Mengenal Rumah Adat Banten Suku Baduy

Rumah Adat Banten

Kalimat.ID – Dalam negara Indonesia dikenal dengan kekayaan budaya yang begitu beragam. Salah satu kekayaan Indonesia dari budaya yaitu tentang rumah adat Banten dari 34 provinsi mempunyai rumah adat yang begitu banyak sekali diwariskan dari peninggalan-peninggalan jaman dulu. Mungkin ada sebagian rumah yang sulit untuk kita temukan, akan tetapi ada juga di setiap daerah yang masih merawat dan melestarikan rumah adat tersebut.

Rumah adat di Indonesia hampir semua merupakan rumah panggung yang atapnya memakai bahan dari daun dan lantainya terbuat dari bambu yang terbelah. Untuk dinding ini sendiri terbuat dari bilik atau masyarakat jawa menyebutnya (gedek). Sebagai penyangga rumah adat Banten ini adalah batu yang dibuat dengan berbentuk balok yang ujungnya semakin mengecil berbentuk batu yang berfungsi seperti alas menumbuk beras.

Termasuk rumah adat Banten ini, juga sama dengan rumah adat Indonesia dengan mempunyai keunikan dan ciri khas tersendiri. Dalam rumah adat banten ini mayoritasnya dari Suku Baduy yang dimana masyarakat lain tidak diperbolehkan masuk ke rumah adat ini dengan sembarangan. Salah satu suku yang ada di Indonesia ini masih memegang teguh nilai-nilai tradisi para leluhur sampai sekarang.

Mengenal Rumah Adat Banten Baduy Lengkap dengan Penjelasannya

Kekayaan budaya Indonesia tidak lepas dari yang namanya peninggalan-peninggalan oleh para leluhur. Dalam kebudayaan budaya di Indonesia mempunyai aspek yaitu rumah adat yang termasuk Rumah Adat ini. Rumah adat yang ada di provinsi Banten ini asli dari suku Baduy.

Karena Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman budaya, jelas banyak sekali rumah-rumah adat yang ada di Indonesia ini. Sesuai namanya, bahwa rumah Baduy ini mempunyai ciri khas yang dimiliki pada suku Baduy.

Rumah adat Baduy ini terletak di dalam pegunungan dan rumah adat ini terbuat dari bahan-bahan kayu serta bambu. Pembangunan rumah adat baduy ini ialah dengan cara bergotong royong yang terbuat dari bahan-bahan alam sebagai salah satu bahan baku.

Atap rumah adat Baduy terbuat dari bahan alam yaitu daun yang disebut Sulah Nyanda. Rumah Adat panggung yang memanjang dengan kemiringan lebih rendah dibandingkan dengan bagian bawah kerangka atap. Sesuai namanya Sulah Nyanda ini mempunyai arti sikap bersandar dan sandarannya agak rebah kebelakang dan tidak lurus.

Rumah adat Baduy dibuat dengan tinggi yang merupakan rumah panggung yang mengikut kostur tanah dikarenakan daerah disana tanahnya tidak merata. Pada tanah dengan permukaannya tidak merata ini disangga sama tumpukan batu kali, dimana batu Kali ini berfungsi sebagai tiang penyangga bangunan supaya tanah tidak terjadinya longsor. Menarik bukan rumah adat Banten satu ini? Yuk, pelajari lebih lengkap untuk menambah wawasanmu.

Struktur Rumah Adat Baduy

Di setiap rumah adat Indonesia pastinya mempunyai struktur bangunan dan mempunyai peranan penting dalam bangunnya rumah adat tersebut. Bahan-bahan yang digunakan rumah adat Banten Baduy ini terbuat dari bambu, kayu, batu, ijuk dan bahan-bahan lainnya yang terbuat dari alam. Berikut Struktur secara umur rumah adat Baduy:

Struktur Pondasi

  • Struktur dari bangunan rumah adat Banteng ini terbuat dari Batu Kali, yang merupakan alas pondasi serta sebagai penyangga tiang kayu supaya kayu tersebut tidak mudah lapuk. Batu yang digunakan dalam bangunan rumah adat Baduy ini dengan ukuran yang cukup besar dan lebar.

Struktur Tiang

  • Sama dengan rumah adat pada umumnya bahwa tiang ini terbuat dari kayu, Berfungsi sebagai tiang utama rumah adat Banten ini. Tiang ini juga mempunyai fungsi sebagai penyangga rumah lainnya mulai dari atap, dinding, dan rangka lantai.
  • Akan tetapi kayu untuk tiang rumah adat Baduy ini adalah salah satu kayu yang terkuat dan tahan lama. Kayu tersebut yaitu jati, mahon, dan kayu lainnya yang mempunyai kekuatan sama dengan ketahanan yang cukup kuat.

Stuktur Dinding

  • Rumah adat Banteng ini yang digunakan untuk Dinding terbuat dari anyaman bambu. Dengan memakai anyaman bambu ini maka suhu udara di dalam rumah adat Baduy ini menjadi stabil dikarenakan keluar masuk melalui celah-celah anyaman bambu.
  • Lantainya sendiri ini terbuat dari bahan bambu atau bisa juga kayu. Kalau lantai terbuat dair kayu itu berarti harus disusun baris sejajar secara melebar. Sedangkan kalau lantai terbuat dari bambu itu berarti harus di pasang sejajar melebar rata sampai rapi.

Sturktur Atap

  • Rumah adat Banten ini mempunyai atap yang terbuat dari bilah bambu, Berfungsi sebagai atapnya dan anyaman alang-alang.

Ciri-ciri Rumah Adat Banten Baduy

Agar lebih mudah dikenal oleh masyarakat sekitar atau dari sabang sampai merauke, setiap rumah adat pastinya mempunyai ciri-ciri yang khas sehingga seluruh warga Indonesia semakin mudah mengingat dan dapat untuk melestarikannya. Bagian-bagian rumah adat Banten Baduy ini lah yang menjadikan ciri-ciri keberadaan rumah adat tersebut yang menjadi khas di provinsi Jawa Barat. Berikut bagian-bagian yang menjadi ciri khas dari rumah adat Banten Baduy.

Bagian ruangan rumah adat Banten ini terdiri dari 3 ruangan yaitu :

  • Sosoro – Bagian depan, Berfungsi sebagai menerima tamu, bersantai dan juga untuk kegiatan wanita Baduy pada saat pagi hari menenun.
  • Tepas – Bagian Tengah, Berfungsi sebagai melaksanakan kenduri, pertemuan keluarga, bersantai bahkan tidur pada malam hari.
  • Ipah – Bagian Belakang, berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan

Keunikan dari rumah adat Banteng suku Baduy ini tidak memakai yang namanya jendela. Menurut masyarakat disana, bahwa jendela berfungsi hanya untuk melihat keluar saja. Untuk itulah alasan mereka tidak memasang jendela. Kalaupun ingin melihat ke arah luar, mereka bisa melubangi rumah adat tersebut.

Selain itu jendela berfungsi sebagai ventilasi udara agar di dalam rumah tetap segar. Apabila masyarakat disana ingin menikmati udara segar bisa mendapatkan dari lantai kayu.

Suku Baduy mewakili tentang rumah adat Banten provinsi Jawa Barat ini. Kesederhanaan serta kearifan lokal yang diperlihatkan oleh masyarakat sana menjadi sebuah pegangan bagi masyarakat Banten yang kita kenal dengan religius. Rumah adat ini tidak hanya menjadi sebuah simbol, melainkan media pengajaran bagi generasi muda di Banten Khususnya di negara Indonesia kita ini.

Itulah tadi penjelasannya yang saya bahas lengkap mengenai “Mengenal Rumah Adat Banten Baduy Lengkap dengan Penjelasannya”. Sebagai masyarakat Indonesia yang baik kita harus merawat dan melestarikan kebudayaan-kebudayaan yang ada jangan sampai punah. Setidaknya kita mengenal saja tentang struktur atau ciri khas pada setiap rumah adat di setiap daerah provinsi masing-masing.

Setelah mengenal kebudayaan budaya yang ada di Indonesia khususnya rumah adat Banten ini, kita harus merawat dan menjaga kebudayaan budaya ini. Karena kebanyakan rumah-rumah adat tradisional ini sudah ada yang punah, adat yang terpengaruhi oleh budaya-budaya asing dan ada pula dengan berkembangnya jaman modern saat ini. Jika bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga keanekaragaman budaya di Indonesia ini?

Karena berkembangnya jaman modern saat ini tentunya menjadi kesempatan para arsitektur yang merancang design-design yang menarik dan trend. Tentunya design dari para ahli arsitektur ini sangat sederhana dan minimalis, sehingga rumah-rumah adat tradisional ini terancam akan punah yang digantikan dengan rumah-rumah modern. Hal ini sungguh membuat rumah-rumah adat tradisional akan digeser posisinya dan tidak terpakai lagi, apalagi bahan-bahan di jaman sekarang sudah berkuaitas daripada bahan tradisional.

Berdasarkan pandangan saya, saya setuju dengan adanya design-design yang baru untuk rumah adat tradisional di seluruh wilayah nusantara ini. Sehingga, rumah adat tradisional ini tidak kalah menarik dan tidak ketinggalan jamannya.

Asalkan dalam rumah adat ini tidak merubah nilai-nilai kebudayaan yang sudah ada, karena pada setiap rumah adat ini mempunyai nilai-nilai yang khas bagi daerah masing-masing provinsi.

Seharusnya kita bangga akan negara Indonesia yang terkenal dengan keanekaragaman budaya, dimana negara-negara lain tidak mempunyai kebudayaan budaya se-banyak Indonesia.

Oleh karena itu, jangan heran apabila masyarakat dari negara-negara lain misalnya turis ini berkunjung di Indonesia hanya mengenal kebudayaan budaya di setiap daerah masing-masing. Berdasarkan opini dari mereka bahwa dibalik Indonesia mempunyai kekayaan alam, Indonesia juga mempunyai rumah-rumah adat tradisional yang sangat khas di setiap daerah.

Sekian dari artikel saya yang sudah membahas lengkap mengenai kebudayaan budaya di Indonesia, salah satunya Rumah adat Banten ini. Dengan adanya artikel semoga bagi pengunjung setia Kalimaters bisa dijadikan refrensi dan pembelajaran dalam mengenal budaya di Indonesia. Selain itu, semoga artikel yang saya sajikan ini dapat menambah wawasan masyarakat luas dalam mengenal lebih mendalam tentang rumah-rumah adat tradisional dari sabang sampai merauke.

Apabila Anda ingin melihat artikel mengenai kebudayaan budaya di Indonesia lainnya, bisa membaca postingan Kalimat.ID pada sebelumnya. Atau Baca artikel yang terkait atau bisa membaca refrensi edukasi lainnya.

Komentar disini