3 Resep Kue Sus Lembut dan Nikmat

Resep Kue Sus
Resep Kue Sus

Kalimat.ID – Sekarang ini beraneka kue sudah hadir dalam berbagai macam variasi resep. Seperti halnya resep kue sus ini yang ternyata bisa di kombinasikan dengan bahan yang lainnya.

Saat ini kue sus bukan hanya hadir dalam bentuk kering saja namun juga hadir dengan beragam varian rasa. Baik kue sus yang kering maupun basah semuanya hadir dengan cita rasa yang special. Kue ini dikenal dengan bagian luar yang garing sedangkan bagian dalamnya begitu lembut sekali.

Bagi anda yang suka sekali berkreasi bahkan gemar membuat kue, alangkah baiknya mencoba beberapa resep dari kue sus ini. Bahan yang di butuhkan mudah sekali untuk didapatkan.

Apalagi untuk langkah cara pembuatannya juga tak kalah mudah dengan pembuatan jenis kue yang lainnya. Kue sus baik yang kering maupun basah kini sudah hadir dalam berbagai ukuran mulai dari yang mini hingga sedang.

Variasi resep kue sus terkini yang banyak di minati

Jadi anda yang memang berkeinginan membuat kue sus di rumah bisa mencoba beberapa resep yang ada di internet. Dari sini anda bisa memperoleh banyak informasi tentang resep kue susu yang saat ini hadir dalam beberapa variannya. Supaya rasa penasaran anda bisa terjawab, inilah rekomendasi resep kue sus yang bisa anda coba di rumah, yakni:

Kue Sus Kering

resep kue sus kering
image by: cookpad.com

Kue sus sekarang ini memang hadir dalam kue sus basah dan kue sus kering. Kali ini kita akan membahas mengenai resep kue sus kering. Dari teksturnya memang terlihat gurih namun untuk dalamnya begitu lembut sekali. Apabila anda merasa tertarik ingin membuatnya sendiri di rumah, sebaiknya ikuti saja langkahnya di bawah ini.

Bahan yang di perlukan:
– Mentega 100 gram
– Keju parut 120 gram
– Tepung 125 gram
– Baking powder 1 sdt
– Telur 3 butir
– Air 250 ml

Ketika semua bahan yang anda butuhkan untuk membuat kue sus ini tersedia. Kini sudah saatnya memulai pembuatan kue sus kering. Langkah caranya memang mudah sekali bahkan semua orang pasti mampu membuatnya berkat resep yang tersedia.

Langkah mudah pembuatan kue sus kering:
1. Persiapkan panci kemudian tuang air dan masukkan juga mentega. Tunggu saja hingga menteganya mencair dan airnya juga mendidih. Jika di rasa sudah mendidih sebaiknya segera matikan apinya.
2. Selanjutnya tepung terigu di masukkan kemudian nyalakan apinya dengan volume yang kecil. Aduklah tepung terigu dengan mentega dan air sampai adonannya kalis.
3. Jika sudah angkat kemudian pindahkan saja dalam sebuah mangkuk. Ada baiknya adonan di biarkan terlebih dahulu dalam keadaan hangat.
4. Ketika adonannya ini telah hangat, kemudian campurkan keju parut, baking powder, telur. Semua adonan pun siap di mixer hingga merata.
5. Adonan siap di cetak dengan spluit kemudian letakkan di atas loyang. Selanjutnya panggang saja pada oven yang telah di panaskan. Panggang saja hingga matang. Supaya mampu menghasilkan kue sus kering nan renyah sebaiknya anda memanggangnya kurang lebih 20 menit.
6. Ketika kue sus telah matang, ada baiknya diamkan terlebih dahulu supaya agak mengeras kemudian sajikan dalam toples.

Ternyata mudah sekali langkah cara pembuatan kue sus kering ini. Dari segi bahannya juga mudah di dapatkan. Jadi siapapun anda yang memang berkeinginan mencoba resep kue sus kering ini, segeralah menyiapkan berbagai macam bahannya.

Kue Sus Basah Dengan Isian Vla

kue sus basah isi vla

Saat ini kue sus ternyata sudah hadir dalam dua varian bentuk yakni kue sus kering bahkan ada pula kue sus basah. Kali ini resep kue sus hadir dengan isian vla yang terbilang lembut sekali. Kue yang satu ini bisa di nikmati oleh segala usia. Lantas bagaimanakah cara pembuatan kue ini? Ikuti saja berbagai langkah berikut.

Bahan yang di perlukan:
– Mentega 125 gram
– Tepung terigu 125 gram
– Susu putih ataupun coklat cair 300 ml
– Gula pasir 75 gram
– Telur 4 butir
– Tepung maizena 4 sdm
– Tepung terigu sdm
– Mentega 1 sdm
– Telur 2 butir ambil kuningnya saja
– Garam ¼ sdt
– Garam halus ½ sdt untuk kuenya
– Vanili bubuk 4 sdt
– Air 250 ml
– Baking powder ¼ sdt

Ketika semua bahan yang anda butuhkan untuk membuat kue sus isian vla ini sudah dipersiapkan. Kini anda pun sudah bisa memulai uji coba pembuatan kue tersebut. Cara pembuatannya begitu mudah sekali tidak kalah dengan resep kue yang lainnya.

Cara mudah membuat kue sus basah isian vla
1. Buatlah isinya berupa vla vanilla atau bahkan coklat sesuai keinginan. Caranya begitu mudah sekali hanya dengan melarutkan tepung terigu, gula, tepung maizena, garam sekaligus susu cair. Kemudian aduk semuanya sampai tercampur secara merata.
2. Semua campuran itu tadi dimasak sampai benar mendidih hingga mengental dan juga matang. Ketika sudah matang barulah angkat dan juga sisihkan.
3. Ketika masih panas, jangan lupa menambahkan mentega, vanili sekaligus kuning telur. Kemudian adulah adonan vla hingga merata baru bisa di dinginkan.
4. Ketika vla sudah siap dipergunakan, anda kini sudah bisa membuat kue susnya. Langkahnya dengan menuangkan air dalam panci, mentega di tambahkan ke dalamnya. Kemudian rebus hingga mendidih.
5. Tepung terigu di masukkan perlahan saja sembari di aduk sampai adonannya tercampur rata, kalis dan kental. Angkat lalu diamkan.
6. Ketika adonan sudah hangat, tambahkan telur sekaligus baking powder selanjutnya aduk hingga merata.
7. Adonan sus pun di tuangkan dalam plastic segitiga dimana bagian ujungnya telah diisi spluit bintang. Kemudian berilah lubang yang kecil pada bagian ujung plastic. Semprotkan saja adonan di bagian atas loyang yang tadinya telah di olesi mentega atau margarine.
8. Adonan pun siap di panggang dalam oven dengan suhu 200 derajat celcius hingga kuenya bisa mengembang dan matang. Jika sudah angkat kemudian sisihkan.
9. Bagian tengah kue sus kini bisa anda belah, baru berikan isian vla vanilla ataupun coklat sesuai selera. Jika sudah rapatkan kembali kuenya supaya terkesan lebih cantik. Kini kue sus basah isian vla siap untuk di sajikan.

Kini anda sudah bisa menikmati kelezatan kue sus dengan isi vla ini. Kapan lagi bisa mencicipi hasil karya kita sendiri. Jika memang anda belum mengetahui resepnya tentu saja bisa mencari informasinya pada buku resep atau bahkan internet yang di rasa lebih cepat.

Kue Sus Kering Dengan Isian Coklat

kue sus coklat
image by: cookpad.com

Berbicara mengenai resep memang tiada habisnya. Buktinya banyak sekali inovasi baru yang dihadirkan oleh beberapa resep kue. Seperti halnya resep kue sus ini. Kali ini kue sus hadir dengan resep kue sus kering isi coklat. Tentunya resep ini memberikan pilihan baru bagi anda yang suka menikmati kue sus.

Apalagi bagi anda para pecinta coklat tentu saja berkeinginan mengkonsumsi kue tersebut. Langkah cara pembuatan kue ini juga tergolong mudah sekali. Yang pasti tidak jauh berbeda dengan resep kue sus kering lainnya. Supaya anda tidak merasa penasaran lagi dengan langkah caranya, perhatikan caranya berikut ini.

Bahan yang di butuhkan:
– Tepung terigu 125 gram
– Margarine atau mentega 100 gram
– Dark coklat bubuk 150 gram
– Keju parut 20 gram
– Baking powder 1 sdt
– Telur 3 butir
– Air 250 ml
– Susu cair 20 ml

Semua bahan yang anda butuhkan untuk membuat kue sus kering isian coklat ini memang harus ada semuanya. Jika semua bahan sudah di dapatkan barulah anda bisa memulai pembuatan kue tersebut.

Cara Praktis Membuat Kue Sus Kering Isian Coklat:
1. Tuangkan saja airnya dalam panci barulah masukkan margarine ataupun mentega ke dalamnya. Jika sudah mentega atau margarine itu tadi di rebus sampai mencair sedangkan airnya juga harus mendidih. Bila sudah barulah api di matikan.
2. Nyalakan api dengan volume yang kecil, masukkan tepung terigu. Kemudian tepung di aduk secara perlahan hingga adonannya kalis. Jika sudah api pun bisa dimatikan selanjutnya angkat saja adonannya. Adonan pun di diamkan hingga hangat.
3. Jika dirasa sudah hangat, baking powder pun bisa di masukkan. Jangan lupa mencapurnya hingga rata dengan menggunakan mixer. Apabila sudah tercampur ada baiknya mixer dimatikan. Kemudian telur di masukkan dalam adonan. Mixer di nyalakan kembali kemudian campurkan telur dengan adonannya hingga merata.
4. Adonan pun siap di masukkan dalam plastic segitiga dengan bagian ujungnya di beri spluit bintang. Semprotkan saja adonan secara perlahan dalam loyang. Kemudian pangganglah dalam oven hingga matang.
5. Bukan hanya dengan memanggangnya saja. Kini anda pun juga bisa membuat kue sus kering ini dengan membuat adonannya berbentuk bulatan sesuai dengan keinginan. Barulah di goring.
6. Sedangkan untuk isiannya bisa dengan melelehkan coklat dalam susu cair. Selanjutnya di masukkan dalam palstik bentuk segitiga.
7. Jika kue sus telah matang dan mengeras, barulah semprotkan coklat dari plastic segitiga tadi dalam sus. Biarkan saja hingga mongering. Kini kue sus berisikan coklat sudah siap untuk di nikmati.

Itulah tadi beberapa resep kue sus yang bisa anda coba baik yang kering maupun basah. Berbagai macam varian isiannya juga telah tersedia. Sehingga anda yang berkeinginan membuat kue tersebut bisa mencoba salah satu resep yang di rasa sesuai dengan selera.

Kapan lagi bisa menikmati kelezatan dari kue sus jika tidak membuatnya sendiri di rumah. Bagi anda yang suka berkreasi membuat kue tentunya perlu mencoba salah satu resep kue sus yang telah tersedia. Semua resep yang hadir ini mudah sekali cara pembuatannya. Terlebih untuk bahannya juga mudah di dapatkan.

Tips Membuat Kue Sus Agar Mengembang

Dari banyaknya jenis kue tentunya setiap orang mempunyai selera. Ada kalanya mereka menjatuhkan pilihan pada kue sus kering maupun basah. Kue sus ini menjadi salah satu jenis kue dengan tekstur yang terbilang ringan bahkan juga mudah mengembang. Dari jenisnya kue ini hadir dalam dua pilihan yakni kue sus kering yang terlihat garing dan juga kue sus basah dengan isian vla vanilla.

Di samping kedua jenis kue sus ini sebetulnya masih banyak sekali variasi dari kue sus yang telah hadir di tengah kita. Dari segi tampilannya, kue sus ini terlihat sederhana sekali. Namun ternyata untuk membuat kue ini bisa mengembang dengan sempurna bukan perkara yang mudah.

Dari sini anda harus memperhatikan berapa temperature ovennya sekaligus teknik yang digunakan ketika memasak. Lebih penting lagi saat anda membuat adonannya harus kalis supaya nantinya kue sus tidak bantat.

Jika selama ini anda seringkali mengalami kegagalan ketika membuat kue sus dimana kuenya bantat. Anda tentunya perlu mengintips berbagai macam tipsnya supaya kue sus yang anda buat ini mampu mengembang dengan sempurna. Supaya anda tidak merasa penasaran lagi dengan tipsnya, perhatikan berbagai cara berikut ini:

1. Mentega Dimasak Sampai Meleleh

Ada baiknya anda bisa memasak mentega bersama dengan air sampai benar meleleh. Jika sudah barulah tepung dimasukkan dalam cairan sebelum mendidih. Jangan sampai anda sembarangan dalam perebusan mentega. Ternyata hal ini juga bisa berpengaruh pada mengembang atau tidaknya kue sus yang sedang anda buat.

2. Adonan Perlu di Uleni di Atas Api

Supaya pembuatan kue sus bisa berhasil sebaiknya adonan tepung terigu yang di campur dengan mentega di uleni di atas api. Lakukan saja kegiatan ini selama kurang lebih 4 menit. Kini adonan pun perlu di aduk secara terus-menerus sampai kalis. Proses menguleni adonan sembari di masak ini bisa memberikan peningkatan pada kadar glutennya.

3. Sebelum Telur di Tambahkan, Adonan Perlu di Dinginkan

Jangan sampai anda tambahkan telur secara langsung pada adonan tepung yang masih panas. Tentunya hal ini akan menjadikan telurnya matang bahkan terasa sulit untuk bercampur. Ada baiknya adonan di pindahkan terlebih dahulu dalam mangkuk. Diamkan selama beberapa menit sampai dingin. Barulah telur dimasukkan dan di campur sampai merata. Sebaiknya dalam memasukkan telur juga satu persatu saja sembari di aduk hingga merata.

4. Sedikit Membasahinya Dengan Parchment Paper

Kue sus biasanya mampu mengembang sempurna jika anda menambahkan air ketika memanggang kue sus tersebut. Cara yang perlu anda lakukan cukup mudah sekali hanya dengan membasahi kertas pelapisnya. Ada baiknya anda meletakkan parchment paper di bagian bawah air yang mengalir. Selanjutnya kibaskan terlebih dahulu sebelum dipergunakan.

5. Diamkan Sebentar Dalam Oven

Ketika sudah matang janganlah langsung mengeluarkan kue dari dalam oven. Alangkah baiknya anda membuka pintu ovennya ini baru kemudian adonan dari kue sus di biarkan terlebih dahulu dalam oven. Bahkan kelembaban pun juga bisa anda kurangi dengan menusuk kue sus bagian bawahnya dengan pisau maupun tusuk gigi.

Itulah tadi beberapa tips penting yang perlu anda perhatikan jika memang berkeinginan membuat kue sus dengan beragam variannya. Kebanyakan orang memang sering mengeluhkan kegagalan dengan hasil kue yang bantat. Dari sini anda perlu memperhatikan setiap detailnya supaya sukses dalam mempraktekkan resep kue sus ini.

Semoga saja hadirnya beberapa resep kue sus baik yang kering maupun basah ini menambah koleksi kue anda. Apalagi bagi anda para pecinta kue tentunya merasa penasaran ingin mencoba resep kue sus yang paling mudah dan praktis ini.

Kapan lagi bisa menikmati hasil karya sendiri jika tidak segera memulainya. Selain bisa mencicipi hasil karya sendiri tentunya anda pun sudah tidak penasaran lagi dengan cita rasa dari kue sus ini.

Komentar disini