Fungsi tersebut diantaranya yaitu :

  • Acara Adat
  • Pengobatan
  • Penginapan
  • Pertunjukkan acara
  • Dan masih acara-acara adat lainnya yang ada di Kalimantan Barat.

Rumah adat Melayu yang ada di Kalimantan bara ini merupakan suatu pusat dari kebudayaan budaya Melayu. Setelah diresmikan rumah adat tradisional ini, rumah adat Melayu ini dijadikan sebuah objek wisata yang dikunjungi para wisawatan luar negeri. Biasanya rumah adat ini digunakan sebagai mengambil keputusan dalam majelis adatnya.

Bangunan rumah adat Kalimantan Barat ini mempunyai atap yang mendapat pengaruh dari bentuk atap bangunan di pulau Jawa. Dalam model atap segitiga ini mempunyai manfaat dengan tinggi 30°  agar udara panas tidak terperangkap dalam ruangan ini. Selain itu juga terdapat bagian bawah rumah yang berfungsi untuk tempat parkir kendaraan pengunjung yang berkunjung.

Ata biasany tempat tersebut dipakai parkir juga untuk masyarakat setempat.

Itulah artikel saya yang membahas lengkap rumah-rumah adat di Kalimantan Barat. Namun hanya 4 Rumah Adat Kalimantan Barat yang saya sajikan, apabila kamu ingin mengetahui lebih dalam rumah adat di pulau Kalimantan bisa membaca di artikel-artikel yang terkait. Kamu bisa membaca artikel yang terkait mengenai rumah-rumah adat di pulau Kalimantan antara lain Rumah Adat Kalimantan Selatan, Rumah adat Kalimantan Tengah, dan Rumah adat Kalimantan Utara.

Dengan hal ini sudah cukup membuktikan bahwa negara Indonesia ini sangat terkenal dengan keanekaragaman budaya. Disebutkan untuk pakaian adat yang ada di Kalimantan saja begitu bermacam-macam. Apalagi di setiap rumah adat tradisional yang ada ini mempunyai ciri-ciri yang khas bagi daerah masing-masing.

Artikel ini semoga dapat menambawah wawasanmu dalam mengenal kebudayaan budaya di seluruh nusantara. Tidak hanya rumah adat yang ada di provinsi Kalimantan Barat ini, melainkan seluruh dari sabang-sampai merauke. Selain itu semoga dapat menjadikan bahan refrensi dalam pembelajaran pengetahuan pendidikanmu.

Terakhir Semoga bermanfaat untuk pembaca Kalimaters, jangan lupa share dan kasih react yang cocok untuk postingan ini. Se-sering kamu share artikel ini, maka itu artinya kamu telah menghargai serta melestarikan agar tidak sampai punah keberadaan keanekaragaman budaya Rumah Adat ini. Tunggu artikel selanjutnya dari Irfan Maulana S.