Beranda Pendidikan 3 Rumah Adat Jawa Tengah Lengap Beserta Penjelasannnya

3 Rumah Adat Jawa Tengah Lengap Beserta Penjelasannnya

Rumah Adat Jawa Tengah

Kalimat.ID – Kekayaan negara Indonesia yang paling terkenal adalah budaya dan kebudayaan dengan keanekaragaman tidak dimiliki oleh negara-negara lain. Budaya kebudyaan yang sampai saat ini masih ada yaitu Rumah Adat Jawa Tengah, merupakan suatu tempat tinggal yang ada pada setiap daerah pronvinsi masing – masing. Termasuk rumah adat yang ada di provinsi Jawa Tengah ini.

Rumah adat merupakan rumah tradisional yang ada di Jawa Tengah sampai saat ini masih terjaga. Jika berbicara tentang Jawa Tengah ini tentunya tidak jauh-jauh sama dengan rumah adat Jawa Timur yang sudah saya bahas pada postingan sebelumnya yaitu rumah adat ini sama-sama mempunyai nama Rumah Joglo. Rumah adat Joglo ini satu-satunya yang menjadi jati diri bagi masyarakat jawa.

Nah, untuk menambah wawasanmu dalam pengetahuan kebudayaan budaya yang ada di Indonesia ini saya akan mengenalkan salah satu rumah adat Jawa Tengah. Dimana pada rumah adat tradisional ini menjadi identitas yang unik bagi masyarakat disana. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya tertarik untuk membahas rumah adat yang mempunyai nama Rumah Joglo.

Rumah Adat Jawa Tengah Lengkap Beserta Gambarnya

Rumah adat Jawa Tengah, adalah salah satu rumah tradisional yang terkenal dengan nama Rumah Joglo. Pada rumah joglo ini tentunya mempunyai bentuk bangunan dan fungsi tersendiri bagi Rumah Joglo ini seperti halnya rumah – rumah adat lainnya yang ada di indonesia. Sebelum Anda mengenal nama-nama rumah adat ini saya akan mengajak untuk mengenalkan bentuk bangunan secara umum Rumah Joglo ini.

Dalam rumah adat terdapat Sejarah dalam bentuk dan fungsi pada masing-masing setiap daerah provinsi. Sebelum saya mengenalkan kepada Anda nama – nama rumah Joglo di Jawa Tengah ini akan saya kenalkan terlebih dahulu tentang Sejarah, Bentuk, serta Fungsi dari rumah Adat Jawa Tengah secara umum. Berikut penjelasannya dibawah ini !

3 Jenis Rumah Adat Joglo Jawa Tengah

Pasalnya rumah adat Jawa Tengah, merupakan rumah yang menjadi jati diri masyarakat Jawa sehingga rumah ini mempunyai nama-nama yang menjadi ciri khas dari daerah provinsi masing-masing. Mari, untuk mengetahui nama-nama rumah adat yang akan saya jelaskan secara singkat dan detail. Rumah Joglo yang saya sajikan itu antaranya Rumah Joglo Pangrawit, Joglo Mangkurat, dan Joglo Hageng.

Berikut penjelasan masing – masing jenis rumah adat Joglo !

1. Rumah Adat Joglo Mangkurat

Rumah adat yang kedua yaitu Joglo Mangkurat, merupakan rumah adat yang mempunyai ciri khas tersendiri pada atapnya yang tersusun tiga sudut kemiringan dengan perbedaan batas antara masing-masing sudut.

Rumah adat Mangkurat ini mempunyai atap dengan susunan utama yang letaknya di paling atas ukuran lebih besar dan lebih menjualang tinggi keatas.

2. Rumah Adat Joglo Pangrawit

Rumah adat yang pertama yaitu Rumah Joglo Pangrawit, merupakan menggunakan lambang gantung yang mempunyai atap berbentuk mengrucur dan diantara atap satu dengan peregangan lainnya. Hal tersebut agar lebih kuat dalam menopak pada setiap sudut tiang.

Rumah adat Joglo ini modelnya diambil yang hampir sama dengan rumah Joglo Mangkurat. Namun yang membedakannya yaitu pada letaknya atap utama dengan ukuran lebih kecil dan lebih panjang dibandingkan dengan Joglo Mangkurat.

3. Rumah Adat Joglo Hageng

Rumah Adat yang terakhir yaitu Joglo Hageng, merupakan rumah adat tradisional yang cukup besar dan mempunyai ciri khas. Pada rumah Joglo Hageng ini mempunyai ukuran atap utama dan atap satunya lebih pendek jika dibandingkan dengan rumah Joglo Mangkurat dan rumah Joglo Pangrawit diatas.

Rumah adat ini termasuk rumah yang mempunyai bidang atap lebih luas dengan ciri atap tritisan keliling yang luas serta pada bangunan juga lebih besar dan luas. Tidak hanya itu, bahwa rumah adat Joglo Hageng ini tersusun oleh 3 tiang masing-masing atap yang mempunyai lis plank atap pada bagian ujung.

Sejarah Singkat Tentang Rumah Adat Joglo

Arsitektur pada bangunan Joglo ini adalah khas dari arsitektur di pulau Jawa. Namun rumah adat ini banyak dipengaruhi oleh budaya agama hindu yang dulunya mempunyai banyak pengikut di provinsi Jawa Tengah ini. Ajaran-ajaran yang dianut masyarakat ini sangat berpengaruh pada kondisi sosial masyarakat.

Pengaruh bisa Anda lihat pada budaya yang menjadi tradisi di masyarakat disana. Jika diamati rumah Joglo ini mempunyai bentuk mirip pura di India yang dimana sebuah warisan dari penganut Hindu pada jaman dulu.

Bentuk Secara Umum Bangunan Rumah Joglo

Rumah adat ini mempunyai design arsitektur yang sangat unik, yaitu terletak pada rangka atap yang terdapat bubungan cukup tinggi. Design atap pada rumah Joglo ini dihasilkan dari pola tiang penyangga rumah tradisional tersebut.

Bagian tengah rumah adat Joglo mempunyai 4 tiang dengan ukuran lebih tinggi dibandingkan untuk penyangga rumah Joglo ini. Dimana 4 tiang ini berfungsi sebagai tempat pertemuan rangka atap yang bertumpu beban pada atap yang bisa masyarakat disana menyebutnya Soko Guru.

Namun, rumah adat ini sudah menjadi rumah modern yang dimana tidak memakai bahan – bahan dari alam seperti ijuk melainkan bahan genteng untuk bagian atapnya. Dulu masih menggunakan bahan dari ijuk menjadikan rumah adat Jawa Tengah ini terasa sejuk dan dingin.

Nah, itulah sudah saya bahas lengkap mengenai Sejarah dan Bentuk rumah bangunan Rumah Adat. Selanjutnya saya akan mengajak Anda untuk mengenal dan mengetahui lebih dalam yaitu fungsi peranan penting pada setiap bagian ruangan yang ada di rumah adat tradisional ini. Berikut saya jelaskan bagian serta fungsinya!

Fungsi Secara Umum Rumah Joglo

Dalam setiap rumah adat di seluruh wilayah nusantara ini tentunya mempunyai fungsi tersendiri pada setiap bagian ruangan. Rumah adat Joglo ini mempunyai 8 ruangan dengan peranan fungsi masing – masing yang akan saya jelaskan dibawah ini sebagai berikut!

– Pendapa, Berfungsi sebagai pertemuan, pergelaran wayang kulit dan upacara adat.
– Pringitan mempunyai fungsi sebagai tempat pergelaran wayang kulit.
– Teras, Berfungsi sebagai tempat bersantai, untuk menerima tamu dan kegiatan publik.
– Rumah Dalam berfungsi sebagai tempat tinggal masyarakat Jawa Tengah.
– Snthong kiwa, Berfungsi sebagai gudang, menyimpan cadangan makanan, dan kamar tidur.
– Senthong Tengah mempunyai fungsi sebagai menyimpan benda-benda berharga.
– Senthong Tengen, Berfungsi sebagai sebagai pembagi ruangan.
– Ghandok, Berfungsi sebagai bagunana tambahan yang letaknya di sisi belakang dan sampingan bangunan inti.

Desain Lain Rumah Adat Jawa Tengah

Selain rumah Joglo bahwa rumah adat ini mempunyai rumah adat ini terdapat rumah-rumah lainnya dengan design yang tidak ada di rumah adat Joglo. Dalam rumah tersebut terdapat design yang masing-masing tidak dimiliki oleh rumah adat Joglo. Berikut penjelasan 4 design rumah adat di Jawa Tengah !

– Rumah Panggang Pe, Dalam design Rumah Panggang Pe ini mempunyai sekitar 7 jenis design yaitu antara lain Gedhang, Cere Gancet, Pokok, Trajumas dan sebagainya.
– Rumah Kampung, Dalam Design rumah Kampung ini mempunyai sekitar 16 design yaitu antara lain Gedhang Selirang, Pokok, Jompongan, Semar, Trajumas, Sinom, Gotong Mayit, Cere Gancet, Apitan, Gajah, dan sebagainya.
– Rumah Limasan, Mempunyai design mirip denganrumah adat Sumatera Selatan dan rumah adat Jawa Barat. Dimana hampir sama dengan design Limasan Jawa Tengah ini.
– Rumah Tajug, design atap tersusun 4 sisi saling bersatu tanpa terkait dengan bubungan ini biasanya untuk bangunan masjid.

Nah, itulah ulasan pemabahasan artikel dari postingan ini yang mengenai rumah adat Jawa Tengan yang saya bahas lengkap dan tuntas tentang 3 Jenis Rumah Adat Jawat Tengah Lengkap Beserta Penjelasannya. Dimana yang sudah tertera bahwa dalam rumah adat ini mempunyai sejarah yang tidak luput dari perkembangan jaman, Bentuk rumah adatnya, fungsi peranan penting bagian ruangan, serta mempunyai nama-nama tersendiri bagi masyarakat Jawa.

Sekian dari artikel saya semoga bisa menjadi ilmu tambah dalam wawasamu mengenal rumah-rumah adat tradisional yang ada di indonesia ini. Selain itu, Anda juga bisa mengenal rumah adat tidak hanya di Jawa Tengah dengan membaca artikel yang terkait atau bisa membaca artikel dari Irfan Maulana S!