Beranda Pendidikan 3 Jenis Rumah Adat Jawa Timur Lengkap dengan Penjelasannya

3 Jenis Rumah Adat Jawa Timur Lengkap dengan Penjelasannya

Rumah Adat Jawa Timur

Kalimat.ID – Rumah Adat Jawa Timur- Kekayaan Indonesia terkenal dengan keanekaragaman budaya kebudayaan yang tidak ada di negara-negara lain. Namun kebudayaan ini seiringnya jaman, ada daerah yang terpengaruh dari budaya-budaya asing sehingga kebudayaan yang ada di Indonesia hampir punah keberadaanya.

Salah satunya Rumah Adat, merupakan dulunya menjadi tempat tinggal dengan bahan-bahan yang terbuat dari alam. Akan tetapi, nyatanya bahwa ada juga sebgian daerah provinsi yang masih terawat dan terjaga rumah adat sampai sekarang juga sebaliknya ada pula rumah-rumah adat yang sudah menjadi modern misalnya rumah atapnya sudah menggunakan genteng dan sebagainya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang rumah adat Jawa Timur. Rumah adat Jawa Timur ini terdapat 3 jenis rumah joglo antara lain Joglo sinom, joglo jompongan, dan joglo Situbondo. Dimana rumah joglo ini mempunyai nama – nama yang terbagi 3 yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Mengenal Rumah Adat Jawa Timur Joglo Secara Lengkap

Rumah adat Jawa Timur pun banyak sekali beragam, namun saya hanya membahas tentang “3 Jenis Rumah Adat Joglo” karena pada umumnya ini adalah salah satu yang sebagai rumah adat Jawa Timur. Rumah adat ini mempunyai kesamaan dengan Rumah adat Jawa Tengah.

Rumah joglo di Jawa Timur ini pada umumnya berbentuk limasan, yang bangunannya terbuat asli dari kayu jati. Bagian model atapnya mewakili nama joglo ini yang melambangkan sebuah gunung. Gunung ini mempunyai posisi kedudukan yang tinggi serta sakral di masyarakat Jawa.

Itulah penjelasan singkat tentang nilai filosofi yang ada di rumah adat Jawa Timur, Selanjutnya saya akan mengenalkan kepada Anda tentang keunikan – keunikan yang ada di rumah adat Joglo ini. Ada 8 keunikan rumah adat Joglo ini sebagai berikut !

8 Keunikan Rumah Adat Rumah Joglo

Dalam rumah adat tradisional di seluruh nusantara tentunya mempunyai keunikan tersendiri bagi daerah masing -masing. Salah satunya Rumah Adat ini mempunyai 8 keunikan yang pada bagian mempunyai ciri khas tersendiri sehingga masyarakat lebih mengenal dan mengingat salah satu rumah adat ini.

1. Pendopo

Keunikan pertama rumah adat Joglo ini yaitu pendopo, merupakan rumah adat yang mempunyai ciri khas bagian depan halaman sangatlah luas yang biasa digunakan sebagai pertemuan dalam rangka musyawarah. Selain itu juga berfungsi sebagai acara adat atau hajatan.

Ciri khas dari pendopo ini pada bangunannya yang sangat besar dengan ruangan tanpa sekat satu pun. Dan uniknya terdapat pilar penyangga pada setiap sisi sudutnya.

2. Pringitan

Keunikan yang kedua rumah adat Joglo ini Pringitan yang sebagai lorong masuk dan letaknya di antara pendopo dan rumah dalam, Berfungsi sebagai jalan masuk ke dalam rumah bagian dalam. Pringitan ini seperti serambi berbentuk tiga persegi, berfungsi sebagai tempat pertunjukkan pergelaran wayang kulit.

3. Teras

Keunikan yang ketiga yaitu pada teras, merupakan bagian depan pendopo yang berfungsi untuk bersantai dan sebagai tempat untuk menerima tamu serta kegiatan lainnya.

4. Rumah Dalam

Keunikan yang keempat yaitu rumah dalam, merupakan bagian ruangan yang khusus untuk bersantai bagi keluarga. Ruangan dalam ini dilengkapi pembatas antar ruangan berupa kayu yang bukan terbuat dari dinding.

5. Senthong Kiwa

Keunikan yang kelima yaitu Senthong Kiwa, merupakan bagian ruangan yang berada di sebelah kiri berfungsi sebagai gudang, kamar tidur, dan tempat menyimpan makanan.

6. Senthong Tengah

Keunikan yang keenam yaitu Senthong Tengah, merupakan bagian dalam ruangan yang berada di tengah berfungsi sebagai menyimpan benda-benda seperti keris, emas dan harta yang berharga lainnya.

7. Senthong Tengen

Keunikan yang kelima yaitu Senthong Tengen, merupakan bagian ruangan yang berada di sebelah kanan berfungsi sebagai gudang, kamar tidur, dan tempat menyimpan makanan.

8. Gandhok

Keunikan yang terakhir yaitu Gandhok, merupkan tempat gudang yang berfungsi sebagai gudang tempat menyimpan barang atau menyimpan bahan-bahan makanan.

Bagaimana dengan keunikan yang ada di rumah adat ini, Apakah cukup menarik? Jika iya, Anda bisa langsung bisa mengunjungi untuk lebih memperdalam pengetahuan tentang rumah – rumah adat yang berada di provinsi Jawa Timur ini.

Selanjutnya, saya akan mengenalkan Anda tentang “3 Rumah Adat Rumah Joglo”. Sebenarnya banyak rumah adat yang ada di Jawa Timur ini, namun saya hanya akan menjelaskan 3 rumah joglo karena rumah adat tradisional ini sebagai salah satu rumah adat yang berada di provinsi Jawa Timur. Berikut penjelasannya !

1. Rumah adat Joglo Sinom

Rumah adat yang pertama yaitu Rumah Joglo Sinom, merupakan rumah adat yang letaknya tepat di provinsi Jawa Timur mempunyai tiang sebanyak 36 buah dan 4 tiang yaitu saka guru. Rumah adat Joglo Sinom ini memakai dari empat sini yang masing-masing mempunyai 3 bagian dan satu bubungan. Sedangkan bentuk bangunan rumah adat joglo sino ini mengikuti perkembangan jaman.

2. Rumah Adat Joglo Jompongan

Rumah adat Jawa Timur yang kedua yaitu Joglo Jompongan, merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi Jawa Timur juga. Rumah adat Jompongan yang terletak di Jawa Timur ini juga bisa dikatakan bahwa rumah adat Joglo Jompongan ini menjadi salah satu bentuk dasar rumah Joglo.

3. Rumah Adat Joglo Situbondo

Rumah adat yang terakhir yaitu rumah adat Joglo Situbondo, merupakan salah satu rumah adat yang mempunyai bentuk hampir sama dengan Joglo jawa Tengah. Rumah adat Joglo Situbondo ini mempunyai bentuk limas yang banyak ditemukan di Ponorogo. Keunikan pada rumah adat ini terbuat dari bahan-bahan asli alam yaitu kayu jati.

Rumah adat Joglo Situbondo menyimbolkan masyarakat kejawen di Jawa berdasarkan sinkretisme. Dimana keharmonisan pada manusia dan sesama dalam hubungan manusia dengan alam sekitar dapat dilihat dari tatanan bangunan ini.

Dari muali pondasi, jumlah tiang utama, tanah yang diratakan dan lebih tinggi dibandingkan tanah sekelilingnya ini mencerminkan kepercayaan masyarakat kejawen.
Itulah diatas nama – nama rumah adat Joglo yang ada di Jawa Timur. Namun, kurang lengkap apabila saya tidak menjelaskan apa fungsi dari rumah adat Joglo ini. Pasalnya, rumah – rumah adat di Indonesia mempunyai fungsi tersendiri bagi daerah provinsi masing – masing.

3 Fungsi Rumah Adat Joglo

Fungsi secara umum rumah adat Joglo ini terdiri dari 3 peranan penting bagi masyarakat provinsi Jawa Timur. Berikut fungsi -fungsi secara umum dari rumah adat Joglo Joglo !

– Perlindungan, Berfungsi sebagai perlindungan untuk masyarakat disana.
– Tempat Tinggal, Berfungsi sebagai tempat tinggal yang sampai sekarang ada keberadaanya terawat dan terlestarikan.
– Bangunan suci antara lain masjid dan makam, Berfungsi sebagai tempat beribadah dan

menjadi tempat untuk berziarah ke makan nenek moyang yang telah meninggal dunia.
Itulah diatas sebagai tambahan ilmu pengetahuan wawasanmu mengenai “3 Jenis Rumah Adat Lengkap Dengan Penjelasannya”. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi menambah wawasan Anda dalam mengenal rumah – rumah adat yang ada di seluruh nusantara.

Dengan adanya artikel ini dapat membuat kita semaki terbuka pikirannya, karena dari rumah adat Jawa Timur terdapat rumah adat tradisional. Hal ini membuktikan bahwa negara Indonesia ini mempunyai keanekaragaman budaya yang harus kita jaga dan lestarikan. Pasalnya rumah adat tradisional ini langkah, dimana negara-negara lain tidak memiliki kebudayaan budaya sebanyak Indonesia.

Selain itu, rumah-rumah adat tradisional ini terancam akan mengalami kepunahan. Hal ini dikarena para arsitek si perancang rumah sudah berani menampilkan design rumah-rumah sederhana yang minimalis. Sehingga posisi rumah adat tradisional bisa jadi akan digantikan dengan rumah adat yang lebih modern dan trend pada jamannya.

Menurut pribadi saya bahwa sangat setuju dengan adanya perubahan pada rumah adat tradisional menjadi rumah yang modern. Sehingga tidak akan membuat rumah-rumah adat tradisional ini membosankan dan akan lebih fresh.

Namun hal ini sudah berjalan untuk beberapa rumah saja, lainnya ada yang sangat berpegang teguh pada prinsip mempertahankan tidak ingin ternodai melalui apapun itu.

Sekian dari artikel saya yang sudah menyajikan rumah-rumah adat yang ada di Jawa Timur ini. Tidak hanya pada rumah adat tradisional saja, akan tetapi kesenian-kesenian lainnya harus Anda jaga dan rawat sebagai masyarakat Indonesia.

Semoga artikel ini dapat dijadikan bahan refrensi Anda dalam menambah ilmu pengetahuan pendidikan mengenal kebudayaan budaya dari sabang sampai merauke. Karena tentunya yang dapat dipelajari dan diambil manfaatnya bahwa setiap rumah-rumah adat tradisional pada masing-masing daerah mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri. Sehingga, menjadikan negara Indonesia semaki terkenal akan tidak hanya pada kekayaan alam yang melimpah saja melainkan keanekaragaman kebudayaan budayanya.

Untuk Anda yang ingin mengenal rumah adat tradisional yang lainnya bisa melihat artikel yang terkait atau artikel-artikel sebelumnya. Pada dasarnya semua kebudayan budaya di Indonesia hampir semua sudah dibahas kushus untuk Kalimaters. Tunggu artikel menarik lainnya tentang edukasi pembelajaran hanya di Kalimat.ID.