5 Resep Kue Semprit Lembut dan Renyah

Resep Kue Semprit
Resep Kue Semprit

Kalimat.ID – Berbicara mengenai resep kue memang banyak sekali variasinya. Kali ini pembahasan kita mengenai resep kue semprit. Akankah anda menyukai kue yang satu ini? Kue ini tak kalah renyah jika kita bandingkan dengan kue yang lainnya.

Paling cocok kue semprit ini anda sajikan ketika hari lebaran tiba. Dari segi tampilan terlihat menarik sekali sehingga mampu membuat siapapun merasa tertarik untuk mencicipinya. Baik dari anak-anak sampai dengan orang tua menyukai kue semprit ini.

Dari bentuknya saja kue semprit ini mempunyai ciri yang begitu khas dari warnanya dengan corak nan indah. Wajar saja banyak anak mengincar kue semprit ini. Uniknya bentuk dari kue semprit ini tak lepas dari beragam cetakannya.

Bentuk dari kue semprit ini layaknya spuit mirip dnegan peluit. Kue tersebut masuk dalam golongan kue kering. Dengan cita rasa yang lezat bahkan tekstur renyah paling cocok jika disajikan ke dalam toples.

Kue yang satu ini sudah populer di masyarakat bahkan seringkali di jadikan sebagai makanan kecil waktu lebaran tiba. Teksturnya memang garing bahkan mudah sekali lembut. Tak heran lagi ika kue yang satu ini menjadi kue favorite bagi mereka semua.

Kebanyakan dari kue semprit ini di bentuk layaknya bunga dengan adanya pemanis pada bagian tengahnya. Salah satu ciri khas dari kue semprit ini ternyata bisa kita lihat dari bagian tengahnya. Dimana tengahnya di beri selai nan manis untuk hiasannya.

Wajar saja ika kue yang satu ini seringkali di sebut dengan kue bunga. Apalagi dalam pengolahannya sering menggunakan sebuah alat yang dinamakan spuit. Dulunya kue ini hanya hadir dengan rasa vanilla saja. Seiring dengan perkembangan zaman, kini resep dari kue semprit pun telah hadir dalam berbagai pilihan bentuk dan juga rasa. Semuanya menarik sekali untuk di nikmati.

Dari semua variasi resep kue semprit ini semoga saja bisa mengobati rasa penasaran anda pada kue tersebut. Kini bahan dasar yang anda butuhkan untuk membuat kue tersebut juga mudah anda dapatkan. Hari lebaran memang hari yang penuh makna bahkan menjadi moment berkumpulnya semua anggota keluarga. Dari sini anda pun harus mampu menyajikan kue nan lezat dan renyah untuk tamunya.

Di sini anda bisa mencoba salah satu resep kue semprit yang di nilai mudah dalam pembuatannya. Jika memang anda belum mengerti akan resepnya, tidak ada salahnya anda perhatikan penjelasan berikut ini:

Kue Semprit Sederhana

kue semprit sederhana

Apabila anda memang merasa penasaran sekali dengan resep kue semprit. Kali ini hadir resep yang paling praktis untuk di praktekkan. Terlebih untuk permasalahan bahan yang anda butuhkan untuk membuat kue tersebut juga mudah untuk di dapat.

Kapan lagi bisa mencicipi kelezatan kue semprit jika tidak membuatnya sendiri di rumah. Supaya lebih jelas lagi dengan cara pembuatannya, alangkah baiknya anda perhatikan resep berikut ini.

Bahan yang di perlukan:
– Tepung terigu 350 gram
– Sukade 50 gram sebagai hiasan
– Tepung maizena 100 gram
– Mentega 00 gram
– Kuning telur dari 4 butir telur
– Putih telur dari 2 butir telur
– Gula bubuk 200 gram
– Margarine sebagai olesan
– Vanili bubuk 1 sdt
– Garam ½ sdt

Ketika semua bahan yang anda butuhkan ini telah tersedia, barulah anda bisa mencoba resep kue semprit sederhana ini. Dari namanya yang sederhana pastinya langkah cara pembuatannya jauh lebih praktis. Tak butuh waktu lama untuk bisa menghidangkan kue semprit yang menjadi keinginan kita.

Cara praktis membuat kue semprit:
1. Mentega di kocok dengan gula bubuk ½ bagian saja sampai bisa mengembang. Kuning telur di masukkan satu persatu kemudian kocok saja sampai semuanya bercampur rata.
2. Masukkan juga tepung terigu, vanili bubuk, garam, maupun tepung maizena. Selanjutnya aduklah secara perlahan menggunakan sendok kayu sampai merata. Kemudian putih telur di kocok dengan gula bubuk yang masih tersisa hingga mengembang. Masukkan dalam adonan tepungnya sedikit demi sedikit sampai semua tercampur merata.
3. Adonan pun siap di masukkan dalam plastic segitiga yang tadinya sudah di beri mata spuit dengan bentuk bintang. Semprotkan saja adonannya ini di atas sebuah loyang yang tadinya sudah di olesi dengan margarine. Jangan lupa menghias atasnya dengan menggunakan sukade.
4. Panggang adonan dengan suhu 160 derajat kurang lebih selama 25 menit sampai benar matang dan juga kering. Jika sudah angkat kemudian dinginkan. Simpan kue semprit ini dalam toples supaya mampu bertahan lebih lama.

Ternyata mudah dan praktis sekali langkah cara pembuatan kue semprit sederhana ini. Semuanya tentu bisa mencoba resep tersebut di rumah. Dengan mengikuti resep yang sudah tersedia, rasanya kegagalan dalam membuat kue bisa terhindarkan.

Kue Semprit Susu

kue semprit susu
image by: palmia.co.id

Kali ini resep kue semprit juga hadir dengan varian yang lebih menarik yakni kue semprit susu. Bagi anda yang suka sekali mengkonsumsi susu pastinya merasa tertarik untuk membuat kue yang satu ini.

Dari segi rasanya tak kalah renyah dan nikmat dari variasi kue semprit lainnya. Jadi anda yang merasa penasaran dengan kue tersebut bisa mencoba untuk mulai membuatnya.

Bahan yang di butuhkan:
– Butter 125 gram
– Pasta dengan warna sesuai selera
– Tepung maizena 200 gram
– Daun pandan seperlunya
– Susu kental manis 80 ml

Bahan untuk topping:
– Springkle sesuai keinginan

Cara mudah membuat kue semprit susu:
1. Maizena bersama dengan selembar daun pandan di sangrai. Kemudian angkat dan biarkan dingin terlebih dahulu.
2. Persiapkan mangkuk lalu campur saja butter dengan susu kental manis. Aduk terus-menerus sampai semua tercampur merata. Tambahkan pula maizena kemudian uleni sampai benar rata.
3. Adonan pun kini bisa dibagi menjadi bagian. Dimana adonan yang satu bisa anda kasih warna pink sedangkan satunya biarkan saja tanpa adanya pasta.
4. Masukkan dalam sebuah plastic segitiga. Spuit di bagian atas loyang yang tadinya sudah di alasi dengan kertas baking. jangan lupa untuk menambahkan toppingnya.
5. Kini anda bisa memanasi mesin oven kemudian oven adonan hingga matang.

Ternyata mudah sekali cara pembuatan kue semprit susu ini. Selain bahan yang di butuhkan hanya sedikit, dari segi pembuatan juga terbilang lebih cepat. Jadi buat siapapun yang merasa penasaran dengan cita rasa kue semprit susu tentunya bisa mencoba dengan memperhatikan resep di atas.

Kue Semprit Vanilla

kue semprit vanilla
image by: resepcaramasak.org

Jika tadi kita sudah mengerti resep dari beberapa variasi kue semprit, kali ini kita pun juga akan membahas tentang resep kue semprit vanilla nan lembut. Dari segi teksturnya, saya yakin semua orang akan tertarik untuk mencicipinya.

Terlebih bagi anda yang suka sekali dengan kue tersebut. Itulah mengapa anda patut mencoba resep kue semprit vanilla yang terkenal lembut ini. Tentunya pembuatan kue semprit ini akan lebih mudah jika anda mengetahui resep pembuatannya.

Bahan yang di butuhkan:
– Tepung terigu 120 gram
– Margarine 100 gram
– Mentega 50 gram
– Tepung custard 80 gram
– Gula halus 100 gram
– Vanili bubuk ¼ sendok teh
– Kuning telur 1 butir
– Tepung maizena 50 gram

Bahan untuk topping:
– Manisan cherry hijau maupun merah seperlunya

Cara mudah dalam membuat kue semprit vanilla:
1. Semua tepung yang telah tersedia di sangrai sampai benar ringan dan kering. Kurang lebih butuh waktu selama 10 menit saja. Barulah anda bisa mengayaknya.
2. Kocok mentega, margarine dan juga gula hingga lembut. Selanjutnya masukkan kuning telur. Kocok sampai tercampur merata dan masukkan campuran tepung tadi. Aduk kembali perlahan hingga semuanya mampu tercampur rata.
3. Spuitkan adonan pada loyang yang sudah di olesi menggunakan margarine dengan bentuk bunga sesuai keinginan. Sedangkan pada bagian tengahnya bisa di hias menggunakan cherry berwarna meraha ataupun hijau. Kemudian oven saja adonan kurang lebih 20 menit dengan suhu 160 derajat celcius. Biarkan hingga matang dan juga kering. Barulah angkat dan dinginkan.
4. Kini kue semprit vanilla pun sudah siap untuk di hidangkan.

Betapa nikmatnya kelezatan kue semprit vanilla yang terkenal lembut ini. Kini dengan hadirnya resep kue semprit tersebut, semoga saja siapapun anda yang tertarik bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Kue Semprit Keju

kue semprit keju

Kali ini kue semprit juga hadir dengan varian terbarunya yakni menggunakan keju. Ada banyak sekali pilihan keju yang bisa dijadikan pilihan yakni keju kraft atau jenis lainnya. Semuanya sudah pasti bisa di sesuaikan dengan keinginan anda. Nah, buat anda yang merasa penasaran dengan cara pembuatannya, ikuti saja langkahnya berikut ini.

Bahan yang perlu di persiapkan:
– 150 gram margarine
– 100 gram gula tepung
– ¼ sendok teh garam
– Kuning telur dari 2 butir telur
– ¼ sendok teh cokelat pasta
– ¼ sendok teh pasta vanilla
– 100 gram keu cheedar parut dan dianginkan
– 15 gram tepung terigu
– 50 gram cherry merah potong sesuai selera
– 30 gram maizena
– 30 gram susu bubuk
– ½ sendok teh baking powder

Jika semua bahan yang anda butuhkan untuk membuat kue semprit keju ini sudah tersedia. Selanjutnya anda bisa mencoba resep kue semprit keju yang praktis dan mudah ini. Ikuti saja langkah cara yang telah tersedia.

Cara mudah membuat kue semprit keju:
1. Gula tepung, margarine dan juga garam di kocok dalam satu wadah kurang lebih satu menit. Selanjutnya masukkan pasta vanilla dan telur. Semuanya di kocok sampai merata. Jangan lupa menambahkan keju cheedar kemudian aduk semua sampai merata.
2. Tambahkan pula susu bubuk, tepung terigu, baking powder dan maizena sembari di aduk rata. Masukkan adonan dalam plastic segitiga.
3. Semprotkan bersama dengan spuit di bagian atas loyang yang tadinya sudah di oles menggunakan margarine. Jangan sampai lupa menambahkan cherry merah pada bagian atasnya.
4. Panggang saja adonan menggunakan oven dengan suhu 130 derajat celcius kurang lebih ½ jam saja sampai kuenya benar matang. Jika sudah angkat dan dinginkan.

Menikmati kelezatan kue semprit keju ini tentu saja menjadi keinginan banyak orang. Kapan lagi bisa menikmati variasi resep dari kue semprit jika anda tidak mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Kue Semprit Sagu

Kali ini bahan pembuatan kue semprit juga di variasikan dengan tepung sagu. Dari cita rasa tentunya tak kalah dengan jenis kue semprit yang lainnya. Bahkan bagi anda para pecinta kue semprit juga merasa tertarik untuk membuat kue yang satu ini. Supaya lebih mudah, sebaiknya ikuti langkah caranya berikut ini.

Bahan yang di perlukan:
– Tepung sagu 600 gram
– Margarine 350 gram
– Gula halus 300 gram
– Santan kental 60 ml
– Keju edarm parut 60 gram
– Garam halus ½ sdt
– Kuning telur 3 butir
Cara paling mudah membuat kue semprit sagu:
1. Tepung sagu ataupun kanji di sangrai dengan nyala api yang kecil kurang lebih ¼ jam. Baru kemudian sisihkan. Kocok gula halus, margarine dan garam halus sampai benar lembut. Jangan lupa menambahkan kuning telur di lanjut kocok kembali sampai tercampur merata.
2. Masukkan juga keju parut dan juga tepung sagu dalam campuran margarine. Aduklah semuanya sampai merata. Tambahkan pula santan kental sembari di aduk merata.
3. Masukkan adonannya dalam plastik segitiga yang sudah diisi dengan menggunakan sepuit bintang. Semprotkan saja dalam loyang yang tadinya sudah di olesi dengan margarine. Jangan lupa bagian atasnya di taburi keju edam parut.
4. Adonan pun siap di panggang dalam oven dengan temperature 150 derajat celcius kurang lebih 30 menit lamanya sampai kue matang. Jika sudah angkat dan dinginkan.
5. Simpan kue semprit dalam toples supaya mampu bertahan lama.

Itulah tadi beberapa rekomendasi resep kue semprit yang patut anda coba di rumah. Setidaknya dari beberapa pilihan di atas ada salah satu kue semprit yang menjadi favorit. Hanya saja tidak semua orang pandai membuat kue semprit yang lembut bahkan enak ketika di gigit. Kebanyakan orang membuat kue semprit hasilnya justru tak enak bahkan ada pula yang keras.

Supaya kue semprit yang akan anda buat ini hasilnya memuaskan dengan kue yang lembut di mulut bahkan terasa enak ketika di gigit. Ada baiknya anda ikuti tipsnya berikut ini:

1. Tepung perlu di sangrai terlebih dahulu

Memang sudah seharusnya anda mampu memilih tepung yang masih baru dan berkualitas. Jika sudah sebaiknya sangrai tepungnya terlebih dulu. Berbeda sekali dengan tepung terigu, tepung sagu jika anda sangrai hasilnya akan lebih kering bahkan kelihatan lebih halus saat sudah matang.

2. Pastikan adonannya pas

Ada baiknya anda mampu memastikan bahwa adonan kue yang anda buat ini tidak terlalu padat ataupun terlalu encer. Apabila adonan terlalu encer maka hasilnya akan melebar sedangkan jika adonan yang anda buat ini terlalu padat hasilnya justru membuat kuenya begitu keras. Usahakan adonan cukup kental dengan takaran margarine yang pas.

3. Kue di biarkan dingin dalam loyang

ketika kue semprit yang anda buat ini di rasa sudah matang, jangan segera mengeluarkannya dari loyang. Alangkah baiknya anda diamkan kue tersebut sampai benar dingin. Hal ini bertujuan agar uang kuenya bisa hilang. Jika sudah benar dingin barulah angkat dari loyangnya.

Sekian beberapa penjelasan mengenai resep kue semprit sekaligus tips dalam membuat kue semprit supaya hasilnya lebih memuaskan. Semoga saja semua penjelasan di atas bisa memberikan tambahan ilmu bagi anda.

Komentar disini